Kost Dekat UNTIDAR Magelang

Ringkasan Kost Dekat Untidar Magelang dan Sekitarnya

Bagi banyak orang, mungkin Universitas Tidar masih sangat terdengar asing di telinga. Perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah ini baru genap berusia 4 tahun menyandang status perguruan tinggi negeri pada 1 April 2018 lalu. Meksipun masih terbilang “muda”, Universitas Tidar atau biasa disingkat Untidar sudah mulai dilirik banyak siswa lulusan sekolah menengah atas sederajat dari seluruh Indonesia. Terbukti dengan peminat yang mencapai angka 15.000 pada saat pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2019 lalu.

Jika Anda masih merasa kebingungan mencari perguruan tinggi yang sesuai dan berkualitas di Kota Magelang, tak ada salahnya Anda mempertimbangkan Universitas Tidar sebagai tujuan.  Anda pun dapat menemukan bangunan kampus yang satu ini tepatnya di Jl. Kapten Suparman No.39, Tuguran, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang. Tak perlu kebingungan mencari tempat tinggal ketika Anda sudah diterima sebagai mahasiswa baru di Untidar. Ada banyak sekali pilihan kost di Magelang yang berada dekat Untidar ini. Guna mendapatkan informasi lebih banyaknya lagi, Anda pun bisa memanfaatkan informasi di bawah ini sebagai referensi dalam mencari kost dekat Untidar Magelang.

Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Kost di dekat Untidar Magelang dan Sekitarnya

Anda pun tidak harus mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan kamar kost dekat Untidar Magelang murah yang nyaman dan aman. Akan tetapi jika Anda bersedia mengeluarkan uang yang banyak juga dipersilahkan, karena biasanya pemilik kost akan memberikan fasilitas yang semakin lengkap jika Anda membayar biaya sewa kost yang semakin mahal harganya. Agar tidak salah dalam memilih kost dekat Untidar Magelang yang akan dihuni, mungkin ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut Mamikos berikan poin-poinnya.

  • Menentukan budget

Dari hasil penelusuran Mamikos, di daerah Magelang rata-rata harga sewa kost yang paling murah adalah sekitar Rp300.000 per bulan. Tentu saja, untuk kost dengan harga demikian fasilitasnya kurang dan luasnya pun sangat sempit. Mamikos menemukan kost dengan harga minimal tersebut degan ukuran hanya cukup untuk kondisi kamar kosongan. Untuk ventilasi udara pun hanya tersedia kecil mengarah ke lorong bangunan. Sementara untuk kost yang berAC, biasanya harganya mulai dari Rp1.500.000 per bulan.

Jika budget Anda terbatas, Mamikos menyarankan untuk mencari kamar non AC saja karena untuk kost AC jika listrik masih bayar lagi akan memakan biaya yang lebih banyak. Untuk kamar non-AC yang layak, harga wajarnya berkisar antara Rp600.000.000 – Rp.1000.000 per bulan. Sebaiknya Anda menentukan budget dahulu sebelum mencari kost dekat Untidar Magelang. Menentukan budget ini penting karena akan mempermudah Anda untuk mensortir pilihan kost nantinya sekaligus membandingkannya dengan yang lain pada level harga yang sama.

  • Menentukan lokasi

Jika Anda sudah mencari kost dekat Untidar Magelang, namun belum menemukan yang cocok dan terpaksa kost agak jauh dari lokasi kampus maka usahakan memilih kost yang dekat dengan akses kendaraan umum. Dengan menghuni kost dekat akses kendaraan umum, akan menghemat pengeluaran harian dan memudahkan akses kemana-mana. Jika tidak ada akses kendaraan umum, coba cek pada aplikasi ojek online. Setidaknya jika memesan ojek online, jarak dari kost ke kampus Anda masih dalam tarif minimum (biasanya 5 km).

  • Kenali lingkungan tempat kost

Nah, yang ini harus sangat jeli untuk Anda amati. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu bagaimana karakter penghuni rumah atau kamar kost sekitar. Anda bisa juga mencari referensi dari senior atau saudara yang memang pernah tinggal di area sekitar kampus Anda. Tidak ada salahnya untuk mencari kost-kostan yang memang spesifik khusus wanita atau khusus pria untuk penjagaan yang lebih rapi.

  • Pastikan ada penjaga kost

Selanjutnya, untuk keamanan yang lebih lanjut, Anda juga harus memastikan bahwa rumah kost Anda terjaga dengan baik. Misalnya, kost tersebut memiliki ibu pemilik kost yang harus berdekatan atau terdapat penjaga yang tinggal di sekitar wilayah kost-kostan. Hal ini penting sekali agar keamanan dapat terpantau dengan lebih baik lagi dan Anda pun akan semakin nyaman tinggal di kost-kostan tersebut.

Area Populer di dekat Untidar Magelang dan Sekitarnya

Tak hanya memiliki kampus Untidar yang kualitasnya dapat diancungi jempol, Magelang juga ternyata menyimpan sejuta pesona yang mungkin belum Anda ketahui. Tak perlu mencari jauh-jauh, Anda cukup melihat disekitaran kampus Untidar Magelang saja. Di sekitaran perguruan tinggi ini Anda bisa menemuka wisata belanja, wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata sejarah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Butuh rekomendasi? Berikut Mamikos berikan beberapa area populer di dekat Untidar Magelang dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi.

  • Armada Town Square

Letaknya yang sangat strategis di jantung Kota Magelang, menjadi satu daya Tarik tersendiri bagi masyarakat Magelang dan sekitarnya. Artos Mall merupakan bagian dari PT. Mekar Armada Jaya (New Armada) yang merupakan salah satu dari unit bisnis New Armada Grup. Dibangun diatas lahan seluas 3,2 Hektar dan memiliki 4 lantai yang terdiri dari Lower Ground (LG), Ground Floor (GF), Upper Ground (UG) dan 1 Floor. Karena Artos Mall merupakan satu-satunya mall terbesar di Magelang, Artos Mall memiliki daya tarik bagi masyarakat Magelang dan sekitarnya.

  • Bukit Tidar

Sering disebut sebagai “Pakunya Tanah Jawa”, Bukit Tidar biasanya digunakan sebagai tempat berlatih Akademi Militer setempat. Nama Tidar sendiri memiliki makna tersendiri, kono katanya pada zaman dahulu setiap orang yang berkunjung ke bukit ini selalu meninggal, atau dalam Bahasa Jawa disebut dengan “modar”. Ari kata Tidar sendiri pun “mati” atau “modar”. Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi membuat tempat wisata di Magelang ini masih tampak asri dan segar. Berjalan kaki sedikit, Anda akan menemukan sebuah makam keramat yang kabarnya adalah penakluk bukit ini, yaitu Syaikh Subakir. Tak jauh dari makam Syaikh Subakir, ada sebuah makam lainnya milik Kyai Sepanjang, yaitu tombak empunya Syaikh Subakir yang panjangnya hingga tujuh meter.

  • Museum OHD

Kota Magelang tak hanya kaya akan destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam nan eksotis. Anda juga bisa menemukan wisata menarik lainnya, seperti misalnya Museum OHD. Museum yang berlokasi di Jalan Jenggolo No. 14, Kota Magelang ini adalah museum pribadi milik Dr. Oei Hong Djien yang memajang semua benda-benda koleksinya. Nama museum ini pun diambil dari singkatan namanya, OHD. Dr. Oei memulai menampilkan koleksinya sejak tahun 1970 silam. Hingga kini, lebih dari 2.000 koleksi telah terpampang di museum ini. Tempat wisata di Magelang ini buka mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB setiap hari, kecuali hari Selasa dan hari libur. Biaya masuk yang harus Anda bayar untuk bisa melihat koleksi Dr. Oei di museum ini adalah Rp50.000 per orang.

  • Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan salah satu area populer di Magelang yang belakangan ini mulai tenar dikalangan wisatawan, terutama pemburu sunrise. Bagaimana tidak, ketika pagi hari, semburat merah matahari yang perlahan menerangi bayang-bayang kemegahan Candi Borobudur terlihat sangat menawan. Ditambah lagi tiket masuknya hanya 15.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 25.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Sangat terjangkau jika dibandingkan dengan hasil yang didapatkan.
Selain itu di sana juga dibangun banyak spot menarik, seperti rumah pohon berbentuk hati yang semakin mempercantik foto Anda nantinya. Objek wisata murah di dekat Untidar Magelang ini terletak di Jalan Borobudur Ngadiharjo Km.3 Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang. Area wisata ini dibuka sejak pukul 04.00 pagi hingga puku 17.30 sore setiap hari. Sebaiknya Anda bertandang ke sini di pagi hari untuk menyaksikan cahaya lembut sang surya.

  • Pinusan Kragilan

Berada di kaki Gunung Merbabu, Pinusan Kragilan merupakan sebuah tempat wisata di Magelang yang didominasi oleh hamparan pepohonan pinus yang menjulang. Oleh para pengunjung, tempat wisata ini lebih akrab disapa dengan sebutan Top Selfie Pinusan Kragilan. Pemberian nama ini bukan tanpa alasan, karena memang ada banyak sekali tempat berfoto yang pemandangannya begitu menakjubkan. Salah duanya adalah di bagian tengah hutan dan di jalanan lurus yang lokasinya tepat di setelah pintu masuk.
Sembari menjelajah hutan dan berfoto, Anda bisa sekaligus menyusuri Sungai Selo Tumpang yang juga mengalir di sepanjang hutan pinus ini. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, Anda sudah bisa mendapatkan liburan yang amat sempurna. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak diizinkan untuk mendirikan tenda dan berkemah di sini.

  • Rumah Kamera

Seperti namanya, destinasi satu ini memiliki bentuk yang teramat unik, yaitu menyerupai kamera tipe DSLR dengan lensa yang panjang. Tanggol Anggien Jatikusumo, sang pemilik, adalah seorang pelukis asal Semarang yang kini telah lama tinggal di Pulau Dewata, Bali. Awalnya, Tanggol membangun Rumah Kamera ini hanyalah sebagai tempat untuk galeri lukisannya sekaligus sekolah lukis. Bagian dalam rumah ini berisi hasil karya sang pemilik sendiri, baik dalam coretan pena atau campuran tinta. Terkadang, Tanggol mengunjungi rumah miliknya ini, jadi Anda bisa bertemu dengannya jika datang pada saat yang tepat. 
Daya tarik Rumah Kamera ini ada pada bagian atapnya atau puncak lensanya. Dari sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Gunung Merbabu, Sumbing, dan Merapi yang memesona. Destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Majaksingi, Kabupaten Magelang ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan membayar biaya masuk sebesar Rp15.000 per orang.

  • Desa Candirejo

Saat berkunjung ke Magelang, sempatkanlah untuk mengenal budaya dan tradisinya yang unik. Cobalah berkunjung ke Desa Candirejo, karena di desa yang berlokasi sejauh 2,5 kilometer saja dari Candi Borobudur ini, Anda akan menemukan berbagai cerita dari para penduduk lokal yang menarik. Kabarnya, dahulu desa ini menjadi tempat menginap para wisatawan yang akan mengunjungi Candi Borobudur.
Anda pun bisa menginap di sini dan menikmati berbagai macam wisata yang ditawarkan oleh para penduduk, mulai dari wisata agro, budaya, hingga wisata alamnya. Tak cukup sampai di situ saja, jangan lupa juga untuk mempelajari tradisi dan adat masyarakat setempat yang hingga kini masih dipertahankan dan dilestarikan eksistensinya, meskipun zaman telah berubah modern sejak lama. Jadi, saat Anda mengunjungi dan menikmati megahnya Candi Borobudur, jangan sampai lupa untuk mampir ke Desa Candirejo.

Akses ke Untidar Magelang dan Sekitarnya

Berada dekat dengan Yogyakarta membuat Magelang juga kerap ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Memiliki Candi Borobudur sebagai identitas wisata utama membuat Magelang selalu dikenang oleh siapapun yang sudah pernah datang kesana. Selain memiliki wisata candi yang sudah diakui dunia, Magelang ternyata juga menyimpan potensi wisata lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tak hanya itu saja, perkembangan fasilitas pendidikan yang ada di Magelang pun kian ditunjukkan dengan hadirnya Untidar Magelang. Berikut ada informasi sedikit seputar transportasi yang dapat Anda manfaatkan guna menjangkau Magelang khususnya kampus Untidar Magelang.

  • Kereta Api

Meskipun tidak memiliki stasiun kereta api aktif, Anda tentu saja masih bisa menggunakan kereta api untuk mengjangka Magelang memang tidak memiliki stasiun kereta api aktif, namun tak perlu khawatir karena Anda masih bisa berpegian ke Magelang dengan menggunakan kereta api. Namun, perjalanan kereta Anda hanya bisa sampai di Yogyakarta atau pun Semarang, kemudian Anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke Magelang menggunakan moda transportasi lain seperti bus umum, travel, ataupun taksi.

  • Trans Jogja

Jika Anda ingin melanjutkan perjalanan ke Magelang, Anda bisa menggunakan bus Trans Jogja. Namun sepertinya Anda harus sedikit bersusah payah untuk mencapai shelter Trans Jogja terdekat. Pasalnya, shelter Trans Jogja terdekat adalah shelter Fly Over Lempuyangan yang jaraknya sekitar 50 meter dari stasiun. Caranya, Anda keluar melalui pintu keluar Stasiun Lempuyangan, lalu belok kiri (ke timur atau arah Fly Over Lempuyangan), kemudian Anda pun bisa berjalan sekiat 50 meter sampai dibawah jembatan layang atau fly over Lempuyangan. Disana sudah terlihat shelter Trans Jogja tersebut. 
Anda pun bisa langsung saja masuk ke shelter dan membayar tiket sebesar Rp 4000. Lalu pilih trayek 2A menuju Terminal Jombor. Bus tersebut akan mengantar Anda sampai ke Terminal Jombor. Sesampainya di Terminal Jombor, Anda bisa langsung turun dan segera memilih bus antar kota menuju Magelang. Atau jika Anda memilih untuk menuju Magelang menggunakan bus dari Terminal Giwangan, Anda bisa memilih bus Transjogja trayek 4A dari shelter Fly Over Lempuyangan tadi. Anda akan diantar ke Terminal Giwangan. Sesampainya di Terminal Giwangan, Anda bisa langsung turun dan segera memilih bus antar kota menuju Magelang.

  • Pesawat Udara

Meskipun tidak memiliki bandara, namun Magelang dihimpit oleh dua kota besar Yogyakarta dan Semarang yang notabene memiliki bandara di masing-masing kotanya. Bahkan ada pilihan lain juga, yaitu melalui Solo, meski sedikit agak lebih jauh. Anda pun bisa memilih ingin mendarat di kota mana sesuai dengan selera Anda. Namun, jika ingin mencari bandara terdekat maka Bandar Udara Internasional Adisutjipto yang berada di Jogja bisa menjadi pilihan. Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan bus umum atau taksi dan travel guna menjangkau kota Magelang.

Biaya Hidup di Magelang

Tak perlu terlalu memusingkan persoalan biaya hidup di Magelang nantinya, karena Magelang kabarnya masuk dalam salah satu daerah yang memiliki biaya hidup paling murah di Jawa Tengah. Tentunya kabar ini akan menjadi kabar yang bahagia bukan untuk Anda yang berencana akan merantau ke Magelang? Menurut data yang didapatkan, biaya hidup rata-rata untuk dapat bertahan hidup di Magelang selama sebulan mencapai besaran Rp880.508. Biaya yang Mamikos sebutkan ini tentunya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja seperti kebutuhan makan sehari-hari hingga kebutuhan sewa tempat tinggal seperti kost-kostan.

Seperti di kota lainnya, Magelang juga memiliki sederetan kost Magelang murah yang dapat Anda pilih sesuai dengan budget yang Anda miliki. Harga sewa kostan terdekat di Magelang sendiri ditawarkan dengan kisaran harga Rp300.000 hingga Rp1.250.000 yang sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas sesuai dengan harga sewa yang Anda bayarkan. Nantinya semakin mahal biaya kost yang Anda bayarkan, tentunya akan semakin ekslusif pula fasilitas kost yang akan Anda dapatkan dari pemilik kost-kostan. Untuk biaya makan sendiri, Anda masih bisa menemukan sejumlah tempat makan dan warung makan yang menjajakan masakannya dengan harga murah kisaran Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk sekali makan. 

Mencari Kost Dekat Untidar Magelang dan Sekitarnya di Mamikos

Popularitas Untidar Magelang memang belum terlalu diketahui oleh masyarakat luas. Namun, bukan berarti Untidar Magelang tidak memiliki kualitas yang baik lho. Anda pun tidak ada salahnya memasukkan nama Untidar Magelang sebagai salah satu perguruan tinggi tujuan ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika tertarik, Anda bisa sekaligus mencari info seputar kost dekat Untidar Magelang yang dapat Anda temukan di aplikasi kost Mamikos yang harus Anda download terlebih dahulu di ponsel Android atau iOS Anda. Temukan pula info kost dekat kampus di kota lainnya seperti kost dekat UIN Jakarta hanya di Mamikos!