Berikut 10 Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional 2019 Yang Wajib Kamu Terapkan!

 Mamikos | Sel, 15 Jan 2019

Ujian Nasional 2019 – Sebelum menghadapi Ujian Nasional atau UN biasanya setiap siswa memiliki strategi masing-masing agar dapat sukses menjalankan ujian tersebut. Hambatan selagi UN diharapkan dapat teratasi ketika sudah menyiapkan sebaik mungkin dalam menghadapi UN. Biasanya ketika akan masuk musim-musim ujian maupun sebelum ujian, setiap siswa memiliki perubahan tersendiri yang akan terlihat unik dan memperlihatkan sifat aslinya. Benar atau tidaknya mungkin Anda bisa menjawabnya sendiri. Umumnya sebelum menghadapi UN, tentu para siswa belajar serajin mungkin atau memiliki persiapan khusus lainnya seperti ikut bimbingan belajar dan sejenisnya.[sg_popup id=”14679″ event=”onLoad”][/sg_popup]

Setiap murid pasti ingin sukses menghadapi Ujian Nasional 2019 ini, baik itu untuk tingkatan SMP maupun SMA. Meksipun saat ini nilai Ujian Nasional bukanlah hal yang menentukan lulus atau tidaknya, namun tetap saja ujian yang satu ini akan selalu membuat setiap pesertanya deg-degan. Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menentukan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk Tahun Pengajaran 2018-2019. UN 2019 rencananya akan dilaksakan dalam 2 pilihan sistem yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP). Kabarnya, Ujian Nasional 2019 akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Kini sudah banyak beberapa sekolah yang sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan siswa-siswinya demi kesuksesan menghadapi Ujian Nasional 2019.

Jadi apakah kamu juga sudah siap menghadapi Ujian Nasional yang sebentar lagi akan berlangsung? Jika pada Ujian Nasional 2018 lalu banyak sekali siswa yang mengeluh merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional, terutama matematika. Mereka merasa soal Ujian Nasional yang mereka hadapi tidak sama dengan materi yang diajarkan di sekolah. Ujian Nasional 2018 kabarnya memang telah menggunakan soal yang membutuhkan daya nalar tinggi atau higher order thinking skills (HOTS).

Soal dengan tipe HOTS ini juga masih akan digunakan pada Ujian Nasional 2019 dengan jumlah maksimal 15 sampai 20 persen. Bahkan, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, soal Ujian Nasional 2019 dengan konsep HOTS tahun ini akan lebih sulit dibandingkan tahun lalu. Kemendikbud memasukkan soal HOTS dengan tujuan untuk meningkatkan daya serap kemampuan siswa yang awalnya hanya level basic menjadi higher thinking skill. Melihat fakta-fakta di atas, tentunya kamu anak kost Bandung murah atau kost Jakarta murah juga perlu menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar bisa mengerjakan soal Ujian Nasional 2019 dengan sempurna.

Agar kamu lebih siap lagi dalam menghadapi Ujian Nasional 2019 mendatang berikut Mamikos berikan cara sukses menghadapi Ujian Nasional (rahasia UNBK) serta panduan UNBK 2019 yang bisa kamu terapkan agar sukses hadapi Ujian Nasional 2019.

10 Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional 2019 Yang Wajib Kamu Terapkan

1. Belajar secara mendalam guna memahami sebuah konsep materi

Tips sukses UNBK 2019 yang pertama adalah kamu harus memahami secara mendalam suatu konsep materi yang akan diujiankan nantinya. Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya bahwa soal Ujian Nasional 2019 dengan konsep HOTS mempunyai level yang lebih tinggi dibandingkan LOTS? Kenapa demikian? Karena soal-soal HOTS membutuhkan kemampuan menganalisa, pemikiran kritis, pemecahan masalah, kreativitas, hingga inovasi. Untuk itu, kamu harus benar-benar paham mengenai sebuah konsep materi. Kamu tidak bisa hanya menghafal atau mempelajari rumus cepat. Kamu harus mengetahui makna dari sebuah definisi, dari mana datangnya sebuah rumus, hingga mengaitkan satu bab dengan bab-bab lain yang sudah dipelajari sebelumnya.
Soal Ujian Nasional 2019 dengan konsep HOTS akan lebih sulit dibandingkan soal-soal UN biasanya. Jadi kamu harus mulai membiasakan diri dengan belajar dari soal-soal SBMPTN atau tes ujian mandiri masuk universitas seperti SIMAK UI. Tipe soal SBMPTN atau SIMAK lebih sulit serta menggunakan tipe soal yang membutuhkan penalaran tingkat tinggi. Kamu juga bisa memahami konsep suatu materi dengan lebih baik dengan menonton video beranimasi yang dapat kamu tonton di jejaring internet. Sebab, di ruangbelajar kamu akan diajarkan bagaimana cara mengerti konsepnya dan nggak hanya menghafal materi.

2. Belajar sesuai kisi-kisi Ujian Nasional 2019

Soal Ujian Nasional 2019 dengan konsep HOTS juga mungkin akan membuatmu lebih pusing dan bingung harus belajar darimana. Nah, supaya kamu nggak bingung dan bisa belajar lebih terarah, coba deh pelajari kisi-kisi soal UN 2019 yang sudah disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dengan belajar berdasarkan kisi-kisi kamu jadi tahu apa saja Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kamu bisa lebih fokus belajar untuk materi yang akan diujikan. Tentunya jadi lebih efektif bukan?

3. Mempelajari kisi-kisi Ujian Nasional tahun sebelumnya

Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) selaku penyelenggara ujian nasional secara resmi telah merilis kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) untuk tahun 2019. Pengumuman mengenai kisi-kisi UN dan USBN 2019 ini disampaikan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui laman resmi Kemendikbud dan juga akun resmi instagram resmi @kemdikbud.ri (4/11/2018). Manfaatkan kisi-kisi ini sebaik mungkin, yaitu dengan menganalisa kisi-kisi dari tahun ke tahun, pelajari, dan coba kerjakan secara bertahap. Kenapa harus mempelajari kisi-kisi beberapa tahun sebelumnya? Karena biasanya soal Ujian Nasional di tahun sebelumnya itu terkadang ada di soal Ujian Nasional saat ini.

4. Jangan gaptek

Sebagai Generasi Milenial jangan sampai kita gagap teknologi seperti cara menggunkaan komputer. Karena untuk beberapa tahun kedepannya pasti teknologi sangat bermanfaat dalam membantu kehidupan sehari-hari. Contohnya juga sekarang, awalnya ujian nasional dilakukan dengan kertas. Namun, sekarang dirubah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang mana terasa lebih efisien dan lebih canggih. Tentunya kamu pun harus memahami cara menggunakan komputer saat UNBK serta tata cara ujian berbasis komputer agar tidak kelabakan nantinya. Jadi mulailah berteman dengan teknologi, supaya kamu tidak merasa cemas ketika melihat soal Ujian Nasional di layar komputer. Intinya jangan sampai kamu cemas, karena kecemasan itu bisa merusak berbagai hal.

5. Mengikuti simulasi Ujian Nasional

Sebelum menghadapi Ujian Nasional 2019, biasanya tiap sekolah akan terlebih dahulu mengadakan simulasi UNBK. Meskipun simulasi dilakukan ketika libur, usahakan kamu untuk sempatkan waktu agar dapat mengikutinya. Mengapa demikian? Karena simulasi tersebut bertujuan untuk membiasakan murid dan supaya tidak cemas ketika menghadapi UNBK.

6. Memiliki rasa percaya diri

Apabila persiapan sudah dilakukan dari jauh-jauh hari dan di rumah kamu sudah merasa siap menghadapi ujian nasional, jangan sampai percaya diri tersebut hilang ketika kamu mendapatkan kunci jawaban dari teman. Karena dalam Ujian Nasional itu terdiri dari beberapa paket, otomatis beda soal juga beda jawaban. Maka jangan terlalu percaya ketika orang memberi jawaban. Meskipun memiliki paket yang sama, kamu juga harus beripikir “bagaimana kalau jawaban yang benar adalah jawaban kamu”.

7. Buat kategori soal menggunakan tanda

Pada Ujian Nasional 2019 mendatang, jumlah soal HOTS akan berjumlah antara 15 sampai 20 persen dari keseluruhan soal. Maka, kamu perlu strategi untuk mengerjakan soal-soal Ujian Nasional ini. Ingatlah bahwa tidak semua soal Ujian Nasional adalah soal sulit. Biasanya soal akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu sulit, sedang, dan mudah. Buatlah tanda untuk ketiga kategori soal ini di secarik kertas yang sudah kamu beri nomor. Kamu bisa memberikan tanda silang (×) untuk soal kategori sulit, tanda bulat (Ο) untuk soal kategori sedang, dan tanda centang (v) untuk soal kategori mudah.
Nantinya tanda-tanda inilah yang akan memudahkan kamu saat akan kembali mengerjakan soal-soal yang belum kamu jawab sebelumnya. Kamu pun jadi lebih tahu mana soal yang perlu kamu pikirkan ulang dan mana soal yang benar-benar tidak bisa kamu jawab. Dengan memberi tanda, kamu juga bisa mengira-ngira berapa nilai yang akan kamu dapatkan setelah mengerjakan semua soalnya.

8. Ikuti prosedur yang berlaku

Prosedur atau Tata Tertib Ujian Nasional 2019 biasanya akan dibacakan oleh pengawas sebelum dimulai, seperti dilarang menggunakan mesin hitung, dilarang membawa HP, dan masih banyak lagi. Meskipun terasa risih, tapi kamu wajib untuk mengikuti saja semua prosedur yang berlaku supaya kamu lebih konsen dan sukses mengerjakan soal ujian nasional.

9. Mengikuti bimbingan belajar

Dengan mengikuti bimbingan belajar, kamu akan mendapatkan materi tambahan selain materi yang didapatkan di sekolah. Untuk sekarang ini banyak pilihan bimbingan belajar yang ingin kamu gunakan, baik offline juga online. Mengikuti bimbingan belajar memang membutuhkan biaya tambahan, terkadang juga cukup mahal. Tapi enaknya kamu bisa konsultasi secara santai apabila ada materi atau tugas yang belum kamu pahami. Supaya sukses menghadapi Ujian Nasional 2019, biasanya kamu juga akan diberi beberapa materi tambahan juga prediksi soal.

10. Jangan lupa berdoa dan memohon doa restu dari orangtua

Manusia cuma dapat berupaya sembari berdo’a. Adapun ketetapan semuanya adanya ditangan Yang Maha Kuasa. tersebutkan bertawakal serta banyak mendekatlah kepada-Nya dengan beragam ibadah serta kebajikan. Kepintaran manusia tidak berarti apabila kita tidak bersyukur kepada yang memberinya (Tuhan). Maka sebagai anak muda yang pintar sekaligus beragama, beribadah lah sesuai ketentuan agama masing-masing dan berdoa supaya diberi kelancaran selama ujian nasional berlangsung. Jangan lupa juga untuk meminta restu dari kedua orangtua. Orang tua adalah sosok yang berharga dalam kehidupan, mereka mampu membuat kamu tumbuh besar. Jangan sampai kamu mengecewakan mereka dan hargai keberadaan mereka, selagi mereka ada. Sebelum berangkat, minta maaf dan minta izin kepada mereka agar mereka selalu mendoakan kamu dan kamu pun bisa lebih lancar lagi dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional nantinya.

Itulah 10 tips sukses hadapi Ujian Nasional 2019 yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Awalnya memang akan terasa sulit, apalagi bagi orang yang kurang peka terhadap pelajaran sekolah. Tapi apabila dilatih dan dilatih pasti kamu terbiasa melakukannya. Berusahalah sekeras mungkin, agar kamu tidak menyesal dan bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Menangis sekarang, bahagia kemudian!

Mulai kini mau tak mau kamu sesegera mungkin mualai mendaftar kebiasaan-kebiasaan kurang serius yang sepanjang ini kerap kamu laksanakan. Cobalah buat kurangi porsinya, bahkan jika butuh tak adanya salahnya kamu ambil perlakuan ekstrim yaitu dengan meninggalkannya setara sekali. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

 

Berikut 10 Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional 2019 Yang Wajib Kamu Terapkan!

Berikut 10 Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional 2019 Yang Wajib Kamu Terapkan!