Pendaftaran Polinema 2022, Cara Daftar dan Syaratnya

Pendaftaran Polinema 2022, Jadwal, Jalur Masuk, dan Syarat — Polinema merupakan singkatan populer dari Politeknik Negeri Malang yang menjadi perguruan tinggi negeri vokasi terbaik yang ada di Malang, Jawa Timur.

Untuk kamu yang sedang mencari informasi terkini seputar pendaftaran Politeknik Negeri Malang tahun akademik 2022/2023, maka disarankan membaca ulasan Mamikos pada kesempatan kali ini sampai selesai.

Ulasan Lengkap Pendaftaran Politeknik Negeri Malang 2022

humas.polinema.ac.id

Sebelum masuk pada pembahasan lengkap seputar pendaftaran Politeknik Negeri Malang, Mamikos sudah merangkum dengan singkat ulasan profil singkat dari kampus Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang dapat kamu baca di bawah ini.

Profil Singkat Kampus Politeknik Negeri Malang

Informasi seputar profil singkat kampus dapat memberikan kamu sedikit gambaran seperti apa kampus Polinema itu. Jadi sebelum masuk pada pembahasan utama terkait pendaftaran Politeknik Negeri Malang, kamu bisa menyimak penjelasan profil kampus Polinema sebagai berikut.

Seperti yang sudah Mamikos sedikit infokan di atas, bahwa Polinema atau Politeknik Negeri Malang merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi vokasi yang lokasinya berada di kota Malang, Jatim.

Sebagai kota terbesar kedua di Prov. Jawa Timur, banyak hal akan membuat calon mahasiswa betah mengenyam pendidikan terutama di Polinema. Kota Malang dapat jadi tempat yang nyaman untuk belajar sebab udara di sana memang sejuk serta populasi penduduknya tidak begitu padat.

Selain itu, di kota Malang ada banyak sekali institusi pendidikan yang berkualitas, salah satunya adalah Polinema. Kota Malang menjadi tempat yang mudah dijangkau, baik untuk sekadar traveling atau mengenyam pendidikan.

Akses Mudah Menuju Polinema

Fasilitas transportasi umum menuju Polinema juga cukup memadai. Hingga kini, Polinema terus mengembangkan dirinya untuk dapat menjadi sebuah institusi pendidikan vokasi superior dan siap untuk masuk persaingan secara global.

Politeknik Negeri Malang mempunyai sistem pendidikan yang inovatif serta keterampilan kompetitif. Sistem tersebut tentunya sangat diperlukan secara global oleh industri, badan pemerintahan hingga masyarakat.

Politeknik Negeri Malang turut mendukung adanya penelitian terapan serta pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan maupun pada pengembangan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat mendatang.

Pilihan Jalur Masuk Pendaftaran Politeknik Negeri Malang

Ulasan selanjutnya yang ada dalam artikel ini adalah daftar jalur masuk pada pendaftaran Politeknik Negeri Malang. Sebelum berganti menjadi Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri, tentu kamu tahu bahwa istilah yang dipakai adalah Ujian Masuk Politeknik Negeri atau UMPN.

Pada jalur UMPN yang sekarang sudah dikenal dengan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tersebut, Politeknik Negeri Malang (Polinema) membuka pendaftaran atau penerimaan mahasiswa baru dari seluruh Indonesia melalui ujian tulis.

Kesempatan tersebut secara adil dibuka oleh Polinema kepada para siswa SMA, SMK atau MA, baik mereka yang berasal dari sekolah negeri maupun swasta yang telah dinyatakan lulus.

Selain SBMPN (semula bernama UMPN), terdapat beberapa jalur yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa jika hendak masuk atau mendaftar ke Politeknik Negeri Malang.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai jalur masuk di Polinema yang perlu kamu ketahui.

1. Jalur undangan Polinema

a. Jalur Bidik Misi

Tentu kamu sudah tahu bahwa jalur Bidik Misi adalah sebuah program bantuan biaya pendidikan yang berasal dari Pemerintah.

Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai potensi tinggi (memadai) dari segi akademik namun kurang mampu secara ekonomi.

Untuk info seputar beasiswa Bidik misi tersebut dapat kamu ketahui dengan mengunjungi situs bidikmisi.dikti.go.id.

b. Jalur PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi)

Jalur PSB merupakan salah satu jalur yang bisa kamu lirik apabila kamu mempunyai prestasi gemilang di bidang akademik.

Kamu bisa masuk ke Polinema tanpa perlu ikut ujian tertulis lagi jika kamu memiliki prestasi mumpuni.

2. Jalur SBMPN (UMPN)

Jalur SBMPN (semula UMPN) ini merupakan pola penerimaan mahasiswa baru (PMB) yang diadakan secara serentak di seluruh Politeknik Negeri yang ada di Indonesia melalui ujian tulis.

Pada jalur SBMPN tersebut, para peserta dipersilakan untuk memilih 1 saja program studi pada Politeknik Negeri yang dikehendaki, misalnya saja Politeknik Negeri Malang.

3. Jalur UMPN Mandiri

Jalur UMPN Mandiri adalah pola penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh kampus Polinema yang sistemnya masih menggunakan ujian tulis.

Jadwal Uraian Kegiatan Pendaftaran Politeknik Negeri Malang

unsplash.com/Sam Balye

Dari serangkaian informasi yang ada dalam artikel ini, informasi jadwal pendaftaran Politeknik Negeri Malang mungkin menjadi hal yang paling awal ingin kamu ketahui.

Akan tetapi, hingga saat ini, melalui situs resminya, Polinema belum mengunggah pembaruan jadwal pendaftaran untuk tahun akademik 2022/2023 tersebut.

Jadi kamu perlu bersabar terlebih dahulu dan cek secara berkala pada situs resmi kampus Politeknik Negeri Malang agar menjadi yang pertama kali tahu info jadwal pendaftaran dari Polinema.

Langkah Melakukan Pendaftaran Politeknik Negeri Malang

Selain jalur masuk dan jadwal masuk, pada rangkaian pendaftaran Politeknik Negeri Malang juga terdapat ulasan lengkap terkait tata cara melakukan pendaftarannya.

Di bawah ini adalah tata cara mendaftar Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri tahun akademik 2022 yang dapat kamu simak dan ikuti,

  • Langkah pertama kamu sebagai calon peserta dapat melakukan pendaftaran via laman resmi spmb.polinema.ac.id dan memilih menu SBMPN Online.
  • Setelah masuk pada laman, kamu bisa melengkapi semua isian data dengan benar pada formulir pendaftaran yang tersedia.
  • Jika kamu berhasil melakukan pendaftaran, sebagai peserta kamu akan memperoleh Token dan Kode Pengaman. Token tersebut akan digunakan sebagai identitas pembayaran biaya pendaftaran dari jalur SBMPN yang kamu ikuti pada Bank yang sudah bekerja sama.
  • Untuk pembayaran biaya pendaftaran akan dilakukan sesuai mekanisme pembayaran yang terdapat pada laman spmb.polinema.ac.id/pembayaran/mekanisme ini.
  • Apabila pembayaran sudah berhasil tervalidasi oleh sistem, maka kamu akan menerima SMS berisi PIN pada nomor telepon serta email yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Mekanisme Pendaftaran Polinema

  • Token, PIN dan Kode Pengaman yang kamu peroleh akan digunakan untuk login pada menu ‘LOGIN PENDAFTAR’ di laman SPMB Polinema resmi.
  • Usai kamu berhasil login, kamu dapat melengkapi isian data pada menu ‘UPDATE BIODATA dan PERNYATAAN’ yang tersedia.
  • Setelah biodata dan pernyataan selesai kamu isi, maka Kartu Ujian SBMPN dapat segera dicetak.
  • Kamu dapat mengikuti panduan pelaksanaan ujian yang terdapat pada menu ‘PETUNJUK UJIAN’.
  • Kamu juga dapat mengikuti ujian SBMPN sesuai dengan jadwal yang terlampir pada Kartu Ujian SBMPN Polinema 2022 yang kamu cetak tadi.

Demikian ulasan lengkap seputar pendaftaran Politeknik Negeri Malang 2022 yang dapat disampaikan pada artikel Mamikos kali ini.

Mamikos harap apa yang sudah Mamikos infokan dalam artikel ini dapat memberikan wawasan yang kamu cari.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta