Cara Bidik Target Pasar yang Tepat Saat Memulai Bisnis Kos

Posted in: Bisnis Kost Mitra Kos

Cara Bidik Target Pasar yang Tepat Saat Memulai Bisnis Kos -Sama seperti ketika memulai bisnis pada umumnya, memulai berbisnis rumah kos juga memerlukan target pasar yang tepat. Target pasar rumah kos merupakan tujuan produk, dalam hal ini adalah kamar kos, yang nantinya akan dipasarkan kepada siapa saja sesuai dengan fasilitas dan spesifikasi yang dimiliki oleh kos itu sendiri.

Oleh karena itu, dalam menentukan target pasarnya pun tak bisa sembarangan. Berikut ini adalah cara membidik target pasar yang tepat saat memulai bisnis kos yang bisa Anda pelajari: 

1. Kenali lokasi kos milik Anda

Jangan hanya terpaku pada satu hal saja, seperti ketika Anda mempunyai lahan kosong, bujet sesuai, dan Anda langsung saja membangun rumah kos di sana, sebab banyak hal yang perlu Anda perhatikan terutama saat akan memilih target pasar. 

Anda harus mengenali lingkungan sekitar kos Anda. Misalnya, bila rumah kos Anda dekat dengan kampus, besar kemungkinan penyewa kos Anda nantinya adalah mahasiswa. Atau, bila di sekitar rumah kos Anda terdapat perkantoran, bisa jadi penyewa kos Anda nantinya adalah karyawan. Walaupun belum tentu mutlak, namun kemungkinan-kemungkinan tersebut perlu Anda pertimbangkan untuk bisa membidik target pasar yang tepat. 

2. Perhatikan durasi sewa kamar kos 

Dengan memperhatikan lamanya masa sewa akan membantu Anda dalam menentukan target pasar yang tepat untuk rumah kos Anda. Durasi atau masa sewa harian dan mingguan membuat kos Anda nantinya akan dicari oleh para traveler atau pelancong yang ingin liburan hemat. Sementara itu, durasi sewa bulanan dan tahunan biasanya akan membuat kos Anda dicari oleh mahasiswa atau karyawan kantoran. 

3. Perhatikan fasilitas yang Anda tawarkan di kos

Semakin banyak fasilitas yang disediakan, tentu semakin tinggi pula harga sewa kos. Hal tersebut berarti, nantinya Anda akan menyasar pada segmen kelas menengah ke atas. Sementara, jika Anda hanya menyediakan fasilitas standar, tarif sewa pun bisa menyesuaikan. 

4. Fokus pada satu target pasar 

Saat akan memulai berbisnis kos, lebih baik Anda fokus di satu target pasar terlebih dahulu sebelum nantinya tidak menutup kemungkinan Anda akan melakukan ekspansi. Banyak usaha kos kecil yang akhirnya kurang berkembang dengan baik karena tidak memiliki fokus pada target yang akan dibidiknya. 

Setelah menentukan target pasar yang tepat, langkah selanjutnya Anda bisa menentukan harga sewa kos, lalu kemudian mulai mengiklankan atau memasarkannya. Anda bisa memasarkan kos Anda dengan bergabung bersama Premium dari Mamikos. Segera berlangganan Premium Mamikos agar Anda bisa menikmati banyak fitur menarik yang telah tersedia, sehingga Anda berkesempatan untuk meningkatkan okupansi di masa depan. Tunggu apa lagi? Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas kos Anda dengan menggunakan layanan dari Mamikos, ya!