12 Contoh Deskripsi Diri CV yang Menarik di Mata HRD

Posted in: Dunia Kerja

12 Contoh Deskripsi Diri CV yang Menarik di Mata HRD – Melamar pekerjaan bisa menjadi proses yang panjang. Sebab, seseorang yang akan diterima di tempat kerja baru tidak hanya ditentukan hasil seleksi wawancara atau tes praktik saja.

Mula-mula, HRD akan menyeleksi Curriculum Vitae (CV) atau riwayat hidup pelamar. Jika lolos screening awal, pelamar bisa meneruskan seleksi tahap selanjutnya.

Berbagai Macam Contoh Deskripsi Diri pada CV

https://novoresume.com/

Pembuatan CV untuk melamar pekerjaan membutuhkan kreativitas sekaligus trik tersendiri. Data pada CV memang harus lengkap, tetapi tetap menarik.

Pelamar harus cerdas membuat CV yang bisa lolos screening awal HRD. Jangan sampai HRD langsung mengabaikan CV pelamar karena desain yang kaku, sulit dibaca, atau CV-nya terlalu tebal.

Pelamar perlu memahami bahwa CV adalah dokumen yang perlu dimaksimalkan untuk membangun citra diri.

Jika seorang pelamar memiliki latar belakang pendidikan di bidang akuntan dan ingin menjadi seorang auditor, pada CV dapat diberi headline yang membahas keahlian atau passion.

ika seorang pelamar memiliki latar belakang pendidikan di bidang akuntan dan ingin menjadi seorang auditor, pada CV dapat diberi headline yang membahas keahlian atau passion.

Tentunya pada CV pun konten yang ditulis adalah data relevan tentang akuntan, seperti pengalaman kerja, magang, kursus yang diikuti, dan data penunjang lain.

Bagian pada CV yang kerap diabaikan adalah deskripsi diri. Padahal, bagian deskripsi diri juga diperhatikan oleh HRD. Oleh karena itu, penulisan deskripsi diri perlu dilakukan sebaik mungkin agar HRD tertarik.

Kali ini Mamikos akan memberikan informasi cara membuat deskripsi diri yang baik contoh penerapannya pada CV agar kamu bisa diterima ketika melamar pekerjaan.

Apa Itu Deskripsi Diri Pada CV?

https://giglaser.com/

Bagian-bagian yang terdapat pada CV cukup banyak. Namun, ada bagian yang tidak kalah penting, yaitu bagian deskripsi diri.

Pada CV, bagian tersebut berisi ringkasan profil pelamar yang biasanya ditulis dalam beberapa kalimat singkat.

Tujuan deskripsi diri pada CV adalah menunjukkan kualifikasi pendidikan, keterampilan yang dimiliki, pengalaman yang penah dijalani, serta tujuan karier pelamar.

Menulis deskripsi diri pada CV sebenarnya mudah, tetapi perlu riset dan waktu lama untuk membuat deskripsi diri yang benar-benar menggambarkan seorang pelamar.

Tantangan membuat deskripsi diri pada CV agar disukai HRD adalah singkat tetapi tetap menarik.

Cara Menulis Deskripsi Diri untuk CV

https://www.behance.net/

Perlu dipahami oleh setiap pelamar bahwa deskripsi diri pada CV merupakan bagian yang bertujuan untuk memberikan gambaran diri pada HRD atau perekrut.

Adapun cara untuk membuat deskripsi diri yang bisa membuat HRD tertarik adalah sebagai berikut.

  1. Deskripsi diri ditulis secara singkat. Alasannya karena HRD harus melihat banyak CV, sehingga penting untuk mencuri perhatian HRD ketika melihat bagian awal CV. Buat deskripsi dalam dua atau tiga frasa dengan format poin atau paragraf singkat.
  2. Menentukan bagian yang ingin ditonjolkan. Jika kamu memiliki banyak kemampuan, pilih skill yang ingin ditunjukkan. Misalnya saja skill terkait dengan bidang kerja yang kamu lamar. Tidak perlu mencantumkan seluruh pencapaian karena pada bagian deskripsi ini kamu ditantang untuk meringkas semua kelebihan dalam beberapa kalimat saja. Agar lebih mudah menuliskan deskripsi diri, baca kembali seluruh bagian CV dan temukan bagian yang dapat menunjang pekerjaan di perusahaan tujuanmu.
  3. Menjelaskan tujuan karier. Tuliskan tujuan karier yang ingin kamu capai pada bagian deskripsi diri. Pernyataan tujuan juga dapat berkaitan dengan posisi tujuanmu di perusahaan.
  4. Menilai diri secara profesional. Kenalkan dirimu secara singkat pada bagian deskripsi diri. Tidak ada salahnya memberikan deskripsi jabatan saat ini yang sedang kamu jalani atau sedikit mengulas pengalaman kerja.
  5. Menggunakan kata kunci terkait. Cari tahu posisi pekerjaan yang akan kamu lamar dan gunakan kata kunci relevan. HRD yang membaca CV mu pun akan menganggap bahwa kamu adalah kandidat potensial. Agar lebih meyakinkan, gunakan angka seperti persentase.
  6. Tidak berbohong atau melebih-lebihkan pencapaian. HRD pastinya bisa membedakan mana kandidat yang jujur dan tidak. Meskipun tujuanmu adalah membuat HRD
  7. Menghindari typo. Hal penting yang perlu dilakukan sebelum mengirim CV pada HRD adalah memeriksa seluruh ejaan dan tanda baca, termasuk ejaan pada bagian deskripsi diri. Identifikasi kesalahan yang dibuat, kemudian perbaiki.

Contoh Deskripsi Diri untuk CV Bahasa Indonesia

https://www.maxmanroe.com/

Belajar membuat contoh deskripsi diri sendiri yang benar sangat penting untuk dilakukan sebelum kamu melamar pekerjaan.

Jika deskripsi diri dibuat asal-asalan, HRD pun akan mempertimbangkan berulang kali untuk menerima seorang pelamar.

Berikut ini adalah beberapa contoh deskripsi diri yang dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk membuat HRD tertarik, seperti contoh deskripsi diri sendiri untuk melamar pekerjaan.

Ada pula contoh deskripsi diri singkat di CV yang dapat digunakan.

  1. Lulusan S1 dengan spesialisasi bidang periklanan kreatif. Memiliki pengalaman dalam membuat desain iklan tiga dimensi dan terlibat dalam project berskala internasional melalui kesempatan magang di perusahaan multinasional. Mencari peluang kerja di bidang periklanan yang memberi kesempatan untuk berkembang.
  2. Lulusan S2 Sastra Jerman dengan pengalaman tiga tahun dalam industri penulisan buku berbahasa Jerman dan menjadi asisten dosen sastra Jerman di Perguruan Tinggi. Memiliki sertifikat bahasa Jerman hingga level C1 dan pernah menjalani pertukaran mahasiswa selama dua bulan di Jerman.
  3. HR Generalist dengan pengalaman lebih dari lima tahun dalam bidang pengelolaan karyawan, perekrutan, orientasi karyawan, manajemen kinerja karyawan, serta pendataan SDM. Memiliki keterampilan dalam menjalin relasi dengan karyawan di semua jenjang dan dapat berkomunikasi dengan baik.
  4. Customer service specialist berpengalaman selama tiga tahun. Memiliki kemampuan problem solving, kreatif, dan memiliki kemampuan interpersonal. Berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 60%. Saya mencari posisi sebagai sebagai supervisor agar dapat meneruskan karier di bidang manajemen.
  5. Saya dapat bersosialisasi dan mudah beradaptasi. Berpengalaman sebagai marketing selama lima tahun di perusahaan multinasional dan berhasil meningkatkan penjualan produk hingga 50%.
  6. Content creator yang berpengalaman selama dua tahun di industri kreatif. Dapat bekerja dalam tim, terbiasa dengan deadline, menguasai berbagai macam software editing, dan mampu beradaptasi.
  7. Auditor berpengalaman di perusahaan nasional. Memiliki pengetahuan audit internal dan eksternal. Dapat bekerja di bawah tekanan dan terbiasa dengan deadline.
  8. Marketing director dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang pemasaran dan penjualan produk ekspor-impor. Mampu membuat kebijakan pemasaran untuk meningkatkan penjualan hingga 80%. Dapat bekerja sama dengan tim dan memiliki kemampuan manajemen yang baik.

Contoh Deskripsi Diri untuk CV Bahasa Inggris

https://www.behance.net/

Kebutuhan untuk melamar pekerjaan di perusahaan berskala internasional tentunya juga perlu kamu jadikan standar ketika membuat deskripsi diri. Pada CV, bagian ini seringkali disebut dengan ‘personal statement’ atau ‘about me’.

Contoh personal statement untuk CV kerja yang menarik di mata HRD antara lain.

  1. I am an imaginative, reliable, and organized artist with a desire to develop dreams into a beautiful creation. I design effective, visual communication that solve problems and encourage action.
    Arti: Saya seorang seniman yang imajinatif, dapat diandalkan, dan berkeinginan untuk mengembangkan mimpi menjadi karya yang indah. Saya merancang komunikasi visual yang efektif yang memecahkan masalah dan mendorong suatu aksi.
  2. I am a pro-active, hard-working language graduate with considerable work experience gained in sales and marketing support, website, and social media management and theatrical production. My strengths include strong time management and organisation skills, creative thought and expression, and the ability to effectively multi-task and prioritise. I am reliable team player who is able to liaise well with clients and form good working relationships. Fluent in for languages, I have excellent written and verbal communication skills. With a love of literature, I am passionate about building a career in publishing, to which I would bring dedication, enthusiasm, and creativity.
    Arti: Saya lulusan bahasa yang pro-aktif dan pekerja keras dengan pengalaman kerja yang cukup banyak yang diperoleh dalam penjualan dan dukungan pemasaran, situs web, serta manajemen media sosial dan produksi teater. Kelebihan saya meliputi manajemen waktu dan keterampilan organisasi yang kuat, pemikiran dan ekspresi kreatif, dan kemampuan untuk melakukan banyak tugas dan memprioritaskannya secara efektif. Saya adalah pemain tim andal yang mampu berhubungan baik dengan klien dan membangun hubungan kerja yang baik. Fasih dalam bahasa, saya memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang sangat baik. Dengan kecintaan pada sastra, saya bersemangat membangun karier di bidang penerbitan, di mana saya akan membawa dedikasi, antusiasme, dan kreativitas.
  3. I am looking to secure a position within Digital Media, where I can bring immediate, strategic value for your company’s vision. During my recent work, I have contributed to a large variety of projects which showcase multiple aspects of a companies mission and purpose. I have worked group and solo projects which developed successful relationship with internal staff and external businesses.
    Arti: Saya ingin mendapatkan posisi dalam Media Digital, di mana saya dapat membawa nilai strategis langsung untuk visi perusahaan Anda. Selama periode masa kerja sebelumnya, saya telah berkontribusi pada berbagai macam proyek yang menampilkan banyak aspek dari misi dan tujuan perusahaan. Saya telah mengerjakan proyek kelompok dan solo yang mengembangkan hubungan sukses dengan staf internal dan bisnis eksternal.
  4. Customer service-oriented, self-motivated, and caring. Receptionist with extensive experience in resolving conflicts with customers. Thorough and attentive to detail in all professional matters. Proficient in medical record-keeping software as well as Microsoft Office.
    Arti: Berorientasi pada layanan pelanggan, motivasi diri, dan perhatian. Resepsionis dengan pengalaman luas dalam menyelesaikan konflik dengan pelanggan. Teliti dan perhatian terhadap detail dalam semua urusan profesional. Mahir dalam perangkat lunak pencatatan medis serta Microsoft Office.

Sudah mendapatkan referensi dari 12 contoh deskripsi diri CV yang menarik di mata HRD? Kamu bisa membuat deskripsi diri sesuai kreativitasmu atau mengubah beberapa bagian contoh deskripsi diri di atas. Lakukan riset perusahaan agar bisa menentukan deskripsi diri yang tepat.

Misalnya saja dengan melihat contoh deskripsi diri dalam CV Bahasa Inggris jika melamar perusahaan skala internasional.

Pastinya kamu juga perlu menyesuaikan kebutuhan dan melihat latar belakang pendidikan untuk memperbesar peluang diterima. Semoga berhasil, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah