Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi Tahun Ajaran 2019/2020

 Mamikos | Kam, 03 Mei 2018

Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi Tahun Ajaran 2019/2020 – Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia bagi pembangunan bangsa dan negara. Berkesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ternyata tak hanya menjadi idaman bagi mereka yang bermukim di kota metropolitan. Banyak anak-anak di tanah air yang berdomisili di bentangan geografis berkategori 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) juga memiliki hak serupa untuk membangun negeri dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, tak semua anak-anak yang bermukim di bentangan geografis ini memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dikarenakan biaya pendidikan yang semakin mahal.

Untuk mewujudkan impian siswa-siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggil, lewat Kementrian Riset dan Teknologi (Kemristek) Dikti, pemerintah telah menyiapkan ribuan beasiswa untuk rakyat miskin. Berbagai upaya memang telah diupayakan Pemerintah Indonesia untuk menjembatani kesenjangan demi pemerataan hak pendidikan anak bangsa dari beragam titik di Indonesia.

Salah satu wadahnya adalah ketersediaan deretan beasiswa yang mengkhususkan kuota untuk pelajar dari daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Contoh salah satu beasiswa yang telah diprogramkan pemerintah ini adalah beasiswa Bidikmisi.

Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi Tahun Ajaran 2019/2020

Biaya Kuliah Jalur Bidikmisi

Mungkin diantara kalian masih ada yang bingung mengenai beasiswa Bidikmisi. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi sedikit terkait beasiswa Bidikmisi. Pengertian dari beasiswa Bidikmisi sendiri adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). Program beasiswa Bidikmisi ini sendiri telah diselenggarakan Pemerintah Indonesia sejak tahun 2010.

Tujuan diselenggarakannya beasiswa Bidikmisi adalah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik, memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma atau Sarjana sampai selesai dan tepat waktu, meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif, dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Nantinya bantuan beasiswa Bidikmisi akan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 semester untuk program Diploma III. Beasiswa Bidikmisi ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi, baik uang pangkal maupun SPP per bulan. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima uang saku sebesar Rp600.000 untuk biaya kuliahnya yang akan diterimanya setiap 6 bulan sekali.

Beasiswa Bidikmisi ini nantinya dapat digunakan untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sebelum kamu mendaftar sebagai penerima biaya kuliah jalur Bidikmisi, kamu terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi. Setelah itu, kamu pun dapat langsung mendaftar secara online. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk melakukan pendaftaan.

Sementara, calon peserta yang lulus SNMPTN tapi ingin mendaftar SBMPTN 2019, harus memperoleh KAP dan PIN baru melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Usai mendaftar, calon peserta akan memperoleh slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2019 ke Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Adapun persyaratan untuk dapat memperoleh biaya kuliah jalur Bidikmisi ini adalah sebagai berikut.

1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019

2. Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi

3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun

4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

  • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
  • Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.

5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4

6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah

7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:

  • PTN dengan pilihan seleksi masuk: SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN
  • Politeknik, UT, dan ISI
  • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Dan berikut Mamikos juga berikan cara pendaftaran online Bidikmisi untuk tahun ajaran 2019/2020.

  1. Buka alamat pendaftaran Bidikmisi di bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa
  2. Kemudian login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang telah kamu peroleh dari sekolah
  3. Selanjutnya, isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar
  4. Jika telah selesai dan sesuai dengan identitas kamu, cetaklah kartu tanda peserta Bisikmisi
  5. Peserta yang telah melakukan pendaftaran Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yakni mengikuti Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi PMDK-PN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTS, Bidikmisi UT, atau Bidikmisi ISI.

Nah, itu tadi adalah ulasan seputar Bidikmisi, syarat pendaftaran, dan cara pendaftaran biaya kuliah jalur Bidikmisi bagi seluruh calon mahasiswa baru yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi tahun ajaran 2019/2020. Demikian informasi yang dapat Mamikos berikan tentang biaya kuliah jalur Bidikmisi, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kamu yang akan kuliah di manapun.

Jangan lupa untuk sekalian mencari referensi kost Jakarta Murah, kost Jogja Murah, serta kost Bandung Murah sebagai gambaran mencari informasi hunian sementara ketika kamu sudah resmi akan merantau dan mengenyam pendidikan di berbagai perguruan tinggi.

Dan untuk informasi lebihnya lagi kamu bisa berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: