Tutorial Cara Daftar Akun LTMPT Oleh Sekolah dan Siswa SNMPTN UTBK-SBMPTN 2021

Posted in: Pendidikan SBMPTN SNMPTN

Tutorial Cara Daftar Akun LTMPT Oleh Sekolah dan Siswa SNMPTN UTBK-SBMPTN 2021- Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah di depan mata. Pihak LTMPT sebagai penyelenggara seleksi masuk PTN bahkan sudah merilis kuota sekolah untuk SNMPTN 2021 pada 28 Desember 2020. Jika sudah tahu kuota masing-masing sekolah, pihak sekolah serta siswa tentu harus membuat akun LTMPT agar data sekolah maupun siswa dapat masuk ke sistem seleksi.

Panduan Registrasi Akun LTMPT Bagi Sekolah dan Siswa SNMPTN UTBK-SBMPTN 2021

ltmpt.ac.id

Untuk turut serta dalam SNMPTN 2021 dan UTBK-SBMPTN 2021, terdapat beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pihak sekolah serta siswa. Pihak sekolah harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sebagai bukti legalisas. Sementara, siswa wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Selanjutnya, baik siswa maupun sekolah juga harus memiliki akun di laman resmi LTMPT. Lantas, bagaimana caranya untuk mendaftarkan diri ke akun LTMPT? Simak artikel Mamikos berikut ini.

Mengenal LTMPT Sebagai Penyelenggara Seleksi Perguruan Tinggi Nasional

Sebelum mendaftarkan akun LTMPT, kamu tentu perlu tahu terlebih dahulu mengenai lembaga resmi ini. LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga penyelenggaraan seleksi PTN yang kredibel dan efisien. Lembaga ini senantiasa mengembangkan proses seleksi untuk masuk PTN dan turut mengakomidir tiga jalur seleksi yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Pada prinsipnya, LTMPT bertugas membantu rektor atau direktur PTN untuk mengelola serta mengolah data calon mahasiswa sebagai bahan seleksi. Untuk tahun 2021 ini, LTMPT bahkan turut mengakomodir seleksi untuk Politeknik Negeri.

Ketiga jalur seleksi PTN yang diakomodir oleh LTMPT memang memiliki alur yang sedikit berbeda. Untuk SNMPTN 2021, LTMPT menetukan kuota masing-masing sekolah berdasarkan nilai akreditasi. Pihak sekolah kemudian berwenang untuk mengajukan data siswa yang layak ikut SNMPTN 2021. Sementara, seleksi SBMPTN-UTBK 2021 dilakukan berdasarkan nilai ujian berbasis komputer. Nilai dari UTBK ini bisa jadi digunakan pula sebagai bahan Seleksi Mandiri masing-masing PTN. Intinya, keputusan penerimaan mahasiswa baru tetap ada pada pihak PTN.

Tutorial Cara Daftar Akun LTMPT oleh Sekolah

Proses Registrasi Akun Sekolah

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftarkan akun LTMPT sekolah:

  1. Membuka laman https://portal.ltmpt.ac.id. Pada laman tersebut akan muncul tautan Daftar di sini yang harus dipilih.
  2. Selanjutnya akan muncul dua opsi, yakni Sekolah dan Siswa. Klik tombol Daftar pada bagian bawah opsi Sekolah
  3. Akan muncul dua kolom yang harus diisi yaitu NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS. Isi kedua kolom tersebut dan pilih menu Selanjutnya
  4. Kemudian akan muncul kolom bertuliskan NPSN serta Nama Sekolah. Di bawahnya terdapat beberapa kolom yang harus diisi yaitu Nama Kepala atau Operator Sekolah (tanpa gelar), Tanggal Lahir dengan format hari/bulan/tahun, Email, Konfirmasi Email, Password (yang harus diisi dengan minimal 8 karakter berupa kombinasi huruf dan angka), serta Konfirmasi Password. Pastikan seluruh kolom tadi sudah diisi dengan sebenar-benarnya, kemudian centang pada kolom pernyataan kebenaran. Akhiri dengan meng-klik tombol Daftar.
  5. Usai meng-klik tombol daftar, akan muncul notifikasi keberhasilan aktivasi akun.
  6. Periksa email yang sebelumnya sudah didaftarkan untuk aktivasi akun. Jika tidak menemukan email pada bagian kotak masuk atau inbox, kamu bisa coba memeriksa spam. Klik tombol Aktivasi Akun pada email tersebut.
  7. Sesudah aktivasi, login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id

Proses Verifikasi Data Sekolah

Sehabis akun sekolah diaktifkan, yang harus dilakukan adalah memverifikasi data sekolah. Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh.

  1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id dengan menggunakan email dan password yang sudah terdaftar
  2. Kamu akan diarahkan ke dashboard portal LTMPT. Klik menu VERVAL (Verifikasi dan Validasi Data Sekolah dan Siswa)
  3. Pada halaman verifikasi data sekolah, pastikan kembali apakah data tersebut sudah tepat. Apabila ada data yang tidak sesuai, perubahan dapat dilakukan lewat  Dapodik/EMIS. Usai melakukan perbaikan data, pilih tombol Perbarui Data. Jika data sudah sesuai, tekan tombol Selanjutnya
  4. Kemudian, sekolah bisa melakukan verifikasi data siswa. Pada SNMPTN 2021 ini, data siwa yang perlu diinput merupakan data siswa yang eligible di mata sekolah. Apabila ada data siswa yang tidak sesuai, pihak sekolah dapat melakukan perbaikan melalui Dapodik/Emis. Jika sudah diperbaiki, pilih menu Perbarui data.
  5. Apabila seluruh data siswa sudah benar, maka pilih menu Selanjutnya
  6. Sampailah pada proses verifikasi akhir. Pastikan kembali bahwa seluruh data sekolah sudah benar, mulai dari status akreditasi hingga lokasi rinci sekolah. Jika sudah benar-benar sesuai, pilih tombol Simpan Permanen. Sebelumnya, centang dulu kolom pernyataan kebenaran data.
  7. Sesudah memilih tombol Simpan Permanen, data sekolah tidak dapat diubah lagi.

Tutorial Cara Daftar Akun LTMPT oleh Siswa

Proses Registrasi Akun Siswa

Berikut panduan untuk pendaftaran akun LTMPT bagi siswa untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

  1. Membuka laman https://portal.ltmpt.ac.id. Pada laman tersebut akan muncul tautan Daftar di sini yang harus dipilih
  2. Selanjutnya akan muncul dua pilihan, yakni Sekolah dan Siswa. Klik tombol Daftar pada bagian bawah opsi Siswa
  3. Isikan informasi berupa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir. Klik tombol Selanjutnya
  4. Isikan informasi berupa email aktif pada kolom yang tersedia. Konfirmasi kembali email tersebut.
  5. Buat password sepanjang 8 karakter berupa perpaduan antara huruf serta angka. Konfirmasi kembali password yang kamu buat.
  6. Centang kolom pernyataan kebenaran kepemilikan data, pilih tombol Daftar
  7. Usai memilih tombol Dafta, kamu akan diarahkan pada laman berisi notifikasi aktivasi akun
  8. Untuk melakukan aktivasi akun, periksa inbox e-mail kamu. Jika tidak menemukan e-mail dari LTMPT, coba juga periksa spam. Klik tombol Aktivasi Akun
  9. Login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id untuk memastikan akunmu sudah aktif.

Pedoman Verifikasi Data Siswa

  1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id dengan menggunakan email dan password yang sebelumnya sudah kamu daftarkan
  2. Kamu kemudian akan diarahkan ke dashboard portal LTMPT. Klik menu VERVAL (Verifikasi dan Validasi Data Sekolah dan Siswa)
  3. Pada halaman verifikasi data siswa, pastikan data yang ada sudah tepat. Isi kolom yang masih kosong, mulai dari NIK, agama, alamat, dan seterusnya. Jika ada data yang tidak sesuai, kamu bisa melakukan perbaikan data dengan menghubungi pihak sekolah. Jika sudah memperbaiki data lewat sekolah, pilih tombol Perbarui Data.
  4. Sesudah itu, pilih tombol Selanjutnya. Kamu akan dibawa ke halaman verifikasi riwayat sekolah. Jika ada ketidaksesuaian data, perbaikan dapat dilakukan lewat pihak sekolah. Apabila sudah dilakukan perbaikan, pilih tombol Perbarui Data.
  5. Pilih tombol Selanjutnya untuk menuju ke halaman unggah pasfoto. Perhatikan ketentuan yang ditampilkan dan unggah pasfoto berdasarkan ketentuan tersebut.
  6. Klik tombol Selanjutnya, sesuaikan pasfoto kamu.
  7. Klik tombol Selanjutnya, lakukan konfirmasi data yang sebelumnya sudah kamu isi.
  8. Jika kamu benar-benar yakin bahwa datamu sudah sesuai, klik tombol Simpan Permanen. Jangan lupa untuk mencentang kolom pernyataan data.
  9. Penyimpanan data secara permanen membuat kamu tidak lagi dapat mengubah datamu. Jadi, periksa data-datamu secara rinci dan teliti.

Nah, itu tadi tutorial pendaftaran akun LTMPT oleh sekolah dan juga siswa. Semoga berguna bagi kamu yang ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri favorit. Apakah kamu sudah tahu mau mengambil jurusan apa saat SNMPTN 2021 atau SBMPTN 2021 nanti? Kalau masih bingung, kamu mungkin tertarik untuk membaca berbagai artikel terkait perkuliahan termasuk jurusan kuliah di website Mamikos . Download dan install aplikasi Mamikos di smartphone kesayanganmu


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta