Contoh Soal Tes Matematika Dasar Untuk Melamar Pekerjaan Dan Jawabanya

Contoh Soal Tes Matematika Dasar Untuk Melamar Pekerjaan Dan Jawabanya – Pada saat akan melamar pekerjaan tentu kalian akan dihadapkan dengan beragam rangkaian tes seperti tes matematika dasar. Tes tersebut bertujuan agar nantinya perekrut bisa mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan. Maka dari itu bagi kalian yang sedang mendaftar pekerjaan sebaiknya persiapkan diri semaksimal mungkin.

Pahami Apa Itu Tes Matematika

unsplash.com

Salah satu tes yang akan sering kalian hadapi pada saat seleksi penerimaan kerja adalah tes matematika dasar. Bagi sebagian orang tes matematika, seperti contohnya logika matematika, ini menjadi momok yang menakutkan dikarenakan kalian akan dihadapkan dengan beragam rumus matematika yang harus dipecahkan untuk nantinya bisa mendapatkan hasil terbaik.

Walaupun sulit untuk beberapa orang namun kalian tidak perlu khawatir karena tes semacam ini bisa kalian pelajari dengan mudah. Kalian cukup mencari informasi berupa contoh soal beserta dengan jawabannya yang tentunya bisa digunakan untuk bahan belajar.

Sebelum jauh membahas mengenai contoh soalnya ada baiknya kalian ketahui terlebih dahulu apa itu tes matematika dasar. Tes semacam ini pada dasarnya tidak hanya untuk seleksi kerja saja melainkan juga untuk seleksi masuk perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta.

Pentingnya Tes Matematika Dalam Perekrutan Karyawan

Banyak dari kalian pastinya bertanya-tanya kenapa tes semacam ini penting untuk dilakukan. Seperti yang kalian ketahui saat mengerjakan soal matematika tentu dibutuhkan pemecahan masalah agar nantinya bisa mendapatkan jawaban yang tepat. Kemampuan pemecahan masalah semacam itu tentunya akan diterapkan pada saat bekerja maupun kuliah.

Tes matematika ini sangat penting untuk dilakukan karena keberadaannya akan selalu terhubung dengan kebutuhan untuk melakukan prediksi maupun analisis. Matematika sendiri merupakan suatu hal yang abstrak dan diidentifikasi dengan beragam hal yang bersifat konseptual.

Maka dari itu bagi calon pegawai ataupun karyawan yang mampu menyelesaikan beragam tes matematika menjadi suatu nilai plus. Hal ini karena mereka dianggap memiliki suatu kemampuan konseptual yang dianggap sesuai dengan apa yang menjadi syarat perusahaan.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya tes ini bisa digunakan untuk melakukan prediksi mengenai kemampuan seseorang. Kemampuan yang dilihat di sini adalah berpikir logis serta dapat menyimpulkan beragam fakta yang bersifat kuantitatif. Maka dari itu tidak mengherankan jika tes semacam ini akan selalu menjadi instrumen dalam beragam proses penerimaan karyawan.

Materi Tes Matematika

Untuk materi dari matematika dasar ini sebenarnya sudah kalian jumpai dan pelajari pada saat duduk di jenjang pendidikan menengah atas. Materinya sudah diberikan melalui pelajaran matematika dan kalian terima pada setiap semesternya, bahkan tidak jarang sudah kalian pelajari saat dibangku sekolah pertama.

Walaupun materi tes matematika dasar akan mirip dengan pelajaran saat SMA namun untuk kebutuhan pelamar kerja tentu akan sedikit berbeda dan sedikit lebih unik. Jika dibuat lebih rinci maka materi yang akan kalian temukan seperti aritmetika, himpunan, geometri, bentuk kuadrat dan juga akar, rumus jarak waktu dan kecepatan serta materi lainnya.

Contoh Soal Dan Jawabannya

Agar memudahkan kalian dalam belajar tentu diperlukan contoh dan juga jawaban dari setiap materi yang diulangkan. Namun jangan khawatir berikut ini ada beberapa contoh soal dari materi yang ada beserta dengan jawabannya. Walaupun tidak semua materi akan dibahas, namun setidaknya akan cukup memberikan referensi bagi kalian dalam belajar.

1. Aritmetika

Contoh yang pertama berasal dari materi aritmetika dan keseluruhan materi ini berisikan mengenai perhitungan. Operasi bilangan yang akan ditemukan seperti pengurangan, penjumlahan, pembagian dan operasi lain bahkan tidak jarang kalian akan menemukan kombinasi di antara semua operasi bilangan tadi.

Untuk soalnya yaitu (55 + 30)² maka penyelesaiannya yaitu bilangan di dalam kurung sebaiknya kalian jumlah terlebih dahulu baru kemudian kalian pangkatkan. Jadi nantinya jawabannya akan seperti berikut (55 + 30)2 = (85)2 sehingga akan menghasilkan jawaban 7225.

Contoh selanjutnya yaitu hasil dari √(696+ 23²), penting untuk diperhatikan di sini adalah jika ada angka di dalam kurung sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu seperti soal ini. Jadi cara pengerjaannya √(696+ 23²)=√(696+529) nanti akan ditemukan hasil dari penjumlahan yaitu √1225, baru setelah itu hilangkan akarnya. Jadi akar dari √1225 adalah 35.

2. Himpunan

Materi selanjutnya yaitu himpunan yang tentunya sudah diajarkan bahkan saat kalian duduk di bangku sekolah dasar hingga ke sekolah menengah atas. Untuk mempermudah kalian dalam memahami materi berikut ini adalah contoh soalnya.

Contoh soalnya yaitu jika ada empat kata seperti ungu, hitam, merah dan juga jernih. Di antara keempat kata tadi manakah yang tidak termasuk dalam himpunan maka jawabannya adalah jernih. Kalian lihat dilihat empat kata tersebut kebanyakan termasuk dalam kategori himpunan warna sehingga sudah dipastikan jernih bukan termasuk di dalamnya.

3. Jarak Waktu Dan Kecepatan

Materi tes matematika dasar yang selanjutnya yaitu jarak, waktu dan kecepatan yang tentunya akan sangat sering kalian temui. Banyak yang menganggap materi ini cukup sulit, namun jika kalian mengetahui rumusnya maka akan sangat mudah untuk dikerjakan.

Contoh soalnya yaitu ada burung terbang dengan berkecepatan 25km/jam. Jadi berapakah jarak yang akan ditempuh oleh burung tersebut selama 3 jam lamanya. Jika menemukan materi ini selalu ingat rumus J (jarak), K (kecepatan) dan W (waktu).

Untuk mencari J=KxW, mencari K=J:W dan mencari W=J:K. Untuk soal ini yang ditanyakan adalah J (Jarak). Maka jawabannya yaitu KxW= 25 km/jam x 3 = 75 km, jadi itulah jawabannya dan pastikan untuk selalu mengingat rumus di atas jika berhadapan dengan materi ini.

4. Perbandingan Senilai Serta Berbalik Nilai

Perbandingan senilai dan berbalik nilai merupakan materi yang selanjutnya dalam tes dasar matematika. Untuk melihat perbedaan di antara keduanya kalian harus memahami hal berikut. Untuk perbandingan senilai yaitu jika ruas kanan ke bawah bertambah kecil maka ruas kiri juga akan sama. Namun untuk perbandingan berbalik nilai akan menjadi kebalikannya.

Contoh soalnya begini yaitu saat roda pertama berputar 2 kali dan membuat roda kedua berputar sekitar 4 kali. Hal yang menjadi pertanyaan yaitu berapa kali roda kedua akan berputar jika roda yang pertama berputar sebanyak 5 kali.

Cara menjawabnya sangat mudah kalian gabungkan saja perputaran roda pertama yaitu 2 dan 5 kali maka menjadi 2/5. Kemudian untuk roda kedua yaitu 4 dan x maka akan menjadi 4/x. Lalu kalian kalikan silang antara 2/5 dan 4/x maka akan menjadi 2x=4.5 maka 2x=20 dan hasil dari x yaitu 10. Jadi roda kedua akan berputar sebanyak 10 kali jika roda pertama berputar sebanyak 5 kali.

Jadi itulah sedikit pembahasan mengenai materi dan contoh soal dari tes matematika dasar yang biasa digunakan untuk perekrutan karyawan. Memang soal semacam ini susah-susah gampang dan kalian harus banyak berlatih agar nantinya terbiasa dengan pola soal semacam itu.

Terlebih lagi saat ini sedang dibuka perekrutan CPNS dan sudah pasti soal semacam ini akan kalian temukan. Bagi kalian yang ingin ikut serta dan mendapatkan hasil maksimal maka bisa belajar melalui contoh soal di atas ataupun melalui sumber lain.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah