Ga Perlu Galau, Ini 7 Manfaat Menjadi Mahasiswa Jomblo

 Posted on Jumat, April 20th, 2018  Posted in Mahasiswa  Mamikos

7 Manfaat Menjadi Mahasiswa Jomblo – Cinta memang akan selalu membuat hidup kamu berasa lebih indah dan bisa menambah semangat hidup. Ada pula yang menganggap bahwa rasanya dunia akan sangat sepi jika tidak memiliki pacar yang selalu mendampingi dimanapun kita pergi, apalagi saat melewati masa perkuliahan yang banyak godaannya. Di masa-masa perkuliahan, punya pacar mungkin sudah menjadi hal yang wajib untuk dimiliki oleh sebagian besar mahasiswa. Mendengar julukan “mahasiswa jomblo” yentu terdengar sedikit menyakitkan dan memalukan.

Namun sebenarnya, kamu tak perlu merasa sedih, merasa iri ataupun lainnya karena menyandang status sebagai “mahasiswa jomblo” di masa-masa kuliah. Apalagi ketika kamu tergolong sebagai mahasiswa yang aktif di kegiatan-kegiatan kampus, kamu harusnya boleh merasa bersyukur bisa menyandang status sebagai “mahasiswa jomblo”. Mengapa demikian? Karena dengan status tersebut kamu pun bisa fokus ke pendidikan dan kegiatan-kegiatan kamu di kampus tanpa harus memikirkan drama soal percintaan yang bisa menguras waktu dan pikiranmu. Itu tadi hanya salah satu manfaat sebagai “mahasiswa jomblo”, masih ada lagi beberapa manfaatnya. Penasaran? Berikut Mamikos berikan 7 manfaat menjadi mahasiswa jomblo.

7 Manfaat Menjadi Mahasiswa Jomblo
7 Manfaat Menjadi Mahasiswa Jomblo

7 Manfaat Menjadi Mahasiswa Jomblo

 

1. Bisa Berteman dengan Siapa Saja

Menyandang status sebagai mahasiswa jomblo, secara tidak langsung menjadikan kamu sebagai manusia bebas yang tak terikat oleh hubungan cinta. Karena hal ini tentunya kamu pun bebas untuk berteman dengan siapapun juga. Kamu bisa membangun hubungan pertemanan baru dengan siapapun, dimanapun dan kapanpun sesuka hatimu tanpa harus memikirkan perasaan orang lain.

Tak akan ada yang melarangmu berteman, meskipun dengan mantan pacar sekalipun. Jadi manfaatkan peluangmu saat ini! Karena ketika nantinya kamu sudah memiliki pacar, tanpa kamu sadari kamu tak akan bisa sebebas saat masih berstatus sebagai jomblo.

2. Fokus Kuliah

Menyandang predikat sebagai mahasiswa, artinya kamu juga memiliki tugas penting yang mesti dituntaskan daripada sekedar pacaran. Tugas utama seorang mahasiswa ini sebenarnya tak lain dan tak bukan tentu adalah kuliah. Menyandang status sebagai mahasiswa jomblo bisa membuat kamu lebih fokus untuk menjalani perkuliahanmu secara lebih konsisten.

Mengapa demikian? Karena perkuliahan kamu tidak akan terganggu dengan yang namanya cinta yang biasanya menyebabkan kamu untuk bolos kelas hanya untuk berpergian bersama pacar. Kamu juga bisa melakukan apapun yang dapat menunjang prestasi kuliahmu seperti mengikuti kursus serta menggunakan waktu untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Benar-benar suatu hal yang mustahil dilakukan mereka yang punya pacar bukan?

3. Bisa Aktif di Berbagai Kegiatan

Manfaat ketiga enaknya menjadi seorang mahasiswa jomblo adalah memiliki kebebasan. Kamu bisa dengan lebih leluasa mengikuti berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus. Kamu juga bebas bergaul dengan siapa pun dan dari kalangan mana pun untuk memperluas jaringan karena tidak akan ada pacar yang sibuk cemburu dan menghambat aktivitasmu.

4. Lebih Hemat

Sesuatu yang akan sangat berbeda ketika kamu jomblo dan ketika kamu memiliki pacar pasti akan terkait dengan masalah keuangan. Ketika sedang jomblo, kamu bisa menyimpan uang saku dan menyisihkan uang sakumu untuk ditabung ataupun untuk membeli barang-barang yang kamu butuhkan. Kamu juga bebas menggunakan uang kamu untuk apapun sesuka hati tanpa harus memikirkan orang lain.

Namun, situasi ini tentu akan berbeda ketika punya pacar. Mengapa demikian? Karena ketika kamu memiliki pacara setidaknya kamu harus mentraktirnya makan siang atau menyiapkan kejutan ketika dia ulang tahun. Bukan berati punya pacar itu boros, tapi tidak tahu kenapa dengan memiliki pacara akan selalu menambah pengeluaran dadakan ketika sedang bersama si dia.

5. Bebas Mengikuti Organisasi Apapun

Jangan mau jadi “mahasiswa jomblo” yang cuma selalu bisa diam di kost-kostan meratapi nasib saja. Kamu bisa memanfaatkan kesendirianmu ini untuk mengikuti berbagai kegiatan positif di luar sana. Dengan begitu, kamu pun bisa menambah teman serta melatih soft skill kamu juga. Jika tertarik, kamu bisa mulai dari mengikuti organisasi yang ada di kampus seperti BEM.

6. Melatih Kemandirian

Menjadi mahasiswa jomblo harus dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengembangkan jiwa kemandirian. Sudah sewajarnya jika mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam segala hal. Kita harus bisa menyelesaikan masalah kita sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Misalnya, mempersiapkan perlengkapan kuliah, menyelesaikan tugas kuliah, dan berorganisasi.

Bisa jadi mahasiswa yang tidak jomblo selalu berharap pada pasangannya untuk bantu menyelesaikan tugasnya. Tentu jika dengan alasan yang tidak rasional. Jadi, kenapa harus berharap pada orang lain jika kita mampu menyelesaikan masalah sendiri? Belajarlah untuk hidup mandiri.

7. Bisa Me-manfaatkan Weekend

Jika biasanya orang-orang yang memiliki pasangan menghabiskan waktu weekendnya bersama pasangan, kini kamu bisa menghabiskan weekendmu untuk me time sepuasnya bersama sahabat atau keluarga. Kapan lagi kamu bisa merasakan momen-momen langka seperti ini? Jika kamu memiliki pacar, tentu kamu akan sangat jarang bisa menikmati weekend bersama keluarga dan sahabat bukan?

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu weekendmu untuk me time loh! Kamu bisa tidur-tiduran sepuasnya, main game, nonton drama, dan kegiatan lainnya yang bisa membuat kamu senang. Dengan begini kamu pun akan siap menyambut hari senin dengan senang hati.

Bagaimana? Terbukti bukan kalau mahasiswa jomblo itu tidak selamanya menyedihkan? Jika ada jomblo yang “memprihatinkan” bukan karena statusnya yang jomblo, tapi memang mungkin individunya yang masih bingung bagaimana cara untuk bahagia. Jadi, kamu mau jadi jomblo ngenes atau jomblo berkualitas?

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini