17 Kampus AKPER Terbaik di Indonesia Yang Wajib Diketahui

17 Kampus AKPER Terbaik di Indonesia – Siapa diantara kalian yang selepas SMA nanti ingin jadi perawat? Jurusan satu ini merupakan salah satu jurusan bidang kesehatan yang cukup popular selain profesi lainnya lho. Selain prospek kerja memang sangat menjanjikan mengingat Indonesia masih sangat kekurangan tenaga kesehatan profesional, orang yang mengambil jurusan ini juga biasanya dianggap sebagai calon istri idaman. Karena mungkin perawat dituntun untuk mengayomi, sabar, telaten dan lemah lembut, mungkin. Tapi kan yang jadi perawat bukan hanya perempuan saja. Tidak juga kok. Ada banyak laki-laki yang turut mendaftar juga di jurusan Keperawatan. Nah buat kamu yang sedang mencari informasi tersebut, Mami punya beberapa referensi nih. Simak informasi di bawah ini dengan saksama, ya.

Kampus AKPER Terbaik di Indonesia

1. Akper Antariksa

Sejak tahun 1998, Akper Antariksa telah mengantongi izin dari Menkes RI No. HK. 00.06.1.3.6166 untuk bergabung dalam AIPDIKI. Asosiasi tersebut khusus menjaring institusi pendidikan D3 yang ada di Indonesia. Kelebihan kuliah di sini adalah akan diberi bonus berupa mata kuliah yang menyangkut pengembangan pribadi. Seru, ya, sepertinya.

Tujuannya agar saat sudah menjadi perawat akan lebih sopan, disiplin serta menghormati sesama. Ada pula Pelatihan Dasar Kepemimpinan, kegawatdaruratan, dan juga pelatihan kesehatan penerbangan. Fasilitasnya meliputi asrama, kantin, free wifi, studio, dan lainnya. Biaya kuliahnya sekitar Rp11 juta, tapi belum termasuk tambahan biaya lainnya.

Jl. Lebak Bulus I Kav. 29 Cilandak – Jakarta Selatan (Mayapada Hospital Lt. 8)

Telp. (021) 2921 – 7777

Fax. (021) 2921 – 6666

Email: info@akperantariksa.ac.id

2. Akper Bina Insani

Institusi pendidikan tinggi ini sudah berdiri sejak tahun 1995 dan beralamatkan di Jakarta Utara. Fokus utama pendidikan di Akper Bina Insani adalah menyediakan fasilitas pendidikan berupa kampus modern, multi budaya, humanis, dan lainnya. Kalau kamu berprestasi sepanjang belajar di sini, bukan tidak mungkin bisa dapat beasiswa.

Ada 5 beasiswa di Akper Bina Insani untuk meringankan mahasiswa. Sebut saja seperti PPA & BBM, Yayasan Orbit, Bidikmisi, Bazis DKI, dan juga Supersemar. Fasilitasnya meliputi ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, ruang diskusi, kantin, asrama, dan lainnya. Biayanya sangat terjangkau. Bahkan untuk biaya praktiknya sekitar Rp2 juta.

KRAMAT JAYA No.22 T–U KEL. TUGU UTARA KEC. KOJA JAKARTA UTARA DKI JAKARTA 14270 Indonesia

Telp. (021) 439 21 275 | Fax. (021) 439 32 111

email. info@akperbinainsan.com

https://www.akperbinainsan.ac.id/

3. Akper Fatmawati

Kuliah di akademi jurusan Keperawatan Fatmawati sangat terjangkau. Sekitar Rp12 juta untuk biaya kuliahnya. Sementara untuk praktiknya ada biaya tambahan. Sejak tahun 2010, Akper Fatmawati telah diakreditasi oleh BAN-PT dan juga LAM-PTKes dengan predikat B+.

Beberapa rumah sakit ternama sudah menjadi relasi Akper Fatmawati. Mulai dari Rumah Sakit Awal Bros, Eka Hospital, Rumah Sakit Ibu & Anak, Medistra Hospital, dan lain-lain. Jadi peluang pekerjaan sehabis pendidikan pun jadi lebih besar. Pada waktu kamu lulus dari Akper Fatmawati, biasanya akan langsung ditempatkan sesuai informasi yang terjaring di Akper Fatmawati.

Jalan Margasatwa (H.Beden 25) Pondok Labu Cilandak Jakarta Selatan

E: akfat_ykf@yahoo.co.id

P: +6221 766 0607

F: +6221 759 13075

4. Akper Keris Husada

Lokasi Akper Keris Husada berada di Jl. Yos Sudarso Komplek Marinir, Cilandak. Sama seperti Akper Fatmawati, Akper ini juga sudah terakreditasi oleh LAM-PTKes dengan predikat B. Bahkan dinominasikan sebagai PTS unggulan melalui Surat Ketua Kopertis Wilayah III No. 2017/K3/KL/2014.

Untuk menjadi bagian dari Akper Keris Husada, syarat yang harus dipenuhi antara lain tinggi badan minimal 150 cm, sehat badan (fisik dan mental), tidak hamil semasa belajar (untuk yang sudah menikah), dan Warga Negara Indonesia. Biaya kuliahnya kalau ditotal itu hanya sekitar Rp11 juta-an. Hanya saja biaya tersebut untuk semester 1 dan semester berikutnya tentu lebih murah.

JL YOS SUDARSO KOMPLEK MARINIR CILANDAK JAKARTA SELATAN

Tlp./Fax : 021 7884 5502

5. Akper Yaspen Jakarta

Akademi ini sudah berkiprah sejak tanggal 19 Juli 1994. Lokasinya berada di Jl. Batas No. 54, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Kelebihan Akper Yaspen Jakarta itu terletak pada profesionalitasnya, sebab seluruh mahasiswanya akan dibimbing oleh pendidik yang punya pengalaman Keperawatan Gawat Darurat.

Mahasiswa di Akper Yaspen Jakarta sudah menyebar ke berbagai rumah sakit yang ada di Indonesia. Per tahunnya, mahasiswa Akper Yaspen langsung ditransfer ke berbagai rumah sakit yang ada. Hal itu sudah menjadi prioritas Akper Yaspen. Untuk biaya kuliahnya setara dengan sebelumnya, yakni per semesternya sekitar Rp 11 juta.

Sejalan dengan pembangunan infrastruktur Indonesia, akhir-akhir ini memang banyak rumah sakit yang berdiri. Hal tersebut juga turut memberikan peluang lebih untuk para lulusan baru dari Akademi Keperawatan mana pun. Agar memudahkanmu diterima, kamu juga harus sering-sering mencari informasi tentang lowongan kerja untuk perawat.

6. AKper Pasar Rebo Jakarta

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, maka secara otomatis kebutuhan akan tenaga kesehatan meningkat pula. Kebutuhan akan tenaga kesehatan terutama perawat di Indonesia belum terpenuhi secara keseluruhan, terlebih lagi memasuki era MEA seperti saat ini.

Gedung Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta, Daftar Akademi Keperawatan Terbaik di Indonesia. Oleh karena itu Akademi Keperawatan Pasar Rebo hadir di tengah masyarakat untuk melahirkan calon perawat vokasi yang berkopeten dibidangnya. Akademi Keperawatan Pasar Rebo yang telah berdiri sejak tahun 1998 telah meluluskan banyak perawat yang mampu bekerja baik di dalam maupun luar negeri.

AKPER PASAR REBO sebagai pendidikan yang menghasilkan perawat vokasional, bertujuan :

  1. Dihasilkannya lulusan perawat vokasi yang memiliki pengetahuan keterampilan dan sikap yang kompeten, inovatif dan mendiri dalam memberikan asuhan keperawatan.
  2. Dihasilkannya lulusan yang memiliki pribadi yang berbudi lugur, bermoral dan memegang teguh kode etik keperawatan.
  3. Terlaksananya kegiatan penelitian keperawatan secara berkesinambungan yang hasilnya bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Terlaksananya pengabdian masyarakat yang tepat guna melalui penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan.
  5. Terselenggaranya tata kelola institusi yang baik dan bermutu dalam proses pembelajaran.
  6. Tersedianya sarana prasarana pembelajaran yang berkualitas.
  7. Tersedianya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidangnya.

Jl Tanah Merdeka No. 16, 17, 18 Pasar Rebo, Jakarta Timur 13750

Telp. : (021) 840 4242, 840 3458, 877 90 913

Fax. : (021) 840 4242

email : info@akperpasarrebo.ac.id | www.AkperPasarRebo.ac.id

7. Akper Muhammadiyah Kendal

Akademi Perawat Muhammadiyah Kendal merupakan sekolah tinggi keperawatan di Kabupaten Kendal yang bertempat di kota Kendal. Tujuan didirkannya sekolah tinggi ini adalah untuk melahirkan perawat yang handal, yang mampu memberikan pelayanan (Care Provider) dan juga bisa menjadi pemimpin (Community Leader).

Dasar hukum pendirian Akper Muhammadiyah Kendal adalah Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK. 00.06.1.1.548.37 tanggal 27 Pebruari 1996. Pada mulanya ada di gedung Perguruan Muhammadiyah di Jalan Pemuda 75 Kendal, dengan jumlah mahasiswa 32 dari 63 pendaftar. Kini telah meraih Akreditasi dari BAN PT, dan sampai 2015 telah mewisuda XVII angkatan.

Sarana umum yang tersedia diantaranya adalah gedung dua lantai, yang terbagi atas kelas-kelas, berbagai laboratorium, seperti Laboratorium Keperawatan: Lab Keperawatan Dasar Manusia (KDM), Keperawatan Medical Bedah (KMB), Keperawatan Dewasa (KD), Keperawatan Gawat Darurat (UGD), Keperawatan ICU, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Lansia, Keperawatan jiwa; Laborat Komputer; Laborat Bahasa untuk mata ajar Bahasa Inggris, Arab, Indonesia, dan Mandarin; serta Fasilitas perpustakaan, yang di dalamnya terdapat buku literatur yang memadai dan up to date, terutama dalam bidang keperawatan dan kesehatan umum. Semua gedung mendapat layanan internet dan wifi 24 jam. Fasilitas lainnya adalah lapangan parkir dan musholla.

Alamat Akper Muhammadiyah Kendal:

Jl Pemuda No 42 – 46 Kendal

Telp: 0294-3686444 Fax :0294-3686444

Website: http://akpermuhkendal.ac.id/

e-mail: info@akpermuhkendal.ac.id

8. Akper Widya Husada Semarang

Berdiri pada tanggal 25 Agustus tahun 1997 dengan Nomor SK pendirian : HK.00.06.1.1.2695 yang ditandatangani oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi.

Pada awal pengembangan misi, pada tahun 1997 Akademi Keperawatan Widya Husada dalam melaksanakan proses belajar mengajar masih menggunakan gedung milik RSUP Dr. Kariadi yang beralamat di Jl. Dr. Sutomo No. 16 Semarang, Jawa Tengah yang mana Rumah Sakit tersebut berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dan merupakan Rumah Sakit terbesar sekaligus berfungsi sebagai Rumah Sakit rujukan bagi wilayah Jawa Tengah dan Rumah Sakit kelas A sebagai Rumah Sakit Pendidikan baik dari Institusi Pendidikan Negri ataupun Institusi Pendidikan Swasta dari Jawa Tengah ataupun luar Provinsi.

Dengan semakin lengkapnya fasilitas dan kualitas pendidikannya, maka di tahun 2007 Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang memiliki Gedung sendiri yang beralamat di Jln. Subali Raya No. 12 Krapyak, Semarang Jawa Tengah, dan pada tahun 2009 Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang mendapatkan kepercayaan dari Pusdiknakes Depkes RI (Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan RI) dengan menggunakan predikat Akreditasi “B” berdasarkan SK Pusdiknakes Depkes RI No. H.K.06.01/IV/3/01986/2009 tanggal 31 Agustus 2009 dengan nilai 75,11 tentang perpanjangan ijin penyelenggaraan Akademi Keperawatan Widya Husada Semarang di Jawa Tengah.

9. Akper Insan Husada Surakata

Syarat Pendaftaran:

  1. WNI ( Pria dan Wanita )
  2. Lulusan SMA, SMU, SMK, SPK, Madrasah Aliyah ( MA) Semua Jurusan.
  3. Tinggi badan Pria : 155 cm dan Wanita : 150 cm.
  4. Menyerahkan Pas Foto Hitam Putih Ukuran 4 X 6 , Sebanyak 5 Lembar
  5. Menyerahkan foto copy Ijazah / STTB / SKL yang telah dilegalisir sebanyak 1 Lembar. (Bila surat keterangan lulus belum keluar bisa menyusul) atau foto copy raport dari semester 1-5 yang dilegalisir.
  6. Membayar biaya pendaftaran Rp. 100.000,-.
  7. Calon peserta datang langsung dengan membawa syarat-syarat pendaftaran.

Website : www.akperinsada.ac.id

Akreditasi : B

Email : akper.insada@gmail.com

No.Tlp : 0271-852073

FB : Akper Insan Husada Surakarta

WA : 089-6135-1900-0

IG : akperinsadahusada

10. AKper Panti Rapih Yogyakarta

KALIURANG KM. 14 PO.BOX.40 PKM YOGYAKARTA 55584

TELP. (0274) 896124, 896074 FAX. (0274) 896128

EMAIL : pantirapih.akpr@gmail.com

WEBSITE: www.akperpantirapih.ac.id

11. AKper Karya Husada Yogyakarta

Jl. Parangtritis Km.11 Manding Sabdodadi Bantul Yogyakarta 55715

Telp./Fax. (0274) 367760

e-mail : akperkbh@yahoo.co.id

admisi@akperkbh.ac.id

info@akperkbh.ac.id

library@akperkbh.ac.id

sema@akperkbh.ac.id

alumni@akperkbh.ac.id

12. Akper Dharma Husada Cirebon

Sebanyak 41 mahasiswa semester 5 Akademi Keperawatan (Akper) Dharma Husada Cirebon mengikuti kegiatan Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS). Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari visi Akper Dharma Husada Cirebon yaitu pada tahun 2020 menjadi Akademi Keperawatan terdepan, unggul, terpercaya, dalam bidang kegawatdaruratan di Wilayah III Cirebon.

Menurut Direktur Akper Dharma Husada Cirebon, Ns. Kasmad, M. Kep., kegiatan ini merupakan salah satu bekal bagi mahasiswa untuk dapat lebih memahami konsep kegawatdaruratan. ”Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa berkompeten dalam bidang kegawatdaruratan,” ungkapnya saat ditemui.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan dilaksanakannya pre test bagi para mahasiswa, sebelum mengikuti rangkaian materi dan praktikum dari pelatihan BTCLS ini.

”Adapun materi yang didapat oleh mahasiswa dalam pelatihan ini adalah initial assesment, etik dan aspek legal keperawatan gawat darurat, syock management, trauma thorax & abdomen, trauma kepala dan cidera spinal, bantuan hidup dasar, elektro kardiografi (EKG), trauma musculosceletal, luka bakar, dan lainnya”, imbuh pria yang akrab disapa Kasmad itu. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Akper Dharma Husada Cirebon dengan Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118, yaitu salah satu lembaga yang mengutamakan pelayanan pre-hospital.

Jl. Perjuangan, majasem, Karangmulya, Kesambi,

Kota Cirebon, Jawa Barat.

e-mail: akperdharmahusadacirebon96@gmail.com

telp: (0231) 201942

fax: (0231) 201942

13. Akper Adi Husada Surabaya

Berdiri sejak tahun 1983 telah terakreditasi “B” Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan dan mendapatkan peringkat ke-9 Kampus Unggulan tingkat Akademi se-Jawa Timur di lingkungan Kopertis Wilayah VII tahun 2017 serta terus berkembang dan mampu menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang profesional.

Akademi Keperawatan Adi Husada didukung dua Rumah Sakit sendiri yaitu Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan dan Rumah Sakit Adi Husada Kapasari di bawah naungan Perkumpulan Adi Husada. Serta bekerjasama dengan berbagai instansi swasta lainnya maupun instansi pemerintahan dalam mewujudkan kemajuan institusi.

Jl. Kapasari No. 95 Surabaya 60273 Indonesia

Email : info@akper-adihusada.ac.id

Tel : +62 31 3721 750

Fax : +62 31 3721 700

14. AKPER Hutama Abdi Husada Pemkab Tulungagung

STIKes “Hutama Abdi Husada” Tulungaggung berdiri pada Tahun Akademik 2009/2010 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 113/ D/ O/ 2009. Institusi ini merupakan institusi pendidikan Jenjang Perguruan Tinggi (JPT), yang merupakan hasil konversi dari Akademi Keperawatan Hutama Abdi Husada Tulungaggung berdiri pada Tahun Akademik 1999/2000 berdasarka Surat Keputusan KepalaPusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan RI no HK. 00.06.0.3.5653 tanggal 26 Oktober 1998.

Dalam hal ini, Akademi Keperawatan Hutama Abdi Husada juga merupakan konversi dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK)  Pemda Tulungagung dimana merupakan pendidikan tenaga kesehatan  Jenjang Pendidikan Menengah (JPM).

Perubahan status pendidikan tenaga kesehatan ini sesuai denga kebijakan pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan RI dimana pendidian yang paling rendah untuk perawat kesehatan di Indonesia adalah DIII Keperawatan, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pelayan di bidang kesehatan/keperawatan serta untuk mengantisipasi era globalisasi yang akan datang dimana terjadi persaingan pasar bebas.

Provinsi           Jawa Timur

Telepon          (0355) 322738

Fax                  (0355) 322738

15. Akper Mappaoudang Makassar

Pendirian Pendidikan  Kesehatan di lingkungan POLRI bertujuan untuk menghasilkan tenaga perawat yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan dengan tidak mengesampingkan etika, estetika, moral, dan  budaya dalam masyarakat. Sekolah Keperawatan dilingkungan POLRI yang didirikan sejak tahun 1968 sampai sekarang, sudah beberapa kali mengalami perubahan nama mulai dari PK-C, pada tahun 1980 berubah nama menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK). Sekolah Perawat Kesehatan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.03.2.4.1.05715, tanggal 14 Desember 2006 dikonversi menjadi Akademi Keperawatan Bhayangkara Makassar, dan kemudian berubah nama lagi menjadi Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar pada tanggal 11 Juni  2009.

Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) dikonversi  menjadi Akademi Keperawatan Mappa Oudang Makassar karena banyaknya tuntutan kebutuhan tenaga perawat untuk Rumah Sakit Bhayangkara Makassar dan Poliklinik POLRI di Polwil, Polres di wilayah hukum Polda Sulawesi Selatan pada khususnya maupun Indonesia Timur pada umumnya. Di samping itu, juga karena meningkatnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan keperawatan yang profesional, serta atas dasar pemikiran bahwa pembangunan kesehatan bukanlah semata-mata tanggung jawab Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Telepon           0411 459 371

Fax                  0411 459 371

Email     akper_makassar@yahoo.com

16. Akper Yakpermas Banyumas

Akademi Keperawatan Yakpermas Banyumas (Akper Yakpermas) didirikan pada tahun 1991 dengan SK Men.Kes.RI. No. 00.06.16687 dan SK Men.Dik.Nas. No. 162/D/0/2005 tahun 2005. Akademi Keperawatan Yakpermas Banyumas telah terakreditasi BAN-PT dan Kemenkes, serta telah meluluskan ribuan Tenaga Perawat Profesional. Akper Yakpermas bertujuan Menciptakan Perawat yang tangguh, berkarakter, terampil dan mampu bersaing sehingga dapat bekerja dibidang pelayanan kesehatan baik di dalam maupun di luar negeri.

Alamat : Jl. Raya Jompo Kulon Sokaraja, Banyumas 53181

Telp./Fax : 0281 6596816

Email  : akperyakpermas[at]akperyakpermas.ac.id

17. Akper Kesdam II Sriwijaya

Pendidikan Akper Kesdam II/ Sriwijaya terletak di jantung kota Pelembang yang berhadapan dengan Jebatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.Akper Kesdam II/ Sriwijaya merupakan pendidikan Kesehatan yang berbasis bording school (diasramakan) selama 3 tahun dengan semua fasilitas yang ada, antara lain Ruang Kelas yang dilengkapi dengan Hot Spot area, Mini Hospital, Laboratorium Keperawatan, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Perpustakaan , Asrama Organik , Asrama Putra dan Putri, Ruang Makan, Ruang untuk bertamu, Kantin, Mini Market, Lapangan Apel, CCTV, serta Fasilitas pendukung Olahraga Lainnya.

Jl Sultan Mahmud Badaruddin II No. 1 30132 PALEMBANG, Sumatera Selaran

Telp : (0771) 368 191


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta