11 Wisata Cibodas Cianjur dengan Pemandangan Indah beserta Alamat Lokasinya

11 Wisata Cibodas Cianjur Dengan Pemandangan Indah beserta Alamat Lokasinya – Selama ini yang diketahui banyak orang tentang wisata pegunungan di daerah Jawa Barat hanyalah kawasan puncak Bogor.

Padahal, tak jauh dari kawasan puncak Bogor ini terdapat sejumlah kawasan dengan pemandangan yang tak kalah indah.

Beberapa di antaranya adalah kawasan wisata Cibodas Cianjur. Beberapa tempat di kawasan Cibodas Cianjur ini memiliki pemandangan yang dapat memanjakan mata.

Berikut 11 Wisata Cibodas Cianjur dengan Pemandangan Indah beserta Alamat Lokasinya

1. Kebun Raya Cibodas

orami.co.id

Keindahan alam dari Kebun Raya yang berada di Desa Cimacan, kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini tak perlu diragukan lagi keindahan alamnya.

Kebun Raya yang didirikan Johannes Ellias Teijsmann pada 11 April 1852 di kompleks Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini memiliki banyak sekali tumbuhan besar nan hijau.

Banyaknya tumbuhan yang ada di sini, di tambah letaknya yang berada di ketinggian akan membuat mata pengunjung termanjakan karena keindahannya.

Di samping itu pengunjung dapat pula menikmati segarnya udara khas pegunungan.

Selain itu dengan berwisata di Kebun Raya ini akan memberikan pengunjung wawasan baru mengenai jenis-jenis tanaman yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara.

Kebun Raya Cibodas ini sendiri memiliki luas sekitar 89, 99 hektar dan berada di ketinggian 1.300 sampai dengan 1.425 di atas permukaan laut.

2. Taman Sakura

bogor.indonesia-tourism.com

Apabila Anda termasuk pecinta wisata dengan tema Jepang. maka Anda sangat disarankan untuk wisata ke Taman Sakura yang berlokasi di Kebun Raya Bogor.

Hal ini dikarenakan di Kebun Raya Cibodas Cianjur terdapat Taman Sakura yang keindahannya tidak kalah dengan Taman Bunga Sakura yang ada di Jepang.

Sama halnya dengan bunga sakura di Jepang. Bunga Sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas Cianjur ini hanya mekar di bulan tertentu saja.

Supaya Anda yang wisata di Taman Sakura yang ada di Cibodas Cianjur ini tidak kecewa. Anda disarankan untuk mencatat kapan bunga sakura tadi mekar.

Dari informasi yang berhasil dirangkum mamikos. Bunga sakura di Indonesia, atau khususnya yang ada di daerah lain hanya mekar di bulan Januari sampai Februari, dan bulan Agustus – September.

Bila Anda datang ke Taman Sakura di luar bulan ini. Dipastikan Anda tidak dapat melihat keindahan bunga sakura di Kebun Raya Cibodas.

Perlu Anda ketahui jika kuntum bunga sakura termasuk memiliki usia yang pendek. Kuntum bunga sakura dapat mekar dengan butuh waktu sekitar 4 hari, dan hanya mampu bertahan sekitar 7 minggu.

Adapun alasan lain yang membuat Anda wajib datang ke Taman Sakura karena dari 300 varian sakura yang ada di dunia, 7 diantaranya ada di Taman Sakura.

3. Bumi Perkemahan Mandalawangi

gunung.id

Jika Anda ingin mencari tempat wisata alam sekaligus ingin bermalam di tempat wisata tersebut. maka, Bumi Perkemahan Mandalawangi adalah solusinya.

Di sini Anda tidak hanya dimanjakan dengan keindahan alamnya, tetapi juga akan dimanjakan dengan udara khas pegunungan nan segar.

Di samping itu Anda dapat pula mencoba beberapa tantangan yang menguji adrenalin dan memiliki banyak keseruan seperti flying fox atau jungle track.

Bumi Perkemahan Mandalawangi sendiri terletak di dekat pintu keluar Kebun Raya Cibodas Cianjur.

Bagi Anda yang belum memiliki peralatan camping atau berkemah tidak perlu khawatir. Sebab, Anda dapat menyewa peralatan camping dengan harga yang ramah bagi kantong.

Berkemah di alam terbuka bersama keluarga pastinya akan memberi pengalaman tersendiri bagi Anda dan keluarga.

4. Air Terjun Cibeureum

.javatravel.net

Bagi sebagian orang gemuruh air terjun ditambah dengan keindahan menikmati keindahan alam di sekitarnya adalah obat stres yang mujarab.

Apabila Anda setuju dengan pendapat ini. Ada baiknya Anda coba mengunjungi air terjun Cibeureum yang berada di Jalan Cisarua Puncak, Desa Cilember, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Berada di kaki gunung Gunung Gede Pangrango air terjun Cibeureum dianugerahi pemandangan yang luar biasa.

Pepohonan yang hijau, gemuruh air terjun ditambah suara kicau burung membuat tempat ini layak disemati sebutan sekeping surga yang jatuh di tanah sunda.

Perjalanan menuju air terjun cibeureum ini lumayan menguras tenaga. Anda berjalan sekitar 2,8 km dari titik awal pendakian.

Meski lumayan menguras tenaga, tetapi semuanya akan impas dengan pemandangan yang disuguhkan oleh alam yang ada di sekitar air terjun Cibeureum.

5. Araucaria Avenue

Idntimes/Intan Deviana

Apabila Anda ingin wisata sekaligus belajar mengenai tanaman-tanaman langka. Maka Anda perlu melihat koleksi tertua yang ada di Kebun Raya Cibodas Cianjur.

Araucaria sendiri merupakan tanaman asli dari daerah Brazil. Penanaman Araucaria di Kebun Raya Cibodas pertama kali dilakukan pada 153 tahun yang lalu.

Araucaria yang ditanam di Kebun Raya Cibodas ini ditanam rapi sepanjang 320 meter.

Tanaman araucaria yang kini sudah berusia 153 tahun itu kini sudah memiliki tinggi puluhan meter.

Sehingga, begitu Anda berjalan menyusuri jalur ini Anda akan merasakan suasana seperti sedang berwisata di luar negeri.

Jumlah tanaman Araucaria yang ada di Kebun Raya Cibodas sejumlah 47 pohon.

Di antara pohon-pohon yang ada di sana yang paling besar adalah araucaria yang berada di vak IV.B yang pohonnya memiliki diameter sebesar 183,43 centimeter dan keliling lingkaran batangnya mencapai 576 centimeter.

Sementara tanaman kedua memiliki diameter sekitar 159 sentimeter dan lingkar batangnya mencapai 500 centimeter. Dua pohon tadi memiliki tinggi setinggi 48 meter.

6. Canopy Trail Ciwalen Cibodas

triptrus.com

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam dengan sensasi adrenalin yang lumayan tinggi. Anda perlu mencoba Canopy Trail Ciwalen yang ada di dalam Kebun Raya Cibodas Cianjur.

Canopy Trail Ciwalen merupakan jembatan gantung yang melintas di atas Kebun Raya Cibodas.

Panjang jembatan gantung ini sekitar 130 meter dan berada di ketinggian sekitar 45 meter dari permukaan tanah.

Lokasi untuk mencapai tempat wisata Cibodas Cianjur ini terbilang mudah. Selain dapat digunakan sebagai wisata yang memacu adrenalin.

Jembatan gantung ini dapat pula digunakan sebagai penelitian dan pengamatan terhadap tanaman serta binatang langka yang hidup di sana.

Dari segi keamanan, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, jembatan gantung ini mampu menanggung beban hingga 300 kilogram.

Tapi supaya lebih aman, ada baiknya Anda bergantian ketika mencoba melintas jalur di jembatan gantung yang ada di Kebun Raya Cibodas.

7. Danau Telaga Biru

Google/Muhammad Muhajirin

Kebun Raya Cibodas memang memiliki banyak sekali pilihan yang indah. Salah satu diantaranya adalah Danau Telaga Biru, lokasi untuk sampai ke danau ini tidak begitu jauh di dalam hutan.

Anda hanya butuh berjalan sekitar 1, 4 kilometer dari titik awal pendakian. Meski lumayan menantang karena harus berjalan kaki dengan posisi menanjak.

Namun, rasa lelah yang Anda rasakan saat menempuh perjalanan akan terbalas tuntas ketika melihat pemandangan yang disuguhkan.

Jika Anda sedang beruntung, Anda dapat melihat hewan-hewan liar yang hidup di Kebun Raya Cibodas menikmati jernihnya telaga biru ini.

Karena lokasinya berada di depan pintu masuk pendakian gunung gede. Danau biru dapat dikatakan sebagai danau selamat datang bagi para pendaki gunung gede.

Harga untuk masuk ke danau biru ini lumayan murah. Hanya dengan harga Rp. 16.000 Anda sudah dapat menikmati keindahan danau biru.

8. Rumah Kaca

Kebun Raya Cibodas

Di Kebun Raya Cibodas Cianjur koleksi tanamannya dibedakan menjadi dua yakni kelompok tanaman yang sifatnya indoor dan outdoor.

Untuk kelompok indoor dari tanaman yang menjadi koleksi Kebun raya Cibodas Cianjur disimpan di sebuah rumah kaca.

Adapun fungsi penanaman yang dilakukan di rumah kaca ini dimaksudkan agar tanaman yang ada di sana seperti hidup di lokasi aslinya.

Beberapa tanaman yang disimpan di dalam rumah kaca ini diantaranya adalah ratusan jenis tanaman anggrek, puluhan jenis kaktus, dan puluhan jenis tanaman sukulen.

Selain itu, rumah kaca yang di Kebun Raya Cibodas Cianjur ini juga dipergunakan sebagai pusat pembibitan dan pengembangan beberapa jenis tanaman langka.

9. Taman Lumut

goodnewsfromindonesia.id

Jika Anda ingin mewujudkan fantasi Anda mengenai hamparan tanah berwarna hijau yang sering tumbuh saat membaca cerita fantasi maka sebaiknya Anda untuk datang mengunjungi taman lumut yang berada di Kebun Raya Cibodas Cianjur.

Wisata Cibodas Cianjur yang satu ini lokasinya berada di desa Cipanas, kecamatan Cimacan, kabupaten Cianjur. Taman lumut yang ada di kawasan Kebun Raya Cibodas Cianjur ini mulai dibangun sekitar tahun 2006 silam.

Taman dengan luas sekitar 1,5 hektar yang memiliki ratusan jenis lumut ini pernah dinobatkan sebagai taman lumut terbesar di dunia.

Lumut-lumut yang tumbuh di taman ini bukan hanya berasal dari kawasan Cibodas semata.

Melainkan didatangkan langsung dari beberapa daerah di Indonesia dan bahkan ada pula lumut yang didatangkan dari mancanegara.

Demi menjaga agar lumut-lumut yang ada di sana dapat hidup maksimal. Para pengelola mencoba membuat lokasinya sealami-mungkin.

Keindahan hamparan lumut berwarna hijau yang tumbuh di batu, batang dan tanah yang ada di sana benar-benar membuat taman tersebut mampu merepresentasikan bayangan yang sering muncul ketika kita membaca dongeng-dongeng di masa kecil dulu.

10. Taman Rhododendron

javatravel.net

Informasi wisata Cibodas Cianjur berikutnya cocok bagi pecinta tanaman-tanaman langka, jika Anda sedang berwisata di Kebun Raya Cibodas Cianjur.

Anda harus mengunjungi spot yang bernama taman rhododendron.

Sebab, di taman ini Anda akan menemukan berbagai macam rhododendron dengan berbagai ukuran dan berasal dari berbagai daerah.

Taman rhododendron ini sendiri mulai dibangun dan kemudian diresmikan pada tahun 2002 silam.

Penginisiasi dari taman ini adalah Drs. R. Subekti Purwantoro yang pernah menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Cibodas Cianjur.

Maksud pembuatan taman ini di awalnya adalah sebagai tempat untuk mengoleksi berbagai tanaman rhododendron yang ada di sekitar kawasan Kebun Raya Cibodas Cianjur yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu primadona yang ada di taman rhododendron adalah Rhododendron Javanicum atau yang biasa disebut Azalea Jawa. tanaman ini merupakan tanaman endemik Jawa.

Keindahan tanaman ini adalah memiliki bunga berwarna kuning dan berstruktur cantik. Kelebihan dari tanaman ini adalah mampu bertahan sekitar seminggu setelah dipotong.

Saking indahnya taman rhododendron ini akan membuat Anda merasa menyesal kalau sampai tidak mengunjunginya.

11. Wahana Jalan Air

aggregator.co.id

Informasi tempat wisata Cibodas Cianjur terakhir. Sebagai penutup, wisata terakhir yang dapat Anda kunjungi ketika berwisata di Kebun Raya Cibodas Cianjur adalah wahana air.

Tempat wisata ini berada di sebuah sungai yang bernama sungai Cibogo.

Di tempat ini pengunjung bisa bebas bermain bersama keluarganya. Di samping memiliki pemandangan yang indah.

Sumber dari mata air yang digunakan wisata ini berasal dari sumber air yang berasal dari gunung gede.

Sehingga Anda dapat membayangkan dan betapa segarnya bermain di suatu wahana yang sumber mata airnya berasal dari pegunungan.

Nah, demikianlah informasi tentang 11 wisata Cibodas Cianjur yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga ketika musim libur datang lagi. Tertarik untuk berkunjung ke salah satunya?


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah