Biaya Kuliah Poltekesos Bandung (STKS) 2020/2021

 Bella Carla | Sel, 18 Feb 2020

Poltekesos Bandung – Sesungguhnya negara kita tidak hanya memiliki universitas negri dan universitas swasta saja. Indonesia juga memiliki perguruan tinggi yang justru memberikan banyak kelebihan, dan menawarkan masa depan yang cerah yakni perguruan tinggi kedinasan. Hampir tidak membebankan biaya kepada mahasiswa menjadi salah satu alasan kuat mengapa remaja masa kini tertarik untuk mendaftarkan diri di perguruan tinggi kedinasan seperti Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (STKS). Buat kamu yang tertarik mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di Poltekesos Bandung (STKS) tahun ajaran 2020/2021, berikut Mamikos bagikan info terkait biaya kuliah di Poltekesos Bandung (STKS) yang harus kamu bayar nantinya.

Info Terbaru Biaya Kuliah di Poltekesos Bandung (STKS)

Poltekesos Bandung

Merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Pendidikan Pekerjaan Sosial, Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (STKS) berada di bawah Departemen Sosial Republik Indonesia sejak tahun 2001. Awalnya, Poltekesos Bandung (STKS) ini merupakan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial atau yang biasa disingkat STKS. Menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan, Poltekesos Bandung (STKS) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain di antaranya biaya kuliah yang terjangkau, bahkan ada yang gratis hingga fasilitas ikatan dinas yang menjanjikan. Nah, bagi teman-teman yang ingin daftar Poltekesos Bandung (STKS) harus tahu seputar biaya perkuliahannya di bawah ini.

Biaya Kuliah

Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (STKS)menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV Pekerjaan Sosial dan Program Pascasarjana Spesialis Pekerjaan Sosial. Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh oleh mahasiswa Poltekesos Bandung (STKS) adalah sebanyak 145 sks yang tersebar dalam 8 semester. Umumnya, mahasiswa Poltekesos Bandung (STKS) dapat menyelesaikan pendidikannya dalam waktu 3,5 tahun hingga 4 tahun. Bagi calon mahasiswa baru Poltekesos Bandung (STKS) berikut adalah rincian biaya kuliah yang harus kamu bayarkan ketika dinyatakan diterima di perguruan tinggi kedinasan ini.

Mahasiswa Mandiri

Mahasiswa Mandiri diwajibkan membayar sebesar Rp4.925.000 dengan rincian biaya sebagai berikut:

  • Registrasi Semester I: Rp200.000
  • SPP Semester I (20 SKS x Rp50.000): Rp1.000.000
  • Sumbangan Sarana Prasarana (1x selama perkuliahan): Rp1.500.000
  • Pengenalan Program Institusi (PPI): Rp250.000
  • Latihan Dasar Penanggulangan Bencana (Latsar-PB) Rp1.000.000
  • Pakaian Seragam: Rp650.000
  • Jaket Almamater: Rp200.000
  • Kartu Perpustakaan dan Kartu Pengenal: Rp50.000
  • Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu ATM: Rp75.000

Mahasiswa Tugas Belajar Kemensos dan Penerima Beasiswa

Mahasiswa Tugas Belajar Kemensos, Beasiswa Kerjasama, Penerima Beasiswa Prestasi, Penerima Bantuan Pendidikan dan Penerima Beasiswa Layanan Khusus hanya diwajibkan membayar sebesar Rp75.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Kartu (KTM + ATM): Rp15.000
  • Buku Tabungan Bank BNI: Rp3.000
  • Saldo Minimum Bank BNI: Rp57.000

Beasiswa Kuliah

Beasiswa Prestasi

Beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi baik di bidang akademik (masuk rangking 10 besar di kelas) maupun non-akademik (bidang seni, bahasa, olahraga, organisasi, dll). Hal ini nantinya dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan minimal tingkat sekolah di cantumkan pada saat pengiriman berkas pada proses pendaftaran mahasiswa baru Poltekesos Bandung (STKS). Jika mendapatkan beasiswa prestasi ini, nantinya setiap semester mahasiswa beasiswa prestasi diwajibkan untuk mempertahanan Indeks Prestasi (IP) minimal 3.5. Jika IP penerima beasiswa ini turun nantinya status mahasiswa tersebut bisa berubah menjadi mahasiswa mandiri dan kamu pun diwajibkan membayar biaya kuliah setiap semesternya. Keuntungan mendapatkan beasiswa prestasi ini nantinya kamu tidak perlu membayar biaya masuk kuliah dan biaya kuliah per semester, tak hanya itu saja karena kamu pun setiap bulannya akan mendapatkan uang saku sebesar Rp750.000.

Beasiswa Bantuan Pendidikan

Beasiswa Bantuan Pendidikan ini deberikan kepada mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki semangat belajar yang tinggi dan prestasi yang baik pula. Buat kamu yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur beasiswa yang satu ini, kamu wajib mencantumkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari desa atau kecamatan setempat. Jika mendapatkan beasiswa prestasi ini, nantinya setiap semester mahasiswa beasiswa prestasi diwajibkan untuk mempertahanan Indeks Prestasi (IP) minimal 3.25. Jika IP penerima beasiswa ini turun nantinya status mahasiswa tersebut bisa berubah menjadi mahasiswa mandiri dan kamu pun diwajibkan membayar biaya kuliah setiap semesternya. Keuntungan mendapatkan beasiswa prestasi ini nantinya kamu tidak perlu membayar biaya masuk kuliah dan biaya kuliah per semester, tak hanya itu saja karena kamu pun setiap bulannya juga akan mendapatkan uang saku sebesar Rp750.000.

Beasiswa Kerja Sama

Beasiswa yang satu ini diperuntungkan untuk calon mahasiswa Poltekesos Bandung (STKS) khusus dari SMK yang memiliki jurusan relevan dengan Poltekesos Bandung (STKS). Keuntungan yang akan didapatkan secara garis besar akan sama dengan jalur beasiswa lainnya yakni tidak perlu membayar biaya masuk kuliah dan biaya kuliah per semester dan mendapatkan uang saku sebesar Rp750.000 setiap bulannya. Namun, setiap semester mahasiswa penerima beasiswa ini diwajibkan untuk mempertahanan Indeks Prestasi (IP) minimal 3.25. Jika IP penerima beasiswa ini turun nantinya status mahasiswa tersebut bisa berubah menjadi mahasiswa mandiri dan kamu pun diwajibkan membayar biaya kuliah setiap semesternya.

Beasiswa Izin Belajar/Tugas Belajar

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa atau calon mahasiswa dari Pemerintah Daerah setempat yang memiliki kerja sama (MoU) serta Poltekesos Bandung (STKS) seperti mahasiswa dari Gorontalo dan Nias. Jika mendapatkan beasiswa prestasi ini, nantinya setiap semester mahasiswa Beasiswa Izin Belajar/Tugas Belajar diwajibkan untuk mempertahanan Indeks Prestasi (IP) minimal 3.25. Jika IP penerima beasiswa ini turun nantinya status mahasiswa tersebut bisa berubah menjadi mahasiswa mandiri dan kamu pun diwajibkan membayar biaya kuliah setiap semesternya. Keuntungan mendapatkan beasiswa prestasi ini nantinya kamu tidak perlu membayar biaya masuk kuliah dan biaya kuliah per semester, tak hanya itu saja karena kamu pun setiap bulannya akan mendapatkan uang saku sebesar Rp750.000.

Beasiswa Layanan Khusus

Jenis beasiswa yang satu ini akan diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan fisik, seperti mahasiswa tuna netra. Keuntungan yang akan didapatkan secara garis besar akan sama dengan jalur beasiswa lainnya yakni tidak perlu membayar biaya masuk kuliah dan biaya kuliah per semester dan mendapatkan uang saku sebesar Rp750.000 setiap bulannya. Namun, setiap semester mahasiswa penerima beasiswa ini diwajibkan untuk mempertahanan Indeks Prestasi (IP) minimal 3.25. Jika IP penerima beasiswa ini turun nantinya status mahasiswa tersebut bisa berubah menjadi mahasiswa mandiri dan kamu pun diwajibkan membayar biaya kuliah setiap semesternya.

Nah, di atas tadi Mamikos sudah memberikan sedikit informasi seputar biaya kuliah di Poltekesos Bandung (STKS) 2020/2021. Kira-kira diantara kamu adakah yang tertarik untuk mendaftarkan diri di Poltekesos Bandung (STKS) ini? Pantau terus info-info menarik seputar jurusan perkuliahan lainnya hanya melalui situs blog Mamikos ya. Buat kamu yang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa pula download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: