7 Video YouTube Tentang Bisnis Kos Ini Bisa Untuk Kelola Kos

7 Video YouTube Tentang Bisnis Kos Ini Bisa Untuk Kelola Kos – Salah satu cara untuk terus berkembang dalam mengelola bisnis kos adalah dengan menambah wawasan agar tak ketinggalan informasi, sehingga membantu pengelolaan kos lebih berkualitas. Anda dapat belajar mengelola kos melalui video-video YouTube berikut ini, sehingga dapat menambah ilmu dan pengetahuan Anda. Simak yuk daftar video-videonya berikut ini yang bisa Anda coba pelajari: 

1. Strategi Mengatur Keuangan Usaha Kos-Kosan di Tengah Pandemi

Bagi Anda yang berinvestasi pada usaha kos, perlu menerapkan strategi bisnis kos yang tepat agar mampu bertahan di tengah kondisi pandemi. Salah satunya adalah dengan mengatur anggaran kelola usaha kosan. Lewat video di atas, Mamikos mengundang Adji Wicaksana, CEO dan Co-Founder Halofina, untuk berbagi strategi bisnis kos dalam mengatur keuangan di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik kos terkait perencanaan dan pengelolaan keuangan bisnis kos saat pandemi. Mulai dari manajemen arus kas, hingga menyiapkan dana darurat dan strategi investasi.

2. Cara Mengurus Perizinan Usaha Kos

Lewat video di atas, Fakhir Tashin – Legal Officer Mamikos, berbagi info yang perlu diketahui pemilik kos terkait izin mendirikan bangunan usaha kos-kosannya. Mulai dari pengurusan IMB, syarat pengurusan IPPT, mengurus perizinan usaha UMKM di OSS, hingga info seputar persetujuan bangunan gedung. 

3. Cara Mengelola Kos Agar Cepat Laku di Masa Pandemi

Puri Martinoes, salah satu Mitra Mamikos, berbagi rahasia caranya mengelola kos-kosan dan strateginya menarik calon penyewa kos di masa pandemi. Dalam video di atas, Puri Martinoes tak hanya akan bercerita tentang mengelola kos-kosan di masa pandemi saja, tapi juga berbagi tips bagaimana cara meningkatkan okupansi kos-kosan di masa pandemi Covid-19. 

4. Cara Hitung Pajak Kos

Salah satu tanggung jawab dimiliki pengusaha kos-kosan adalah membayar pajak rumah kos. Namun, masih banyak pemilik kos yang belum memahami bagaimana cara hitung pajak kos atau pun berapa tarif pajak kos yang harus dibayarkan. Lewat video di atas, Bernadus Pran Elven- Accounting & Tax Lead Mamikos, berbagi info yang perlu diketahui pemilik kos terkait pajak rumah kos. 

5. Cara Mengurus Izin Bangun Kos

Agar proses pembangunan dan bisnis kos Anda lancar, penting untuk memahami seluk beluk IMB rumah kos-kosan dan juga mengetahui kira-kira berapa biaya pengurusan izin kos-kosan sejak dari awal. Septiana Rachma P – Corporate Legal Lead Mamikos, berbagi info penting yang perlu diketahui pemilik kos terkait surat izin usaha kos-kosan. Mulai dari ketentuan dan kriteria untuk mendapat IMB rumah kos-kosan, hingga biaya pengurusan izin kos-kosan.

6. Tips Kelola Keuangan Kos-Kosan

Bapak Johnny, pemilik kos Gladys Residence, yang juga merupakan Mitra Mamikos berbagi tips jitu bagaimana kelola keuangan kos-kosan agar bisnis kos Anda menghasilkan keuntungan. Pak Johnny yang memiliki beberapa properti kos ini berbagi rahasia beliau dalam membangun kos-kosan, berapa modal usaha kos yang dikeluarkannya, hingga cara mengatur biaya operasional kos. 

7. Seputar Desain Rumah Kos-Kosan

Desain rumah kos-kosan yang nyaman akan membantu penyewa merasa lebih senang dan betah saat menghuni kos Anda. Bisa desain rumah kos-kosan nyaman, penghuni kerasa, tentu pemilik kos akan dapat merasakan keuntungannya Desain kos 1 lantai dan desain kos 2 lantai bisa berbeda. Begitu pun jika Anda berencana menggabungkan tempat tinggal dan rumah kos-kosan dalam 1 bangunan. Dekorasi rumah kosan juga memainkan peranan penting dalam membuat penghuni merasa nyaman. 

Nah, banyak video yang bisa Anda pelajari, bukan? Mari perkaya diri Anda dengan wawasan seputar bisnis kos. Untuk membantu Anda mengembangkan bisnis kos nantinya, Mamikos rutin menyelenggarakan Webinar setiap minggunya dengan narasumber yang ahli dalam bidangnya. Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips dan trik seputar bisnis kos dengan bergabung di Facebook Group Komunitas Mitra Mamikos. Tunggu apa lagi? Segera bergabung, yuk!