Update Sistem ujian CAT CPNS 2019 Terbaru

 Mamikos | Sen, 22 Okt 2018

Update Sistem ujian CAT CPNS 2019 Terbaru – Sejak awal BKN memprediksi bahwa jumlah pelamar CPNS baru tahun ini berkisar 5 juta orang. Sehingga BKN mempersiapkan infrastruktur komputer untuk SKD berbasis komputer dengan kapasitas 10 juta orang. Unit komputer yang digunakan untuk ujian juga menggunakan infrastruktur untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sementara itu Kementerian PAN-RB sudah menetapkan bahwa lokasi tes CPNS berbasis komputer tersebar di 873 titik. Dari jumlah tersebut 237 titik merupakan infrastruktur milik BKN. Sisanya sebanyak 636 titik merupakan fasilitas UNBK.

Update Sistem ujian CAT CPNS 2019 Terbaru

Ada 76 kementerian dan lembaga serta 293 instansi daerah menggunakan fasiltias komputer milik BKN. Kemudian ada 233 instansi lainnya menggunakan fasilitas komputer UNBK. Panitia seleksi nasional (panselnas) harus berorientasi memudahkan masyarakat dalam mengakses lokasi ujian.

Sebagaimana diketahui tahun ini formasi CPNS baru untuk instansi pusat dan daerah berjumlah 238.015 kursi. Untuk instansi pusat tersedia 51.271 formasi yang tersebar di 76 kementerian dan lembaga. Sementara itu instansi daerah mendapatkan jatah 186.744 formasi yang tersebar di 525 instansi.

Formasi guru menduduki peringkat teratas. Perinciannya adalah guru Kemenag di kabupaten dan kota sebanyak 12 ribu formasi. Kemudian guru kelas dan mata pelajaran pemda ada 88 ribu formasi. Lalu guru agama di pemda ada 8 ribu formasi. Selain itu formasi dosen di Kemenrsitekdikti dan Kemenag ada 14.454 formasi.

Peserta seleksi CPNS akan mengikuti Tes Wawancara Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Keprinadiam (TKP).

Tiga tes itu akan dilakukan hanya dalam waktu 30 menit.

Dalam waktu yang singkat, calon peserta harus menjawab seluruh soal yang diberikan. untuk mendapatkan nilai maksimal.

Lalu bagaimana caranya? Berikut tips yang bisa dilakukann dari Mentor Kelas CPNS di lembaga bimbingan belajar 4JO, Andri Adi Mustika.

1. Jawab soal paling mudah

Jangan terpakau pada soal yang susah dan menghabiskan waktu. Kerjakan yang mudah.

2. Utamakan Tes Kepribadian (TKP)

Tes ini terbilang tak makan banyak waktu karena cukup menggunakan nalar dan perbandingan saat memilih jawaban.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kepribadikan yang berintegritas, jujur, dan tegas.

Setiap jawaban TKP memiliki skor 1-5. Artinya jawaban yang dipilih tetap memiliki nikai. Berbeda dengan TWK atau TIU dimana nilai benar adalah 5 & salah bernilai 0.

Umumnya soal TKP dari nomor 66-100. Soal TKP seanyak 35 soal. Passing grade berada pada nilai 143. Pastikan bisa menjawab soal TKP dengan benar sebanyak 25 soal.

3. Jawab 16 soal Tes Wawasan Kebangsaan dengan benar

TWK berjumlah 35 soal. Setiap jawaban benar diberi nilai 5. Jika salah bernilai 0. Untuk tes TWK, diharapkan jangan ada soal yang dilewati.

Karena jika salah pada soal TWK, tak akan mengurangi nilai. Pastikan mampu menjawab 16 soal TWK dengan benar.

Dengan asumsi 16 x 5 medapat 80 poin. Cukup untuk passing grade TWK senilai 75.

4. Utamakan soal Bahasa Indonesia di Tes Intelegensia Umum (TIU)

Berjumlah 30 soal dengan passing grade 80 poin. Setiap jawaban benar dari soal TIU mendapatkan skor tambahan 5. Jika salah skor tak berkurang karena bernilai 0.

Pada tes ini pelamar bisa mengerjakan soal Bahasa Indonesia, Sinonim, Padanan Kata, dan Antonim.

Setelah itu lanjut pada cerita yang tak terlalu panjang paragrafnya. Soal Bahasa Indonesia umumnya tak banyak memakan banyak waktu.

Kemudian dilanjutkan pada soal Matematika Numerik yang lebih mudah dibandingkan Aritmatika. Pastikan bisa menjawab sal TIU sebanyak 16 nomor 16 x 5 = 80.

Agar pengerjaan soal CPNS 2018 berlangsung cepat, hindari skema pengerjaan s0al berikut ini.

1. Terpaku pada soal sulit yang menghabiskan waktu.

2. Mengerjakan soal sesuai nomor urut. Ingat passing grade dan tiap jenis soal.

3 Mengosongkan jawaban. Pelamar harus menyisahkan waktu 10 menit terkahir untuk mengisi semua jawaban. Ingat tak ada nilai minus jika salah menjawab soal.

Jadi sudah siapkah pelamar yang lolos tahap administrasi untuk mengkuti tes SKD nanti?

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Update Sistem Ujian CAT CPNS

Update Sistem Ujian CAT CPNS