Cara Aktivasi Akun PPDB Online 2021, Cepat dan Mudah

Posted in: Informasi
Tagged: PPDB

Cara aktivasi akun PPDB online 2021, cepat dan mudah – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 akan dibuka untuk berbagai jenjang. Pendaftar perlu mematuhi persyaratan yang diberikan serta mengikuti tahapan seleksinya agar bisa diterima di sekolah tujuannya masing-masing.

Cara Untuk Melakukan Aktivasi PPDB Online

https://siap-ppdb.com/ppdb-wfh

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Para Calon Peserta Didik (CPD) yang akan mendaftarkan diri di sekolah pilihannya akan diminta mengakses laman PPDB secara online. Sebab, semua informasi dan tahapan seleksi dapat dipantau di laman PPDB sesuai wilayahnya masing-masing. Selain itu, kemudahan pendaftaran secara online juga bisa diakses oleh semua pendaftar.

Pendaftaran PPDB dibuka untuk beberapa macam jalur, seperti jalur afirmasi yang saat ini juga ditujukan bagi putra putri para tenaga kesehatan serta tenaga pendukung yang mengatasi pandemi Covid-19 di lapangan. Meskipun demikian, CPD yang berasal dari panti asuhan dan keluarganya tidak mampu secara ekonomi pun bisa mendaftarkan diri melalui jalur afirmasi. Ada pula jalur lainnya yang ditawarkan, seperti jalur perpindahan tugas orang tua serta jalur zonasi. Sebelum mendaftar, pastikan bahwa persyaratan awal yang diberikan sudah sesuai kondisi terkini dan sesuai fakta.

Tahap Pelaksanaan PPDB Online

Hal penting yang perlu diketahui CPD sebelum mendaftarkan diri pada PPDB online adalah tahapan pelaksanaannya. Di tahun 2021, tahap pelaksanaan PPDB adalah sebagai berikut:

  1. Tahap pra pendaftaran PPDB
  2. Tahap pengajuan cetak PIN atau token
  3. Tahap aktivasi PIN atau token
  4. Pendaftaran PPDB
  5. Tahap lapor diri

Setiap tahapan tersebut wajib dilakukan CPD. Terdapat persyaratan yang diberikan pada masing-masing tahapan beserta langkah-langkah yang wajib dilakukan pendaftar. Agar berhasil melakukan pendaftaran, pahami instruksi yang diberikan dan periksa kembali data-data yang sudah diisikan. Secara umum, tahapan pendaftaran PPDB 2021 berikut ini sama untuk pendaftaran di jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

1. Tahap Pra Pendaftaran PPDB

Pada tahap pra pendaftaran PPDB, pendaftar akan diminta mempersiapkan berkas-berkas penting yang sudah berbentuk scan atau foto dokumen. Pastikan bahwa dokumen tersebut dapat terlihat jelas dengan resolusi tinggi agar terbaca. Setelah itu, pendaftar akan diminta memuka laman PPDB online sesuai daerah tempat sekolah berada.

Pada laman PPDB online tersebut pendaftar dapat melihat tombol “Pengajuan Akun” untuk diklik. Jangan lupa mengisi formulir secara online dan melengkapi data-data yang diperlukan. Upload berkas-berkas persyaratan yang diberikan sesuai ketentuan, seperti tidak boleh melebihi ukuran maksimal atau berkas dengan tipe file tertentu. Bukti pengisian akun yang berisi PIN atau token dapat dicetak pendaftar setelah menyelesaikan tahap pra pendaftaran. Setelah itu, pendaftar baru bisa meneruskan ke tahap aktivasi akun dan pendaftaran.

2. Tahap Pengajuan Cetak PIN atau Token

Tahap kedua yang perlu ditempuh adalah tahap pengajuan cetak PIN atau token. Pendaftar juga harus mengakses laman website PPDB Online sesuai daerah tempat sekolah yang dipilih. Kemudian pendaftar dapat mencetak PIN atau token dengan mengeklik tombol “Registrasi Akun”. Persiapkan data-data yang diperlukan karena di tahap kedua pendaftar juga akan diminta mengisi formulir secara online. Setelah semua data terisi, pendaftar dapat mencetak bukti pendaftaran yang berisi data terkait PIN atau token. Tanpa adanya PIN, pendaftar tidak bisa meneruskan ke tahap selanjutnya, yaitu tahap aktivasi dan proses pendaftaran. Jadi, pastikan kamu sudah mempunyai PIN atau token, ya.

3. Tahap Aktivasi PIN atau Token

Pada tahap ketiga, pendaftar perlu mengakses laman website PPDB online sesuai lokasi yang dituju. Cara untuk mengaktivasi PIN atau token bisa dilakukan dengan mengeklik tombol “aktivasi”. Pendaftar dapat mengganti PIN atau token dengan password. Setelah itu, pendaftar bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran atau login.

4. Tahap Pendaftaran Online

Tahap pendaftaran online menjadi tahap keempat yang perlu ditempuh pendaftar PPDB. Pendaftar kembali diminta mengakses laman website PPDB online di lokasi tempat sekolah yang dituju. Kemudian pendaftar bisa login menggunakan data yang sudah didaftarkan sebelumnya. Pada tahap pendaftaran online ini lah pemilihan sekolah tujuan dapat dilakukan. Tanda bukti pendaftaran juga bisa dicetak pada tahap ini. Apabila pendaftaran dinyatakan diterima di sekolah pilihannya, pendaftar wajib menersukan ke proses lapor diri online.

5. Tahap Lapor Diri

Tahap terakhir proses pendaftaran PPDB online adalah lapor diri. Pendaftar kembali mengakses laman website PPDB tujuannya, kemudian melakukan lapor diri dengan mengeklik tombol “Lapor”. Isikan data berupa nomor pendaftaran CPD serta PIN atau token yang diperoleh saat tahap pengajuan akun atau tahap cetak PIN.

Cara Mengaktivasi Akun PPDB Online

Akun PPDB harus diaktivasi pada tahap pra pendaftaran. Tujuannya agar pendaftar bisa melanjutkan seleksi ke tahap berikutnya. Persiapkan data penting untuk aktivasi akun PPDB online, yaitu data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Apabila data CPD sudah sesuai dengan kata kunci, pakta integritas dapat diunggah oleh CPD. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan aktivasi secara online:

  1. CPD mengajukan akun yang sudah dibuat dengan mengakses laman website PPDB sesuai daerahnya masing-masing. Untuk memudahkan proses ini, cetak bukti pengajuan akun karena di dalamnya sudah terdapat data nomor peserta dan token.
  2. Masukkan data berupa nomor peserta (bisa didapatkan dari tanda bukti pengajuan akun)
  3. Masukkan data token atau password (apabila melakukan aktivasi ulang)
  4. Masukkan email untuk melakukan pengaturan ulang password (dapat dikosongi)
  5. Ketik kode keamanan
  6. Klik “Cari Akun”

Pendaftar bisa membuat password atau kata kunci baru yang akan digunakan saat login kembali ke situs PPDB. Saat mengisi data pendaftaran, pastikan bahwa angka yang dimasukkan benar agar data bisa terverifikasi.

Demikian informasi cara aktivasi akun PPDB online 2021, cepat dan mudah yang bisa kamu ikuti. Pahami masing-masing tahap pendaftaran beserta data yang perlu diisikan. Apabila mengalami kendala saat melakukan pendaftaran PPDB, kamu bisa menanyakan pada pihak sekolah atau meminta bantuan pada panitia PPDB melalui kontak yang tertera pada laman website.

Sebagai pendaftar jenjang SMP atau SMA, seringkali pemilihan sekolah cukup jauh dari rumah. Namun kamu tidak perlu khawatir jika menjadikan seleksi penerimaan siswa baru sebagai waktu yang tepat untuk merantau. Di tempat yang baru nanti kamu bisa mendapatkan tempat tinggal nyaman berupa kost-kostan berfasilitas lengkap. Gunakan aplikasi kost Mamikos ketika survey kost untuk mendapatkan data kost lengkap hingga biaya sewanya. Tanpa perlu ke lokasi kost tersebut, kamu sudah bisa menentukan tempat tinggal hingga melakukan pembayaran sewa. Segera download aplikasinya, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta