11 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan, Cobain yuk!

 Nana | Kam, 28 Mei 2020

11 cara belajar efektif dan menyenangkan, cobain yuk – Seringkali yang menjadi keluhan beberapa pelajar atau mahasiswa adalah bahwa mereka tidak paham bagaimana cara belajar yang efektif. Sehingga seringnya mereka hanya menghabiskan waktu untuk membaca secara acak tanpa memperhatikan konteksnya.

Tapi tenang saja. Kali ini Mamikos akan memberikan sebuah tips atau cara belajar efektif dan menyenangkan dan bisa langsung kamu coba sendiri.

Mamikos paham banyak yang mencari-cari info cara belajar efektif dan menyenangkan untuk siswa SMP, atau yang mencari-cari artikel cara belajar efektif namun tidak kunjung ketemu. Jadi Mamikos pikir kenapa tidak coba ganti gaya belajar efektif saja?

Siapa tahu itu dapat membantu kamu agar lebih semangat dalam belajar. Mamikos jamin di sini kamu bisa memperoleh banyak informasi yang kamu perlukan.

Sekarang mari kita langsung simak saja cara belajar efektif dan menyenangkan dan bisa langsung kamu coba sekarang.

Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

https://unsplash.com/

11 Tips Belajar Dijamin Manjur dan Enjoy

Apa yang dimaksud dengan belajar efektif?

Ini juga menjadi hal yang sering dikeluhkan. Cara belajar yang monoton dan itu-itu saja. Padahal jika ada variasinya, tentu individu yang sedang berproses tersebut akan jadi lebih siap dalam menerima informasi bukan. Faktanya ada banyak sekali cara yang biasa dilakukan dalam belajar.

Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa menerapkan cara belajar yang berkualitas dan paling sesuai untuk kamu. Jadi Mamikos kembalikan lagi pada kamu sendiri. Memangnya apa sih yang dimaksud dengan belajar dengan efektif dan efisien?

Cara belajar yang efektif dan efisien tergolong pada cara belajar yang berkualitas. Dimana kamu jadi lebih tahu dan mengenali apa yang menjadi tujuan kamu, bagaimana kapasitasmu dan jenis hambatan apa yang sanggup kamu lalui. Sehingga nantinya kamu tidak akan terlalu banyak membuang waktu, tenaga dan pikiran untuk hal yang tidak perlu.

Daftar Langkah Belajar Secara Efektif

Kalau begitu, mari langsung saja simak daftar cara belajar efektif dan menyenangkan sebagai berikut:

1. Tentukan tujuanmu belajar

Daftar pertama dari cara belajar efektif nan menyenangkan ala Mamikos adalah menyetel tujuan kamu belajar atau set the goals. Sebab Mamikos yakin bahwa setiap orang memiliki cita-citanya sendiri. Dan kesuksesan adalah dambaan setiap orang. Untuk itulah tujuan belajar sangat penting untuk kamu set. Mulailah dengan menentukan tujuanmu belajar.

https://unsplash.com/

Belajar untuk apa, kamu lakukan untuk siapa, untuk mencapai apa, untuk menguasai apa atau untuk tujuan apa? Pertanyaan-pertanyaan itu harus kamu tujukan pada dirimu sendiri. Sehingga nantinya kamu bisa menentukan tujuan belajar dan pastinya akan membuat kegiatan belajarmu lancar dan lebih fokus.

2. Disiplin dalam belajar

Disiplin dan tekun adalah kunci dari semuanya. Makanya Mamikos pun memberikan saran ini pada cara belajar efektif selanjutnya. Disiplin sangat diperlukan dalam belajar. Sebab dengan sikap itu, kamu jadi lebih bisa mengatur waktu dan hal apa saja yang ingin dipelajari.

Belajar itu akan menuntut kamu untuk mengatur waktu. Kapan kamu harus mulai dan kapan juga harus beristirahat. Jadi sikap disiplin amat diperlukan dalam menuntut ilmu. Sebab dari sikap disiplin ini, orang bisa mencapai kesuksesannya.

Kamu bisa mulai dengan membuat daftar belajar lengkap dengan waktunya. Jalankan semua daftar belajar kamu itu sesuai dengan jadwal yang sudah kamu buat sebelumnya. Kemudian fokus pada tujuan dan cita-cita yang akan kamu raih dengan belajar.

Hentikan kebiasaan buruk belajar saat besok akan ulangan atau ujian. Sebab hal ini akan memberatkan kamu saat harus menyerap materi pelajaran. Waktu yang efektif dalam belajar dirumah adalah 1-2 jam untuk mengulang pelajaran. Siapa bilang belajar dengan waktu lama bisa bikin tambah pintar?

Justru belajar terlalu lama juga tidak baik. Sebab kamu jadi akan kelelahan dan tingkat konsentrasi kamu juga jadi kurang efektif. Jangan belajar hanya saat ada PR yang datang.

3. Mencari kawan belajar

Setiap individu memang memiliki kebiasaan yang berbeda. Ada yang lebih bisa berkonsentrasi dan menyerap pelajaran dengan belajar sendiri. Ada juga yang harus dibimbing atau diawasi agar lebih fokus pada materi belajarnya.

Tidak sedikit juga yang lebih menyukai belajar bersama teman atau berkelompok. Suasana menyenangkan dan ambiens yang bersemangat menjadi salah satu pemicunya. Belajar dengan teman sekelas atau anggota keluarga diyakini bisa menjadi salah satu poin penting yang mempermudah kamu dalam menyerap bahan pelajaran lho.

Kelebihan lain dari metode ini adalah kamu juga bisa mendiskusikan suatu materi tertentu. Saat belajar berkelompok kamu juga bisa saling bertukar pendapat, bertanya jawab, atau bahkan saling mengajari untuk memecahkan soal-soal tertentu.

Tapi ada satu hal yang harus kamu waspadai. Yakni saat belajar kelompok dengan orang-orang yang hanya numpang nama saja. Sehingga situasi belajar jadi tidak kondusif dan efektif.

Jangan membiasakan diri untuk bergantung pada satu orang tertentu dalam menjawab soal-soal saat belajar kelompok. Mamikos pesan, carilah teman belajar yang serius sehingga saat situasi belajar berlangsung, kalian bisa lebih fokus dalam prosesnya.

4. Ciptakan tempat belajar nyaman

https://www.pexels.com/

Selanjutnya dari daftar cara belajar efektif ala Mamikos adalah menciptakan tempat belajar yang nyaman. Sebab tempat belajar yang nyaman adalah salah satu hal yang bisa mendukung proses belajar kamu menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Tempat atau lokasi belajar yang oke bisa mempengaruhi kualitas belajar dan membantu kamu berkonsentrasi lho.

Situasi belajar yang nyaman akan membantu otak bekerja lebih prima. Ketika pikiran kamu sudah nyaman, maka hati akan turut senang. Sehingga saat kamu belajar jadi terasa lebih khusyuk juga.

Tempat belajar nyaman tidak selalu harus luas dan lega. Yang Mamikos maksud adalah tempat belajar kamu itu rapi, bersih dan resik. Hilangkan sisa snack, karton minuman, dan benda-benda tidak berguna di sekitarmu agar kamu lebih nyaman belajar.

Kemudian usahakan juga cahaya lampu di ruangan kamu belajar mendukung dan tidak terlalu menyilaukan. Kamu juga boleh menyemprotkan wewangian atau pengharum ruangan agar lebih merasa rileks.

5. Rutin minum air putih

https://www.pexels.com/

Asupan air putih yang cukup akan membantu kamu lebih segar dan bisa membuat kamu berkonsentrasi saat sedang mempelajari sesuatu. Selalu sediakan segelas air putih di samping kamu saat sedang belajar.

Percayalah, air putih dapat membantu pikiran jadi lebih segar saat kamu mulai merasa kehilangan konsentrasi, pandangan menjadi lelah, atau bahkan bosan. Kamu bisa langsung meminum segelas air putih.

Air putih memang memiliki segudang manfaat. Selain berfungsi untuk mengembalikan konsentrasi yang mulai buyar, air putih juga mampu membuat kamu lebih sehat, segar dan berkonsentrasi penuh.

6. Lebih mengenal tipe belajar sendiri

Saat seseorang tidak mendapatkan hasil yang maksimal saat ulangan atau ujian mereka, biasanya bukan karena mereka tidak bisa. Bisa jadi karena cara belajar mereka yang kurang pas.

Jika kamu menyukai belajar dengan simbol, gambar atau visualisasi, maka kamu bisa belajar dengan melibatkan hal-hal visual yang akan membuat kamu lebih tertarik. Contohnya saja dengan memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya. Tidak lupa gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatan kamu agar kamu lebih berminat untuk mempelajarinya.

Lain halnya kalau kamu suka belajar dengan mendengarkan suara. Maka kamu bisa membaca atau belajar sambil disuarakan atau mendengarkan suara yang kamu sukai. Audio book misalnya sekarang juga cukup diminati sebagai media belajar yang efektif.

7. Buat catatan ala kamu

https://www.pexels.com/

Saat guru kamu di sekolah sedang menjelaskan materi pelajaran, maka tidak ada salahnya untuk kamu meringkas apa yang sudah kamu dengarkan dalam sebuah catatan kecil. Usahakan catatan tersebut kamu pahami.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu apabila hendak mengulang pelajaran ketika berada di rumah. Selain itu, buatlah catatan khusus yang berisi materi inti dari setiap bab yang sudah pernah kamu simak.

Dengan cara merangkum materi ajar, hal ini bisa membantu kamu untuk menguatkan daya ingat. Sebab ketika nanti kamu menulis, otak akan turut bekerja dalam memproses pelajaran atau sesuatu yang sudah kamu pelajari.

Catatan yang baik adalah catatan yang memuat intisari. Jadi kamu bebas untuk menulis dengan berbagai kreasi. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu dalam membacanya di kemudian hari. Sehingga saat ada ulangan mendadak, kamu tidak akan kaget lagi.

8. Olahraga

https://www.pexels.com/

Tidak sedikit penelitian dan anjuran dokter mengenai kelebihan dan manfaat olahraga. Lah? Ini kan artikel mengenai cara belajar efektif ala Mamikos. Tapi kok disuruh olahraga? Tunggu dulu. Mamikos ingin kamu berolahraga ringan sebelum memulai proses belajar. Tujuannya apa?

Agar tubuh, otak dan pikiran kamu lebih siap dalam menghadapi pelajaran atau proses belajar nanti. Cukup setengah jam latihan aerobik seperti lari-lari di tempat atau lompat tali bahkan yoga dan bermeditasi juga bisa kamu pilih. Olahraga juga bisa mempertajam kemampuan otak dalam memahami konsep baru jika dilakukan secara rutin.

Selain membuat otak jadi segar, olahraga juga bisa membuat badan makin sehat dan bugar. Dengan kondisi tubuh sehat seperti ini, tentu jadi lebih membantu kamu dalam berkonsentrasi saat akan memulai proses belajar.

9. Sediakan kudapan dan setel musik

Lho katanya disuruh belajar? Tapi kok malah makan camilan? Memangnya tidak bosan jika hampir seharian belajar? Tentu saja kamu harus mengambil jeda agar tidak kewalahan dan lelah sendiri kalau memaksakan belajar secara maraton. Istirahatlah saat kamu merasa konsentrasi mengendur.

https://unsplash.com/

Ambil camilan favorit kamu, setel musik dan rilekslah. Sepanjang hal itu tidak membuat kamu kekenyangan, makan kudapan secukupnya terbukti ampuh untuk meningkatkan daya konsentrasi. Oleh karena itu, selalu sediakan snack favorit atau beberapa makanan ringan untuk menemani kamu saat rehat dari belajar.

Setelah selesai makan camilan, dijamin kamu akan merasa lebih fresh dan bisa konsentrasi kembali. Bila perlu, sediakan juga minuman ringan seperti jus buah segar dan jangan lupa air putih untuk menemani menyantap snack kamu.

10. Menentukan jam Belajar

Mulai saat ini kamu harus bisa membagi jadwal keseharian kamu. Terutama menentukan waktu paling tepat untuk melaksanakan kegiatan belajar kamu. Karena belajar di sela-sela waktu yang kurang tepat juga bisa sangat mempengaruhi tingkat pemahaman terhadap materi pelajaran yang harusnya bisa kamu serap.

Jadi saran dan cara belajar efektif berikutnya setelah mengeset tujuan, membuat tempat belajar nyaman tentu saja ada menyetel waktu belajar. Belajar pada pagi hari adalah salah satu waktu yang paling tepat untuk digunakan. Karena pada saat pagi hari kondisi otak masih dalam keadaan segar, tenang dan jauh lebih bisa diajak berkonsentrasi.

11. Berdoa

https://unsplash.com/

Selain melakukan berbagai metode dan cara belajar efektif yang sudah Mamikos jabarkan di atas, pengunci dari segala cara tersebut ada di poin terakhir ini. Yakni berdoalah. Sebab dengan mengucap doa sebelum memulai segala aktivitas, bisa membuat batin jadi lebih damai.

Doa memiliki kekuatannya sendiri. Kekuatan ini paling ampuh dan kuat untuk membuat kamu lebih sanggup menghadapi segala jenis rintangan yang ada. Dengan membiasakan berdo’a sebelum dan sesudah belajar, maka pikiran kamu pun akan menjadi lebih tenang. Tindakan ini juga menjadi bukti rasa syukur kamu terhadap kekuatan Yang Maha Kuasa.

Kapan Waktu Belajar Terbaik?

https://www.pexels.com/

Usai membaca cara belajar efektif dan menyenangkan, tentunya kamu perlu mengetahui dengan pasti kapan sih waktu belajar terbaik itu? Sebab selama ini tidak banyak orang mengetahui bahwa otak memiliki irama tertentu serta waktu terbaiknya. Di waktu tertentu tersebut, bisa menjadi waktu brilian untuk memulai aktivitas belajar kamu.

Jadi marilah kita simak kapan waktu belajar terbaik itu?

8 Waktu Terbaik bagi Otak Kamu

Sebelumnya Mamikos akan membahas waktu-waktu efektif otak melakukan berbagai aktivitas seperti yang sudah tertulis di bawah ini. Diantaranya adalah:

  1. Pada pukul 7 – 9 pagi (Semangat dan gairah): merupakan waktu terbaik untuk memperkuat ikatan hubungan dengan seseorang karena hormon cinta sedang berada di level tertinggi.
  2. Pada pukul 9 – 11 siang (Kreativitas): merupakan waktu paling produktif untuk melakukan aktivitas kamu. Oleh karenanya, jika kamu sedang memiliki tugas, maka kamu bisa segera selesaikan pada waktu ini. Hal ini karena otak sedang cukup mengeluarkan hormon stres sehingga kamu jadi bisa lebih fokus.
  3. Pada pukul 11 – 2 siang (Mengerjakan Tugas Sulit): adalah waktu yang cocok untuk mengerjakan tugas berat karena hormon tidur menurun tajam.
  4. Pada pukul 2 – 3 siang (Beristirahat): adalah saat terbaik untuk beristirahat siang karena asupan darah atau oksigen ke otak agak berkurang. Jam ini biasanya kamu akan merasa mengantuk. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba beristirahat sebentar.
  5. Pada pukul 3 siang – 6 sore (Kolaborasi): merupakan saat otak benar-benar lelah. Jadi usahakan melakukan kegiatan yang berbeda bersama teman agar bisa lebih santai.
  6. Pada pukul 6 sore – 8 malam (Tugas Pribadi): waktu ini adalah momen terbaik melakukan tugas pribadi karena otak masuk dalam tahap pemeliharaan.
  7. Pada pukul 8 – 10 malam (bersantai): adalah saat yang tepat untuk bersantai karena kamu mulai mengantuk disebabkan hormon melatonin yang meningkat.
  8. Pukul 10 malam keatas (Saatnya tidur): adalah saat terbaik untuk tidur dan mengistirahatkan badan.

Setelah kamu mengetahui 8 waktu efektif di atas, maka kapan waktu terbaik otak untuk belajar? Pada pukul berapakah itu?

  • Otak bisa diajak untuk fokus biasanya saat pagi hari. Sebab saat itu otak masih dalam keadaan segar. Perkiraan waktunya yakni sekitar pukul 9 –11 pagi.
  • Otak akan lebih mudah berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas berat seperti belajar pada pukul 11 – 2 siang.
  • Setelah belajar otak dapat beristirahat penuh dengan tidur semalaman. Oleh karenanya waktu terbaik otak untuk belajar berada pada pukul 6 –8 malam.

Jadi sudah jelas bukan mengenai waktu dan jam belajar agar cara belajar efektif dan menyenangkan ala Mamikos tadi bisa berjalan dengan baik. Itulah tadi penutup dari sederet informasi yang bisa Mamikos berikan pada artikel kali ini tentang cara belajar efektif dan menyenangkan dan bisa kamu coba sekarang.

Semoga kamu jadi semakin terbantu dan mendapatkan motivasi baru. Mamikos ingatkan juga bahwa ada aplikasi pencari kost yang sangat memungkinkan kamu memperoleh info hunian kost-kostan dan info bermanfaat lainnya seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: