20 Kreasi Lampu Tidur yang Bisa Dicoba untuk Anak Kost

20 Kreasi Lampu Tidur yang Bisa Dicoba untuk Anak Kost

Kreasi Lampu Tidur - Mungkin sebagian dari kita anak kost memiliki banyak sekali barang-barang di kamar kost kita yang tidak terpakai dan menumpuk. Barang-barang tersebut cuma membuat kamar kost kita menjadi lebih sempit. Nah pernah ga sih terbesit keinginan untuk membuat sesuatu yang unik dari barang bekas yang ada di kamarmu? Jika belum mendapatkan ide, Mami akan memberikan ide yaitu 20 kreasi lampu tidur yang bisa dicoba untuk anak kost. Bingung gimana cara buatnya? Simak deh info beberapa aneka kreasi lampu tidur di bawah ini :

1. Cara Membuat Lampu Tidur - Kreasi Lampu Tidur Benang

lampu tidur dari benang
Lampu Tidur dari Benang

Pembuatan lampu tidur dari benang ini tergolong mudah, kamu hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan berupa benang, toples kecil, lem serbuk, balon, dan cup minuman. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.

cara buat lampu tidur dari benang
cara buat lampu tidur dari benang

2. Cara Membuat Lampu Tidur - Membuat Lampu Tidur dari Kertas

kreasi lampu tidur dari kertas
kreasi lampu tidur dari kertas

Lampu tidur juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan kertas. Kamu hanya memerlukan bahan seperti toples bekas, kertas kado motif, silet, dan lem. Cara pembuatanya bisa dilihat di bawah ini.

cara membuat lampu tidur dari kertas
Membuat Lampu Tidur dari Kertas

3. Cara Membuat Lampu Tidur - Kreasi Lampu Tidur dari Botol Plastik

Kreasi lampu tidur dari botol plastik
Kreasi Lampu Tidur dari Botol Plastik

Lampu tidur dari botol plastik ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: botol air mineral 1500 ml, sendok plastik, kertas folio warna hijau, lem, dan pylox warna kuning. Langkah-langkah pembuatannya bisa dilihat gambar di bawah ini.

4. Cara Membuat Lampu Tidur - Tutorial Membuat Lampu Tidur dari Kardus

kreasi lampu tidur dari kardus
kreasi lampu tidur dari kardus

Kreasi yang ke empat, yuk gunakan kardus bekas untuk membuat lampu tidur. Bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain adalah karton bekas susu kotak, lem, gunting. Kalau gak ada karton bekas kemasan susu, kalian bisa pakai kotak bekas kemasan lainnya, kok. Untuk cara pembuatanya bisa dilihat gambar di bawah ini.

pelipatan kardus
pelipatan kardus
merangkai lipatan kardus
Merangkai Lipatan Kardus


5. Cara Membuat Lampu Tidur - Membuat Lampu Tidur dari Koran Bekas

kreasi lampu tidur dari kertas koran
Kreasi Lampu Tidur dari Kertas Koran

Jika di kost kalian terdapat banyak koran bekas, cobalah untuk mengubahnya menjadi lampu tidur yang unik. Kalian cukup mengumpulkan bahan koran bekas, gunting, pensil, cutter, lem, dan balon. Untuk cara membuatnya bisa dilihat gambar di bawah ini.

proses pengeleman
proses pengeleman

6. Cara Membuat Lampu Tidur - Kreasi Lampu Tidur dari Benang Renda Bekas

kreasi lampu tidur dari benang renda bekas
Kreasi Lampu Tidur dari Benang Renda Bekas

Kalau kalian memiliki renda bekas di kost, kalian bisa memanfaatkanya untuk membuat lampu tidur. Bahan yang dibutuhkan di antaranya adalah balon, renda bekas, kuas, gunting, dan lem. Proses pembuatanya bisa dilihat gambar di bawah ini.

pemberian lem pada renda bekas
Pemberian Lem pada Renda Bekas
peniupan untuk lampu tidur dari renda bekas
Meniup Balon untuk Membuat Lampu Tidur dari Renda Bekas

7. Cara Membuat Lampu Tidur - Membuat Lampu Tidur Awan dari Kertas

kreasi lampu tidur awan dari kertas
Kreasi Lampu Tidur Awan dari Kertas

Jika di awal tadi kita membuat lampu tidur kertas dengan bentuk toples, kali ini kita akan membuat lampu tidur berbentuk awan dengan bahan yang sama yaitu kertas. Bahannya adalah kertas, lem, dan gunting. Untuk proses pembuatanya bisa dilihat di bawah ini.

8. Cara Membuat Lampu Tidur - Kreasi Lampu Tidur Awan dari Bola Pingpong

kreasi lampu tidur awan dari bola pingpong
Kreasi Lampu Tidur Awan dari Bola Pingpong

Untuk membuatnya, kalian cukup membeli lampu LED dengan kabel yang panjang dan bola pingpong. Selanjutnya, kamu  tinggal melubangi bola pingpong dan memasangnya pada rangkaian lampu.

9. Cara Membuat Lampu Tidur - Ide Lampu Tidur Awan dari Kaleng Susu Bekas

kreasi lampu tidur awan dari kaleng susu bekas
Kreasi Lampu Tidur Awan dari Kaleng Susu Bekas

Untuk membuatnya, dibutuhkan kaleng susu bekas, cat pylox dengan warna bebas, bor/paku untuk melubanginya. Untuk ptoses dan hasilnya bisa dilihat di gambar.

10. Cara Membuat Lampu Tidur - Lampu Tidur Awan dari Kayu Bekas

kreasi lampu tidur awan dari kayu bekas
Kreasi Lampu Tidur Awan dari Kayu Bekas

Bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah kayu, kain kanvas, cat akrilik, kuas, dan pensil. Untuk cara pembuatanya bisa dilihat gambar di bawah ini.

cara buat kreasi lampu tidur awan dari kayu bekas

11. Cara Membuat Lampu Tidur - Cara Membuat Lampu Tinkerbell


Untuk membuat kamarmu menjadi terasa lebih nyaman dan memiliki kesan santai, kamu bisa membuat lampu tinkerbell. Lampu tidur yang tidak terlalu terang akan memberikan kualitas tidur yang baik. Selain itu cara untuk membuat lampu tinkerbell ini juga tidak terlalu sulit. Cukup ikuti beberapa langkah berikut.

Pertama siapkan bahan yang dibutuhkan yakni lampu led string putih, 1 – 4 lembar kain tull, kalet gelang berwarna terang dan juga gunting. Jika kamu tidak tahu apa itu kain tull, kain tull adalah kain tipis yang berbentuk seperti jaring – jaring yang dibuar dari serat, nilon, dan rayon. Setelah bahan selesai disediakan, gunting kain tull membentuk persegi mungkin ukuran 8x8. 

Ketiga, lapisi lampu menggunakan kain tull sampai permukaannya tertutup lalu buatlah simpul agar kain tidak lepas dari lampu. Jika bentuknya sudah sesuai dan rapi, gunakan karet gelang yang telah disediakan untuk menalinya. Kain tull disini akan berfungsi sebagai efek debu seperti tinkerbell dan sangat cocok dijadikan lampu tidur Mudah kan? 

12. Cara Membuat Lampu Tidur Paper Cup



ara membuat lampu tidur led supaya lebih unik tapi mudah adalah dengan memanfaatkan paper cup yang biasa dijadikan wadah untuk membuat kue. Memang bisa? Tentu bisa! Siapkan dulu lampu led berwarna kuning atau putih, paper cup warna-warni,gunting, cutter. Bahannya juga cukup mudah untuk didapatkan bukan? 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat bentuk yang cantik dari kertas cup. Misalnya bentuk bunga, bintang atau yang lainnya. Biar lebih mudah gunakan saja bentuk bunga. Jika sudah terpotong dan terbentung beri lubang ditengahnya untuk memasukkan lampu led. Kemudian masukkan lampu kedalam satu sampai dua lembar kertas cup. Lakukan berulang sampai semua lampu terlapisi kertas cup. Nah, jika sudah selesai kamu bisa melihat sendiri hasilnya. Cantik bukan? 

13. Cara Membuat Lampu Tidur LED Bintang


Cara lain untuk membuat kamarmu menjadi lebih cantik dan tidur lebih nyaman adalah dengan membuat lampu tidur led bintang. Bisa dijadikan untuk hiasan di ruang tamu juga lho karena bentuknya yang cantik dan elegan. Cara membuat lampu tidur led bintang ini sangat mudah dan modal untuk membuatnya pun tidak sampai 50ribu kok. Yuk langsung praktek!

Pertama sediakan bahannya terlebih dahulu yang terdiri dari kertas putih tebal boleh kertas kardus atau yang lainnya, lampu led kuning atau putih, gunting. Kedua bentuk kertas menjadi bentuk bintang, buatlah sesuai dengan jumlah lampu led yang kamu miliki. Jika sudah lubangi bagian tengah kertas untuk meletakkan lampu. Setelah lubang selesai, masukkan lampu lewat lubang kertas. Lakukan berulang sampai selesai. Tadaa lampu tidur bintang – bintangmu sudah jadi! Mudah bukan? Lampu ini juga sangat cocok diletakkan di kamar anak supaya dia merasa lebih nyaman dan senang saat tidur. 

14. Cara Membuat Lampu Tidur Proyektor



Lampu tidur yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang hobi mmebuat karya – karya unik. Bentuknya juga sangat cantik dan efek remang – remangnya bisa membuat kita lebih nyaman saat tidur. Selain itu dengan membentuknya menjadi lebih cantik kamu bisa gunakan untuk pencahayaan saat ngedate bareng pacar lho. Sebenarnya kamu juga bisa langsung membelinya di beberapa toko tapi akan lebih hemat dan asik jika membuat dengan tangan sendiri lho. Penasaran bagaimana cara membuatnya? 

Sediakan kertas karton berwarna hitam atau apa saja yang warnanya sedikit gelap, gunting, cutter, lem, lampu led. Bentuk  sisi tengah kertas karton sesuai dengan bentuk yang diinginkan, bisa dibentuk bintang, bunga, daun, awan atau yang lainnya. Buatlah berulang untuk bagian yang lainnya sampai kertas karton di penuhi lubang berbentuk yang sesuai keinginanmu. Setelah bentuknya selesai bentuk kertas karton melingkar seperti tabung. 

Masukkan almpu lednya kedalam tabung lalu tutup bagian atas dan bagian bawahnya menggunakan kertas karton yang juga telah dilubangi. Lampu led proyektor siap digunakan untuk menghias kamar tidurmu yang cantik!

15. Cara Membuat Lampu Tidur Putar


Cara membuat lampu yang satu ini cukup mudah dan kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Metode membuatnya juga hampir sama dengan membuat lampu menggunakan kaleng bekas. Kamu cukup menyiapkan lampu led, kaleng bekas, cat besi, bor dan gunting. 

Langkah pertama adalah lubangi kaleng yang sudah disesiakan menggunakan bor. Kreasikan seunik mungkin sesuai dengan bentuk yang kamu suka. Jangan lupa untuk memberi lubang dibagian bawah, gunanya untuk memasukkan lampu led kedalam kaleng.  Setelah itu cat kaleng menggunakan cat besi kemudian keringkan. Setelah itu masukkan dan tata lampu led kedalam kaleng. 

16. Cara Membuat Lampu Tidur Terarium Dunia Salju


Untuk kalian yang suka dengan nuansa natal atau gaya vintage, mungkin membuat lampu terarium dunia salju cock untukmu. Bentuknya yang cantik akan membuat kamar kostmu jadi lebih hidup. Pertama sediakan bahan – bahan yang dibutuhkan, yakni toples kaca, sterofom, lampu led dan hiasan natal. 

Langkah selanjutnya bersihkan toples sampai bersih kemudian keringkan. Masukkan sterofom yang sudah dihancurkan ke dalam toples hingga ¼ bagian. Tata hiasan yang telah kamu sediakan ke dalam toples. Variasikan hiasannya supaya terlihat lebih artistik, jika sudah selesai masukkan lampu ke dalam toplesnya. Sebaiknya pilih lampu led yang ukurannya tidak terlalu panjang sehingga tidak menutup seluruh permukaan toples. Masukkan juga beberapa bagiannya kedalam tengah sterofom agar toples terkesan lebih hidup. 

17. Cara Membuat Lampu Tidur Kucing


Cara membuat lampu yang satu ini cocok banget buat kamu sang pecinta kucing. Cara membuatnya sangat mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Bahan yang perlu kamu sediakan adalah karton berwarna hitam, gunting dan lampu led. Gunting karton membentuk kepala kucing kemudian lubangi bagian matanya. Setelah berbentuk masukkan lampu satu per satu ke lubang yang telah dibuat. Dan tadaaa lampu kucing siap menghiasi kamarmu!

18. Cara Membuat Lampu Tidur Dengan Gelas Pastel


Kreasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah kreaso lampu gelas pastel. Lampu ini akan memberikan kamarmu kesan vintage dan nyaman apalagi bagi kamu pecinta ornamen – ornamen lucu. Bahan yang harus disediakan adalah gelas kertas atau cup, lem, kertas krep warna pastel atau kertas kado. 

Lapisi cup menggunakan kertas krep lalu lem supaya tidak mudah lepas. Setelah selesai lubangi bagian bawah cup untuk memasukkan lampu led. Langkah selanjutnya masukkan lampu led ke dalam cup. Tempelkan di dinding dekat kamar tidur supaya kamar kos terlihat lebih cantik. Selain jadi hiasan kamar, lampu cup pastel juga bisa dijadikan hiasan pesta lho. 

19. Cara Membuat Lampu Tidur Dari Botol Plastik


Biasanya anak kost tu identik dengan hal – hal yang berbau hemat dan praktis. Membuat lampu juga bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan supaya tidak terlalu banyak. Misalnya dengan membuat lampi dari botol plastik. Selain hemat kamu juga bisa tetap mempercantik kamar dengan kreasi sendiri. Pertama sediakan botol plastik bekas yang sudah dibersihkan, lampu kecil + kabelnya, cutter, lem dan cat semprot. 

Kedua, potong bagian bawah botol sesuai dengan bentuknya kemudian lubangi dibagian tengahnya untuk jalan kabel dari lampu. Ketiga, rekatkan bagian bawah botol dengan bagian bawah sesuai dengan bentuk awalnya. Lalu semprot botol menggunakan cat yang disediakan, setelah cat mengering masukkan lampu dan juga kabelnya. 

20. Cara Membuat Lampu Tidur Dari Topi Bekas


Beberapa barang bekas yang sudah tidak terpakai bisa digunakan lagi untuk kebutuhan yang lainnya. Bahkan semakin tua umur suatu barang justru akan menambah nilai seni di dalam mengkreasikannya. Bahan yang perlu kamu sediakan adalah dua topi bekas, kabel beserta dua lampu kecil. Langkah pertama lubangi bagian tengah topi kemudian masukkan kabel melalui lubang yang telah dibuat. Gantung lampu sesuai tempat yang kamu inginkan dan tadaa kamar kost menjadi lebih cantik

Manfaat tidur dengan menggunakan lampu tidur

Tidur ialah kebutuhan wajib setiap manusia sehari-harinya. Dengan tidur kamu mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktivitas yang sudah kamu lakukan seharian. Terlebih jika kamu seorang pekerja keras, tidur yang nyaman sangat bermanfaat bagi kamu. Tidak jarang banyak yang lebih memilih tidur di ruangan yang lebih redup dengan pencahayaan minim. 

Kalau kamu senang tidur di ruangan dalam keadaan remang begitu lampu tidur akan sangat dibutuhkan. Terlebih, apakah kamu tahu kalau tidur dengan kondisi seperti itu ada manfaatnya sendiri? Yuk simak apa saja manfaat tidur yang akan kalian dapatkan.

1. Detoksifikasi

Ternyata manfaat pertama yang akan didapatkan tubuh jika tidur di awal waktu dan dalam keadaan yang remang-remang ialah semakin optimalnya upaya detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi yang terjadi saat siklus tidur akan membersihkan toksin yang mengontaminasi tubuh. Detoksifikasi tubuh, terutama di hati, akan tercapai maksimal ketika tidur. 

Mekanisme ini berhubungan erat dengan diproduksinya antioksidan sebagai penetral toksin. Dengan tidur yang berkualitas, detoksifikasi akan bekerja maksimal, khususnya untuk pembentukan asam amino glutathione sebagai antioksidan yang akan menetralisir stress oksidatif serta radikal bebas.

2. Menghasilkan hormon melatonin

Saat tidur dalam keadaan lampu yang dimatikan, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Hormon tersebut berfungsi erat dengan kekebalan tubuh untuk memerangi dan mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker payudara atau prostat. 

Selain itu melatonin juga membantu mengontrol masalah kesehatan lain seperti siklus haid, menopause, dan insomnia kronis. Menariknya, tubuh baru akan menghasilkan melatonin secara optimal dalam tidur dengan penerangan yang minim. Tidur dengan lampu terang akan menghambat produksi hormon yang sangat bermanfaat ini

3. Meningkatkan kinerja otak

Tidur yang pulas dan di ruangan yang gelap juga akan meningkatkan kinerja otak. Secara tidak langsung fakta tersebut mengatakan jika tidur yang tepat dapat meningkatkan memori, serta mencegah pikun atau dementia saat lansia. Tidak cuma itu, efek relaksasi dan mengendurkan stress juga akan bekerja optimal. Karena itulah tidur sangat penting untuk membuat suasana hati dan pikiran lebih stabil.

4. Mengurangi global warming

Mematikan lampu saat tidur tidak hanya berguna untuk kesehatan lhoh, tapi juga bisa ditilik dari sisi ekonomis dan lingkungan. Dengan mematikan lampu saat malam hari secara langsung kamu akan mengurangi kebutuhan listrik dan menghemat tagihan. Sedangkan, hal yang sama juga mempengaruhi faktor lingkungan terlebih ketika bumi sudah menunjukkan tanda-tanda global warming. 

Jadi mencintai lingkungan dan menghemat tagihan listrik bisa kamu lakukan secara sekaligus dengan mematikan lampu yang tidak dibutuhkan menjelang dan saat tidur.. 

Bagaimana? Apakah masih kurang untuk kreasi lampu tidurnya? Jika masih, kalian bisa membuat sesuai kreativitas yang anda miliki. Gunakan barang-barang disekitar kost kalian yang tidak terpakai agar lebih bermanfaat.

Baca juga : 50 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan


Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini