10 Daerah Dengan UMK Tertinggi di Indonesia 2020, Ada Jakarta dan Surabaya

10 Daerah dengan UMK Tertinggi di Indonesia 2020, Ada Jakarta, Surabaya — Beberapa hari yang lalu ada sebuah informasi penting mengenai penetapan pengupahan di Indonesia yang mengalami sejumlah skema yang biasa diterapkan. Pemilihan skema ini yang kemudian mempengaruhi besaran upah yang diterima pekerja dari pengusaha. Oleh karena itu Mamikos sarankan agar kamu  membaca artikel mengenai daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia 2020 rekomendasi Mamikos ini.

Daerah Dengan UMK Tertinggi di Indonesia Pada 2020

https://okeinfo.net/

Untuk besaran UMK tersebut sangat tergantung dari masing-masing daerah. Umumnya mereka akan menyesuaikan dengan harga kebutuhan pokok, tingkat inflasi, standar kelayakan hidup, dan variabel lainnya.

Upah minimum yang dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja ini umumnya ditetapkan setiap tahun sekali. Kenaikan upah minimum juga biasanya akan dibahas bersama antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja atau lebih dikenal dengan tripartit.

Daftar Daerah Dengan UMK Tertinggi di Indonesia 2020

Kamu sudah tidak sabar dengan informasi mengenai daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia tersebut? Maka langsung saja simak informasi yang sudah Mamikos susun sebagai berikut ini:

1. Kabupaten Karawang

  • Tahun 2020: Rp 4.594.000
  • Tahun 2019: Rp 4.230.000

2. Kota Bekasi

  • Tahun 2020: Rp 4.589.000
  • Tahun 2019: Rp 4.220.000

3. Kabupaten Bekasi

  • Tahun 2020: Rp 4.498.000
  • Tahun 2019: Rp 4.140.000

4. Provinsi DKI Jakarta

  • Tahun 2020: Rp 4.276.000
  • Tahun 2019: Rp 3.900.000

5. Kota Cilegon

  • Tahun 2020: Rp 4.246.000
  • Tahun 2019: Rp 3.910.000

6. Kota Depok

  • Tahun 2020: Rp 4.202.000
  • Tahun 2019: Rp 3.872.000

7. Kota Surabaya

  • Tahun 2020: Rp 4.200.000
  • Tahun 2019: Rp 3.871.000

8. Kota Tangerang

  • Tahun 2020: Rp 4.199.000
  • Tahun 2019: Rp 3.869.000

9. Kota Gresik

  • Tahun 2020: Rp 4.197.000
  • Tahun 2019: Rp 3.867.000

10. Kabupaten Sidoarjo

  • Tahun 2020: Rp 4.193.000
  • Tahun 2019: Rp 3.864.000

Ini Adalah Perbedaan UMK, UMR, dan UMP

Kamu mungkin penasaran dengan perbedaan dari UMK, UMR dan UMP itu bukan? Makanya, setelah membaca penjelasan daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia 2020 seperti yang sudah Mamikos bahas di atas tadi, Mamikos akan membahas perbedaannya sekarang.

Dalam skema pengupahan, selain UMK, kamu juga perlu mengenal apa yang dimaksud dengan Upah Minimum Regional (UMR). Meski sering jadi pakem dalam penyebutan upah, namun skema pengupahan dengan model UMR sebenarnya sudah tidak lagi digunakan lho sekarang.

UMR Sudah Tidak Berlaku

Penerapan UMR sudah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 1 Tahun 1999. Aturan ini kemudian direvisi melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 226 Tahun 2000. Sehingga secara tidak langsung, kini UMR sebenarnya sudah tak berlaku lagi.

Dalam regulasi lawas tersebut, dijelaskan juga bahwa UMR adalah upah minimum yang penetapannya dilakukan oleh gubernur yang menjadi acuan pendapatan buruh di wilayahnya. Dalam proses penetapannya, tim yang disebut sebagai Dewan Pengupahan melakukan survei kebutuhan hidup pekerja dari kebutuhan pangan, sandang, hingga rumah yang kemudian diperoleh angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

Sebutan atau istilah UMR ini kemudian digantikan dengan sebutan UMP dan UMK. Meski dalam praktiknya tak lagi digunakan, istilah UMR masih sering digunakan dalam penyebutan upah minimum. Malah oleh sebagian orang lebih sering menyebut UMR ketimbang menggunakan sebutan UMP dan UMK.

Melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 226 Tahun 2000, UMR Tingkat I kemudian diubah menjadi Upah Minimum Provinsi (UMP). Sedangkan untuk UMR Tingkat II diubah menjadi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Apa artinya? Jadi sebelum penggunaan istilah UMP dan UMK, semua penyebutan upah minimum menggunakan istilah UMR, baik Tingkat I maupun Tingkat II. UMP adalah perubahan nama dari UMR Tingkat I yang penetapannya oleh gubernur.

Sedangkan untuk UMK yang tak lain dulunya disebut UMR Tingkat II adalah sebuah standar upah minimum yang berlaku di daerah tingkat kabupaten/kota, meski penetapannya tetap dilakukan oleh gubernur meski pembahasannya diusulkan oleh bupati atau wali kota.

Istilah Dalam Hal Pengupahan di Indonesia

Jika pada suatu kabupaten/kota belum bisa mengusulkan angka UMK, maka gubernur akan menjadikan UMP sebagai acuan untuk pemberian upah di kabupaten/kota tersebut. Selain UMK dan UMP, ada dua istilah lain dalam aturan pengupahan yang juga perlu kamu ketahui.

Pertama, Upah Minimum Sektoral atau dikenal juga dengan UMS Provinsi. Sebelumnya dikenal dengan nama Upah Minimum Sektoral Regional Tingkat I. Untuk tingkat kabupaten/kota, istilah ini dikenal dengan Upah Minimum Sektoral (UMS) Kabupaten/Kota, yang sebelumnya menggunakan istilah Upah Minimum Sektoral Regional Tingkat I.

Daftar Pekerjaan Bergaji Besar yang Menarik

Usai kamu mengetahui informasi daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia 2020, kini saatnya kamu mengetahui juga apa saja yang termasuk daftar pekerjaan bergaji besar yang menarik dan menggiurkan untuk amu jalani. Mamikos sudah mengumpulkan data lengkapnya. Semuanya bisa kamu baca dengan saksama pada daftar berikut ini:

1. Akuntan atau Auditor

https://www.pexels.com/

Dalam daftar pekerjaan bergaji lumayan dan menarik di tahun 2020 ini adalah menjadi seorang Akuntan. Pada dasarnya, pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan memang akan selalu dibutuhkan tiap tahunnya. Sebab, kebutuhan akan akuntan sendiri di perusahaan dan lembaga-lembaga sangat dibutuhkan.

Akuntan berguna dalam mengatur dan mengelola manajemen keuangan perusahaan dengan baik. Namun mengingat jumlah SDM yang dimiliki sedikit, maka peluang untuk bekerja menjadi akuntan sangat besar. Terlebih jika kamu baru lulus pendidikan dan berlatar belakang akuntansi, kamu bisa mencoba berkarir di bidang ini.

2. Digital Marketing

https://www.pexels.com/

Pekerjaan bergaji menarik selanjutnya di tahun 2020 ini adalah menjadi seorang Digital Marketing. Pada dasarnya pekerjaan ini memang memiliki beberapa konsentrasi. Dua di antaranya adalah Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Seperti yang diketahui, keberadaan SEO dan SEM kini sangat dibutuhkan terutama di perusahaan rintisan atau startup, baik startup fintech, edutech dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan digital marketing sangat dibutuhkan untuk promosi produk ataupun jasa suatu perusahaan. Kegiatan promosi secara digital juga dilakukan secara spesifik berdasarkan target pasar yang telah ditentukan kriterianya, mulai dari usia, lokasi tempat tinggal, minat, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Kegiatan promosi tersebut dilakukan di beberapa media sosial, seperti Instagram, facebook, twitter, YouTube dan beberapa platform digital lainnya. Gaji yang ditawarkan untuk bidang pekerjaan ini juga sangat menggiurkan lho. Berkisar dari Rp 5 juta – Rp 13 juta per bulan. Menarik bukan.

3. Dokter

https://unsplash.com/

Pekerjaan paling menggiurkan di tahun 2020 berikutnya adalah menjadi seorang Dokter. Tidak hanya dokter umum, tetapi dokter spesialis pun sangat dibutuhkan perannya saat ini. Melihat hal tersebut, keberadaan seorang dokter sangat dibutuhkan.

Apalagi dokter menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan sejak dahulu. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin bekerja sebagai dokter, profesi ini bisa kamu coba sebab prospek karirnya pun sangat menjanjikan. Bukan saja jenjang karir, tapi jasa seorang dokter juga amat besar jadi kamu bisa menolong sesama.

4. Tenaga Pengajar

https://unsplash.com/

Tenaga pengajar sampai saat ini masih sangat dibutuhkan sampai pelosok Indonesia. Bagaimana tidak, di beberapa daerah terpencil contohnya saja seperti Cianjur Selatan, Mimika, bahkan Papua masih kekurangan tenaga pengajar ini.  Jika melihat dengan lingkup yang lebih luas, Indonesia sendiri sebenarnya masih kekurangan tenaga pengajar sebanyak 1,1 juta berdasarkan data Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sementara jika melihat data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia masih kekurangan tenaga pengajar lebih dari 870 ribu. Dari data yang sudah disebutkan, maka bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa kurangnya tenaga pengajar masih dimenangkan tingkat Sekolah Dasar (SD).

Salah satu faktor penyebabnya adalah tidak meratanya penyebaran tenaga pengajar di Indonesia. Oleh sebab  itu, jumlah tenaga pengajar yang ada di pelosok dan daerah masih kurang. Dengan melihat kondisi tersebut, maka pekerjaan menjadi seorang tenaga pengajar pun perlu kamu coba. Untuk besaran upah yang ditawarkan pun cukup menjanjikan. Berkisar mulai dari Rp 2 juta – Rp 8,5 juta.

5. Teknologi Informasi

https://unsplash.com/

Beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan IT memang sangat menarik hingga sekarang. Hal tersebut dikarenakan bidang pekerjaan yang satu ini selalu dibutuhkan di setiap perusahaan. Terlebih, perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin canggih. Setiap hari akan ada saja hal menarik dari terobosan dan teknologi.

Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan seputar Teknologi Informasi, kamu bisa mencoba beberapa pekerjaan seperti software developer, programmer, system engineer, software QA hingga keamanan siber. Beberapa pekerjaan tersebut berguna sebagai pelindung dari keseluruhan data penting yang dimiliki perusahaan dari hacker dan kejahatan siber yang berbahaya lainnya.

Maka tentu saja, peluang pekerjaan bidang IT sangat besar, terlebih gaji yang ditawarkan pun sangat fantastis. Mulai dari Rp5,5 juta – Rp 60 juta per bulannya. Menggiurkan bukan angkanya.

6. Product Designer

https://www.pexels.com/

Pekerjaan paling menjanjikan berikutnya tahun 2020 ini adalah menjadi seorang Product Designer. Seperti yang diketahui, beberapa pekerjaan di bidang industri kreatif saat ini memiliki banyak peminat, tidak terkecuali product designer ini.

Selain itu banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif mencari product designer untuk merancang, mendesain produk, menciptakan, hingga mengembangkan produk seperti gadget, otomotif, beberapa barang manufaktur dan lain sebagainya. Menarik bukan.

Maka dari itu, keterampilan menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh seorang designer. Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan design product, pekerjaan yang satu ini tentu akan sangat pas untuk dicoba. Kisaran upah yang bisa kamu terima jika bekerja di bidang ini berdasarkan dari Rp 6 juta – Rp 30 juta per bulan.

7. Pekerja di Industri Kreatif

https://unsplash.com/

Ada banyak orang yang tergiur untuk bekerja di industri kreatif. Sebab di industri ini kamu bisa mengembangkan dan menyalurkan inovasi serta daya kreatifitas sebebas mungkin. Apalagi bagi kamu generasi milenial. Pekerjaan satu ini memang terdiri dari beberapa bidang. Diantaranya adalah perfilman, fotografi, musik, periklanan, animasi dan lainnya lagi. Maka dari itu, peluang kerjanya tentu saja terbuka lebar.

Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan broadcast maupun bidang lainnya yang selaras, kamu bisa mencoba pekerjaan satu ini. Apalagi gaji yang ditawarkan untuk pekerja di industri kreatif juga menggiurkan antara lain Rp 4 juta hingga Rp 60 juta per bulan. Wow.

Demikianlah ulasan Mamikos mengenai daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia 2020 yang bisa disampaikan pada kesempatan ini. Semoga apa yang Mamikos sampaikan ini berguna. Terus simak pembaruan informasi mengenai hunian kos di aplikasi pencari kos Mamikos yang bisa kamu unduh via Playstore dan Appstore sekarang juga.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah