Bocoran Pengumuman Nilai Hasil UTBK SBMPTN 2020

 Lailla | Kam, 16 Jul 2020

Bocoran Pengumuman Nilai Hasil UTBK SBMPTN 2020 – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah mulai dilaksanakan. Meskipun sempat mengalami beberapa perubahan, jadwal UTBK sebagai syarat mengikuti SBMPTN akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, UTBK berlangsung tanggal 5 – 14 Juli 2020 sedangkan pada tahap kedua, UTBK dijadwalkan tanggal 20 – 29 Juli 2020.

Hasil Nilai UTBK SBMPTN 2020

pixabay.com

Peserta yang tercatat mengikuti UTBK SBMPTN tahun 2020 lebih dari 700 ribu orang. Persaingan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri pun semakin ketat. Para peserta dan panitia penyelenggara UTBK menerapkan protokol kesehatan untuk melindungi penyebaran Covid-19 selama pelaksanaan UTBK. Peserta yang menunggu giliran UTBK 2020 mungkin sedang mempersiapkan diri. Sebaliknya, peserta yang sudah melaksanakan UTBK 2020 tinggal menunggu hasil. Lalu, bagaimana hasil pengumuman UTBK SBMPTN tahun 2020?

Penyesuaian UTBK SBMPTN 2020

Penyesuaian baru untuk SBMPTN 2020 sudah diberlakukan. Tidak hanya jenis tes yang diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), tetapi juga jumlah sesi UTBK. Mulanya, UTBK direncanakan akan dilaksanakan dalam empat sesi per hari. Namun, perubahan kemudian diberlakukan dengan mengurangi sesi UTBK menjadi dua sesi saja per hari. Tujuan pengurangan tersebut agar ada waktu untuk melakukan disinfeksi. Sebab, saat ada jeda antara sesi pertama dan kedua akan ada proses disinfeksi untuk menjaga sterilisasi ruangan.

Perubahan materi UTBK yang diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa baru. Dari hasil tes tersebut, dapat diketahui kemampuan logika, penalaran, serta pemahaman umum. Kemampuan tersebut di luar aspek kemampuan akademik.

Proses pendaftaran UTBK serta SBMPTN dilaksanakan bersamaan. Pendaftar UTBK – SBMPTN 2020 bisa memilih lokasi Tes Pusat UTBK yang paling dekat dari tempat tinggal. Pendaftar juga dibebaskan memilih Program Studi tujuan.

Bocoran Tanggal Pengumuman UTBK SBMPTN 2020

Pelaksanaan UTBK – SBMPTN tahun 2020 setelah mengalami perubahan dijadwalkan sebagai berikut.

• Penyelenggaraan UTBK Tahap I: 5 – 14 Juli 2020
• Penyelenggaraan UTBK Tahap II: 20 – 29 Juli 2020
• Pengumuman hasil SBMPTN: 20 Agustus 2020

Perubahan terkait pelaksanaan UTBK – SBMPTN, baik tanggal ataupun teknisnya masih sangat mungkin terjadi. Apalagi pelaksanaan UTBK dilaksanakan saat Pandemi Covid-19. Perubahan kebijakan tentang UTBK dalam dua tahap dilakukan dengan mekanisme ujian secara langsung. Protokol kesehatan selama UTBK diterapkan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Pengumuman terkait hasil SBMPTN bisa diakses tanggal 20 Agustus 2020. Peserta tidak perlu datang ke kampus tujuan karena hasil SBMPTN dapat dilihat secara online.

Bocoran Link Mirror Pengumuman SBMPTN 2020

Akses untuk membuka pengumuman SBMPTN pada tanggal yang sudah ditentukan seringkali mengalami kendala. Terkadang, website menjadi lambat karena banyak pengakses secara bersamaan. Laman untuk membuka pengumuman SBMPTN adalah https://pengumuman.sbmptn.ac.id. Namun, ada link lain yang bisa kamu gunakan untuk mengecek pengumuman kelulusan, yaitu.

1. Link LTMPT: https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara resmi seleksi untuk masuk universitas menyediakan link yang dapat diakses. LTMPT adalah lembaga yang berada di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

2. Link Kampus Institut Teknologi Sepuluh November: http://sbmptn.its.ac.id/

3. Link Kampus Institut Teknologi Bandung: http://sbmptn.itb.ac.id/

4. Link Kampus Insitut Pertanian Bogor: http://sbmptn.ipb.ac.id/

5. Link Kampus Universitas Indonesia: http://sbmptn.ui.ac.id/

6. Link Kampus Universitas Diponegoro: http://sbmptn.undip.ac.id/

7. Link Kampus Universitas Gadjah Mada: http://sbmptn.ugm.ac.id/

8. Link Kampus Universitas Airlangga: http://sbmptn.unair.ac.id/

9. Link Kampus Universitas Andalas: http://sbmptn.unand.ac.id/

10. Link Kampus Universitas Sriwijaya: http://sbmptn.unsri.ac.id/

11. Link Kampus Universitas Syiah Kuala: http://sbmptn.unsyiah.ac.id/

12. Link Kampus Universitas Tanjungpura: http://sbmptn.untan.ac.id/

13. Link Kampus Universitas Hasanuddin: http://sbmptn.unhas.ac.id/

Meskipun ada 13 link alternatif untuk mengakses pengumuman SBMPTN, kamu tidak perlu bingung. Semua alamat website tersebut adalah resmi dan merupakan portal untuk mengumumkan hasil SBMPTN. Jadi, informasi yang tertera pada laman website tersebut pasti benar. Kemudahan untuk mengakses pengumuman SBMPTN 2020 tentunya akan membuat proses pengecekan semakin cepat.

Bocoran Cara Melihat Pengumuman UTBK SBMPTN Dengan Cepat

Rasa tidak sabar untuk segera melihat pengumuman SBMPTN pastinya dirasakan seluruh peserta yang mengikuti ujian. Cara untuk melihat hasil SBMPTN berikut bisa kamu terapkan.

1. Mengecek Pengumuman SBMPTN Melalui Link Resmi

Cara melihat pengumuman dari link resmi, baik situs SBMPTN ataupun mirror-nya bisa kamu lakukan saat 20 Agustus 2020. Tinggal masukkan data yang diperlukan dan hasil pengumuman akan langsung keluar. Baik pengumuman berhasil atau tidaknya untuk masuk PTN tujuan akan muncul pada tampilan layar.

2. Mengecek Pengumuman SBMPTN Melalui Media Cetak

Daftar pengumuman kelulusan SBMPTN bisa dilihat melalui media cetak. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mencari tahu nama teman lain yang mendaftar di Perguruan Tinggi. Namun, pengumuman di media cetak biasanya akan dilakukan selang beberapa hari setelah pengumuman di website resmi.

3. Mengecek Pengumuman SBMPTN Melalui Situs Universitas

Pihak universitas akan menyediakan daftar nama-nama peserta yang lolos SBMPTN beserta program studinya. Dengan melihat pengumuman melalui website Perguruan Tinggi Negeri, kamu bisa mengetahui daftar nama peserta lain yang juga diterima. Jadi, kamu akan memiliki gambaran teman yang akan menjadi rekan di satu kampus.

4. Mengecek Pengumuman SBMPTN Melalui Bimbel

Lembaga bimbingan belajar (bimbel) tidak hanya memfasilitasi siswanya untuk belajar ketika menghadapi UTBK. Pihak bimbel juga memberikan rekap pengumuman peserta yang lolos SBMPTN. Melihat pengumuman di bimbel adalah cara termudah agar kamu bisa mengetahui status kelulusan teman bimbel yang lain. Biasanya, pihak bimbel akan mencantumkan nama peserta yang belajar di bimbel tersebut beserta PTN tujuannya.

Hal yang Bisa Dilakukan Setelah Melihat Nilai Hasil UTBK SBMPTN

Setelah melihat nilai UTBK SBMPTN dan status kelulusan, segera lakukan aktivitas lainnya untuk mengisi waktu luang. Terimalah nilai dan status kelulusan yang sudah didapatkan. Berikut ini adalah alternatif kegiatan yang bisa dilakukan setelah melihat nilai UTBK SBMPTN 2020.

1. Mencari Tempat Kost di Dekat Kampus

Gunakan aplikasi kost Mamikos untuk mencari tahu jenis kost yang perlu kamu sewa di dekat kampus tujuan. Bagi perantau, memilih kost nyaman adalah faktor penting yang menentukan betah-tidaknya kamiu di tempat yang baru. Namun, selama masa pandemi kegiatan survey kost langsung mengalami banyak kendala. Dengan Mamikos, pencarian kost menjadi lebih mudah, apalagi tersedia banyak fitur untuk membantu pencarian.

2. Mencari Informasi Pendaftaran Jalur Mandiri

Nilai UTBK yang sudah kamu ketahui bisa menjadi motivasi untuk mendaftar di PTN lainnya. Meskipun tidak semua PTN membuka jalur mandiri, ternyata ada banyak kampus favorit yang membuka jalur tersebut. Jika kamu belum diterima melalui jalur SBMPTN, siapa tahu kamu bisa diterima melalui jalur mandiri.

Demikian informasi bocoran pengumuman nilai hasil UTBK SBMPTN 2020. Gunakan gadgetmu untuk melihat hasil pengumuman. Agar akses semakin cepat, periksa kecepatan koneksi internet atau wifi yang kamu gunakan. Setelah kamu dinyatakan diterima di kampus tujuan, segera lakukan survey lokasi hunian dengan aplikasi pencari kost Mamikos. Terdapat banyak pilihan kost yang bisa kamu pilih di dekat kampus untuk menghemat biaya transportasi.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: