9 Aplikasi Video Call Online Terbaik Cocok Untuk Kerja/Kuliah

Aplikasi Video Call Online – Sejak ditemukannya penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia, sejumlah perusahaan kini telah memberlakukan sistem remote working bagi setiap karyawannya. Hal ini dilakukan untuk mengupayakan berkurangnya kegiatan berkumpul di suatu tempat dan kontak fisik antar manusia yang bisa mempercepat penyebaran virus tersebut. Buat kamu yang belum terbiasa dengan budaya kerja remote dari rumah mungkin kamu masih sedikit kebingungan. Agar mempermudah sistem kerja kamu dan karyawan lainnya, berikut Mamikos berikan 9 rekomendasi aplikasi video call online yang cocok untuk bekerja hingga kuliah sekalipun.



Rekomendasi Aplikasi Video Call Online Untuk Kuliah dan Kerja

blog.dojobali.org

Seiring berkembangnya zaman, video call online kini telah menjadi menjadi salah satu fitur wajib yang harus kamu ketahui. Tak hanya dapat memberikan pengalaman berkirim pesan dengan kerabat dan keluarga, kamu pun bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi video call online untuk bekerja hingga kuliah dari rumah. Mewabahnya virus Corona di Indonesia membuat sejumah perusahaan menugaskan para karyawannya bekerja di rumah. Tak hanya itu saja, sejumlah kampus pun ikut meliburkan mahasiswanya dan menugaskan mereka untuk kuliah dengan sistem daring. Buat kamu yang masih baru dengan budaya kerja remote ataupun kuliah dari rumah, berikut Mamikos sudah menyusun daftar aplikasi video call online apa saja yang bisa digunakan untuk membantu kalian agar bisa tetap produktif, walaupun kerja remote ataupun kuliah dari rumah.

1. DayWise

Memiliki fungsi meningkatkan produktivitas kerja, aplikasi DayWise bisa menjadi opsi pertama kamu untuk remote working. Dengan DayWise, kamu dapat mengatur mulai bekerja, istirahat, hingga menyelesaikan pekerjaan. Waktu yang diatur itu berfungsi untuk mengalihkan semua notifikasi. Misal, saat bekerja, hanya notifikasi penting saja akan muncul di smartphone kamu, sehingga waktu bekerja tidak akan terganggu. Sayangnya, aplikasi DayWise ini baru tersedia untuk pengguna smartphone Android.

2. WhatsApp

Aplikasi pesan instan yang satu ini memang sudah cukup populer guna menjalin komunikasi sesama rekan kerja. Tak hanya kalangan pekerja saja, WhatsApp juga cukup berperan penting dalam sistem perkuliahan mahasiswa di mana saja. Melalui WhatsApp, kamu bisa melakukan koordinasi dengan rekan kerja, baik melalui berkirim pesan teks, foto, atau melalui video call hingga empat orang secara bersamaan. Buat kamu yang berstatus sebagai mahasiswa, WhatsApp juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan koordinasi dengan dosen dan rekan kampus lainnya.

3. Slack

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan WhatsApp, Slack memiliki fitur yang lebih kompleks dan lengkap. Tak hanya memiliki fitur video call saja, Slack juga didesain untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi di dalam suatu manajemen atau perusahaan. Tak hanya dapat melakukan pengiriman pesan, Slack juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kinerja dalam menjalankan proyek, berbagi file, dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim saat bekerja. Semua fitur Slack bisa membantu kamu untuk bekerja ataupun kuliah dari rumah, tanpa harus bertatap muka dengan mitra kerja dan dosen sekalipun.

4. Facebook Messenger

Sama seperti WhatsApp, Facebook Messenger juga bisa menjadi salah satu platform yang kamu lirik ketika ingin remote working ataupun kuliah daring. Dengan aplikasi yang satu ini, para pengguna bisa berbagi pesan teks, video, dan membagikan dokumen. Facebook Messenger juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video grup online lho.


5. Skype for Business

Aplikasi yang satu ini bisa untuk berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, laptop hingga komputer pribadi, dengan Skype for Business ini kamu pun dapat membuat panggilan video, panggilan suara, dan berbagi pesan dan dokumen dengan mulus. Skype for Business juga memungkinkan kamu untuk memulai perpesanan instan grup atau percakapan video serta mengundang lebih banyak peserta. Buat kamu yang ingin melakukan rapat ataupun perkuliahan secara online, kamu bisa memanfaatkan Skype for Business. Tak hanya itu saja, Skype for Business juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol rapat, mencari keterlibatan bisnis yang akan datang, mencari kontak dengan nama, email, atau nomor telepon mereka dan membisukan rapat.


6. Google Apps (G Suite)

Google App atau G Suite adalah kumpulan aplikasi buatan Google yang bisa membantu produktivitas. Google menyediakan paket lengkap aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan, dan tentu mengakomodir cara kerja dari rumah. Banyak aplikasi yang masuk ke dalam G Suite ini, seperti Gmail, G Drive, Google Hangouts, Google Calender, Google Documents, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mendapatkan layanan yang lebih dan fitur maksimal, maka harus berlangganan dengan biaya tertentu.

7. Microsoft Office 365

Tak mau kalah dengan Google, Microsoft juga mempunyai layanan serupa yang dinamakan Office 365. Layanan Office 365 ini menyertakan beberapa aplikasi produktivitas yang dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim. Sekarang ini terdapat banyak aplikasi yang masuk dalam ekosistem Office 365, mulai dari Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneDrive for Business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, Outlook Online, Delve Board, dan masih banyak lagi. Office 365 juga menyediakan layanan berlangganan dengan biaya tertentu jika kamu ingin menikmati layanan lebih banyak lagi.


8. Toogl

Terkadang bekerja di rumah ataupun kuliah daring akan banyak gangguan atau distraksi yang menghambat produktivitas, seperti bermain media sosial hingga lupa waktu. Nah, buat kamu yang ingin mengatur waktu kerja sesuai yang diinginkan maka aplikasi Toogl bisa menjadi solusinya. Toogl ini sendiri adalah aplikasi yang memudahkan untuk melihat produktivitas kita saat melakukan kerja dari rumah. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengingatkan kapan waktunya kamu berhenti dan kembali bekerja, termasuk kapan waktunya beristirahat atau harus segera menyelesaikan pekerjaan. Setiap aktivitas pekerjaan kamu pun akan direkam oleh Toggl, di mana nantinya kamu dapat melihat kembali penggunaan waktu yang dipakai setiap harinya untuk bekerja ataupun belajar.

9. Zoom

Sama seperti Google Hangout, aplikasi Zoom menghadirkan fitur yang maksimal untuk melakukan video conference. Tentunya fitur yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan rapat ataupun kuliah secara online. Bahkan, Zoom baru merilis fitur baru yang dapat mengubah background saat pengguna melakukan video conference. Dengan Zoom, semua tim pun dapat komunikasi video secara bersamaan dengan kualitas video dan audio yang baik. Tidak hanya fitur video conference, Zoom juga memiliki fitur lainnya, seperti kirim pesan teks, foto, audio, dan video. Istimewanya lagi, aplikasi yang satu bisa digunakan di perangkat mobile dan desktop komputer atau laptop.


Nah, barusan tadi Mamikos sudah membagikan info seputar 9 aplikasi video call online terbaik yang cocok untuk kerja ataupun kuliah secara online. Semoga informasi yang Mamikos berikan di atas bermanfaat ya untuk kamu yang saat ini harus remote working ataupun kuliah daring. Jika kamu membutuhkan informasi lainnya, kamu bisa temukan berbagai jenis info tersebut melalui situs blog Mamikos. Oh iya, untuk kalian yang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa pula download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:


Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah