Translate Bahasa Arab ke Indonesia dengan Cepat dan Mudah

Posted in: Edukasi

Translate bahasa Arab ke Indonesia dengan cepat dan mudah – Kemudahan menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lain kini bisa kita dapatkan tanpa perlu bersusah payah. Jika dulu seseorang harus membuka kamus dan mencocokkan kata per kata, kini dengan mengetikkan kalimat tersebut di mesin, hasil terjemahan akan langsung muncul.

Situs Translate Bahasa Arab ke Indonesia

unsplash.com

Teknologi telah membawa banyak perubahan, terutama dalam hal terjemahan bahasa. Ketika kamu membaca bahasa asing dan memasukkannya ke dalam mesin pencari, akan langsung muncul hasil terjemahan yang dapat dikatakan hampir akurat.

Selain itu, situs di internet yang dapat kamu akses secara gratis menyediakan fasilitas translate bahasa Inggris ke Indonesia hingga kemudahan untuk menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia.

Meskipun bahasa Arab bukan bahasa ibu, bahasa ini cukup populer di Indonesia. Terdapat sekolah yang menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa yang wajib dikuasai, bahkan mengeluarkan soal-soal ujian berbahasa Arab. Perguruan Tinggi di Indonesia pun banyak membuka program studi yang berkaitan dengan bahasa Arab.

Situs translate bahasa Arab – Indonesia banyak dituju untuk membantu memahami kosakata dan makna kalimat. Banyak yang ingin mengetahui arti bahasa Arab ke Indonesia lengkap tapi tidak memiliki waktu untuk membuka kamus tebal.

Sebagai referensi, berikut ini informasi tentang situs translate bahasa Arab-Indonesia per kalimat atau per kata yang bisa kamu gunakan.

1. Google Terjemahan

https://translate.google.co.id/

Situs pertama yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu arti bahasa Arab ke Indonesia adalah Google Terjemahan atau Google Translate. Situs populer yang gratis tersebut dapat diakses melalui PC maupun ponsel. Ada beberapa keunggulan menggunakan Google Translate.

Pengguna bisa mencari tahu arti kalimat yang cukup panjang hingga mengunggah dokumen dalam bentuk file agar langsung diterjemahkan seluruhnya tanpa harus menyalin kalimat satu-persatu. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Google Translate bahasa Arab – Indonesia memungkinkan kamu untuk menuliskan huruf dalam bahasa Arab melalui fitur “Arab – tulis tangan”. Setelah menuliskan sebuah kata, akan muncul rekomendasi kata yang tepat di bawahnya.

Jika kamu mengeklik kata tersebut, arti kata dalam bahasa Indonesia pun bisa diketahui. Tidak perlu khawatir jika kamu ingin mengetikkan huruf berbahasa Arab melalui keyboard karena Google Translate memungkinkan proses tersebut.

Ingin tahu cara pengucapan kalimat dalam bahasa Arab yang ingin kamu ketahui artinya? Google Translate juga bisa digunakan untuk mengetahui pengucapannya, sehingga kamu bisa menerjemahkan kata atau kalimat sambil belajar.

Situs ini tidak terbatas untuk menerjemahkan bahasa Arab ke Indonesia saja, tetapi juga bahasa lain di seluruh dunia.

2. Almaany

https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/arab-ke-indonesia/

Salah satu situs populer untuk menerjemahkan bahasa Arab ke Indonesia adalah Almaany. Situs ini memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap, seperti kamus bahasa Arab, sinonim dan antonim kata bahasa Arab, hingga kata-kata dalam Al-Quran.

Ada pula terjemahan secara kontekstual yang akan membantu pengguna memahami makna kalimat yang ingin diketahui artinya.

Cara menggunakan situs almaany cukup mudah. Jika kamu memiliki daftar kata-kata berbahasa Arab yang ingin diketahui artinya, salin kata atau frasa tersebut dan tempel pada kolom pencarian.

Akan langsung muncul berbagai macam versi terjemahan yang bisa kamu sesuaikan konteks kalimat. Lakukan scroll hasil terjemahan karena kamu bisa menemukan terjemahan kata atau frasa bahasa Arab tersebut secara kontekstual.

3. Glosbe

https://id.glosbe.com/ar/id/

Glosbe menyediakan fasilitas untuk menerjemahkan kata-kata dalam bahasa Arab secara cepat. Situs ini merupakan proyek berbasis komunitas, sehingga siapa pun bisa menambahkan kata baru.

Hasil terjemahan kata di situs Glosbe cukup lengkap. Ketika kamu memasukkan suatu kata, akan muncul terjemahan kata tersebut beserta contoh penggunaannya di dalam kalimat. Kamu pun bisa mengetahui cara pengucapan kata yang diterjemahkan.

4. Tradukka

https://tradukka.com/translate/ar/id/

Situs online untuk menerjemahkan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia yang tidak kalah bagus adalah Tradukka. Kamu bisa menerjemahkan kata-kata hingga kalimat panjang berbahasa Arab asalkan tidak melebihi 5000 karakter.

Terdapat fitur premium yang diberikan Tradukka. Nantinya, pengguna bisa mendapatkan hasil terjemahan lebih cepat, proses terjemahan bisa lebih dari 5000 karakter, bahkan hingga 25000 karakter, dan pastinya tanpa iklan. Tertarik mencoba?

5. Etranslator

https://www.etranslator.ro/translate-arabic-to-indonesian.php

Adanya situs Etranslator memudahkan pengguna dalam menerjemahkan kata-kata bahasa Arab yang sulit. Situs ini juga memungkinkan terjemah bahasa Arab ke bahasa-bahasa lainnya.

Kendala Menerjemahkan Bahasa Arab ke Indonesia

Apakah kamu pernah mengalami masalah ketika menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia melalui situs online? Ada beberapa hal yang biasanya dialami pengguna. Berikut kendala sekaligus solusi yang bisa kamu terapkan.

1. Hasil Terjemahan Tidak Sesuai Konteks

Jika kamu merasa aneh ketika membaca hasil terjemahan kalimat dalam bahasa Arab ke Indonesia, jangan langsung menggunakannya sebagai acuan.

Cari tahu dulu kalimat yang aneh tersebut dan pisahkan dari kalimat lainnya. Biasanya, hasil terjemahan per kalimat akan lebih akurat dibandingkan terjemahan per paragraf.

Alternatif lainnya adalah dengan menerjemahkan kata yang dianggap kurang sesuai tersebut satu-persatu.

Namun, kamu perlu mengetahui konsep tata bahasa dalam bahasa Arab terlebih dahulu agar semakin tepat ketika menerjemahkan kata yang dimaksud.

Pengecekan hasil terjemahan juga perlu dilakukan, seperti dengan mengubah bahasa Indonesia menjadi bahasa lainnya, sehingga kamu bisa memeriksa kesalahan seperti penggunaan kata yang tidak pas.

2. Tidak Dapat Menemukan Kata yang Dicari

Pernahkah kamu mencari arti kata tetapi tidak ada jawabannya? Jika hal tersebut terjadi, tidak perlu panik. Kata yang terlalu panjang kemungkinan sulit ditemukan di sistem.

Namun, kamu bisa mencari tahu kata dasarnya terlebih dahulu, kemudian mencarinya kembali. Proses menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia dengan kata dasar lebih mudah didapatkan artinya.

3. Koneksi Internet Tidak Stabil

Hasil terjemahan melalui situs online bisa diakses jika ada koneksi internet. Tentu hal ini tidak menjadi masalah jika koneksi internetmu stabil. Namun, kendala sinyal hilang bisa mengakibatkan proses menerjemahkan artikel terganggu.

Solusinya, kamu bisa mengunduh aplikasi terjemah bahasa Arab – Indonesia di ponsel agar dapat diakses tanpa koneksi internet.

Demikian informasi translate bahasa Arab ke Indonesia dengan cepat dan mudah menggunakan internet. Perlu kamu ketahui bahwa kamu tetap perlu memeriksa kembali hasil terjemahan teks yang sudah dibantu oleh situs di atas.

Sebab, bisa saja hasil terjemahan tersebut belum sempurna dan tidak sesuai konteks. Akan lebih baik jika kamu sudah memahami prinsip dasar pembuatan kalimat dalam bahasa Arab, sehingga proses koreksi hasil terjemahan semakin akurat. Selamat mencoba!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta