Pengen Bangun Kos Kosan ? Begini Cara Menghitung Anggaran Biayanya

Pengen Bangun Kos Kosan ? Begini Cara Menghitung Anggaran Biayanya

Bangun Kos Kosan –  Bisnis kost merupakan suatu bisnis yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, modal besar yang keluar hanya satu kali, seterusnya Anda bisa mendapatkan pemasukan setiap bulan atau tahun atau sesuai dengan peraturan biaya sewa yang dibuat setelah pembangunan kost-kostan selesai.

Bangun Kos Kosan
Tampilan Kos Kosan – Bangun Kos Kosan

Bisnis properti seperti Bangun Kos Kosan memang bisnis yang menjanjikan sehingga banyak sekali di jaman sekarang para besinis memilih properti sebagai invsetasinya.

Sebelum Anda menghitung pendanaan, ada banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dari bisnis kost di antaranya:
1. Permintaan Rumah Kost yang Semakin Tinggi

Kebutuhan rumah kost selalu bertambah setiap saat karena target pasar seperti mahasiswa atau karyawan yang terus bertambah. Hal ini menyebabkan bisnis kost selalu ramai. Demi memaksimalkan keuntungan Anda, sebaiknya bangun kos kosan di sekitar kampus atau perkantoran.

2. Memberikan Penghasilan Rutin

Selain rutin, Anda akan mendapatkan penghasilan untuk jangka panjang mengingat kebutuhan yang semakin meningkat dan pangsa pasar semakin bertambah. Setiap kost memiliki peraturan jangka waktu pembayaran sewa kost yang dibebankan kepada penyewa biasanya setiap bulan atau tidak tahunan. Selama penyewa masih tinggal di kost Anda.

3. Pengelolaan Relatif Mudah

Hal yang repot dalam menjalankan bisnis kost hanya terjadi saat awal seperti menyiapkan kamar-kamar kost, fasilitas, asisten rumah tangga serta petugas keamanan.

Setelahnya Anda hanya tinggal menerima laporan serta terima uang sewa dari para penyewa.

Pengen tau apa lagi keuntungan lain yang bisa didapatkan dari bisnis kost dan faktor terpenting ketika akan membangun rumah kost? Klik tombol "Baca Selengkapnya" di bawah ini.


4. Adanya Peluang dalam Menambah Penghasilan

Ketika membangun bisnis kost, disana Anda pula bisa membuka usaha lain seperti rumah makan, jasa laundry, jual pulsa, dll. Jika kamar kost berupa kosongan, Anda juga bisa menawarkan barang-barang yang diperlukan oleh penyewa seperti tempat tidur, lemari, dll yang bisa Anda bisniskan juga.

5. Harga Rumah Kost yang Semakin Tinggi

Jika suatu saat Anda akan menjual rumah kost Anda sendiri, harga jual rumah kost pasti akan lebih tinggi dibanding rumah biasa.

Kembali ke tema awal bagaimana cara menghitung anggaran biaya dalam Bangun Kos Kosan. Saat akan memulai membangun kost, hal pertama yang Anda pikirkan tiada lain adalah biaya.

Banyak orang yang ingin berbisnis properti berupa kost-kostan tapi tidak memilki modal yang cukup untuk memulainya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tetap menjalankan bisnis ini meskipun tidak memiliki modal sepeser pun. Sebuah pertanyaan muncul “bagaimana caranya bisnis kost bisa berjalan tanpa mengeluarkan modal sepeserpun?”

Ya, banyak sekali mereka yang ingin berbisnis terbentur dana di awal sehingga gagal bisnis kost dan lebih memilih yang lain, padahal Anda bisa melakukan beberapa cara seperti Anda bisa melakukan pinjaman ke bank atau badan lain yang bisa meminjamkan uang, atau bisa bekerja sama dengan mereka yang mampu join dengan bisnis Anda kemudian nantinya dibagi hasil, dan berbagai cara lain. Simak disini.

Namun bagi Anda yang sudah memiliki modal cukup dan bingung bagaimana cara menghitung dana supaya tidak minus, bisa ikuti beberapa cara berikut ini. Tapi sebelumnya, Anda lakukan analisa serta konsep yang matang terlebih dahulu agar proses membangun kost berjalan sesuai harapan, misalnya menentukan lokasi, type rumah kost, perijinan, serta target pasar artinya siapa saja penghuni yang akan menyewa kamar kost Anda.

Selain beberapa hal di atas, beberapa faktor terpenting ketika akan membangun rumah kost yaitu:

1. Mempertimbangkan harga tanah.

Harga tanah merupakan faktor yang harus mengeluarkan dana dengan jumlah yang sangat besar apalagi posisi tanah berada di lokasi yang strategis maka harga akan semakin tinggi.

2. Desain Kost.

Desain kost tidak dibuat semaunya sendiri, harus sesuai dan mengutamakan keamanan serta keamanan. Semakin hari desain rumah semakin modern dan bisa jadi bersaing dengan kost-kost lain, sehingga untuk menambah daya tarik para penghuni sebaiknya gunakan desain kost yang menarik dan modern.

3. Pertimbangkan ekspansi kos kosan.

Ekspansi merupakan suatu tindakan untuk memperluas cakupan usaha yang Anda bangun. Ada beberapa orang yang yang membangun rumah kost dengan luas dan mengaharpkan pendapatan setiap bulan, dan ada juga sebaliknya.

Dalam menjalankan pembangunan kos kosan siapakan RAB atau Rencana Anggaran Biaya yang berstatus ready dan dana relatif besar. Kesiapan inilah yang akan menentukan lancar atau tidaknya proses pembangunan tersebut dan bisa dipastikan terhindar dari resiko kemacetan proyek karena masalah dana di awal.

Dalam melakukan perhitungan biaya membangun kost, jika Anda tidak sanggup menyiapkannya sendiri, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak konsultan yang mampu dan profesional serta terbukti memiliki tanggungjawab atas proyek yang diberikan.

Uang bersifat riskan sehingga Anda juga harus detil seberapa pun nilainya agar tidak keliru. Serahkan perhitungan kepada pihak yang profesional.

Selain perhitungan, proses perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan serahkan juga kapada konsultan untuk menghindari tingkat kesalahan selama proses pembangunan.

Sebagai contoh, RAB dalam bangun kos kosan untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya sekitar 5 hingga 6 juta per meter dengan spesifikasi bangunan mewah karena menggunakan kualitas terbaik.

Jika dana terlalu besar karena ada material yang terlalu mahal, Anda bisa menggunakan material dengan harga standar namun kualitas terbaik untuk meminimalisir dana.

Sebenarnya, metode dalam membangun rumah kost pada dasarnya sama seperti membangun rumah untuk sendiri yang membedakan adalah saat membangun kost Anda harus memperhitungkan modal investasi dan profit yang nantinya akan diterima.

Seperti contoh, saat berbisnis kost, Anda juga harus menentukan berapa tarif sewa yang akan dibebankan kepada penyewa setiap bulan, tahun atau jika membuka fasilitas kost harian berapa beban sewa hariannya dengan pertimbangan fasilitas yang diberikan setiap kamar.

Sebagai saran tambahan, dalam memulai bisnis prorperti hendaknya mematangkan niat dan kosisten jangan sampai putus ditengah jalan karena ada hal yang mengganggu. Jangan terlalu terburu-buru, yang penting “alon-alon asal klakon”.

Apabila proses pembangunan kost-kostan selesai, tugas Anda belumlah selesai. Untuk mendapatkan pelanggan dengan cepat harus memiliki strategi khusus seperti seorang marketing.

Bagaimanapun yang namanya kost baru adakalanya orang-orang tidak mengetahui bahwa rumah yang Anda bangun bukan kos kosan.

Maka dari itu, harus ada cara khusus bagaimana caranya dalam waktu yang singkat mendapatkan penghuni yang banyak.

Cara yang paling efektif yang bisa Anda ikuti yaitu, bisa mendaftarkan data kost Anda pada Aplikasi Kost Online sehingga tanpa harus menyuruh orang untuk mengiklankan di berbagai media, kost Anda akan masuk kedalam aplikasi tersebut sehingga semua orang bisa mengetahuinya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost