Rahasia Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas dalam Waktu Sekejap

 Mamikos | Jum, 22 Sep 2017

Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas – Memiliki rumah dengan lahan terbatas terkadang bingung harus dibuat desain seperti apa, kecuali kita menyerahkan semua desainnya ke sang ahli atau biasa kita sebut arsitek. Tapi dengan budget yang minim, pasti akan mikir berulang-ulang berapa dana yang harus dikeluarkan untuk membayar arsitek, belum tukang-tukangnya, belum materialnya, dll. Anda bisa mengakalinya dengan beragam cara yang penting sesuai dengan budget.

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang aman dan nyaman untuk ditempati. Masih banyak yang tidak mengetahui bahwa tata letak barang/furniture didalam ruangan tidak dalam posisi yang tepat dan ahirnya ruangan terlihat tidak rapi meskipun ukuran ruangan cukup luas. Penataan yang tepatlah yang membuat ruangan dalam rumah terlihat rapi dan nyaman mulai dari warna cat tembok, desain interior, barang-barang pelengkap hingga pencahayaan harus diperhatikan.

Jika pada ahirnya ruang tamu yang dibuat ukurannya sedikit lebih sempit, otomatis ruang gerak pun tidak bebas. So, bagaimana mendesain ruang yang sempit agar terlihat lebih luas? inilah rahasinya.

1. Pemilihan warna ruang yang netral

Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas

Pemilihan warna netral pada cat tembok di ruang sempit sangatlah tepat. Warna netral tidak harus putih, mungkin Anda bisa mencoba wana monokrom supaya terlihat kekinian. Penggunaan warna-warna tersebut tidak hanya diaplikasikan pada cat dinding, melainkan seperti lantai, plafon dan pelapis furniture. Warna-warna lembut lain pun bisa membantu memantulkan cahaya dan memberikan kesan minimalis.

2. Penempatan Aksesoris untuk ruangan dengan langit-langit tinggi

Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas

Nah untuk Anda yang memiliki langit-langit tinggi di rumah, bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara seperti menggantungkan karya seni berupa lukisan baik ukuran kecil hingga menengah. Cara ini bisa membuat ruangan terasa lebih luas dari aslinya.

3. Pemilihan perabot rumah yang ringan

Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas

Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas – Pilihlah perabot rumah yang ringan untuk menciptakan visual agak tidak berat ketika mata melihatnya. Perabotan ini sangat penting untuk diperhatikan. Sebaiknya hindari perabot berbentuk kotak dan pilih barang yang memiliki kaki, jangan lupa perhatikan warna-warna dan lebih baik pilih warna pusat dari pada yang gelap.

4. Hindari Perabotan berukuran besar

Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas

Selain memperhatikan keringanan perabot, Anda juga perlu memperhatikan ukuran perabotan jangan sampai meletakkan perabotan dengan ukuran besar yang mendominasi ruangan seperti sofa. Untuk ruangan yang lebih kecil, Anda bisa pilih Resbang dengan sandaran lengan lurus dan sandaran punggung yang padat atau Anda bisa gunakan kursi dengan fungsi ganda dan utamakan memilih yang tanpa lengan karena akan menghabiskan uang.

5. Manfaatkan cermin untuk dekorasi ruang tamu

Ubah Ruang Tamu yang Sempit jadi Luas

Agar menciptakan ilusi ruangan yang luas, Anda bisa manfaatkan cermin ukuran besar yang ditempel pada dinding. Sesuai dengan fungsinya, cermin memberikan pantulan cahaya dan menamba suasana yang menyenangkan serta bisa digunakan untuk menciptakan ilusi ruangan yang luas. Jika memungkinkan, Anda bisa letakan cermin di sebrang jendela sehingga dapat memantulkan pemandangan luar.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost