12 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati 2020

12 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati 2020

Buat kamu yang saat ini duduk di bangku SMA, pasti sekarang kamu udah mulai pikir-pikir nih besok mau kuliah di jurusan apa. Buat yang anak IPA, kuliah di jurusan kuliah IPA pasti jadi prioritas, demikian pula buat anak-anak IPS yang lebih senang kalau kuliahnya di jurusan yang berhubungan sama IPS juga.  

Anak IPS yang gak suka hitung-menghitung memang cocoknya sih kuliahnya juga di jurusan-jurusan IPS. Meski gak setenar jurusan-jurusan IPA, ada banyak lho jurusan kuliah IPS ternaik yang termasuk favorit dengan banyak peminat tiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah jurusan Psikologi, Hukum, Ekonomi, Bahasa, Administrasi, Komunikasi dan lain sebagainya.

DaftarJurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati

Masalahnya, masuk kuliah di jurusan-jurusan IPS tersebut terbilang susah karena saingannya banyak banget! Makanya banyak anak IPS yang lebih suka memilih jurusan kuliah IPS yang jarang diminati. Untuk tahun 2019 ini nanti, ada luamayan banyak sih jurusan IPS yang peminatnya minim. 12 di antaranya bisa kamu temukan di bawah ini:


1. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Ilmu ini mempelajari tentang tiga elemen dalam negara yaitu fungsi legislatif, yudikatif dan eksekutif. Jurusan ini terbilang sepi peminat jika dibanding dengan jurusan IPS lain seperti hukum, ekonomi, atau akuntansi. Buat kamu yang pengen kuliah di jurusan ini, jangan kaget ya karena meski kurang diminati, passing grade jurusan ini terbilang cukup tinggi. Catat ya: nilai passing grade jurusan ini di Unpad sebesar 45,30% dan di UI sebesar 42,7%.

 

2. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Ilmu Pemerintahan

Ilmu yang mempelajari tentang organisasi, administrasi, manajemen dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan pemerintahan ini bisa ditemukan di banyak universitas, baik negeri atau swasta. Peminatnya bisa dibilang sedikit. Untuk passing grade jurusan ini ada di angka 29,4% di UB Malang, 33,9% di Unhas dan 3,8% di Unpad.

 

3. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Sastra Jepang

Untuk jurusan IPS yang nyrempet-nyrempet bidang kebahasaan, jurusan Sastra Jepang bisa dibilang sepi peminat. Masalahnya, masih banyak orang yang menganggap sinis jurusan ini karena mereka menganggap mempelajari Bahasa Jepang kurang begitu penting. Tetapi banyak sebenarnya peluang dari kuliah di jurusan Sastra Jepang in.  Jurusan Sastra Jepang bisa ditemukan di kampus-kampus negeri ternama antara lain di Unpad, UI, UGM, dan UB. Di Unpad, jurusan ini memiliki passing grade 31,00%,  Universitas Indonesia 39,70%, UGM 42,68%, dan UB 30,7%.

4. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Sastra Perancis

Sama halnya dengan jurusan Sastra Jepang, jurusan Sastra Perancis sering dipandang sebelah mata karena mempelajari Bahasa Perancis dianggap tak begitu penting. Padahal kini Bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa global yang banyak digunakan oleh orang-orang dari berbagai negara untuk berkomunikasi. Minimnya peminat jurusan Sastra Perancis membuat passing grade untuk jurusan Sastra Perancis terbilang lumayan minim juga. Di Unnes, jurusan Sastra Perancis memiliki passing grade 24,5% dan di UM Malang passing grade-nya sebesar 24,5%.

 

5. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Ilmu Filsafat

Jurusan ilmu filsafat adalah jurusan kuliah yang mempelajari tentang pemikiran-pemikiran manusia. Mereka yang kuliah di jurusan ini diajarkan untuk berfikir secara logika dengan bebas sedalam-dalamnya sehingga bisa sampai ke dasar persoalan yang dibahas. Jurusan ini kurang peminat karena tak banyak orang yang berniat menjadi filsuf di jaman sekarang ini. Plus, gak banyak juga lowongan pekerjaan yang cari lulusan jurusan ini. Passing grade untuk jurusan filsafat di UI memperoleh skor 30,2% dan di UGM 41,68%.

 
6. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Sastra Jerman

Jurusan Sastra, selain Sastra Inggris, memang bisa dibilang sepi peminat. Sastra Jerman salah satunya. Bahasa Jerman yang belum dianggap sebagai bahasa global yang perlu dipelajari membuat jurusan ini tak banyak peminatnya tiap tahun. Selain itu, konon Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari, baik dari segi tata bahasa maupun hapalan kosa katanya. Jurusan Sastra Jerman ini ada di banyak universitas negeri dan swasta, meski sepi peminat di antaranya ada di Universitas Sam Ratulangi (Unisat), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), UI dan UNPAD dengan passing grade 20 -33%.

7. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Tujuan dari Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah mengurangi ketidakadilan sosial dan kesenjangan sosial antar manusia serta melakukan pengelolan masalah sosial. Jurusan ini terbilang sepi peminatnya meski prospek kerjanya cukup lumayan. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bagian HRD, LSM, instansi pemerintah, dan lain sebagainya. Untuk passing grade jurusan ini di UNPAD memiliki skor 28,60%, UI 36,3%, dan USU 31,5%.

 

8. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Arkeologi

Mendengar kata “arkeologi”, banyak orang yang langsung teringat pada fosil-fosil hewan purba atau manusia purba. Meski begitu, Arkeologi tak hanya mempelajari tentang hal tersebut. Ilmu ini mempelajari tentang kebudayaan masa lalu dengan menggunakan kajian sistematis dengan data dari benda yang ditinggalkan. Sepinya jurusan ini dipicu rendahnya minat anak-anak jaman sekarang pada bidang arkeologi dan tak banyak di antara mereka yang punya cita-cita menjadi arkeolog. Passing grade jurusan ini di UI sebesar 28,9%, di UGM 40,5% dan di Udayana 21,7%.

 
9. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Sosiologi

Buat anak IPS, Sosiologi bukan ilmu yang asing lagi. Ilmu ini mempelajari tentang perilaku sosial antar individu, antar kelompok dan sebaliknya. Lulusan jurusan Sosiologi bisa memiliki peluang kerja di bidang advice worker, peneliti sosial, konselor, human resource, housing manager, dan lain sebagainya. Jurusan ini ada di hampir setiap PTN di Indonesia, meski sepi peminat. Nilai passing grade-nya berkisar antara 20% –  32%.

 
10. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Sastra Arab

Seperti yang sudah ditulis tadi, Jurusan Sastra, selain Sastra Inggris, memang bisa dibilang sepi peminat. Sastra Arab merupakan salah satu jurusan Sastra yang juga sepi peminat. Jurusan ini juga hanya ditemukan di beberapa kampus negeri, kecuali kampus-kampus UIN. Untuk rata-rata passing grade jurusan Satra Arab berkisar antara 20,5 – 39,58%.

 

11. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Ilmu Sejarah

Jangankan anak IPA, anak IPS aja kalau ditanya soal pelajaran sejarah pasti ogah-ogahan jawabnya. Secara, ilmu sejarah emang butuh daya hapalan yang tinggi. Isinya tanggal semua broh... makanya, gak banyak anak IPS yang mau kuliah di jurusan sejarah. Kalau kamu kuliah di jurusan sejarah, kamu akan mempelajari mengenai urutan fakta-fakta masa lampau dengan menggunakan tafsiran dan penjelasan yang memberikan pemahaman tentang apa yang terjadi. Peluang kerjanya gak harus jadi sejarawan, lulusanya bisa juga jadi budayawan ,jurnalis dan lain sebagainya. Jurusan ini di UNPAD memiliki passing grade sebesar 29,20%, di UI 30,9%, UGM 40,21%, dan di UNS 28,5%.

 

12. Jurusan Kuliah Yang Jarang Diminati: Jurusan Antropologi Sosial

Hal-hal yang akan dipelajari adalah ilmu tentang ciri dan tata bahasa dari berbagai suku-suku bangsa yang ada di bumi. Jadi kayak gabungannya sosiologi, antropologi, dan sedikit sejarah. Untuk peluang kerjanya bisa menjadi Manajemen SDM, RD staf, Pengusaha dan lain sebagainya. Passing grade di UI jurusan ini mendapat skor 31,6%, Unair 30,5% dan Unhas 31,91%

Perlu diketahui pula bahwa passing grade tiap kampus satu dengan yang lainnya memiliki nilai berbeda, jadi jika mau membandingkanpassing grade bisa dengan jurusan lain yang ada di kampus tersebut. Nah, demikian pembahasan mengeani jurusan kuliah IPS yang jarang diminati. Tetapi dari sedikitnya minat tersebut memang ada penyebabnya mulai dari sedikitnya prospek ke depan atau kurang populernya jurusan tersebut. Semoga bermanfaat.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: