20 Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Harus Kamu Beli Saat Wisata ke Tangerang

 Mamikos | Rab, 01 Nov 2017

Oleh-oleh khas Tangerang pastinya wajib dibeli dong saat kamu liburan ke Tangerang. Meski tak banyak orang yang tau panganan atau oleh-oleh khas dari daerah ini, tapi ternyata di Tangerang banyak lho makanan dan barang-barang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Jadi, buat kamu yang berasal dari luar Tangerang tapi saat ini baru main ke Tangerang dan pengen beli oleh-oleh buat yang di rumah, jangan bingung lagi mau beliin apa. Simak aja daftar 20 oleh-oleh khas Tangerang di bawah ini. Semua oleh-oleh di bawah ini gampang ditemukan di Tangerang dan wajib banget dibeli oleh wisatawan yang lagi liburan di Tangerang.

Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Harus Kamu Beli

1. Dodol Ny. Lauw

Salah satu oleh-oleh khas Tangerang yang wajib banget dibeli adalah Dodol Ny. Lauw. Meski dodol sudah banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, tapi dodol Ny. Lauw ini sangat unik dan lain dari yang lain. Dodol ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang empuk. Rasa legit dan teksturnya yang gak nempel dan lengket di tangan bikin semua penikmatnya ketagihan. Dodol Ny. Lauw asli Tangerang ini kini udah banyak varian rasanya, mulai dari yang rasa duren, wijen, maupun yang original. Dodol Ny. Lauw bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh khas Tangerang.

2. Ketan Bintul

Ketan Bitul adalah salah satu kudapan dari Tangerang yang hingga hari ini masih sering dikonsumsi oleh masyarakat Tangerang, terutama Banten. Makanan ini bahkan masih sering dikonsumsi sebagai sarapan setiap hari. Makanan ini mengandung cukup banyak karbohidrat dan rasanya gurih serta nikmat. Kamu bisa membeli makanan ini sebagai oleh-oleh khas Tangerang di pasar-pasar tradisional.

3. Kecap Manis SH

Tangerang punya kecap asli daerah lho. Ya, kecap manis merek SH emang udah terkenal banget di Tangerang. Meski gak sering ditemui di luar Tangerang, tapi jangan salah, kecap ini nikmat banget lho rasanya. Rasa manisnya pas dan kekentalannya juga pas. Makan apa aja pasti nikmat deh kalau ditambah dengan kecap SH. Kecap SH juga dikenal memiliki rasa khas yang tidak bisa ditemukan pada kecap lain. Alhasil, kalau ke Tangerang, pasti sebagian besar pedagang makanan di sana menggunakan kecap SH ini. Kecap SH dapat ditemui dengan mudah di toko-toko di wilayah Tangerang. Kemasannya yang praktis dan keawetannya bikin kecap ini jadi oleh-oleh khas Tangerang yang harus dibeli nih.

4. Gantungan Kunci Khas Tangerang

Kalau oleh-oleh dalam bentung souvenir, mungkin gantungan kunci adalah yang paling mudah ditemukan. Gantungan kunci khas Tangerang yang biasanya dijual di pusat oleh-oleh adalah gantungan kunci dengan tema Baduy atau gambar-gambar tempat wisata di sekitar Tangerang. Harga gantungan kunci tidak begitu mahal sehingga wisatawan biasanya membeli gantungan kunci dalam jumlah banyak. Gantungan kunci cocok dibeli kalau banyak temen-temenmu yang nagih oleh-oleh pas tau kamu mau liburan ke Tangerang.

5. Bolu Tape Benteng

Bolu Tape Benteng merupakan cake khas Tangerang. Kue ini emang asli dari Tangerang dan diproduksi hanya di daerah ini saja. Kue ini cocok banget untuk pecinta tape karena rasanya tapenya mantap banget. Bahan-bahan pembuatan kue ini, antara lain tepung dan tape, merupakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi sehingga kue bolu ini memiliki tekstur dan citarasa yang enak banget. Bolu Tape Benteng atau yang juga sering disebut sebagai Mama Bolu Tangerang ini mudah ditemui baik di supermarket maupun di toko-toko kue di seputar Tangerang.

6. Tas Khas Baduy

Tas khas Baduy merupakan cidera mata yang juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Tangerang. Tas tradisional yang masih sering digunakan oleh penduduk Baduy. Tas dengan bagan anyaman ini dapat dibuat dengan aneka desain dan aneka warna. Bentuknya yang unik dan tidak biasa ini membuatnya diminati oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Tangerang. Sovenir khas Tangerang ini sekarang sudah mudah ditemui di toko oleh-oleh Tangerang dan pusat souvenir di Tangerang.

7. Kue Gipang

Salah satu camilan khas Tangerang adalah kue gipang. Kue ini bentuknya kecil dan teksturnya renyah. Rasa dari camilan ini manis dan ada sedikit tekstur lengket di luarnya. Kue ini terbuat dari campuran ketan dan air gula. Meski bahan pembuatannya sederhana, rasa kue ini sangat nikmat dan cocok dinikmati di sore hari sambil ngeteh atau minum kopi. Karena sudah menjadi jajanan khas Tangerang dan kerap kali dijadikan oleh-oleh khas Tangerang, kini kue ini sudah dibuat dengan banyak varian rasa, termasuk rasa gula merah dan rasa pandan.

8. Ceplis

Selain kue gipang, masih ada banyak lagi camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Tangerang, salah satunya adalah ceplis. Ceplis merupakan makanan camilan semacam emping. Bahan dasarnya sama yaitu melinjo. Namun, ceplis lebih tipis dan gurih. Ceplis banyak ditemukan di toko oleh-oleh di Tangerang, biasanya, ceplis yang digunakan untuk oleh-oleh adalah yang mentah (belum digoreng). Meski demikian, ada juga ceplis yang tersedia dalam bentuk siap makan.

9. Sirup Rosella

Sirup rosella saat ini tengah naik daun sebagai oleh-oleh khas Tangerang. Banyak UKM di Tangerang yang kini memproduksi sirup dengan bahan dasar bunga rosela ini. Sirup rosella rasanya segar, nikmat, dan sudah manis mesti tanpa tambahan gula. Warna merah segar dari sirup ini juga merupakan warna alami, tanpa pewarna buatan. Selain itu, sirup rosella juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti mengurangi kekentalan darah, sebagai detox alami tubuh, dan mencegah peradangan saluran ginjal. Tak heran jika saat ini minuman rosella jadi minuman khas Tangerang yang wajib dicoba.

 

10. Sate Bandeng

Kamu belum ke Tangerang kalau belum cicipin sate bandeng. Yap, sate bandeng emang salah satu kuliner yang khas Tangerang banget. Selain asyik dimakan saat wisata kuliner di Tangerang, sate bandeng juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Tangerang, tertama kalau jarak daerah asalmu ke Tangerang gak begitu jauh. Sate Bandeng memiliki rasa dan tekstur yang unik. Bahan baku pembuatnnya adalah ikan bandeng yang dibumbui dengan berbagai rempah dan ditusuk pada sebatang tusuk bambu. Setelah dibakar, sate bandeng siap disajikan. Sajian ini memiliki cita rasa yang luar biasa nikmat. Kalau sebagai oleh-oleh, sate bandeng biasanya dijual dalam bentuk mentah (belum dibakar), tapi banyak juga yang sudah dibakar. Harganya biasanya sekitar Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000 per bungkusnya.

11. Ceucuer

Cecuer adalah kudapan khas Tangerang yang cukup terkenal. Kudapan yang khas dengan warna hijaunya ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan perasan daun suji. Camilan dengan tekstur kenyal ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Perpaduan rasa gurih dan manis membuat kue ini sangat nikmat. Jika ingin membeli kue ini sebagai oleh-oleh khas Tangerang, kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional atau di toko oleh-oleh.

 

12. Bebek Sate

Bebek sate adalah kuliner khas Tangerang yang dibuat dari daging bebek empuk yang diberi berbagai bumbu dan rempah. Harga sate bebek biasanya adalah seharga Rp. 35,000 hingga 50,000 per porsinya. Jika jarak tempat asalmu ke Tangerang tidak begitu jauh, sate bebek ini cocok kamu jadikan oleh-oleh khas Tangerang.

13. Emping Menes

Emping menes adalah oleh-oleh khas Tangerang yang sangat berbeda dengan jenis emping lainnya yang ada di Indonesia. Emping menes dibuat dengan bahan melinjo yang berkualitas dan kemudian diolah secara tradisional sehingga berasa nikmat, lezat dan renyah setelah digoreng. Harga emping menes adalah sekitar Rp. 35,000 per kilonya.

14. Kue Apem

Kue Apem khas Tangerang adalah salah satu kue tradisional yang masih banyak digemari hingga saat ini. Kue ini berbeda dengan kue apem pada umumnya karena bahan pembuatannya merupakan campuran dari tepung beras dan tape singkong. Kue ini biasa disajikan dengan sirup gula merah. Kue apem khas Tangerang ini cocok dijadikan teman minum teh di sore hari.

15. Kue Jojorong

Kue Jojorong atau yang sering juga disebut dengan Kue Jorong ini adalah kue tradisional khas Tangerang. Rasanya sangat khas dan harganya sangat terjangkau. Kue berwarna putih yang diletakkan dalam wadah dari daun pisang ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, dan gula merah. Jajajan ini sangat mudah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Tangerang karena mudah dibawa. Hanya saja, karena dibuat tanpa pengawet, kue ini tidak begitu tahan lama. Kalau tempat tinggal kamu jaraknya dekat dari Tangerang, kue ini cocok dijadikan oleh-oleh.

16. Bontot


Bontot merupakan salah satu camilan asli Tangerang yang hingga saat ini masih digemari, camilan ini rasanya gurih dan nikmat. Bahan utama pembuatan camilan ini adalah tepung aci yang kemudian dicampur dengan ikan dan terasi. Bontot yang memiliki tekstur kenyal ini biasanya dimakan sebagai camilan di pagi hari yang disantap bersama dengan segelas teh hangat. Saat ini, sudah tidak banyak home indurstri yang membuat bontot di Tangerang. Namun kadang di beberapa toko oleh-oleh bontot masih dapat ditemui.

17. Dodol Cilenggang

Dodol Cilenggang adalah dodol khas Tangerang Selatan yang banyak digunakan sebagai oleh-oleh khas Tangerang. Dodol Cilenggang memiliki warna hitam gelap dan bentuk panjang lonjong. Dodol ini harus dipotong-potong dulu sebelum disajikan. Dodol dengan bahan utama beras ketan ini biasanya dijual dengan harga antara Rp. 28.000 hingga Rp. 30.000

18. Bir Pletok Bang Pletok

Bir pletok adalah minuman khas Betawi, meski demikian minuman ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas Tangerang. Minuman ini tidak memabukkan sama sekali, meski ada kata “bir” di namanya. Malahan, minuman berbahan dasar rempah ini justru menyehatkan tubuh karena memiliki efek menghangatkan dan meredakan gejala-gejala flu. Di Tangerang, ada bir pletok siap minum dengan merek Bang Pletok yang sangat terkenal. Bir pletok merek Bang Pletok ini tersedia di toko-toko oleh-oleh di Tangerang.

 

19. Kue Keranjang Goreng

Kue keranjang goreng merupakan camilan yang sangat unik karena merupakan perpaduan antara kue keranjang khas Tiongkok dengan citarasa gorengan khas Indonesia. Camilan ini dibuat dengan menggoreng kue keranjang yang telah dipotong kecil-kecil dan dibalut dengan tepung terigu, telur, dan tepung roti. Kue ini sangat enak rasanya dan cocok dibawa sebagai oleh-oleh kalau kamu berkunjung ke Tangerang.

 

20. Kacang Cisoka

Kacang Cisoka adalah camilan kacang tanah khas Tangerang. Camilan ini sangat populer di Tangerang dan menjadi ikon camilan, terutama di Kecamatan Cisoka. Kacang Cisoka memiliki rasa yang lebih gurih dan sedikit rasa manis. Kalau kamu mau menemukan kacang ini, kamu bisa menemukannya di Kecamatan Cisoka, kalau di tempat lain kacang ini sudah agak sulit untuk ditemukan.

Itu dia tadi 20 makanan khas Kabupaten Tangerang yang patut kamu coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh. Gak perlu bingung lagi kan sekarang kalau kamu pas ke Tangerang dan disuruh bawa oleh-oleh buat yang ada di rumah. Happy holiday gaes!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: