Rute Lengkap dan Jadwal Terbaru Kereta KRL Commuter Line Jabodetabek


Rute dan Jadwal Lengkap Kereta KRL Commuter Line Jabodetabek— Demi memberikan kemudahan pelayanan transportasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) yang disebut KRL Commuter Line atau KA Commuter Jabodetabek. Sebenarnya KRL yang dulunya dikenal dengan sebutan KRL Jabodetabek ini telah beroperasi sejak 1976. Namun, KRL Commuter Line saat ini telah banyak mengalami pembaruan dibandingkan KRL sebelumnya.

Ada beberapa pembaruan yang telah dilakukan oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek (PT. KCJ), anak perusahaan PT. KAI ini. Pembaruan tersebut antara lain, modernisasi angkutan KRL pada tahun 2011, penyederhanaan rute menjadi 6 rute utama, penghapusan KRL ekspress, penerapan gerbong khusus wanita, dan mengubah nama KRL ekonomi-AC menjadi Kereta Commuter. Tak hanya itu, proyek dilanjutkan dengan renovasi, penataan ulang, dan sterilisasi sarana dan prasarana termasuk jalur kereta dan stasiun kereta, serta penempatan satuan keamanan pada tiap gerbong. Hal terbaru lainnya yang coba dilakukan PT. KCJ adalah penerapan sistem tiket elektronik COMMET (Commuter Electronic Ticketing) dan perubahan sistem tarif kereta.

Dengan kepadatan penduduk yang terbilang tinggi dan sejumlah masalah transportasi di wilayah Jabodetabek, KRL Commuter Line sering menjadi pilihan utama moda transportasi umum bagi warganya. Selain tidak perlu terjebak kemacetan panjang, siapa saja yang tinggal/kost di wilayah Jabodetabek juga bisa mendapatkan layanan transportasi umum dengan harga terjangkau.