Apa Itu Mata Kuliah Wajib Dan Pilihan? Begini Cara Memilih Yang Benar

 Posted on Jumat, Juli 5th, 2019  Posted in Seputar Mahasiswa  Mamikos

Apa Itu Mata Kuliah Wajib Dan Pilihan? Begini Cara Memilih Yang Benar – Mata Kuliah adalah istilah lain yang sama artinya dengan Mata Pelajaran. Mata Kuliah ini dipergunakan untuk para pelajar yang saat ini menyandang sebagai mahasiswa atau mahasiswi di PTN dan PTS di Indonesia. Mata Kuliah sendiri terdiri dari dua, yaitu Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan. Apa bedanya? Simak penjelasannya di bawah ini:

Apa Itu Mata Kuliah Wajib Dan Pilihan? Begini Cara Memilih Yang Benar Agar Tak Kebingungan

1. Mata Kuliah Wajib

Mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang mana mahasiswa yang ada di Kampus atau Univeritas harus mengambil mata kuliah tersebut, sebagai syarat untuk lulus dan menjadi Sarjana, Diploma, dan lain sebaginya.

Pemerintah dan DPR telah sepakat menegaskan posisi empat mata kuliah utama di jenjang pendidikan tinggi (diploma dan S-1). Semua perguruan tinggi wajib memberikan empat mata kuliah tersebut kepada seluruh mahasiswanya. Keempat mata kuliah itu adalah Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Pendidikan Agama.

2. Mata Kuliah Pilihan

Mata Kuliah Pilihan, adalah mata kuliah yang dipilih berdasarkan kebutuhan mahasiswa yang tentunya juga sangat penting. Misalnya untuk mahasiswa yang mengambil kuliah di Jurusan Sosiologi, ada Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan dan Gender, yang keduanya menjadi Mata Kuliah Pilihan untuk jurusan Sosiologi Murni. Mahasiswa bisa memilih salah satu Mata Kuliah tersebut, pilihan ini ditentukan guna memenuhi SKS yang menjadi target.

3. Cara Memilih Mata Kuliah Pilihan

1. Pertimbangkan dosennya

Pertimbangkan juga dosen pengajar di setiap mata kuliah pilihanmu. Setiap kampus pasti memiliki dosen favorit dan dosen killer yang dihindari mahasiswa. Cari tahu informasi tentang dosen dan kebiasaannya mengajar ini kepada senior-senior di kampus. Kamu bisa juga mencoba belajar di beberapa kelas untuk mengetahui langsung cara mengajar dosen tersebut.

2. Perhatikan juga kombinasi mata kuliah

Buatlah jadwal kuliah dengan mengombinasikan beberapa bidang agar tidak bosan. Kombinasikan juga mata kuliah teori dengan praktik.

3. Konsultasi dengan penasihat akademis

Jika masih bingung, maka kamu bisa juga meminta saran dari penasihat akademis atau dosen wali. Mereka bisa memandu kamu memilih mata kuliah dan menyelesaikan studi tepat waktu.

4. Perhatikan lokasi kelas tiap mata kuliah

Lokasi kelas juga bisa menjadi pertimbangan saat memilih mata kuliah. Jangan sampai kamu memilih mata kuliah dengan jadwal mepet dan jarak kelas berjauhan. Karena nantinya jika terlambat kamu sendiri yang akan rugi

5. Perhatikan waktu

Jika tidak bisa bangun pagi, maka jangan ambil kelas kuliah pagi hari. Begitu juga sebaliknya. Jika kamu lebih segar kuliah di pagi hari, maka manfaatkan waktu sore hari untuk beraktivitas tambahan di luar kuliah.