4 Alasan Lulusan Vokasi Adalah Lulusan Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

 Lailla | Kam, 28 Mei 2020

4 Alasan Lulusan Vokasi Adalah Lulusan Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja – Dalam memilih jurusan atau program studi kuliah, program yang ditawarkan seringkali menjadi pertimbangan tersendiri. Saat ini sudah banyak variasi program studi yang dimiliki Perguruan Tinggi, baik yang diperuntukkan bagi jenjang vokasi maupun jenjang sarjana.

Alasan Lulusan Vokasi Paling Diperlukan di Dunia Kerja

pixabay.com

Program Vokasi dan Program Sarjana ditujukan bagi lulusan sekolah menengah yang hendak meneruskan studi. Meskipun saat ini program vokasi yang dibuka sudah lebih beragam dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, peminat program vokasi masih tidak sebanyak program sarjana. Padahal, lulusan vokasi juga tidak kalah dengan lulusan program lainnya. Bahkan, di dunia kerja pun lulusan vokasi mendapatkan tempat tersendiri karena diperlukan.

Mengenal Pendidikan Kejuruan atau Pendidikan Vokasi

Bagi kamu yang lebih sering mendengar program sarjana atau diploma, kini saatnya kamu menambah pengetahuan dengan mengenal adanya program kejuruan. Program ini menekankan berbagai macam keahlian praktis yang diperlukan lulusannya ketika terjun di dunia kerja. Biasanya, program pendidikan kejuruan membahas materi atau topik secara spesifik. Contoh program untuk pendidikan kejuruan yang ditawarkan misalnya adalah Program Studi Seni Kuliner Prancis: Patisserie.

Mahasiswa yang mengambil program vokasi akan diwajibkan untuk menjalani magang sebelum lulus. Dengan terjun langsung ke lapangan pada periode tertentu, diharapkan mahasiswa akan siap ketika benar-benar ada di dunia kerja.

Apa Gelar Mahasiswa Program Vokasi?

Setelah menempuh studi, mahasiswa vokasi yang lulus akan mendapatan gelar Certificate, Diploma atau Advanced Diploma. Jika akan meneruskan studi ke jenjang sarjana atau pascasarjana, lulusan program vokasi juga bisa melakukannya. Lama waktu untuk menempuh program vokasi bervariasi mulai dari satu semester hingga tahunan sesuai jenis program studi pilihan.

Mengapa Lulusan Vokasi Dibutuhkan di Dunia Kerja?

Bagi kamu yang masih galau memilih program studi kuliah setelah lulus sekolah menengah nanti, cobalah untuk mempertimbangkan program vokasi. Program yang juga dikenal dengan pendidikan kejuruan ini menekankan skill atau kemampuan lulusannya. Tidak mengherankan jika lulusan pendidikan vokasi seringkali diberikan tempat khusus oleh perusahaan karena dianggap siap kerja. Berikut ini adalah alasan mengapa lulusan vokasi diperlukan di dunia kerja.

1. Lulusan Vokasi Lebih Praktikal

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika mahasiswa vokasi akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk praktik dibandingkan menghafal teori-teori. Program vokasi sangat cocok bagi kamu yang sering bosan mendengarkan banyak teori, kurang suka dengan banyak tugas perkuliahan yang hanya dinilai dengan ujian tulis, serta lebih senang untuk langsung praktik.

Hal inilah yang membuat mahasiswa program vokasi semakin terlatih dalam mempraktikkan teori. Kegiatan perkuliahan yang banyak didominasi penerapan teori membuat mahasiswa belajar dari hasil praktik secara langsung. Ketika mengetahui kondisi lapangan dan tidak terpaku pada teori, solusi masalah yang dihadapi pun dapat disesuaikan.

2. Memiliki Banyak Pilihan Perguruan Tinggi

Saat ini sudah terdapat banyak pilihan kampus yang menawarkan pendidikan vokasi untuk calon mahasiswanya. Bahkan, terdapat lebih dari 50 politeknik di Indonesia yang menyediakan program vokasi, baik untuk jenjang Diploma 1 hingga Diploma 4. Tidak hanya itu, Perguruan Tinggi favorit di Indonesia pun menawarkan peluang dengan membuka program vokasi.

Penawaran untuk program-program vokasi yang terdapat di Perguruan Tinggi memang lebih banyak dibandingkan dengan pendidikan sarjana. Seringkali Perguruan Tinggi juga bekerja sama dengan pusat pelatihan hingga institusi lain yang menyediakan serta mendukung program pendidikan vokasi. Hal ini yang membuat perusahaan langsung memilih lulusan pendidikan vokasi karena sudah menggeluti bidang secara spesifik.

3. Pilihan Program Vokasi Sangat Beragam

Semakin bervariasi program vokasi yang terdapat di suatu Perguruan Tinggi, semakin besar pula peluang untuk berkarir. Ditambah lagi, perusahaan yang langsung menangani klien akan membutuhkan karyawan dengan skill praktik lebih banyak dibandingkan teori. Perusahaan pun tidak akan segan mempekerjakan lulusan program vokasi karena mereka memang sudah yakin memiliki kemampuan spesifik pada bidang studinya.

Program vokasi yang dibuka di Indonesia saat ini sudah sangat beragam, mulai dari program untuk pariwisata, program perhotelan, hingga program kuliner dan bidang kecantikan. Apabila dibandingkan dengan materi perkuliahan di universitas, lulusan program vokasi lebih siap kerja. Pembahasan materi kuliah pun fokus pada topik-topik spesifik. Lulusan program vokasi yang lebih terasah pun dapat dibuktikan dengan sertifikat maupun bukti penunjang lainnya.

4. Perusahaan Membutuhkan Lulusan Siap Kerja

Perusahaan terkadang memerlukan lulusan yang siap terjun di lapangan dan sudah berpengalaman. Kriteria tersebut bisa ditemukan dari lulusan yang berasal dari program vokasi. Misalnya, seseorang yang lulus dari program vokasi jurusan pariwisata akan banyak belajar tentang wisata. Tidak hanya manajemen tujuan wisata saja, tetapi juga geografi pariwiasta, pengolahan makanan dan minuman, manajemen seni, hingga mengatur pertemuan dan konferensi.

Ketika perusahaan di bidang pariwisata bermaksud meningkatkan kualitasnya, perusahaan bisa langsung merekrut lulusan vokasi yang memang sudah paham seluk beluk pekerjaannya. Lulusan program vokasi juga dikenal sebagai lulusan yang siap bekerja. Akan ada nilai lebih jika kamu termasuk lulusan program vokasi yang pernah menjalani magang atau kerja praktik di bidang terkait. Jadi, selama kamu menempuh studi, sebaiknya maksimalkan kesempatanmu untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

Perguruan Tinggi di Indonesia yang Membuka Program Vokasi

Tertarik menempuh program vokasi?. Di Indonesia terdapat beberapa Perguruan Tinggi yang menawarkan program vokasi untuk calon mahasiswanya. Kamu dapat mencari tahu program studi untuk jenjang vokasi beserta jalur masuk yang ditawarkan pada kampus berikut:

1. Simak Vokasi – Universitas Indonesia (UI).
2. Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Program D1 dan D3 Universitas Diponegoro
4. Program Vokasi Universitas Airlangga
5. Berbagai macam Politeknik di Indonesia

Jurusan Vokasi UI, jurusan vokasi UNDIP, jurusan vokasi IPB, hingga jurusan vokasi UGM tentu tidak sama. Persaingan masuknya pun berbeda-beda. Jadi, kamu bisa mencari tahu jurusan apa saja yang dibuka pada setiap kampus sebelum menjalani tes masuk. Untuk bisa menempuh studi program vokasi di kampus tersebut, pahami jalur masuk Perguruan Tinggi beserta ujian masuk yang ditawarkan. Selain itu, masih ada pilihan lebih dari 50 politeknik yang menawarkan progran vokasi di Indonesia.

Peluang Lulusan Program Vokasi

Terkait kegiatan perkuliahan yang berlangsung di program vokasi, kamu pun tidak perlu khawatir. Tersedia beasiswa untuk mahasiswa program vokasi dengan berbagai macam kriteria. Asalkan kamu menjalani kegiatan perkuliahan di program vokasi dengan baik, akan lebih mudah bagi kamu mendapatkan beasiswa. Bahkan, sangat mungkin kamu mendapatkan kesempatan meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Demikian informasi alasan lulusan vokasi adalah lulusan paling dibutuhkan di dunia kerja yang bisa kamu jadikan referensi sebelum meneruskan studi. Sebelum memilih program studi vokasi, lakukan survey jurusan yang sama di kampus berbeda, sehingga referensimu semakin luas. Jadikan cita-citamu dan karier yang akan kamu tempuh sebagai motivasi sebelum mendaftar sebagai mahasiswa program vokasi. Semoga berhasil!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: