25 Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Hits

25 Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Hits

25 Oleh-Oleh Khas Jogja Paling Hits – Kamu berencana untuk berwisata ke Jogja dan jalan-jalan? jangan lupa untuk membeli buah tangan ketika kembali ke tempat asal nanti. Masih bingung dengan oleh-oleh yang akan diberikan? Mamikos akan memberitahukan beberapa informasi makanan atau oleh-oleh yang wajib kakak beli saat berkunjung di Jogja. Kalau bicara soal oleh-oleh khas jogja, bisa dipastikan Jogja punya ciri khas tersendiri selain unik dan khasnya cinderamata yang disuguhkan, juga karena Jogja menyediakan oleh-oleh murah dan terjangkau kantong kita. Kalau soal rasa makanan jangan diragukan lagi, pasti enak, sedangkan oleh-oleh yang berkaitan dengan barang kerajinannya kece dan lucu-lucu. Yuk, kita simak artikel 16 oleh-oleh khas Jogja paling hits di bawah ini.

Sebagai tambahan informasi, Kota Jogja yang memiliki luas sekitar 32,8 km2 (kilometer persegi) ini namanya berasal dari 2 kata yaitu kata ‘Ayogya ‘ atau ‘Ayodhya’ yang berarti Keamanan atau kedamaian oleh karena itu kenyamanan kota istimewa ini layak masuk ke dalam daftar liburan kamu semua, baik bersama keluarga maupun bersama teman-teman. Kalau berkunjung ke Jogja belom afdhol kalau belum membawa oleh-oleh khas jogja. Berikut detail 16 buah tangan paling hits khas Jogja.

Jogja- Jogja istimewa- 16 Buah Tangan Paling Hits Khas Jogja- 16 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Hits

1.Gudeg

Gudeg Kaleng- Jogja istimewa- 5 Buah Tangan Paling Hits Khas Jogja- 16 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Hits

Jika disebut nama ‘Jogja’ barangkali selain terbesit dengan istilah ‘Kota Pelajar’, kamu juga akan teringat dengan makanan khas Jogja. Yang akan pertama Mamikos jelaskan tentang oleh-oleh jogja unik tidak lain dan bukan adalah makanan khas Jogja satu ini. Kamu sudah tahu kan kalau Jogja ini terkenal sebagai kota Gudeg? Makanan yang terbuat dari nangka muda dan dimasak menggunakan santan ini memiliki banyak jenis. Terdapat gudeg yang rasanya manis, namun ada pula gudeg yang rasanya cenderung gurih. Penyajian gudeg tidak hanya sekadar gudeg saja karena kamu pun bisa memilih untuk disajikan bersama nasi atau bubur. Jika sangat lapar, mintalah pada penjual untuk menambahkan ayam atau telur yang tidak kalah lezat apabila dimakan bersamaan dengan gudeg.

Kalau bingung dimana harus membeli gudeg, kunjungi saja Gudeg Wijilan yang populer.  Selain bisa melihat berbagai macam jenis gudeg sekaligus mencicipinya, kamu juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Kamu juga bisa berjalan-jalan malam bersama teman-temanmu di malam hari dan mencari penjual gudeg di pinggir jalan. Tidak terlalu sulit mendapatkan warung makan lesehan yang buka malam hari dan menjual gudeg dengan harga terjangkau. Apabila ingin membawanya sebagai oleh-oleh, sebaiknya kamu langsung memilih gudeg kemasan, baik kemasan berbentuk besek (anyaman bambu), kendil (dari gerabah atau tanah liat), bahkan gudeg kaleng yang bisa bertahan beberapa bulan. Gudeg tersebut sudah dikemas secara modern dan higienis, jadi tidak akan basi dalam waktu yang singkat. 

2. Bakpia Pathuk

Bakpia- Jogja istimewa- 5 Buah Tangan Paling Hits Khas Jogja- 16 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Hits

Pernah mendengar oleh-oleh bakpia pathuk khas Jogja? Saat ini, Makanan kecil dan manis ini pasti menjadi oleh-oleh wajib yang harus dibawa apabila sudah berkunjung ke Jogja. Jika dulu bakpia pathuk identik dengan rasa kacang hijaunya saja, saat ini sudah banyak inovasi isi bakpia yang menjadikannya semakin banyak diminati, misalnya bakpia isi coklat, keju, strawberi, bahkan rasa lain yang tidak kalah menarik. Bakpia cocok diberikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga. Saat ini tersedia bakpia dengan berbagai tingkat kualitas dan berbagai rentang harga. Kamu dapat membeli bakpia premium dengan harga di atas 30.000 Rupiah per boxnya. Dengan budget terbatas pun kamu tetap bisa membeli bakpia yang di bawah harga tersebut.

Ingin melihat langsung proses pembuatan bakpia? Bagi kamu yang ingin mencicipi langsung dari produsennya bisa datang ke alamat Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55213. di Sentra Bakpia 25 kamu bisa belajar cara membuat bakpia juga dengan ahlinya. Tempat penjualan bakpia yang mengizinkan pengunjungnya untuk melihat proses pembuatan langsung pun bisa kamu temukan di banyak tempat. Jadi jangan sungkan bertanya pada penjual bakpia apabila kamu penasaran dengan seluk beluk pembuatan makanan khas Jogja ini. 

3. Geplak

Geplak- Jogja Istimewa- 16 Buah Tangan Paling Hits Khas Jogja- 16 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Hits

Jika ingin membawa oleh-oleh yang lain dari yang lain, cobalah membawa geplak sebagai oleh-oleh. Di Jogja, geplak banyak dijual di pasar tradisional dengan harga terjangkau, sehingga kamu tidak perlu khawatir budgetmu membengkak. Makanan kecil warna warni ini juga bisa kamu bawa ke kota asal. Makanan manis dan menarik ini terbuat dari parutan kelapa dan gula jawa atau pasir. Geplak berasal dari wilayah Bantul, Jogja dan sudah banyak dijual di pusat oleh-oleh. Peminat makanan berbahan dasar tepung beras dan kelapa ini tidak banyak, tapi jika kamu sudah mencicipinya, biasanya kamu akan ketagihan. Jika berencana menjadikannya sebagai oleh-oleh, kamu perlu memperhitungkan jarak Jogja dengan kota asalmu  dan perhatikan pula masa kadaluarsanya. Untuk menghemat budget, beli saja geplak yang dijual kiloan. 

4. Yangko

Yangko- Jogja Istimewa- 16 Buah Tangan Paling Hits Khas Jogja- 16 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Hits

Ingin merasakan mochi  khas Indonesia? Jangan lupa ya sempatkan main ke Kota gudeg sambil membeli Yangko. Makanan Khas Kota Jogja ini terbuat dari tepung ketan berbentuk kotak yang dibalur dengan tepung terigu kenyal dan rasanya pun manis. Yangko banyak dijual di tempat penjual oleh-oleh khas Jogja dengan harga bervariasi, mulai dari di bawah 5 ribu Rupiah ber bijinya hingga yangko yang sudah dikemas dan dijual dengan harga sekitar 10 – 20 ribu Rupiah per pax. Yangko sangat cocok diberikan sebagai oleh-oleh untuk adik atau anak-anak kecil karena rasanya yang manis. Jangan lupa membeli yangko berbagai warna agar oleh-olehmu semakin menarik.

Ingin mengunjungi lokasi pembuatan yangko? Datanglah ke Kotagede untuk bisa menyaksikan proses pembuatan makanan khas berbahan dasaar ketan, kacang tanah, dan gula. Saat ini yangko sudah dibuat dalam berbagai varian rasa, misalya strawberi, cokelat, melon, bahkan durian. Satu pax yangko biasanya terdiri dari 20 biji yang masing-masing disajikan terpisah karena terbungkus kertas. 

5. Coklat Monggo

Monngo Coklat- Jogja Istimewa- 16 Buah Tangan Paling Hits Khas Jogja- 16 Oleh-oleh Khas Jogja Paling Hits

Siapa bilang oleh-oleh coklat hanya bisa kamu beli di luar negeri? Kalau selama ini kita lebih banyak makan coklat buatan luar negeri, yuk coba cicipi dan beli juga coklat asli dalam negeri. Coklat khas jogja ini juga tak kalah lezatnya sama coklat luar negeri. Coklat Monggo dibuat dengan rasa lokal yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain. Beberapa rasa coklat yang bisa kamu coba diantaranya adalah rasa buah-buahan, caramel, red chili, bahkan rasa lokal masakan rendang. Coklat monggo bisa menjadi alternatif oleh-oleh makanan khas Jogja yang tahan lama, apalagi jika kamu memiliki banyak kerabat yang perlu diberi buah tangan.

Jika ingin mengunjungi pusat pembuatan coklat monggo, datanglah ke Kotagede. Coklat ini berbeda dengan coklat lainnya karena kemasannya dibuat dari kertas daur ulang yang tentunya sudah memiliki sertifikat. 

Masih banyak lagi oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibeli untuk buah tangan. Yuk klik "Baca Selanjutnya" untuk tahu daftar lengkapnya.

<% countdowntime.days %>
hari
<% countdowntime.hours %>
jam
<% countdowntime.minutes %>
menit
<% countdowntime.seconds %>
detik