50 Universitas yang Membuka Jalur PMDK 2020

 Nana | Kam, 19 Mar 2020

50 Universitas yang Membuka Jalur PMDK 2020 – Di tahun 2020 ini istilah PMDK diubah menjadi SNMPN. Namun mekanisme dan proses seleksi tetap sama seperti PMDK-PN. Pendaftarannya juga dapat dilakukan secara online. Jadi bagi kamu yang penasaran dengan 50 universitas yang membuka jalur PMDK 2020 maka kamu perlu berbahagia sebab dalam artikel ini Mamikos akan mengupas secara rinci 50 universitas yang membuka jalur PMDK 2020.

Universitas yang Membuka Jalur PMDK

img.beritasatu.com

Dengan diadakannya Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2019 di Surabaya, maka ditetapkannya pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur PMDK- PN berganti nama menjadi jalur SNMPN. Mekanisme pendaftaran dan persyaratan tidak ada yang berubah, yang berganti hanya namanya saja. Hal ini bertujuan supaya arti kata Seleksi dalam SNMPN memiliki dan mencakup arti yang luas.

Penjelasan Singkat Mengenai SNMPN

Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/ siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi. Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non-akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut.

Bagi kamu yang belum mengetahui tentang jalur SNMPN ini adalah penjelasannya. Jalur SNMPN adalah sebuah seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta atau siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Pola seleksi SNMPN tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta atau siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Sekolah bisa mendapatkan Username dan Password dengan cara mendapatkan undangan dari Politeknik/ Universitas terkait atau melakukan Request Username dan Password langsung pada aplikasi dengan mengisi formulir dan persyaratan. Setelah mendapatkan Username dan Password, Sekolah dapat mendaftarkan siswanya pada program SNMPN.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SNMPN 2020 ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran calon peserta/ Siswa melalui jalur SNMPN tidak akan dikenakan biaya apapun. Semua biaya pendaftaran telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Pendaftaran SNMPN 2020 akan ditutup pada 6 Maret 2020. Untuk pengumumannya akan diumumkan pada 28 Maret 2020 nanti.

Tahapan pendaftaran

  • Pendaftaran SNMPN

Pendaftaran SNMPN akan dimulai pada tanggal 6 Januari – 6 Maret 2020. Sekolah bisa mendapatkan Username dan Password dengan cara mendapatkan undangan dari Politeknik atau melakukan Request Username dan Password langsung pada aplikasi dengan mengisi form dan persyaratan. Setelah mendapatkan Username dan Password, sekolah dapat mendaftarkan siswanya pada program SNMPN.

  • Pengisian Data oleh Siswa dan Sekolah

Sekolah ataupun siswa dapat melakukan pengisian data mulai tanggal 6 Januari – 6 Maret 2020.

  • Verifikasi Berkas

Pengiriman berkas atau tidak tergantung pada Politeknik pilihan pertama Siswa. Perhatikan Form Finalisasi untuk mengetahui apakah harus mengirimkan berkas atau tidak serta mengetahui batas waktu pengiriman berkas.

  • Pengumuman

Pengumuman SNMPN diumumkan pada tanggal 28 Maret 2020. Bagi siswa yang lolos jalur SNMPN diharapkan segera melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing politeknik yang bersangkutan.
Persyaratan Umum

Persyaratan umum yang wajib dipenuhi adalah SNMPN 2020 hanya untuk lulusan SMA/MA/SMK yang akan lulus di tahun 2020. Sekolah wajib memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan siswa wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Siswa juga wajib untuk mendapatkan rekomendasi dari sekolah.

Universitas yang Membuka Jalur PMDK (SNMPN) 2020

  1. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung
  2. Politeknik Negeri Jakarta
  3. Politeknik Negeri Medan
  4. Politeknik Negeri Bandung
  5. Politeknik Negeri Sriwijaya
  6. Politeknik Negeri Lampung
  7. Politeknik Negeri Ambon
  8. Politeknik Negeri Padang
  9. Politeknik Negeri Bali
  10. Politeknik Negeri Pontianak
  11. Politeknik Negeri Ujung Pandang
  12. Politeknik Negeri Manado
  13. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  14. Politeknik Negeri Banjarmasin
  15. Politeknik Negeri Lhokseumawe
  16. Politeknik Negeri Kupang
  17. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  18. Politeknik Negeri Jember
  19. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  20. Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  21. Politeknik Perikanan Negeri Tual
  22. Politeknik Negeri Malang
  23. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  24. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  25. Politeknik Negeri Samarinda
  26. Politeknik Negeri Media Kreatif
  27. Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  28. Politeknik Negeri Batam
  29. Politeknik Negeri Bengkalis
  30. Politeknik Negeri Balikpapan
  31. Politeknik Negeri Madura
  32. Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  33. Politeknik Negeri Banyuwangi
  34. Politeknik Negeri Madiun
  35. Politeknik Negeri FakFak
  36. Politeknik Negeri Sambas
  37. Politeknik Negeri Tanah Laut
  38. Politeknik Negeri Subang
  39. Politeknik Negeri Ketapang
  40. Politeknik Negeri Cilacap
  41. Politeknik Negeri Indramayu
  42. Politeknik Negeri Semarang
  43. Universitas Gadjah Mada
  44. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  45. Universitas Sebelas Maret
  46. Universitas Teknologi Yogyakarta
  47. Universitas Diponegoro
  48. Universitas Islam Indonesia
  49. Universitas Ahmad Dahlan
  50. Universitas Jember

Beasiswa

Bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia dari keluarga yang kurang mampu serta membutuhkan pembiayaan KIP Kuliah akan diberikan perpanjangan waktu pendaftaran. Jadi kamu bisa tetap memiliki kesempatan berkuliah tanpa takut tak ada biaya.

KIP Kuliah ini menjadi salah satu yang dinantikan oleh banyak calon peserta, mengingat batas waktu pendaftaran yang sangat mepet dengan jadwal akses KIP Kuliah yang baru dirilis awal maret ini. Jika masih kesulitan mendaftar KIP-Kuliah, calon peserta/ siswa sekolah bisa langsung mengakses ke laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Pendaftaran bisa dilakukan secara mandiri dengan mengikuti alur.

Setelah masuk ke laman tersebut, sistem akan langsung melakukan validasi terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. Jika dinyatakan berhasil, calon peserta/ siswa sekolah akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke surat elektronik (e-mail) yang telah didaftarkan. Proses pendaftaran KIP Kuliah pun selesai.

Untuk berikutnya, calon peserta/ siswa dapat mengakses laman https://snmpn.politeknik.or.id dan melakukan pendaftaran SNMPN atau jika sudah mendaftar sebelumnya untuk melakukan proses validasi pendaftar KIP Kuliah dan melakukan finalisasi saja.

Langkah terakhir calon peserta/ siswa sekolah dapat melakukan pengiriman berkas kepada pilihan pertama di Politeknik yang dituju jika diminta mengirimkan berkas. Proses ini akan dinyatakan selesai jika sudah mengunggah bukti pengiriman berkas tersebut pada laman.

Rilis mengenai perpanjangan pendaftaran SNMPN 2020

Timeline

  1. 13 Maret 2020 Penutupan Pendaftaran Sekolah & Siswa
  2. 14 Maret 2020 Batas Akhir Pengiriman Berkas (Cap Pos)
  3. 28 Maret 2020 Pengumuman Hasil Seleksi SNMPN 2020

Demikianlah penjelasan Mamikos tentang 50 universitas yang membuka jalur PMDK 2020 yang bisa disampaikan kali ini. Mamikos harap info 50 universitas yang membuka jalur PMDK 2020 ini dapat memberikan kamu gambaran untuk mempersiapkan memasuki universitas nanti. Jangan lupa akses aplikasi cari kost Mamikos demi mendapatkan pembaruan tentang hunian yang pasti kamu perlukan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: