19 Syarat dan Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021, Catat Ya

Posted in: CPNS
Tagged: CPNS 2021

19 Syarat dan Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021, Catat Ya- Pada tahun 2021 mendatang, dapat dipastikan bahwa seleksi CPNS akan kembali diadakan. Penyelenggaraan seleksi ini tentu sudah dinantikan oleh banyak pihak. Pasalnya, pada tahun 2020 pemerintah tidak mengadakan seleksi CPNS.

Syarat serta Berkas yang Harus Disiapkan untuk CPNS 2021

kompas.com

Meski informasi resmi terkait penyelenggaraan dan formasi CPNS 2021 baru akan diumumkan bulan Maret mendatang, tak ada salahnya mempersiapkan berbagai berkas penting sejak dini. Pasalnya, seleksi tahap awal untuk peserta CPNS adalah seleksi berkas atau administrasi. Sebagai gambaran, rincian syarat dan berkas penting seleksi CPNS 2019 bisa jadi pedoman. Silakan dicatat!

12 Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS 2021

Sebelum mempersiapkan berbagai macam dokumen pendaftaran CPNS 2021, pelamar tentu wajib benar-benar memahami ketentuan yang sudah ditentukan oleh pihak penyeleggaara. Berikut 12 persyaratan umum pagi pendaftaran 2021.

  1. Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melakukan pendaftaran CPNS. Ketentuan ini secara lebih jelas ditentukan oleh masing-masing instansi yang hendak dilamar.
  3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Bukan merupakan anggota maupun pengurus partai politik serta tidak melibatkan diri dalam politik praktis
  5. Tidak sedang berstatus sebagai PNS/CPNS/ Calon Anggota TNI/Polri dan bukan merupakananggota TNI/Polri/ Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah. Artinya mereka yang sedang menunggu penerimaan SK atau masih menjadi PNS di suatu instansi tidak boleh mendaftar CPNS.
  6. Memenuhi kualifikasi pendidikan berdasarkan posisi yang dilamar. Kualifikasi ini disesuaikan dengan instansi penerima.
  7. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah punya kekuatan hukum tetap, termasuk tidak pernah dipidana terkait kasus narkoba
  8. Tidak pernah diberhentikan secara hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat (di-PHK) dari CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri
  9. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
  10. Menyatakan kesediaan untuk mengabdi serta siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI
  11. Berkelakuan baik
  12. Sehat jasmani serta rohani

Selain 12 syarat di atas, ada pula ketentuan lain yang disesuaikan dengan kebijakan masing-masing instansi penerima. Untuk itu, peserta juga perlu senantiasa mengikuti perkembangan informasi terkait formasi yang dibuka untuk CPNS 2021.

7 Berkas Penting Pendaftaran CPNS 2021

Usai memastikan syarat-syarat umum terpenuhi, pelamar juga wajib mencermati berbagai berkas penting pendaftaran CPNS 2021. Berikut berkas-berkas tersebut.

1. Kartu Tanda Penduduk

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan berkas penting pendaftaran CPNS 2021 yang menjadi bukti bahwa seseorang benar-benar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). KTP ini perlu difoto/discan  untuk kemudian diunggah ke portal pendaftaran. Selain itu, pada KTP terdapat Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang nantinya akan digunakan untuk membuat akun pendaftaran CPNS. Saat pendaftaran, pelamar juga perlu memiliki foto diri yang tengah memegang KTP sebagai bukti bahwa KTP tersebut adalah benar-benar milik sendiri.

2. Kartu Keluarga

Seperti KTP, nomor identitas berupa nomor KK juga merupakan data penting yang digunakan untuk login di laman pendaftaran CPNS 2021. Dokumen ini juga perlu untuk discan sehingga saat pendaftaran nanti pelamar tinggal mengunggahnya ke laman seleksi.

3. Foto dengan Latar Belakang Warna Merah

Format foto sebagai kelengkapan berkas pendaftaran adalah JPG. Ukuran berkas dapat disimak pada laman pendaftaran. Foto yang digunakan tentu harus merupakan foto formal atau resmi. Untuk itu, kamu mungkin perlu untuk berfoto di studio foto.

Terkadang, ada studio foto yang menyediakan pinjaman pakaian resmi seperti kemeja warna putih, dasi, serta jas untuk dikenakan saat pengambilan foto formal. Akan tetapi, akan lebih baik apabila kamu mempersiapkan sendiri pakaian formal milikmu. Pastikan juga agar pakaian yang kamu kenakan sudah disetrika dengan rapi.

Apabila kamu sudah memiliki foto formal namun backgroundnya bukan berwarna merah, kamu bisa mengeditnya dengan aplikasi seperti Photoshop. Jika kesulitan, jangan ragu untuk minta tolong pada orang yang kamu kenal. Kalau tetap mau mengedit sendiri, kamu bisa juga melihat berbagai tutorial di internet. Persiapkan beberapa salinan foto untuk berjaga-jaga apabila foto yang kamu coba edit ternyata tidak sesuai harapan. Memiliki file foto dengan berbagai ukuran berkas juga akan memudahkanmu karena kamu punya beberapa opsi saat mengunggah foto.

4. Ijazah

Berkas berupa ijazah yang perlu diunggah untuk seleksi CPNS merupakan ijazah asli yang terbaru. Dokumen ini merupakan salah satu bukti kesesuaian syarat kualifikasi pendidikan bagi instansi yang dituju. Sediakan juga dokumen salinan ijazah yang sudah dilegalisasi oleh institusi pendidikan tempatmu sekolah atau kuliah. Siapa tahu kamu lolos ke tahap selanjutnya dan diminta untuk menyerahkan ijazah yang sudah dilegalisasi.

5. Transkrip Nilai

Serupa dengan ijazah, transkrip nilai juga adalah bukti bahwa peserta CPNS 2021 benar-benar merupakan lulusan dari sebuah institusi pendidikan yang terdaftar secara resmi. Pastikan nama yang tercantum pada transkrip nilai sudah sesuai dengan ijazah dan KTP.

6. Surat Lamaran

Bagi pelamar CPNS yang sudah memiliki pengalaman kerja atau pernah melamar di perusahaan, surat lamaran tentu bukan merupakan hal yang asing lagi. Namun demikian, dokumen ini mungkin cukup asing bagi mereka yang baru saja lulus atau fresh graduate. Surat lamaran untuk keperluan pendaftaran CPNS.

Jika berkaca pada penyelenggaraan seleksi CPNS 2019, surat lamaran dikirimkan bersama kepada instansi penerima. Surat lamaran tersebut ditulis tangan menggunakan tinta warna hitam dan di dalamnya tertulis informasi mengenai data diri seperti:

  1. Nama
  2. Tempat/tanggal lahir
  3. Jenis kelamin
  4. Pendidikan
  5. Formasi yang dilamar (mencakup jenis, jabatan, dan unit kerja penempatan)
  6. Alamat domisili

Selain keenam poin di atas, pelamar perlu juga menyebutkan berbagai berkas pendaftaran CPNS 2021 yang sudah diunggah ke laman pendaftaran.

7. Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi

Dalam seleksi CPNS periode lalu, terdapat formasi khusus untuk mengapresiasi mereka yang mendapatkan predikat cumlaude saat lulus dari perguruan tinggi. Berkas penting berupa sertifikasi akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi ini merupakan berkas khusus yang disyaratkan untuk formasi tersebut.

Sekian informasi mengenai syarat serta berkas penting untuk pencaftaran CPNS 2021. Selain syarat serta berkas di atas, kamu harus benar-benar mencermati posisi yang kamu incar saat CPNS 2021 resmi dibuka nantinya. Pasalnya, bisa saja ada perbedaan syarat, ketentuan, serta berkas untuk masing-masing instansi. Kamu bisa mencatatnya kembali dalam poin-poinmu sendiri bila dirasa perlu.

Temukan juga berbagai tulisan menarik di website Mamikos terkait dunia kerja, pendidikan, hingga perkuliahan. Download dan install aplikasi Mamikos di smartphone kesayanganmu juga, yuk!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah