10 Universitas Dengan Fakultas Biologi Terbaik di Indonesia

 Nana | Sen, 13 Jan 2020

10 Universitas Dengan Fakultas Biologi Terbaik di IndonesiaBiologi ialah sebuah ilmu alam dalam mempelajari kehidupan serta organisme hidup antara lain termasuk struktur, fungsi, persebaran, evolusi, pertumbuhan dan taksonominya. Biologi umumnya mengakui bahwa sel menjadi satuan dasar dari kehidupan, lalu gen menjadi satuan dasar pewarisan dan evolusi menjadi mekanisme yang mendorong agar terciptanya spesies baru. Sejak SD kita sudah mengenal pemahaman tersebut bukan.

Fakultas Biologi Terbaik di Indonesia Ada di Universitas Ini

Jurusan biologi adalah cabang ilmu IPA yang sama terkenalnya dengan kimia atau juga fisika. Bisa jadi saat ini masih bingung menentukan universitas negeri maupun swasta mana yang memiliki program studi (prodi) biologi terbaik. Apalagi tanpa pengetahuan yang cukup, kamu pun tidak ingin gambling dalam memilih bukan. Di antara puluhan hingga ratusan universitas yang ada di Indonesia, tentunya ada beberapa yang paling direkomendasikan untuk Jurusan Biologi terbaik di Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Lalu apakah jurusan Biologi dengan FMIPA itu sama? Yang dimaksud dengan fakultas (FMIPA) ialah universitas dengan jurusan biologi-nya telah mendapatkan akreditasi Ban–PT dengan peringkat A. Ban–PT itu kepanjangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Jumlah universitas terbaik yang memiliki jurusan biologinya tercatat sebanyak 24 universitas negeri dan juga universitas swasta. Ditambahkan juga jurusan Mikrobiologi dan Bioteknologi.

Jadi apabila saat ini kamu juga penasaran dengan universitas dengan jurusan biologi terbaik di dunia, atau jurusan biologi murni terbaik 2017, hingga fakultas biologi terbaik di indonesia 2019 maka sebaiknya kamu baca sampai habis ulasan tentang universitas Biologi Terbaik di Indonesia versi Mamikos ini. Siapa tahu kamu juga bisa menemukan cerita dari pengalaman kuliah jurusan biologi murni hingga apa saja keunggulan jurusan biologi atau mata kuliah biologi tersebut. Ulasan Mamikos tentang universitas Biologi Terbaik di Indonesia bisa kamu baca selengkapnya di bawah, ya.

white microscope on top of black table

1. Fakultas Biologi Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Dengan Fakultas Biologi Terbaik

1. Universitas Negeri Semarang – Biologi A (BAN-PT 2010)
2. Universitas Negeri Malang – Biologi A (BAN-PT 2010)
3. Universitas Airlangga/ UNAIR – Biologi A (BAN-PT 2011)
4. Universitas Jenderal Soedirman/ UNSOED Purwokerto – Biologi A (BAN-PT 2011)
5. Uin Malang/ Maulana Malik Ibrahim – Biologi A (BAN-PT 2011)
6. Universitas Bengkulu/ UNIB – Biologi A (BAN-PT 2011)
7. Universitas Lambung Mangkurat/ UNLAM Banjarmasin – Biologi A (BAN-PT 2012)
8. Universitas Pendidikan Indonesia/ UPI Bandung – Biologi A (BAN-PT 2012)
9. Universitas Padjajaran/ UNPAD Bandung – Biologi A (Ban-Pt 2012)
10. Universitas Hasanuddin/ UNHAS Makassar – Biologi A (Ban-Pt 2012)
11. Universitas Andalas/ UNAND Padang – Biologi A (BAN-PT 2012)
12. Institut Teknologi Sepuluh November/ ITS Surabaya – Biologi A (BAN-PT 2013)
13. Universitas Sriwijaya/ UNSRI Palembang – Biologi A (BAN-PT 2013)
14. Institute Pertanian Bogor/ IPB – Biologi A (BAN-PT 2013)
15. Universitas Negeri Jakarta/ UNJ – Biologi A (BAN-PT 2013)
16. Universitas Indonesia/ UI – Biologi A (BAN-PT 2013)
17. Institute Teknologi Bandung/ ITB – Biologi A (BAN-PT 2014)
18. Universitas Brawijaya/ UNIBRAW Malang – Biologi A (BAN-PT 2014)
19. Universitas Diponegoro/ UNDIP Semarang – Biologi A (BAN-PT 2014)
20. Universitas Gajah Mada/ UGM Yogjakarta – Biologi A (BAN-PT 2015)
21. Universitas Negeri Surabaya/ UNESA – Biologi A (BAN-PT 2015)
22. Universitas Negeri Makassar/ UNM – Biologi A (BAN-PT 2015)
23. Universitas Sebelas Maret/ UNS Surakarta – Biologi A (BAN-PT 2015)
24. UIN Jakarta/ Syarif Hidayatullah – Biologi A (BAN-PT 2015)

Universitas Swasta Dengan Fakultas Biologi Terbaik

1. Universitas Atmajaya Jakarta – Biologi A (BAN-PT 2011)
2. Universitas Kristen Duta Wacana/ UKDW Yogyakarta – Biologi A (BAN-PT 2011)
3. Universitas Nasional/ UNAS Jakarta – Biologi A (BAN-PT 2012)
4. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta – Biologi A (BAN-PT 2014)

2. Apa Saja Hal Menyenangkan Jadi Mahasiswa Jurusan Biologi

Apabila kamu suka meneliti, punya daya ingat yang tajam, detil, memiliki minat pada kehidupan hewan dan tumbuhan serta tentang isu-isu lingkungan, kemudian suka dengan aktivitas luar ruangan, bahkan menyukai serangga, maka besar kemungkinan memilih kuliah Biologi membuatmu bersemangat dan menjadikan hidupmu lebih bermakna. Di bawah ini Mamikos sertakan apa saja sih hal menyenangkan yang akan kamu rasakan jika menjadi mahasiswa jurusan biologi.

Masih Akan Bertemu Teori, Praktek, dan Hitungan

Siapa bilang kuliah Biologi tidak mengharuskan kamu untuk belajar hitungan? Sayangnya di kuliahmu nanti kamu tetap akan bertemu pelajaran paling seksi yakni Matematika. Perlu kamu tau juga bahwa Matematika punya peran penting dalam inovasi dan penelitian Biologi. Saat menjalani kuliah nanti, kamu tetap akan berjumpa dengan Matematika Dasar, Statistika, hingga Fisika Dasar loh. Bahkan dalam mata kuliah Genetika, kamu tetap akan ketemu sama hitung-hitungan.

Agar kamu punya gambaran lebih, perhatikan mata kuliah-mata kuliah Jurusan Biologi yang akan Mamikos sebutkan setelah ini. Ekologi Umum, Kimia Organik, Struktur Hewan, Perkembangan Tumbuhan, Sistematika Hewan, Perkembangan Hewan, Biostatistik, Mikrobiologi, Ekologi Hewan, Fisiologi Tumbuhan, Mikrobiologi Lingkungan, Fisiologi Mikroba, Sistematika Mikroba, Biosistematik, Biologi Sel, Akuakultur, Filogenetik Molekuler, dan lain-lain.

Ya, Biologi memang kompleks. Sebab di jurusan ini tetap akan dipelajari tentang fungsi, struktur, dan evolusi semua makhluk hidup. Jadi bersiap siap saja.

Ideal Untuk Kamu Yang Gemar Membaca

Jika dari semula kamu suka membaca, maka kamu pun punya modal dasar untuk jadi mahasiswa Biologi. Tentu kamu juga sudah tahu jika pelajaran Biologi bukan hanya membicarakan perihal tanaman dan hewan. Sebab lingkungan sekitar yang mempengaruhi kehidupan keduanya juga poin penting yang akan dikaji. Maka tidak mengherankan jika akan banyak buku referensi yang perlu dibaca dan dipelajari.

Karena luasnya cakupan kajiannya, maka cabang ilmu Biologi yang wajib dipelajari juga cukup banyak. Contohnya nih Bioteknologi, Biologi Molekuler, Genetika, Histologi, Paleontologi, Evolusi, dan lain-lain. Tidak hanya itu, ada banyak istilah ilmiah yang digunakan untuk menamai setiap makhluk hidup karena mengacu pada aturan binomial nomenklatur. Tentu kamu akan tahu nama-namanya dengan membaca bukan?

Menjalani Banyak Praktikum dan Kerja Lapangan

Tapi tenang saja kok. Kuliah jurusan biologi tidak hanya dituntut bagi para penggemar baca saja. Sebab mahasiswa Biologi akan dituntut untuk siap sedia saat membedah lintah atau cacing dalam mata kuliah Zoologi Invertebrata. Selain praktikum di laboratorium, tak jarang mahasiswa Biologi akan mempelajari tentang ekosistem langsung ke kebun, hutan, pantai, sungai, danau, maupun tempat-tempat lain yang kadang jauh dari jangkauan teknologi masa kini.

Praktikum dan kerja lapangan adalah bagian yang penting bagi para mahasiswa Biologi sebab di masa itu kamu bisa memahami tentang organisme, habitatnya, serta proses yang mengatur dan terlibat dalam aktivitas kehidupannya. Makanya jika kamu sudah komit untuk mengambil jurusan biologi dari daftar universitas Biologi Terbaik di Indonesia, maka kamu harus siap menjadi rapi, teliti, tidak mudah merasa jijik, tidak manja dan tentu harus punya nyali. Sebab tidak menutup kemungkinan kamu akan berhadapan dengan biawak, buaya, ular, atau hewan-hewan lain yang selama ini kamu anggap menakutkan.

3. Prospek Kerja Jurusan Biologi

Apakah kamu ingin tahu prospek kerja atau peluang dari jurusan biologi itu apa saja? Sebab langkah pertama yang akan kamu pikirkan ketika memilih universitas biologi terbaik di Indonesia adalah pekerjaan apa yang akan kamu dapatkan nanti. Benar tidak? Nah, Mamikos tentunya mengumpulkan juga beberapa referensi profesi yang siapa tahu menarik minatmu dan ingin kamu coba saat lulus dari universitas biologi terbaik di Indonesia nanti.

Departemen Pertanian

Ilmu pertanian tentunya berkaitan erat dengan biologi sebab memiliki kesamaan dalam mempelajari kehidupan makhluk hidup dan pemanfaatan dalam mendukung kebutuhan manusia. Bekerja di departemen pertanian bukan hal yang tidak mungkin dikerjakan lulusan biologi mengingat pertanian sebagai sektor menjanjikan yang berkaitan dengan makhluk hidup. Jadi opsi satu ini bisa kamu masukkan dalam daftar pilihan di kemudian hari.

Badan Lingkungan Hidup

Bekerja sebagai bagian dari badan Lingkungan Hidup tentu akan menuntutmu untuk mempunyai tugas menyusun dan melaksanakan kebijakan daerah di bidang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup daerah. Tentunya berbeda dari kegiatan seorang aktivis yang melakukan aksi nyata berdasarkan peristiwa yang terjadi jika bekerja pada badan ini harus bersinergi dengan kebijakan daerah setempat.

Peran yang hampir sama dengan aktivis dalam menjalankan tugasnya menyebabkan dua pihak ini tak jarang akan berkolaborasi dalam pelestarian lingkungan. Hal ini tentu berkaitan dengan bidang biologi menyangkut keberlangsungan lingkungan hidup yang baik. Poin kedua ini juga bisa kamu masukkan dalam daftar pilihan.

BPOM

Bagi lulusan biologi yang bekerja di Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM tentu memiliki tugas untuk mengawasi peredaran serta melakukan pengecekan berkala terhadap segala produk obat dan makanan yang beredar di pasaran. Tujuannya tentu saja agar keamanan produk dapat di kontrol dengan baik sehingga dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai obat dan makanan tersebut. Makanya sangat diperlukan orang yang menguasai bidang gizi untuk mengamati kandungan nutrisi dari suatu makanan dan dampak buruk yang mungkin dapat ditimbulkan. Terdengar menarik bukan?

Bidang Komunikasi

Apabila kamu seorang lulusan S1 Biologi kemudian memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta dapat menyampaikan konsep ilmiah kepada masyarakat umum, tidak menutup kemungkinan loh kamu bisa berkesempatan untuk bekerja di bidang media dan komunikasi. Sebut saja menjadi jurnalis, presenter, juru bicara, juru kampanye kebijakan dan penulis sains.

Apalagi dalam karir di bidang komunikasi ilmiah, para lulusan dapat bekerja pada badan pemerintahan, organisasi non-profit hingga lembaga amal untuk membantu meningkatkan kesadaran mengenai penemuan ilmiah. Tentunya melalui beberapa media seperti acara, kampanye, hingga skema pendidikan. Sedangkan sebagai jurnalis atau editor sains, lulusan Biologi dapat menggabungkan latar belakang ilmiah dengan kemampuan menulis untuk menghasilkan publikasi atau jurnal ilmiah.

Tenaga Pengajar

Pilihan yang terakhir adalah menjadi seorang tenaga pengajar. Guru adalah salah satu lapangan kerja yang juga dapat dipilih oleh lulusan Biologi murni. Selain itu menjadi dosen atau guru juga dapat menjadi pilihan yang menarik loh. Sebab profesi guru dan dosen dapat memperluas kesempatan untuk mengembangkan ketertarikan dalam bidang lain yang ingin digeluti. Siapa bilang jadi tenaga pengajar itu biasa-biasa saja?

Seperti itulah ulasan yang bisa Mamikos sampaikan. Semoga informasinya tadi bermanfaat dan bisa menjadi acuanmu sebelum mencari atau menelusuri universitas biologi terbaik di Indonesia idamanmu. Untuk urusan hunian seperti kos atau apartemen, kamu tidak perlu cemas. Sebab aplikasi sewa kost Mamikos akan memberikan kamu kemudahan saat mencari kos atau apartemen sekalipun. Dengan fitur filter yang bisa kamu sesuaikan, kamu pun jadi hanya akan mendapatkan rekomendasi dari pilihan-pilihan hunian terbaik yang dimiliki Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: