15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016

15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016– Bagi kalian yang sekarang masih duduk dibangku SMA pastinya sudah tau yang namanya penjurusan. Biasanya saat anda naik kelas 2 atau kelas 11 biasanya sudah muali dilakukan penjurusan antara masuk kelas IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) atau IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penjurusan ini sebenarnya memang mendidik agar para siswa lebih fokus kedalam salah satu rumpun ilmu pengetahuan.

Biasanya untuk anak jurusan IPA memiliki siswa yang lebih pintar dibanding jurusan IPS. Tetapi ada sebagian anak IPA yang terlanjur masuk jurusan IPA tetapi memilih pindah ke IPS karena suka terhadap dunia politik,ekonomi atau yang berhubungan dengan sosial lainnya.

Nah setelah kalian lulus pastinya akan memilih jurusan sesuai dengan jurusan saat SMA agar nanti saat kuliah anda tidak merasa salah jurusan karena tidak tahu apa yang dibahas, tetapi ada jurusan IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) yang dituntut kita untuk bisa mempelajari jurusan IPA dan IPS. Memang untuk jurusan kuliah IPA dibeberapa perguruan tinggi menjadi salah satu yang banyak peminatnya dan memiliki passig grade yang tinggi. Jurusan tersebut diantaranya adalah Kedokteran dan jurusan teknik.

Tetapi dibalik jurusan IPA yang memiliki banyak peminat ternyata ada 15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016. Mungkin karena kurang populer jurusannya atau memang peluang kerjanya kurang menjanjikan. Nah langsung saja kita membahas jurusan kuliah IPA sepi peminat dan penjelasannya :

1.  Teknik Planologi

Jurusan ini mempelajari tentang wilayah atau kota beserta unsur-unsur yang ada didalamnya. Ilmu ini merupakan pengabungan dari geologi, geografi, ekonomi, politik, sosial budaya dan lainnya. Jika ada berminat lebih baik mendaftar ke kampus ITB, ITS atau UB Malang karena memiliki akreditasi A. Passing grade teknik planologi ini memiliki skor  50,1% untuk kampus ITB .

Teknik Planologi - 15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati 2016
Teknik Planologi

2. Ilmu Kelautan

Jurusan ini mempelajari tentang segala hal tentang laut mulai dari makhluk hidup, gelombang dan yang berhubungan dengan laut. Di ITS passing grade jurusan kelautan ini hanya mencapai 31,9 % dengan akreditas A, selain itu di UB Malang dan ITB juga memiliki akreditasi A.

3. Meteorologi

Ilmu ini akan mempelajari tentang bumi beserta gejala-gejalanya. Hanya sedikit dari kampus di Indonesia yang memiliki jurusan ini diantaranya IPB dan Unhas. Passing grade di IPB hanya menyampai 28,6 %.

Teknik Meteorologi - 15 Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati
Teknik Meteorologi

4. Kehutanan

Semakin lama memang jurusan ini semakin sempit peluangnya karena semakin sempit hutan yang ada terutama di Indonesia. Di UGM saja passing grade jurusan ini hanya 20,9% jadi kemungkinan untuk diterima terbuka lebar.

5. Teknologi Hasil Hutan

jurusan ini menjadi solusi masalah kehutanan yang semakin sempit di Indonesia, tetapi sayangnya peminatnya masih belum banyak. ada beberapa kampus besar yang memiliki jurusan ini diantaranya UGM,IPB dan UNHAS. Passing grade di IPB memiliki skor 24,5% dan 28,9% di UNHAS.

Mau tau jurusan-jurusan IPA lainnya yang kurang diminati tapi sebenarnya menjanjikan masa depan cerah? Klik tombol "Baca Selengkapnya" di bawah ini, ya.