Background Foto Lamaran Kerja Biru Atau Merah? Cari Ketentuannya yang Benar

Posted in: Karyawan

Background Foto Lamaran Kerja Biru Atau Merah? Cari Ketentuannya yang Benar -Informasi tentang background foto lamaran kerja biru atau merah memang harus diketahui terutama bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan.

Setelah menempuh pendidikan baik itu Sekolah Menengah Atas maupun kuliah, banyak iklan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Informasi bisa diperoleh di berbagai media sosial seperti Facebook, Telegram, Instagram, Google, ataupun WhatsApp. Sebuah dokumen yang penting untuk dilampirkan salah satunya adalah foto lamaran kerja. Apakah background foto lamaran kerja biru atau merah?

Ketentuan Foto Lamaran Kerja

unsplash.com/@punttim

Tiba saatnya kamu saat ini melakukan lamaran kerja ketika sudah selesai menempuh pendidikan di tingkat sekolah atau kuliah.

Tentunya ada banyak sekali informasi yang bisa didapatkan mengenai lowongan kerja di media sosial seperti Instagram, Facebook, Telegram, dan sebagainya.

Salah satu dokumen yang tidak kalah penting untuk dilampirkan pada dokumen lamaran kerja yaitu foto lamaran kerja. Sebenarnya, tidak ada aturan baku mengenai warna dan ukuran foto lamaran kerja.

Namun, foto lamaran kerja nyatanya sangat menentukan saat melakukan proses lamaran kerja.

Dalam hal ini, masih banyak yang menganggap remeh foto dalam lamaran kerja. Padahal, foto dapat menentukan nasib di dunia kerja.

Jika kamu ingin melamar kerja, maka disarankan untuk memeriksa dulu apakah kriteria di bawah ini sudah kamu aplikasikan dalam foto atau belum.

  1. Menggunakan foto sebatas pinggang dengan menghindari melampirkan foto full-body. Bagian ini hanya akan memenuhi CV dan pasti tidak akan terlihat profesional.
  2. Perhatikan pakaian yang kamu kenakan di dalam foto supaya nanti terlihat profesional. Pada umumnya, pria akan memakai jas dan wanita menggunakan blazer. Disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu mencolok dan perhiasan yang terlalu banyak.
  3. Jangan menggunakan make-up yang terlalu tebal dan mewarnai rambut, selain warna rambut alami.
  4. Foto CV sudah memperlihatkan telinga. Dalam hal ini kamu bisa menggerai atau pun mengikat rambut supaya tampilan foto kamu terlihat lebih rapi.
  5. Menggunakan foto terbaru bukan foto lama meskipun mungkin kamu masih terlihat good-looking di foto tersebut. Hal ini bertujuan supaya para recruiter tidak kaget ketika bertemu denganmu yang mungkin wajahnya terlihat lebih tua dibandingkan dengan di foto.
  6. Memakai background dengan 1 warna seperti putih, merah, dan biru. Jangan memakai barang lainnya dalam foto dan pastikan hanya ada dirimu saja yang ada di dalam foto lamaran kerja.
  7. Konsisten dalam menggunakan foto. Maksudnya adalah gunakan foto yang sama di CV, LinkedIn, atau profil pencarian kerja lainnya. Dengan ini, maka HRD pasti akan lebih mudah mengenali saat akan mencari tahu lebih lanjut di internet.
  8. Tampilkan ekspresi yang natural dalam foto, dalam arti jangan berpose yang berlebihan namun tetap berikan senyum.
  9. Jika kamu memerlukan cetak foto untuk dibuat di dalam CV, maka ukuran 4×6  atau 3×4 adalah ukuran yang paling sesuai.

Background Foto Lamaran Kerja Biru Atau Merah? Seperti Ini Ketentuannya

Pada dasarnya, tidak terdapat aturan baku perihal warna latar belakang foto lamaran kerja biru atau merah ini.

Namun, persyaratan ini sangatlah penting dan menentukan anda ketika proses untuk mengajukan diri.

Setiap perusahaan biasanya menginformasikan dokumen kamu harus diajukan untuk lamaran. Namun, masih banyak orang yang belum tahu dan mencari informasi tentang apa background foto lamaran kerja biru atau merah.

Warna foto untuk melamar kerja memang harus menyesuaikan dengan kebutuhan dari setiap instansi atau perusahaan.

Biasanya, akan dipublikasikan ketentuannya di lowongan kerja perihal latar belakang ini.

Dalam hal ini kamu harus perhatikan baik-baik, karena sampai saat ini masih ada para pencari kerja yang melewatkan bagian background foto lamaran kerja biru atau merah.

Saat informasi disana tercantum, maka kamu harus memenuhi dan mengikutinya.

Hal ini dilakukan supaya pihak HRD tidak salah dan memang meyakini bahwa anda serius untuk mengikuti ketentuan yang sudah dicantumkan.

Jika tidak memperoleh informasi tentang background foto lamaran kerja warna apa untuk setengah badan yang harus dilampirkan, maka bisa menggunakan warna latar belakang yang mencerminkan foto-foto cukup formal.

Biasanya, warnanya mulai dari merah, putih, atau biru.

Ketiga warna ini sering dipakai perusahaan sebagai persyaratan. Umumnya, untuk administrasi, kartu identitas, atau keperluan lainnya yang berkaitan dengan identitas pribadi.

Kamu bebas memilih ketiga warna ini dan memilih salah satunya untuk dilampirkan ke lamaran.

  1. Foto dengan latar merah untuk orang Indonesia dengan tahun kelahiran ganjil. Contohnya : 1989, 1993, 1995 dan seterusnya.
  2. Foto dengan latar belakang warna biru untuk warga negara Indonesia yang yang punya tahun kelahiran genap. Contohnya: 1990, 1992, 1994 dan seterusnya.
  3. Foto dengan latar belakang warna putih untuk mereka yang punya tahun kelahiran genap atau ganjil. 

Warna Latar Belakang Full Badan dan Setengah Badan

Untuk background foto lamaran kerja biru atau merah, foto yang digunakan tidak hanya setengah badan karena seringkali perusahaan juga meminta foto full badan.

Tujuannya sendiri bermacam-macam salah satunya untuk mengetahui seperti apa diri si pelamar.

Lalu bagaimana dengan warna foto setengah atau full badan? Sementara untuk warna latar yang dipakai untuk foto lamaran biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan saja.

Biasanya, perusahaan saat membuka lowongan kerja maka kerap sekali menuliskan seperti apa informasi tentang syarat warna latar foto yang harus dilampirkan.

Jika misalnya di informasi lowongan kerja sudah ada ketentuan warna latar foto, maka kamu harus mengikuti persyaratan tersebut.

Hal ini bertujuan supaya kamu tidak salah pada saat akan melampirkan foto, dan nanti pihak HRD pun akan merasa lebih yakin karena kamu sudah mengikuti apa yang telah perusahaan inginkan.

Namun jika misalnya tidak ada informasi mengenai warna latar foto setengah badan misalnya yang harus kamu lampirkan di dokumen lamaran kerja, maka bisa menggunakan warna latar yang mencerminkan foto formal. Warna yang bisa kamu gunakan yaitu merah, biru dan putih.

Kemudian untuk kamu yang mungkin sedang mencari informasi bagaimana syarat foto lamaran kerja background apa, karena tidak dilampirkan oleh perusahaan, maka bisa menggunakan pedoman berikut.

  1. Foto dengan latar belakang warna merah itu diperuntukan dalam masyarakat Indonesia dengan tahun kelahiran ganjil.
  2. Foto dengan latar belakang biru hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang punya tahun kelahiran genap.
  3. Foto dengan latar belakang putih diperuntukkan untuk mereka yang lahir di tahun genap dan ganjil.

Kode Warna Background Foto

Bagi kamu yang saat ini ingin melamar kerja tanpa ada syarat seperti apa warna latar foto full badan misalnya, maka kamu bisa menggunakan warna merah, biru atau putih. 

Ketiga warna ini memang kerap digunakan oleh perusahaan dalam persyaratan administrasi, ID card maupun kepentingan formal lainnya dimana ini berhubungan dengan identitas diri.

Dalam hal ini kamu diberikan kebebasan untuk memilih ketiga warna tersebut. Lalu seperti apa kode background foto?

Ini pun bagian yang juga harus kamu ketahui. Bagi kamu yang akan melakukan pemotretan di studio atau kamera digital sendiri, tentu harus melakukan pengeditan di sejumlah software misalnya Photoshop.

Hal yang harus dipahami yaitu bagaimana mengedit latar belakang atau background. Untuk kamu yang ingin melakukan pengeditan menggunakan software ini, maka harus memperhatikan apa kode warnanya untuk mengganti latar belakang.

Informasi tentang kode warna tersebut, penting dan jangan sampai salah.

Kode Warna Merah : #FF0000
Kode Warna Biru : #0C0CF6
Kode Warna Putih : #FFFFFF

Fungsi Foto dalam Lamaran Kerja

Pelamar kerja tidak perlu terlalu memusingkan mengenai background foto lamaran kerja biru atau merah. Asalkan, foto yang dilampirkan foto formal sesuai standar yang rapi.

Melampirkan foto dengan background biru atau merah ketika hendak melamar kerja, memiliki sejumlah fungsi seperti berikut:

Sebagai sarana untuk mengenalkan diri kepada HRD. Dengan pas foto yang dilampirkan, pihak HRD akan mengetahui wajah pelamar kerjanya.

1. Mencocokkan dengan Kualifikasi Pendaftaran

Salah satu persyaratan melamar kerja terutama untuk customer service biasanya adalah berpenampilan menarik. Dengan melampirkan pas foto, secara sepintas bisa menjadi bahan pertimbangan HRD.

2. Sebagai Arsip Dokumen

Foto yang dilampirkan ketika melamar kerja juga bisa menjadi arsip Dokumen untuk kantor untuk keperluan ke depan.

3. Menguatkan Posisi Pelamar

Saat seorang pelamar kerja melampirkan foto dirinya juga, semakin memberikan kesan bahwa orang tersebut serius. Jadi, HRD juga akan lebih mengedepankan para pelamar yang melampirkannya.

Apakah Boleh Jika Background Hanya Merah?

Seperti yang telah dijelaskan, sebenarnya tidak ada syarat mutlak untuk masyarakat yang hendak melamar perihal background foto lamaran kerja biru atau merah.

Tapi, jika kamu memakai latar belakang merah walaupun lahir di tahun genap, sebenarnya tidak salah juga.

Warna background foto untuk melamar kerja merah atau biru adalah yang biasa dipakai untuk pose formal misalnya KTP, ijazah, atau membuat buku kuning.

Dalam hal ini, boleh juga untuk menggunakan warna merah untuk latar belakang lamaran kerja.

Tapi sekali lagi diperhatikan juga, jika memang pada lowongan tersebut mengharuskan persyaratan background foto dengan latar belakang warna tertentu maka harus diikuti.

Jangan sampai akhirnya lamaran anda sia-sia hanya karena background foto ini.

Apakah Boleh Memakai Foto Ijazah Untuk Lamaran Kerja?

Kesibukan atau keengganan ke studio foto, memang kerap kali melanda para pelamar kerja.

Salah satunya mungkin yang terlintas adalah menggunakan foto ijazah tanpa harus menggunakan background foto lamaran kerja biru atau merah.

Lalu, apakah ini diperbolehkan? Memang sejumlah perusahaan masih memperbolehkan hal ini karena foto ijazah masih mencerminkan pribadi pelamar. Artinya, tidak boleh menggunakan foto ijazah sudah lama dan harus terbaru.

Misalnya, jangan sampai untuk melamar kerja kamu menggunakan foto ijazah saat masih SMP atau SD.

Tentu saja, sudah tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang ini dan akan lebih baik jika memakai foto ijazah kuliah atau SMA.

Tetapi, tentu saja akan lebih baik jika meluangkan waktu untuk ke studio foto atau percetakan untuk melampirkannya.

Semakin terkini foto yang ada lampirkan akan semakin bagus, karena saat interview HRD akan lebih yakin.

Informasi tentang background foto lamaran kerja biru atau merah sudah dijelaskan diatas dan tentunya semakin membuat kamu yakin pilihan latar belakangnya yang hendak dipilih.

Jika memang tidak tercantum maka bisa menggunakan panduan seperti yang telah dijelaskan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah