10 Kampus Politeknik Terbaik di Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu

 Mamikos | Kam, 27 Sep 2018

10 Kampus Politeknik Terbaik di Indonesia – Ada banyak sekali universitas yang bisa kamu pilih. Tentu tidak akan menyulitkan kamu untuk menentukan yang sesuai dengan minat dan keinginanmu. Namun memang mungkin kamu bisa saja bingung untuk memantapkan pilihan. Sebab setiap universitas, baik neger maupun swasta tentunya memiliki keunggulannya masing-masing.

Salah satu perguruan tinggi yang kamu bisa pilih adalah politeknik. Seperti yang dilansir dari Wikipedia Politeknik dalam pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, institut, sekolah tinggi, dan universitas. Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Politeknik merupakan pendidikan profesional yang diarahkan pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Guna mencapai maksud itu, politeknik memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memadai untuk membentuk kemampuan profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jadi untuk kamu yang mengidamkan bersekolah di Politeknik terbaik di negeri ini, Mami punya daftar lengkapnya. Inilah 10 Kampus Politeknik Terbaik di Indonesia.

10 Kampus Politeknik Terbaik di Indonesia

1. Politeknik Elektronik Negeri Surabaya

Akreditasi: A

Status: Politeknik Negeri

Website: www.pens.ac.id

Alamat: Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur

2. Politeknik Negeri Bandung

Akreditasi: A

Status: Politeknik Negeri

Website: www.polban.ac.id

Alamat: Jln. Kampus Polban, Ciwaruga, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat

3. Politeknik Negeri Malang

Akreditasi: B

Status: Politeknik Negeri

Website: www.admisi.polinema.ac.id

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.09, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

4. Politeknik Negeri Semarang

Akreditasi: A

Status: Politeknik Negeri

Website: www.polines.ac.id

Alamat: Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Akreditasi: B

Status: Politeknik Negeri

Website: https://politeknikindonesia.belmawa.ristekdikti.go.id

Alamat: Jl. Raya Negara KM. 7 Tanjung Pati, Koto Tuo, Kec. Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271

6. Politeknik Ujung Pandang

Akreditasi: B

Status: Politeknik Negeri

Website: https://www.poliupg.ac.id

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10 (Kampus I); Jl. Tamalanrea Raya (BTP) (Kampus II)

7. Politeknik Negeri Jakarta

Akreditasi: B

Status: Politeknik Negeri

Website: www.pnj.ac.id

Alamat: Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat

8. Politeknik Negeri Padang

Akreditasi: B

Status: Politeknik Negeri

Website: www.pnp.ac.id

Alamat: Kampus Limau Manis, Jl. Kampus Limau Manis, Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat 25164

9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Akreditasi: C

Status: Politeknik Negeri

Website: https://polipangkep.ac.id

Alamat: Kampus politani pangkep, Mandalle, Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan 90655

10. Politeknik Negeri Bali

Akreditasi: B

Status: Politeknik Negeri

Website: www.pnb.ac.id

Alamat: Uluwatu St No.45, Jimbaran, South Kuta, Badung Regency, Bali 80361

Yang harus diperhatikan sebelum memilih universitas mana yang tepat yang akan kamu pilih lebih baik mulailah dengan mencatat apa yang kamu inginkan dan karir ke depannya. Hal tersebut tentu penting loh agar kamu bisa memiliki pandangan realistis tentang diri pribadi, motivasi dan apa yang ingin dicapai. Jadi tidak asal-asalan.

Berterima kasihlah kalian pada yang namanya teknologi dan internet. Sebab sekarang kalian tidak perlu bersusah payah. Tinggal ketik kata kunci di mesin pencari, dan kamu sudah bisa mencari tahu sebanyak-banyaknya informasi mengenai kampus yang ingin kamu tuju. Segala informasi seputar program studi—mulai dari daftar mata kuliah, jumlah SKS, hingga biaya studi—sudah tersedia di website resmi masing-masing universitas beserta fakultasnya. Jadi, dengan segala kemudahan yang ada, jangan lagi banyak alasan dengan tidak mau mencari tahu, ya.

Sekarang juga sudah banyak forum tanya jawab mengenai universitas, fakultas, dan program studi tertentu di berbagai platform media sosial. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengorek informasi sebanyak mungkin mengenai program studi dan kampus tersebut secara keseluruhan.

Beberapa sumber mengatakan, ini juga menurut alumninya, cara terbaik untuk yakin bahwa universitas itu adalah tempat yang tepat buat atau tidak adalah dengan berkunjung langsung sebelum kamu masuk kuliah. Jadi semacam ‘ketemuan’ gitu deh. Hitung-hitung kenalan gitu.

Meskipun tur kampus ada juga yang diadakan secara resmi oleh kampus yang bersangkutan. Tapi kamu tidak perlu menunggu sampai tur kampus itu juga. Bersama teman, kamu pun bisa datang ke kampus tersebut. Apalagi kalau jarak kampusnya tidak begitu jauh dari tempatmu. Berjelajahlah, sama seperti yang kamu lakukan di internet. Tapi kali ini, sungguhan berjelajah. Tujuan dari kunjungan kampus adalah mendapatkan info sebanyak-banyaknya. Agar dapat gambaran yang lengkap mengenai sebuah kampus, kamu harus menjelajahi semua tempat-tempat penting yang ada di kampus, seperti ruangan kelas, aula, kantin, perpustakaan, bagian akademik dan sekretariat, serta tempat ibadah.

Saat kamu memutuskan untuk berjelajah, kamu juga bisa menyapa beberapa kakak-kakak mahasiswa yang berada di lingkungan kampus. Mengapa demikian? Kamu ingin mendapatkan informasi valid seputar kampus, ya tidak ada informasi paling berharga selain dari para senior. Karena mereka sudah ada di sana lebih lama. Tentu mengerti bukan. Bertanyalah sebanyak-banyaknya, sesuai kebutuhanmu, soal kampus dan program studi yang kamu incar kepada mereka.

Mereka pasti akan menerima dengan senang hati saat ada anak SMA yang sedang berkunjung ke kampus mereka untuk mencari informasi. Asal, jangan lupa untuk terus menerapkan sopan santun dan tata karma loh. Ingat, selayaknya kita bertamu, tentu harus meninggalkan kesan baik dan positif kan.

Image result for tur kampus

Di setiap kampus, biasanya ada banyak papan pengumuman yang terpasang di setiap sudut. Lewat papan-papan pengumuman tersebut, mahasiswa bisa saling berbagi maupun bertukar informasi seputar acara dalam dan luar kampus. Nah, dari situ juga kemungkinan besar kamu bisa tahu hal-hal seru apa lagi yang sedang terjadi di kampus tersebut. Sebut saja bagaimana kegiatan akademik sampai UKM. Informasi tambahan seperti ini berguna untuk kamu dalam memahami kegiatan kampus serta para mahasiswanya.

Jadi kalau kamu sudah menemukan universitas, akademi, atau politeknik yang sesuai, kamu tingal cek poin-poin ini untuk menguatkan tekadmu.

  • Minat

Inilah hal yang pertama kali harus kamu perhatikan saat memilih perguruan tinggi. Selalu pilih perguruan tinggi dan program studi yang benar-benar sesuai dengan keinginan atau minat kamu. Kenyamanan dalam menjalani kuliah merupakan faktor utama di balik kesuksesan menjadi mahasiswa. Mereka yang berhasil melewati masa-masa perkuliahan dengan baik biasanya adalah mereka yang memang benar-benar menghendaki program studi yang digelutinya. Tolong jangan perpanjang lagi daftar “mahasiswa abadi” karena keenggananmu untuk menyelesaikan pendidikan yang tidak kamu inginkan itu.

  • Persyaratan masuk

Lihatlah apakah kamu bisa memenuhi semua persyaratan masuk yang diminta oleh universitas. Persyaratan masuk tidak hanya selalu berkaitan dengan nilai akademis saja loh. Bisa juga tentang permintaan asuransi yang harus kamu miliki. Tapi tergantung negara tempat kuliah juga, sih. Jadi setelah mengurusi minat, jangan lupa untuk mempersiapkan pritilan persyaratan masuk ini, ya.

  • Jenis Universitas

Ada universitas yang aktif dalam politik, atau memiliki reputasi yang bagus dalam olahraga, ada juga yang menyediakan fasilitas komunitas sosial yang sangat baik, misalnya memiliki banyak perkumpulan mahasiswa, klub dan lain-lain. Anda bisa memilih universitas mana yang lebih cocok dengan Anda.

  • Lokasi

Lokasi universitas dan sekitarnya juga penting untuk jadi bahan pertimbangan kamu. Bagaimanakah dengan transportasi sekitar? Apa banyak tempat makan? Apakah kamu akan nyaman tinggal disana? Bagaimana asrama atau kos-kosan sekitar kampusnya? Atau apakah kamu memiliki rencana untuk menetap setelah lulus kuliah? Cocokkah lokasi tersebut dengan perkembangan karir juga nantinya akan seperti apa. Paling tidak kamu akan menghabiskan waktu selama 3 hingga 4 tahun selama kuliah. Maka  pastikanlah kamu memilih lokasi yang nyaman untuk ditempati dalam waktu selama itu.

  • Nilai kepuasan mahasiswa

Biasanya di semester akhir, setiap mahasiswa akan diminta untuk menilai jurusan dan universitas mereka secara jujur. Kemudian hasil survei tersebut akan diumumkan. Kamu tentu wajib menjadikan hasil ini sebagai gambaran tentang universitas tersebut.

  • Mata kuliah

Mata kuliah merupakan isi dari sebuah jurusan, bersangkutan dengan apa yang akan kamu pelajari semasa kuliah di sana. Lihatlah penjelasan mengenai semua mata kuliah inti dan mata kuliah pilihan. Apakah kamu benar-benar menyukainya? Apakah mereka bisa membantu saat kamu mendapatkan apa yang ingin kamu pelajari?

  • Prospek alumni

Cerdas dan jelilah dalam mencari informasi mengenai prospek alumni dari universitas yang hendak kamu tuju. Termasuk berapa persen yang melanjutkan kuliah, berapa persen yang langsung terjun ke dunia kerja, dalam berapa lama setelah kuliah mereka menemukan pekerjaan dan bagaimanan dengan penghasilan mereka. Hal tersebut dapat menunjukkan seberapa alumni universitas tersebut diterima di dunia kerja.

  • Biaya kuliah

Kamu perlu menyesuaikan biaya kuliah dengan anggaran kamu. Setiap universitas tentu saja menetapkan tarif yang berbeda, tetapi tentu saja dengan penawaran yang berbeda-beda. Misalnya saja ada universitas yang memiliki fasilitas lebih lengkap tetapi menetapkan biaya kuliah yang lebih tinggi. Pertimbangkanlah apakah tambahan extra tersebut penting bagi kelancaran kuliah kamu. Kalau tidak, coba cari universitas atau perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuanmu.

  • Akreditasi

Untuk beberapa jurusan yang bersifat lebih kejuruan (misalnya kedokteran, psikologi), ada baiknya kamu memilih program kuliah yang telah terakreditasi. Hal tersebut akan sangat memudahkan kamu dalam menjelang dunia kerja nantinya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

10 Kampus Politeknik Terbaik di Indonesia

10 Kampus Politeknik Terbaik di Indonesia