Cara Efektif Menggunakan LinkedIn Bagi Fresh Graduate Untuk Cari Kerja

 Almara Jati | Sab, 16 Mei 2020

Cara Efektif Menggunakan LinkedIn Bagi Fresh Graduate Untuk Cari Kerja – Kamu baru saja lulus kuliah dan sedang mencari kerja? Ada beberapa aplikasi pencari kerja yang bisa kamu gunakan agar kamu tidak bingung. Salah satu di antaranya adalah LinkedIn. Berikut akan Mamikos jelaskan tentang beberapa cara efektif menggunakan LinkedIn bagi fresh graduate untuk cari kerja yang mungkin berguna buat kamu.

Beberapa Cara Efektif Menggunakan LinkedIn Bagi Fresh Graduate Untuk Mencari Kerja

unsplash.com

Memang wabah Covid-19 membuat banyak perusahaan menutup sementara lowongan pekerjaan. Tetapi, tidak sedikit pula perusahaan yang membuka lowongan freelance yang bisa dilakukan dari rumah. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari cara efektif menggunakan LinkedIn agar lebih mudah mencari kerja. Bisa saja perusahaan yang membutuhkan pegawai freelance tersebut tertarik dengan profil LinkedIn kamu.

Menjadi fresh graduate bukan berarti bahwa kesempatanmu mendapat kerja lebih kecil daripada mereka yang sudah pernah bekerja. Kamu bisa memperbesar kesempatan itu dengan membuat profil diri yang baik melalui LinkedIn. Bagi kamu para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, ada beberapa cara efektif menggunakan LinkedIn untuk cari kerja. Simak penjelasan Mamikos yang berikut ini.

Apa Itu LinkedIn?

Mungkin ada beberapa dari kamu yang belum tahu apa itu LinkedIn. Mungkin juga kamu bingung bagaimana caranya LinkedIn bekerja. Tenang, Mamikos akan memberikan sedikit penjelasan tentang LinkedIn kepadamu.

Kamu mungkin mengetahui LinkedIn sebagai jaringan sosial yang menyediakan layanan mencari kerja. Sebenarnya, konsep utama dari LinkedIn adalah orientasi bisnis. Pengguna LinkedIn biasanya menggunakan situs tersebut untuk jaringan profesional. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar penggunanya adalah orang-orang profesional yang memiliki latar belakang bisnis.

LinkedIn didirikan pada bulan Desember 2002 oleh Reif Hoffman dan beberapa anggota timnya yaitu Allen Blue, Eric Ly, Jean-Luc Vaillant, Lee Hower, Konstantin Guericke, Stephen Beitzel, David Eves, Ian McNish, Yan Pujante, dan Chris Saccheri. Pada awalnya, LinkedIn hanyalah berupa situs web. Namun, pada tahun 2008 LinkedIn meluncurkan versi aplikasinya. Hingga tahun 2018, LinkedIn telah memiliki sekitar 546 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Apa Saja Cara Efektif Menggunakan LinkedIn Bagi Fresh Graduate Untuk Cari Kerja?

Kamu mungkin saja sedang bergembira karena sudah wisuda. Kini, tak ada lagi tugas kuliah atau skripsi yang membebani pikiranmu. Tapi apakah kamu tidak butuh mencari kerja? Menjadi seorang fresh graduate bukan berarti kamu bebas sepenuhnya karena kamu masih harus mencari kerja untuk melanjutkan hidup.

Untuk memudahkanmu dalam mencari kerja, kamu bisa menggunakan layanan dari platform pencari kerja. Banyak perusahaan yang sedang mencari pegawai menggunakan platform-platform tersebut. Kamu juga bisa dengan mudah mencari lowongan pekerjaan yang dipasang oleh perusahaan melalui platform tersebut. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa dilirik oleh perusahaan di platform pencari kerja?

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan LinkedIn. Di Indonesia sendiri LinkedIn merupakan salah satu platform pencari kerja yang paling banyak digunakan oleh para pencari kerja. Tidak sedikit orang-orang yang berhasil mendapatkan pekerjaan melalui LinkedIn.

LinkedIn sebagai salah satu platform pencari kerja bisa kamu manfaatkan untuk mencari kerja. Kamu bisa membuat akun dan mengisi profilmu dengan riwayat studi, pengalaman magang, atau keahlian yang kamu miliki. Tetapi, kamu tidak boleh asal menggunakan LinkedIn. Kamu tetap harus mengetahui bagaimana cara efektif menggunakan LinkedIn agar lebih mudah mendapat pekerjaan.

Gunakan Foto Profesional

unsplash.com

Cara efektif menggunakan LinkedIn yang pertama adalah dengan memasang foto profil yang profesional. Profesional di sini maksudnya adalah foto formal di mana kamu berpakaian rapi. Pilihlah foto formal yang pantas dan terbaik menurutmu. Pastikan wajahmu terlihat jelas di foto itu, ya!

Jelaskan Dirimu Secara Singkat

unsplash.com

LinkedIn bisa dikatakan sebagai wajah pertamamu ketika perekrut ingin mengenalmu lebih jauh. Meskipun tidak bertemu secara langsung, kamu bisa memperkenalkan dirimu melalui LinkedIn. Isikan bagian “About” dengan deskripsi dirimu secara singkat, padat, dan jelas. Jangan terlalu panjang dan bertele-tele agar perekrut tidak malas membaca, ya!

Jangan Lupa Tambahkan Riwayat Studi dan Pengalaman

unsplash.com

Salah satu aspek penting dalam mencari kerja adalah riwayat studi dan pengalamanmu. Isilah riwayat studimu secara runtut dimulai dari yang paling baru. Jika pendidikan terakhirmu adalah S1, maka isilah dengan nama jurusan, jenjang pendidikan, dan nama perguruan tingginya. Perekrut akan lebih mempertimbangkan pencari kerja dengan riwayat pendidikan yang jelas.

Selain itu, isi juga pengalaman yang kamu miliki. Pengalaman tersebut bisa berupa pengalaman magang, pengalaman mengikuti seminar, atau pengalaman mengikuti pelatihan. Kamu juga bisa menambahkan pengalaman mengikuti pertukaran pelajar jika kamu pernah. Siapa yang tahu jika ternyata ada perusahaan dari luar negeri yang melirikmu?

Tambahkan Dengan Keahlian yang Kamu Miliki

unsplash.com

Kamu memiliki kemampuan menulis berita? Atau kamu jago mengedit video? Kamu bisa menambahkan semua keahlian yang kamu miliki di profil LinkedIn milikmu. Asalkan jangan menulis keahlian yang sebenarnya tidak kamu miliki, ya.

Selain keahlian, kamu juga bisa menambahkan bahasa yang kamu kuasai di profilmu. Kamu bisa sedikit berbahasa Inggris? Kamu tetap bisa menambahkannya dengan catatan bahwa kemampuanmu masih dasar. Jangan malu untuk menuliskannya karena sambil menunggu direkrut kamu bisa mengasah kemampuan bahasamu.

Pastikan Kamu Mengisi Profil Dengan Lengkap

unsplash.com

Manfaatkan semaksimal mungkin setiap bagian yang ada di profil LinkedIn milikmu. Profil yang menarik dan lengkap akan membuat perekrut perusahaan akan lebih mudah untuk mengenalmu. Jangan sia-siakan satupun bagian profil yang sebenarnya bisa kamu isi.

Selalu Update Profil Kamu

unsplash.com

Selama kamu masih menganggur, kamu bisa mengasah kemampuanmu atau mengikuti berbagai seminar sesuai dengan minatmu. Apa yang kamu lakukan selama menganggur bisa kamu tambahkan ke profil LinkedIn milikmu. Prosesnya memang cukup lama di awal, tapi kamu tidak boleh malas. Percayalah bahwa kamu akan menikmati hasil yang lebih baik lagi!

Aktiflah Menggunakan LinkedIn

unsplash.com

Selain melengkapi profil, kamu juga harus menjalin interaksi dengan koneksimu di LinkedIn. Rajinlah membaca tulisan sesuai minatmu yang diunggah oleh koneksimu di LinkedIn. Kamu bisa memberi komentar positif di unggahan itu atau membagikannya di timeline-mu. Hal tersebut juga merupakan salah satu cara efektif menggunakan LinkedIn agar perekrut tahu bahwa kamu aktif menggunakan LinkedIn.

Perbanyak Koneksimu

unsplash.com

Tambahkan sebanyak mungkin koneksi yang bisa kamu dapatkan di LinkedIn. Tambahkan teman-temanmu sebagai koneksi di LinkedIn, mulai dari teman SD hingga teman kuliah. Kamu juga bisa menambahkan para HR, CEO, atau manajer perusahaan yang sesuai minatmu sebagai koneksi. Cara tersebut menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu serius dengan minatmu.

Perkenalkan Dirimu Dengan Singkat dan Jelas

unsplash.com

Sudah menambahkan para HR, CEO, atau manajer? Sekarang saatnya kamu memperkenalkan diri kepada mereka dengan sopan, rapi, dan jelas. Kamu tidak harus berharap bahwa mereka akan membalasmu. Kamu cukup mengucapkan salam dan terima kasih karena sudah menerima undanganmu.

Buat Resume yang Menarik

unsplash.com

Kamu tidak boleh lupa untuk mengunggah resume ke profil LinkedIn. Menambahkan resume atau CV adalah cara efektif menggunakan LinkedIn supaya perusahaan tahu bagaimana kualitasmu. Mereka akan lebih mudah mencocokkan kriteria yang mereka butuhkan dengan resume yang sudah kamu unggah. Maka dari itu, buatlah resume yang menarik dan lengkap dengan riwayat studi, pengalaman, dan aspek lain yang kamu miliki.

Teruslah Mencari Lowongan yang Sesuai

unsplash.com

Kamu masih belum mendapat panggilan dari pekerjaan yang kamu lamar? Jangan menyerah dulu! Teruslah mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minatmu. Pasti akan ada lowongan baru setiap hari dan salah satunya bisa menjadi rejekimu.

Itu tadi beberapa cara efektif menggunakan LinkedIn bagi fresh graduate untuk cari kerja. Kamu tidak boleh menyerah dan putus asa! Teruslah berusaha memperbaiki diri dan berdoa agar kamu segera mendapat pekerjaan.  Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: