Cara Daftar Dan Syarat KIP Kuliah Kemdikbud Go Id 2020

 Bella Carla | Sel, 18 Feb 2020

Cara Daftar Dan Syarat KIP Kuliah Kemdikbud Go Id 2020 – Buat kamu yang ingin mendaftarkan diri di salah satu perguruan tinggi negeri tetapi memiliki keterbatasan ekonomi, kini kamu boleh berbahagia karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan secara resmi seputar bantuan biaya pendidikan KIP-K 2020. Merupakan singkatan dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah, KIP Kuliah ini adalah program bantuan dana pendidikan yang berasal dari pemerintah bagi siswa kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Program KIP Kuliah ini juga secara tidak langsung menjadi bentuk penyempurnaan dari program beasiswa bidikmisi yang selama ini sudah berjalan. Pendaftaran KIP Kuliah bisa dilakukan secara online untuk memberikan keleluasaan akses terhadap pendaftaran di seluruh negeri. Buat kamu yang tertarik mencari tahu lebih lanjut seputar KIP Kuliah Kemdikbud 2020 ini, berikut Mamikos bagikan informasi cara daftar hingga persyaratannya untuk menjadi referensi kamu.

Berikut Cara Daftar Hingga Persyaratan Program KIP Kuliah Kemdikbud

Cara Daftar Dan Syarat KIP Kuliah Kemdikbud
jawapos.com

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kabarnya akan membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) pada 21 Februari 2020 meskipun Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang perluasan program beasiswa Bidikmisi tersebut belum diterbitkan. Program KIP Kuliah ini diharapkan dapat meningkatkan akses siswa dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Nantinya pendaftaran dapat dilakukan di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Namun hingga saat ini laman tersebut belum diluncurkan karena masih menunggu Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud). Program KIP Kuliah ini sendiri merupakan perluasan program Bidikmisi ini akan diberikan kepada 400 ribu calon mahasiswa.

Penjelasan Mengenai Program KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Perlu diketahui pula, para penerima KIP Kuliah ini nantinya akan diberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya
  2. KIP-Kuliah membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan PT
  3. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar KIP-Kuliah yang ditetapkan sebagai penerima KIP-Kuliah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
  4. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi
  5. Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Persyaratan Program KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
  4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera;
  5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Nantinya, keterbatasan ekonomi dapat dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera. Dalam hal mahasiswa belum memiliki Kartu Indonesia Pintar atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dapat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan. Sebagai info tambahan, saat ini Program KIP Kuliah memang hanya dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelunya. Untuk mahasiswa di PTN/PTS di bawah Kemdikbud kabarnya juga telah disediakan beasiswa/bantuan biaya pendidikan PPA (Peningkatan Potensi Akademik ) melalui bagian kemahasiswaan masing masing.

Prosedur Pendaftaran Program KIP Kuliah

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps;
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Keunggulan Program KIP Kuliah

  1. Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa)
  2. Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi
  3. Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  4. KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kekompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi
  5. KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Tahapan Penyaluran Bantuan Biaya Hidup Program KIP Kuliah

  1. Perguruan Tinggi (PT) mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar calon penerima KIP Kuliah disertai data pendukung (pelaporan IPK dan atau softcopy data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
  2. PLPP Kemmdikbud melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 minggu jika data pada tahap 1 lengkap)
  3. KPPN menerbitkan SP2D (maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker PLPP Kemdikbud (Ijin Kementerian Keuangan)
  4. PLPP Kemdikbud memerintahkan Bank penyalur untuk melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
  5. Bank penyalur melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal Bank Mandiri)

Pengumuman Penerima Program KIP Kuliah

Program KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi sehingga pengumumannya adalah selepas kamu mendaftar ulang sebagai mahasiswa di perguruan tinggi terkait. Setelah mendaftar ulang, kamu pun akan diverifikasi kelayakan menerima sebagai penerima Program KIP Kuliah. Di dalam proses daftar ulang, semua pendaftar Program KIP Kuliah yang sudah mendaftar sesuai prosedur dibebaskan dari biaya daftar ulang dan biaya pendidikan lainnya.

Catatan Khusus Tentang Program KIP Kuliah

  • Mengacu pada RAPBN tahun 2020 direncanakan untuk mencakup sebanyak 818.000 mahasiswa pemilik KIP Kuliah. Untuk kuota sendiri pada awalnya, pemerintah akan menyediakan banyak sekali kursi untuk pemegang KIP kuliah. Bahkan kuotanya sendiri melebihi kuota Beasiswa Bidikmisi. 818.000 mahasiswa ini meningkat dibandingkan peserta Bidik Misi yang dinikmati oleh 464.000 ribu mahasiswa.
  • KIP Kuliah akan memberi kursi prioritas untuk pelajar yang memilih untuk kuliah di bidang teknologi, science dan vokasi. Sedangkan untuk bidang-bidang sosial akan diproses setelahnya. Jadi jangan berkecil hati untuk kamu yang memilih kuliah di bidang sosial karena masih ada kesempatan untuk kamu mendapatkan KIP Kuliah juga.
  • Bantuan pendidikan yang dinikmati oleh pemegang KIP Kuliah antara lain biaya hidup sebesar Rp4,2 juta per semester dan biaya pendidikan sebesar Rp2,4 juta per semester.
  • Sasaran penerima KIP Kuliah pada 2020 antara lain peserta lanjutan penerima Bidik Misi sebanyak 398.000 mahasiswa dan mahasiswa baru sebanyak 420.000 mahasiwa.
  • KIP Kuliah diarahkan kepada siswa yang telah lulus pemegang KIP dan anggota dari Program Keluarga Harapan (PKH).
  • Selain itu, calon penerima fasilitas KIP Kuliah harus diterima di PTN, PTS, ataupun prodi terakreditasi A atau B. Adapun prodi yang diutamakan adalah prodi vokasi ataupun sarjana sains dan teknologi.
  • Bagi anak usia 6 sampai dengan 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin/tidak mampu yang belum memiliki KIP dapat mendaftarkan diri sebagai Calon Penerima KIP di satuan pendidikan formal/non formal. Sekolah/PKBM/SKB/LKP melakukan seleksi Calon Penerima KIP sesuai dengan petunjuk pelaksanaan PIP Tahun 2016, diantaranya memprioritaskan calon yang berasal dari peserta Program Keluarga Harapan (PKH), pemegang KKS, dan berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus. Usulan tersebut disampaikan ke Dinas Pendidikan setempat untuk diteruskan melalui aplikasi pengusulan PIP kepada Kemendikbud.

Nah, di atas tadi Mamikos sudah memberikan sedikit informasi seputar cara daftar hingga syarat KIP Kuliah Kemdikbud Go Id 2020. Pantau terus info-info menarik seputar dunia perkuliahan lainnya hanya melalui situs blog Mamikos ya. Buat kamu yang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa pula download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: