5 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman yang Benar dan Menarik

5 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman yang Benar dan Menarik – Kamu baru saja lulus dari kampus atau sekolah dan sedang mencari pekerjaan saat ini? Jika iya, maka kamu mempersiapkan berbagai berkas untuk mendukung proses lamaran kerja yang akan kamu lakukan, salah satunya adalah curriculum vitae atau CV. Kamu tidak punya pengalaman untuk dituliskan di dalam CV? Jangan takut, berikut adalah beberapa contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman yang benar dan menarik.

Informasi Terbaru Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

unsplash.com

Pengalaman memang adalah hal yang wajib kamu tuliskan dalam CV saat kamu akan melamar kerja di suatu perusahaan. Namun, ada beberapa orang yang terkadang belum memiliki pengalaman kerja untuk dituliskan di CV.

Padahal pengalaman merupakan salah satu hal penting yang dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum merekrut seorang pelamar. Jika kamu mengalami masalah yang sama, kamu bisa contoh beberapa CV fresh graduate tanpa pengalaman yang telah Mamikos himpun berikut.

Informasi yang Harus Dimuat Dalam CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Sebelum kamu membuat CV, kamu harus terlebih dahulu beberapa informasi penting yang dituliskan di dalam CV. Meskipun itu adalah CV fresh graduate tanpa pengalaman, kamu tetap harus bisa membuat perusahaan mengetahui seluruh informasi penting yang relevan dengan jabatan atau posisi yang kamu lamar. Lalu, apa saja informasi itu? Berikut adalah daftar lengkap informasi penting yang harus dimuat dalam CV fresh graduate tanpa pengalaman.

1. Detail Personal dan Informasi Kontak

Informasi pertama yang harus kamu cantumkan dan paling penting adalah detail personal serta informasi kontak yang bisa dihubungi. Cantumkan nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, serta email yang masih aktif. Selain itu, kamu juga bisa menyertakan akun-akun media sosial yang kamu miliki untuk memudahkan perusahaan mengenal kamu lebih jauh. Cantumkan juga profil yang berkaitan dengan dunia profesional seperti profil LinkedIn di dalam CV yang akan kamu buat.

2. Ringkasan

Meskipun CV yang kamu buat adalah CV fresh graduate tanpa pengalaman, kamu harus bisa memberikan kesan yang baik kepada perekrut. Tuliskan ringkasan dari pencapaian kamu di bagian awal CV yang kamu buat. Tuliskan secara mendalam seputar kemampuan kamu yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar saat ini. Kamu harus bisa membuatnya sesingkat mungkin namun berisi informasi yang padat dan jelas agar bisa menarik perhatian dari perekrut.

Pasalnya, perekrut harus membaca CV dari pelamar yang sangat banyak dan mereka tidak memiliki banyak waktu untuk membaca CV kamu secara keseluruhan. Kalau kamu tidak bisa membuat mereka tertarik di awal, CV kamu mungkin akan dilewatkan begitu saja. Ringkasan biasanya berisi sekitar tiga sampai empat kalimat dan terdiri atas beberapa hal berikut.

  1. Bidang pendidikan
  2. Kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan
  3. Mengapa kamu melamar pekerjaan di perusahaan bersangkutan

3. Pencapaian

Pencapaian yang telah kamu raih menjadi salah satu nilai tambah yang wajib kamu cantumkan dalam CV fresh graduate tanpa pengalaman. Pencapaian tersebut misalnya beasiswa, cumlaude, pertukaran pelajar, double degree, dan kejuaraan yang telah kamu raih selama sekolah atau kuliah.

4. Kualifikasi dan Pendidikan

Karena kamu akan membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman, kamu mungkin harus lebih menekankan CV pada pendidikan yang telah kamu tempuh selama ini. Tulislah jenjang pendidikan, institusi pendidikan, tahun masuk dan tahun lulus, lokasi (opsional), nilai akhir (opsional), serta jurusan yang kamu ambil. Kalau kamu sekolah atau kuliah di institusi ternama, kamu bisa menuliskan nama institusi tersebut sebelum jenjang pendidikan kamu.

5. Kemampuan

Kamu mungkin memang belum memiliki pengalaman apapun, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mencantumkan hal-hal yang “menjual” di dalam CV. Kamu bisa menyertakan kemampuan atau keahlian yang kamu miliki dan tentunya relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Tulislah secara spesifik dan jika memungkinkan bisa kamu tambahkan dengan tingkat keahlian tersebut.

6. Hobi atau Minat

Nah, jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan informal yang lebih menekankan pentingnya work-life balance, kamu bisa mencantumkan hobi atau minat kamu di dalam CV. Tapi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang formal, maka kamu tidak perlu mencantumkan hal-hal yang bersifat personal.

7. Pengalaman yang Dimiliki

Di dalam CV, kamu memang diharuskan menuliskan pengalaman yang kamu miliki. Beberapa pengalaman tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pengalaman kerja
  2. Pengalaman pelatihan kerja
  3. Pengalaman magang
  4. Pengalaman organisasi
  5. Pengalaman seminar

Ketika kamu tidak memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan empat pengalaman lain yang kamu miliki sesuai dengan urutan di atas. Tetapi jika kamu memang belum memiliki pengalaman apapun, kamu bisa mulai dari sekarang untuk mengikuti beragam pelatihan kerja, bergabung di organisasi, maupun mengikuti seminar yang relevan dengan bidang kamu.

Tips Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Dalam membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman, kamu mungkin memang tidak bisa “menjual” dengan pengalaman. Tapi kamu bisa membuat CV kamu lebih menarik agar perusahaan lebih mempertimbangkan untuk merekrut kamu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menulis CV fresh graduate tanpa pengalaman.

  1. Tulis dengan bahasa yang formal dan mudah dipahami
  2. Buat CV dengan tampilan menarik dan informasi yang lengkap
  3. Bagian pertama CV sebaiknya diisi sengan pencapaian dan keterampilan yang dimiliki
  4. Disusun secara reverse chronological, di mana yang terbaru ditulis terlebih dahulu
  5. Jangan menulis pengalaman apapun yang tidak relevan dengan pekerjaan yang dilamar
  6. Jangan menyertakan keterampilan yang sebenarnya tidak kamu miliki
  7. Sertakan kemampuan kamu secara spesifik
  8. Kamu bisa mencantumkan kemampuan bahasa asing serta scoring yang kamu dapatkan untuk kemampuan tersebut
  9. Gunakan jenis font yang formal dan mudah dibaca
  10. Simpan file CV dengan nama jelas dan jangan beri nama yang aneh-aneh

Daftar Lengkap Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Nah, sudah jelas untuk isi dan tips membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman? Jika sudah, kini saatnya kamu membuat CV kamu sendiri. Sebagai referensi, kamu bisa melihat beberapa contoh yang sudah Mamikos himpun di bawah ini.

1. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Dalam Bahasa Inggris

contohsurat.co

Contoh yang pertama adalah CV fresh graduate tanpa pengalaman dalam bahasa Inggris. CV jenis ini bisa kamu buat jika kamu akan melamar di perusahaan multinasional atau perusahaan besar. Dalam contoh di atas, tidak ada pengalaman yang dicantumkan. Tetapi ada informasi yang jelas seputar career objective, informasi diri, kemampuan teknis, kemampuan personal, pendidikan terakhir, pencapaian, serta pengalaman pra profesional yang didapatkan.

2. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Dalam Bahasa Indonesia

redaksiweb.com

Berbeda dengan contoh sebelumnya, kamu juga bisa membuat CV fresh graduate tanpa pengalaman dalam bahasa Indonesia juga. Tetapi kamu tetap harus memberikan informasi yang jelas seperti contoh di atas. Beberapa informasi yang bisa kamu tuliskan di antaranya adalah latar belakang, kemampuan yang relevan, kontak, data diri, pendidikan, dan pengalaman organisasi.

3. Contoh CV Fresh Graduate Desain Sederhana Bahasa Inggris

anakui.com

Desain juga bisa mempengaruhi ketertarikan perekrut terhadap CV buatan kamu. Kalau kamu belum terlalu bisa mendesain, kamu bisa mencoba contoh sederhana desain CV fresh graduate tanpa pengalaman seperti di atas. Ada foto diri yang jelas, tujuan, profil, hobi, pengalaman organisasi, kontak, kemampuan bahasa, kemampuan teknis, serta pendidikan formal.

4. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Desain

redaksiweb.com

Nah, kalau kamu melamar pekerjaan yang tidak terlalu berkaitan dengan dunia kreatif, kamu mungkin bisa mencoba contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman yang satu ini. Tidak masalah jika kamu tidak memberikan sentuhan desain apapun dan hanya menggunakan Microsoft Word untuk membuat CV. Hal yang paling pending adalah kejelasan informasi dan cara kamu menyusunnya agar perekrut menjadi tertarik.

5. Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalam Untuk Lulusan SMA

novoresume.com/career-blog/student-resume

Pada dasarnya, seorang lulusan SMA tidak bisa disebut dengan kata fresh graduate. Tetapi di Indonesia, kata fresh graduate juga dipakai untuk menyebut mereka yang baru saja lulus dari SMA. Kalau kamu adalah lulusan SMA dan sedang mencari kerja, kamu bisa melihat contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman untuk lulusan SMA seperti di atas. Cantumkan informasi penting yang relevan seperti institusi sekolah, informasi kontak, kemampuan umum, pendidikan, pencapaian, pengalaman volunteer, kemampuan bahasa, serta minat kamu.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman yang benar dan menarik. Meskipun kamu tidak memiliki pengalaman kerja, kamu pasti tetap bisa mencari pekerjaan yang sesuai. Tuliskan hal apapun yang relevan dan sekiranya bisa membantu kamu jika diterima bekerja nanti. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta