7 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Cinta Sama Makanan

 Posted on Kamis, September 21st, 2017  Posted in Informasi, Mahasiswa  Mamikos

Memilih jurusan kuliah buat kamu yang cinta sama makanan bisa dilakukan dengan cukup mudah. Memang sih passion orang itu berbeda-beda. Ada yang passion-nya ke bidang sastra, hukum, ekonomi, dan lain sebagainya. Namun, ada juga lho orang-orang yang memiliki passion di bidang kuliner alias cinta sama makanan. Selepas SMA atau SMK, orang-orang ini pastinya pengen dong ya kuliah di jurusan yang mata kuliahnya gak jauh-jauh dari makanan. Lho emang ada? Banyak kali! Coba deh simak daftar 7 jurusan kuliah buat kamu yang cinta sama makanan ini. Siapa tau kamu juga termasuk penggemar kuliner dan pengen dekat-dekat terus sama makanan bahkan di saat kuliah. Check this out!

7 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Cinta Sama Makanan

1. Jurusan Seni Kuliner

Jurusan ini juga sering dikenal dengan nama jurusan culinary art. Biasanya sih gelar yang ditawarkan adalah gelar D3, tapi banyak juga sih yang menawarkan gelar S1. Pada dasarnya mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan diajari teknik pembuatan masakan-masakan dari berbagai negara. Mereka akan diberi pengetahuan tentang bahan-bahan pembuatan masakan, proses pengolahan, cara menggunakan alat-alat dan mesin di industri kuliner, dan masih banyak lagi. Mahasiswa juga akan diajarkan tentang teknik penyajian masakan yang memiliki kualitas hotel berbintang. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang dasar-dasar patiseri, tata boga, dan bartending. Lulusan dari jurusan ini memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai koki atau chef di hotel dan resto-resto besar.

2. Baking and Pastry Art

Kalau kamu lebih tertarik pada dessert dan berbagai jenis kue dan pastry, jurusan ini sepertinya lebih cocok untukmu. Kuliah di jurusan ini bakal memberimu pengetahuan dasar tentang patiseri termasuk tentang bahan utama, teknik pengolahan, penggunaan alat, dan lain sebagainya. Intinya, kamu bakal belajar gimana cara membuat aneka kue dan roti yang bercitarasa tinggi. Seiring perkuliahan  berjalan, kamu juga akan belajar tentang teknik menghias kue dan bahkan diajari teknik-teknik pembuatan aneka dessert. Kalau rasa cinta kamu terhadap makanan dibarengi dengan skill yang mumpuni juga, dijamin deh, lulus kuliah kamu pasti bisa memiliki karir yang cerah di bidang kuliner. Kurang nikmat apalagi coba? Udah kuliahnya gak jauh-jauh dari makanan, kerjanya juga nanti ngurusin makanan. Inilah mengapa baking and pastry art adalah salah satu jurusan kuliah buat kamu yang cinta sama makanan.

3. Jurusan Bisnis Kuliner

Jurusan bisnis kuliner atau culinary business biasanya ditawarkan untuk program S1. Kuliah di jurusan ini akan membuatmu belajar banyak soal makanan dan soal bisnis makanan atau bisnis kuliner. Pada dasarnya, konsep pembelajaran adalah gabungan yang seimbang antara ilmu-ilmu dalam bidang manajemen dan ilmu-ilmu dalam seni kuliner. Untuk contoh mata kuliah yang diberikan di jurusan ini di antaranya adalah manajemen bisnis, statistik, akuntansi, perpajakan, pengetahuan tentang makanan, dan lain sebagainya. Kalau kamu nantinya punya cita-cita untuk bisa membuka restoran sendiri, jurusan kuliah ini sebaiknya kamu ambil deh. Kamu bisa belajar banyak tentang mengelola restoran dari jurusan ini.

4. Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan ini dikenal juga dengan jurusan Food Technology. Biasanya sih programnya untuk S1.

Teknologi pangan adalah jurusan di mana kamu bisa belajar banyak tentang seluk beluk makanan termasuk tentang pengawetan makanan, pemrosesan makanan, pengemasan makanan, hingga soal distribusi makanan. Kamu juga akan belajar tentang memilih bahan pangan dan tentang kandungan gizi. Jurusan ini lebih ke masalah teoritis sih. Kamu harus menguasai banyak ilmu termasuk kimia dan biologi makanan. Secara, kamu kan akan mempelajari juga soal fermentasi makanan, bioteknologi pangan, mikrobiologi dan masih banyak lagi. Kedengaran susah sih, tapi nanti setelah lulus, pintu karir ke bidang Quality Assurance atau pengendalian mutu di perusahaan makanan berskala besar pasti terbuka lebar. Selain menjadi QA, lulusan jurusan ini juga memiliki kesempatan berkarir sebagai Product Developer atau pengembang produk.

5. Jurusan Gizi

Jurusan gizi banyak tersedia di politeknik dan universitas. Sesuai dengan namanya, jurusan ini menjadi jurusan kuliah buat kamu yang cinta sama makanan karena memang sehari-harinya kamu bakalan berkutat dengan makanan untuk diteliti kandungan gizinya. Para mahasiswa jurusan ini kebanyakan merasakan manfaat besar bagi diri mereka sendiri setelah kuliah di jurusan ini lho. Hal ini disebabkan karena mahasiswa jurusan gizi menjadi lebih aware atau sadar terhadap kesehatan dan kandungan gizi makanan. Gak lagi-lagi tuh mereka nyoba-nyoba makanan yang di mulut enak tapi ternyata bikin badan rusak. Gak semua mahasiswa jurusan gizi gitu sih, tapi kebanyakan emang merasakan manfaatnya.

6. Jurusan Tata Boga

Gak bisa dipungkiri lagi kalau tata boga adalah salah satu jurusan kuliah buat kamu yang cinta sama makanan. Secara, kuliah di jurusan ini akan membuatmu terus-terusan dekat dengan makanan. Mencicipi dan memasak makanan sepertinya adalah kegiatan utama dalam jurusan perkuliahan ini. Selain itu, mahasiswa jurusan tata boga juga akan belajar tentang proses pengoperasian katering,  pengetahuan dasar tentang makanan, pengadaan bahan makanan, dan masih banyak lagi. Setelah lulus, kebanyakan mahasiswa jurusan tata boga akan mencari pekerjaan di bidang industri makanan dan juga di bidang perhotelan. Mereka bisa bekerja sebagai manajer katering, manajer restoran, atau bahkan membuka usaha kulinernya sendiri.

7. Jurusan Manajemen Kuliner

Jurusan terakhir di daftar 7 jurusan kuliah buat kamu yang cinta sama makanan ini diisi oleh jurusan culinary management alias jurusan manajemen kuliner. Di jurusan ini, para mahasiswanya akan diajak belajar tentang mengelola bisnis-bisnis kuliner, termasuk cara untuk menjaring pelanggan, menciptakan menu, dan lain sebagainya. Opsi karir untuk lulusan jurusan ini cukup terbuka lebar. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di restoran-restoran sebagai supervisor dapur ataupun sebagai pengurus restoran. Mereka juga bisa bekerja di hotel sebagai supervisor katering dan lain sebagainya. Banyak juga lulusan jurusan ini tang lebih memilih membuka usaha kulinernya sendiri. Mengelola restoran atau usaha kuliner lainnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Alhasil, gelar manajemen kuliner ini sepertinya cocok untuk menambah ilmu pengetahuan tentang mengelola bisnis kuliner.

Itu dia tadi 7 jurusan kuliah buat kamu yang cinta sama makanan. So, buat kamu yang masih bingung nih habis lulus SMA/SMK pengen kuliah di jurusan apa, dan kebetulan kamu punya passion di dunia makanan, coba deh dipilih tuh salah satu dari jurusan di atas. Tapi ingat, meski kamu punya passion yang besar di dunia kuliner, kalau kamu mau masuk jurusan yang membutuhkan skill memasak dasar atau patiseri dasar, lebih baik kamu belajar sedikit-sedikit dulu sebelum mendaftar kuliah. Malu dong ya kalau teman-teman yang lain udah jago banget mainan pisau saat memotong bahan sedangkan kamu masih butuh waktu 10 menit buat mengupas 1 bawang putih. Keep learning and reach the goal, gaes.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu;

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost