Cara Masuk UI Selain Lewat Jalur UTBK – SBMPTN 2021

Cara Masuk UI Selain Lewat Jalur UTBK – SBMPTN 2021 – Menyandang predikat sebagai salah satu mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menjadi cita-cita para lulusan sekolah menengah. Sebagai universitas yang termasuk Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, berhasil menembus seleksi masuk di UI merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi untuk bisa masuk kampus tersebut tidaklah mudah. Perlu usaha keras seperti menjalani tes masuk khusus hingga tes lainnya yang penuh tantangan.

Berbagai Macam Jalur Masuk UI Selain UTBK – SBMPTN

Lulusan sekolah menengah yang akan meneruskan studi dan memilih UI sebagai salah satu tujuan bisa masuk melalui berbagai jalur. Ada banyak cara yang ditawarkan oleh UI bagi calon mahasiswanya, mulai dari jalur yang seleksinya dilaksanakan serentak, hingga jalur yang pelaksanaannya langsung diatur oleh pihak universitas.

Terdapat jalur masuk UTBK – SBMPTN dengan mekanisme penyelenggaraan serentak di seluruh Indonesia. Persaingan masuk melalui UTBK – SBMPTN terbilang ketat karena persaingan tidak hanya sebatas untuk lulusan tahun 2021 saja, tetapi juga lulusan tahun 2019, 2020, bahkan paket C. Asalkan pendaftar memenuhi syarat yang ditetapkan, pendaftar bisa mengikuti seleksi UTBK – SBMPTN dan memilih jurusan di UI sebagai tujuan.

Penentuan diterima atau tidaknya calon mahasiswa akan ditentukan hasil UTBK yang sudah didapatkan. Jika nilai UTBK bagus dan mendapatkan peringkat sesuai kriteria UI, maka pendaftar akan diterima. Apakah jalur masuk UI hanya UTBK – SBMPTN saja? Tentu tidak. Ada banyak jalur masuk yang ditawarkan UI bagi kamu apabila ingin mendaftar di kampus ini. Mamikos akan memberikan informasi terkait berbagai macam jalur masuk UI selain UTBK – SBMPTN.

1. Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Universitas Indonesia membuka peluang bagi siswa dan siswi sekolah menengah untuk menjadi bagian dari UI melalui jalur SNMPTN. Tidak seperti jalur lainnya yang mensyaratkan adanya tes sebelum masuk, seleksi melalui jalur SNMPTN didasarkan pada nilai rapor. Semakin bagus nilai rapor siswa, peluang untuk bisa diterima di UI juga akan semakin besar. Apalagi kuota penerimaan mahasiswa di UI jalur SNMPTN mencapai 30 persen dari total daya tampung setiap program studi.

Agar bisa mengikuti jalur SNMPTN, kamu perlu mendapatkan rekomendasi dari sekolah. Nantinya pihak sekolah yang akan menyeleksi siswa-siswinya untuk menentukan bisa tidaknya mengikuti SNMPTN. Pelaksanaan SNMPTN dilakukan pada awal tahun 2021. Jika sudah lolos berkas, siswa akan diminta melengkapi data diri dan mengisi pilihan program studinya, kemudian menjalani prosedur selanjutnya. Setelah semua tahapan selesai dilalui, kamu hanya perlu berdoa agar nilai rapormu bisa bersaing dengan nilai pendaftar lain.

  1. 4 Januari 2021: peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021
  2. 4 Januari – 1 Februari 2021: registrasi akun LTMPT
  3. 4 Januari – 8 Februari 2021: penetapan siswa yang eligible (ditentukan sekolah)
  4. 11 Januari – 8 Februari 2021: pengisian PDSS
  5. 15 – 24 Februari 2021: pendaftaran SNMPTN
  6. 22 Maret 2021: pengumuman hasil SNMPTN
  7. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 2021 (dapat dilihat pada laman masing-masing PTN tujuan)

2. Jalur Mandiri SIMAK UI

Jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia dilakukan secara mandiri dan diatur oleh universitas. Pelaksanaan SIMAK UI tidak di tingkat nasional, tetapi diorganisir oleh kampus UI sendiri. SIMAK UI tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan sekolah menengah yang akan mendaftar jenjang Strata 1 (S1) saja. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar jenjang Diploma 3 (D III) pun bisa mendaftar UI dan mengikuti seleksi SIMAK UI.

Bagi lulusan jenjang sarjana yang ingin meneruskan studinya di UI, tidak ada salahnya mengikuti SIMAK UI. Program kelas paralel, Program Magister, hingga Program Doktor pun seleksinya bisa diikuti dengan SIMAK UI. Berikut ini adalah jadwal lengkap SIMAK UI tahun 2021 untuk berbagai jenjang.

SIMAK UI – Vokasi, S1 Reguler, S1 Paralel

  1. Pendaftaran: 3 Mei – 9 Juni 2021
  2. Ujian: 19 – 20 Juni 2021
  3. Pengumuman: 30 Juni 2021

3. Jalur Talent Scouting – PPKB

Universitas Indonesia memiliki jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar Universitas Indonesia (PPKB UI). Seleksi jalur ini didasarkan pada pencapaian prestasi akademis siswa selama menempuh studi di Sekolah Menengah. UI mengundang calon mahaiswa dan mahasiswi terbaik dari berbagai sekolah untuk mengikuti PPKB UI.

Jenis program yang ditawarkan untuk talent scouting adalah PPKB UI Vokasi, PPKB UI S1 Paralel, dan Talent Scouting S1 Kelas Internasional. Semua program tersebut ditawarkan bagi lulusan SMA sederajat yang memiliki prestasi.

PPKB Vokasi 2021

PPKB Vokasi UI tahun 2021 tahapan pendaftarannya dilakukan oleh kepala sekolah. Data siswa yang diusulkan mengikuti PPKB diisi oleh Kepala Sekolah. Selain itu, data berupa nilai siswa pada semester 1 – 5 juga diisi pihak sekolah. Nantinya siswa akan mendapatkan username dan password.

Langkah selanjutnya adalah pemilihan program studi yang diinginkan. Siswa akan diminta mengisi formulir pendaftaran, mengunggah pasfoto terbaru (400 × 600 pixel), dan melengkapi dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut diantaranya adalah:

• Scan rapor kelas 10, 11, dan 12 yang telah dilegalisasi (semester 1-5) dan bagian yang terdapat data diri siswa.

• Scan surat pernyataan (ditulis tangan) berisi alasan memilih program studi di atas

• Scan bukti prestasi akademik (jika ada)

• Membayar biaya pendaftaran Rp. 750.000 per siswa

PPKB S1 Paralel 2021

PPKB S1 Paralel UI tahun 2021 dapat diikuti siswa SMA sederajat. Pihak sekolah, yaitu kepala sekolah akan mengusulkan nama-nama siswa yang akan mengikuti PPKB. Selain itu, data berupa nilai siswa pada semester 1 – 5 juga diisi pihak sekolah. Nantinya siswa akan mendapatkan username dan password dari sekolah.

Langkah selanjutnya adalah pemilihan program studi yang diinginkan. Siswa akan diminta mengisi formulir pendaftaran, mengunggah pasfoto terbaru (400 × 600 pixel), dan melengkapi dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut diantaranya adalah:

• Scan rapor kelas 10, 11, dan 12 yang telah dilegalisasi (semester 1-5) dan bagian yang terdapat data diri siswa.

• Scan surat pernyataan (ditulis tangan) berisi alasan memilih program studi di atas

• Scan bukti prestasi akademik (jika ada)

• Membayar biaya pendaftaran Rp. 750.000 per siswa menggunakan nomor pendaftaran PPKB.

Talent Scouting UI

Proses registrasi talent scouting UI dilakukan oleh kepala sekolah. Pihak sekolah akan melengkapi form registrasi tentang informasi data diri siswa yang mengikuti Talent Scouting. Nantinya pihak sekolah juga yang akan mengisi nilai siswa, memberikan username, serta password. Langkah selanjutnya yang dilakukan siswa adalah memilih program studi tujuan dan melengkapi form registrasi. Setelah itu, siswa juga akan diminta mengunggah foto dan dokumen-dokumen lainnya, seperti:

• Fotokopi rapor kelas 10 – 12 yang sudah dilegalisir pada semester 1 – 5
• Surat motivasi
• Sertifikat prestasi (jika ada)
• Scan sertifikat TOEFL/IELTS dengan skor minimal menyesuaikan program studi tujuan.
• Membayar biaya registrasi sebesar Rp 1.300.000
Selection Process

Bagaimana Cara Agar Diterima di UI?

Setelah membaca penjelasan di atas, pastinya kamu semakin bersemangat untuk mencoba jalur masuk yang ditawarkan. Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan agar kesempatan menjadi mahasiswa UI semakin besar.

1. Mencari tahu tingkat persaingan program studi di UI. Semakin ketat persaingan jurusan, usahamu untuk masuk UI juga harus semakin besar. Apalagi peminat kampus UI setiap tahun senantiasa mengalami peningkatan.

2. Memetakan kuota program studi yang ditawarkan. Jika kamu ingin mengambil program studi dengan kuota yang sedikit di UI, bersiaplah untuk berusaha lebih keras. Persaingan untuk bisa masuk program studi tersebut pasti sangat sulit. Apalagi jika yang kamu pilih adalah program studi favorit di UI.

3. Belajar materi tes masuk UI. Semakin sering kamu berlatih soal-soal ujian masuk UI, nantinya kamu akan terbiasa menghadapi pola soal tersebut ketika ujian. Cobalah untuk mengambil kursus tes masuk UI sebelum ujian dan teruslah berlatih.

Persiapan Menjadi Mahasiswa UI

Demikian informasi cara masuk UI selain lewat jalur UTBK – SBMPTN 2021. Masih banyak peluang yang dapat kamu manfaatkan untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa kampus Universitas Indonesia. Agar tidak melewatkan jadwal pembukaan setiap jalur tersebut, teruslah berusaha update informasi terbaru pendaftaran di UI. Informasi penting terkait pendaftaran jalur masuk di UI diumumkan melalui website resmi maupun sosial media.

Sambil mencari info penerimaan mahasiswa baru, jangan lupa mencari tempat tinggal kost-kostan menggunakan aplikasi pencari kost Mamikos. Berbagai macam pilihan kost tersedia dan tentunya sudah dilengkapi fasilitas fitur pencarian yang lengkap. Kamu bisa mencari tahu info harga kost dekat UI, jangka waktu sewa yang ditawarkan, hingga melihat bagian dalam kamar melalui fitur room tour. Langsung booking kamar kost tersebut ketika kamu dinyatakan diterima di UI. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta