Kapan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022/2023 Dilaksanakan?

Posted in: Mahasiswa SBMPTN
Tagged: sbmptn UTBK

Kapan pendaftaran UTBK SBMPTN 2022/2023 dilaksanakan? – Setiap tahun, momen pendaftaran masuk Perguruan Tinggi melalui jalur seleksi tulis ditunggu-tunggu para siswa-siswi sekolah menengah. Adanya seleksi tertulis di jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) memfasilitasi siswa yang belum bisa diterima seleksi dengan nilai rapor.

Pelaksanaan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

mediaindonesia.com

Apakah kamu masih duduk di bangku kelas 12? Jika iya dan kamu hendak meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi, persiapkan diri dengan baik karena persiapan yang matang sangat diperlukan agar bisa diterima di kampus tujuan. Sebab, keketatan persaingan masuk Perguruan Tinggi semakin ketat dan sulit. Kamu bisa mulai mempersiapkan diri memilih jalur masuk yang akan ditempuh, misalnya dengan mengikuti seleksi masuk menggunakan nilai rapor, ujian tulis secara nasional, ataupun ujian mandiri yang diselenggarakan masing-masing kampus.

Seleksi pertama yang diadakan kampus adalah SNMPTN. Jalur tersebut tidak dapat dipilih secara bebas oleh siswa-siswi karena didasarkan prestasi mereka ketika menempuh studi di sekolah menengah. Keuntungan ikut SNMPTN cukup banyak, seperti tidak perlu menjalani seleksi ujian tulis karena penerimaan di Perguruan Tinggi didasarkan nilai rapor dan prestasi pendukung lainnya. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena jika tidak mendapatkan kesempatan di jalur SNMPTN pun masih ada jalur UTBK SBMPTN 2022 yang bisa menjadi solusi.

Informasi UTBK SBMPTN 2022

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh LTMPT. Kesempatan untuk mengikuti UTBK SBMPTN terbuka lebar bagi siswa sekolah menengah yang belum diterima di kampus impiannya melalui jalur SNMPTN. Bagi kamu yang sudah pernah lolos SNMPTN, kamu tidak diizinkan mengikuti UTBK SBMPTN.

Persaingan UTBK SBMPTN 2022 pastinya akan semakin ketat dari tahun ke tahun. Sebab, pendaftar yang lulus sekolah menengah dua tahun sebelumnya juga diizinkan mengikuti seleksi tulis ini, kecuali aturan UTBK SBMPTN diubah. Dapat dikatakan bahwa sainganmu masuk Perguruan Tinggi tidak hanya lulusan tahun 2022 saja, tetapi juga lulusan tahun 2021 dan 2020 yang persiapannya bisa lebih matang. Tidak menutup kemungkinan pula peserta UTBK SBMPTN 2022 adalah siswa sekolah menengah yang sengaja mengambil gap year demi diterima di program studi impiannya.

Bagaimana cara agar diterima di prodi kampus favorit melalui UTBK SBMPTN 2022? Seleksi tertulis yang diikuti ratusan ribu peserta tersebut membuat persaingan semakin sengit. Tapi, salah satu penentu agar kamu bisa diterima di prodi tujuan, bahkan prodi dengan passing grade tinggi adalah nilai UTBK yang tinggi pula. Berusahalah untuk mendapatkan nilai UTBK mendekati sempurna agar kamu dinyatakan aman hingga diterima di program studi incaranmu. Selain itu, persiapkan pula biaya pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 karena setiap peserta membayar biaya ujiannya masing-masing dan tidak ditanggung negara seperti pada SNMPTN.

Jadwal UTBK SBMPTN 2022

Jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun 2022 memang belum dirilis. Namun, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan referensi jadwal UTBK SBMPTN yang sudah dilaksanakan tahun 2021 dengan beberapa kali penyesuaian sebagai berikut.

• Registrasi akun LTMPT bagi pendaftar UTBK SBMPTN: Februari – Maret
• Pendaftaran UTBK SBMPTN: Maret – April
• Pelaksanaan UTBK Gelombang Pertama: April
• Pelaksanaan UTBK Gelombang Kedua: April – Mei
• Pengumuman hasil SBMPTN: Juni

Tanggal pelaksanaan setiap tahapan di atas sangat mungkin mengalami perubahan. Di tahun 2021, pelaksanaan UTBK SBMPTN juga mengalami perubahan karena kondisi terkini. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena pembaruan informasi dapat diakses melalui website resmi LTMPT.

Syarat Mengikuti UTBK SBMPTN 2022

Penuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh panitia pelaksana UTBK SBMPTN 2022 agar kamu diizinkan mengikuti seleksi. Setiap tahun syarat yang diberikan tidak jauh berbeda. Meskipun belum ada informasi syarat untuk ikut UTBK SBMPTN tahun 2022, gunakan gambaran persyaratan mengikuti UTBK SBMPTN pada tahun 2021.

  1. Mempunyai akun LTMPT dan sudah disimpan permanen (sebelum registrasi akun ditutup)
  2. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus mempunyai Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan usia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Terdapat persyaratan tambahan untuk Surat Keterangan Siswa kelas 12 yaitu menyertakan foto berwarna terbaru, stempel sekolah atau cap sekolah, dan tanda tangan kepala sekolah.
  4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 harus mempunyai ijazah dengan usia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Lulusan SMA sederajat dari luar negeri diizinkan mendaftar tetapi wajib memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  5. Tidak dinyatakan lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022.
  6. Peserta yang akan memilih program studi Saintek pada UTBK mengikuti TPS dan TKA Saintek;
  7. Peserta yang akan memilih program studi Soshum pada UTBK mengikuti TPS dan TKA Soshum;
  8. Peserta yang akan memilih program studi Campuran (kelompok Saintek dan kelompok Soshum) pada UTBK mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.
  9. Dinyatakan sehat sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi di bangku kuliah.
  10. Peserta UTBK yang memilih program studi yang berkaitan dengan bidang Seni dan bidang Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  11. Peserta tuna netra UTBK SBMPTN wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra (formulir dapat diunduh di website LTMPT)
  12. Membayar biaya mengikuti UTBK melalui bank yang ditunjuk (Mandiri, BNI, BTN, dan BRI). Biaya yang diperlukan untuk mengikuti UTBK kelompok saintek adalah Rp 200.000, biaya UTBK kelompok soshum adalah Rp 200.000, sedangkan biaya UTBK kelompok campuran adalah Rp 300.000.

Persiapan Seleksi UTBK SBMPTN 2022

Setiap peserta UTBK SBMPTN pastinya menginginkan hasil terbaik agar bisa diterima di kampus tujuan, apalagi jika program studi yang diinginkan termasuk program studi favorit. Persiapan menghadapi utbk sbmptn pun dilakukan sejak jauh-jauh hari, bahkan mengambil gap year. Sebagai referensi, berikut ini persiapan-persiapan yang bisa kamu lakukan menjelang UTBK SBMPTN 2022.

1. Mempersiapkan Fisik dengan Baik

Persiapkan fisik dengan baik karena fisik yang sehat akan menunjang kelancaranmu dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Luangkan waktu seminggu sekali untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Tidur cukup sebelum UTBK dilaksanakan pun penting agar kamu tetap fokus dan konsentrasi selama ujian.

2. Mempersiapkan Materi UTBK yang Diujikan

Pastikan kamu sudah mempersiapkan materi-materi UTBK 2022. Mulailah belajar dari materi yang mudah ke sulit agar konsep materi bisa dipahami dengan baik. Tentu proses belajar yang sistematis bisa dimulai dengan membuat daftar mata pelajaran beserta tingkat kesulitannya masing-masing. Semakin rinci catatan yang kamu buat, akan semakin mudah pula kamu memetakan materi yang harus dikuasai.

3. Menyelesaikan Pendaftaran

Tahap pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 akan memakan waktu, sehingga kamu perlu meluangkan waktu khusus untuk mempersiapkan persyaratan awal hingga menyelesaikan langkah-langkah yang diperlukan. Sebaiknya kamu mencatat langkah pendaftaran agar tidak melewatkan apa pun. Jangan lupa pula berikan penjelasan batas waktu atau deadline tahapan tersebut agar lebih jelas.

4. Mengikuti Simulasi UTBK SBMPTN 2022

Uji pemahaman dan kemampuanmu dengan mengikuti simulasi UTBK SBMPTN, baik yang diselenggarakan secara gratis maupun berbayar. Simulasi UTBK bermanfaat untuk melatih mental sekaligus mengetahui sejauh mana pemahamanmu dalam belajar. Setiap simulasi, anggaplah bahwa simulasi tersebut adalah ujian sesungguhnya sehingga kamu bisa serius.

5. Menghitung Waktu Pengerjaan Soal UTBK SBMPTN

Kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan soal-soal UTBK menjadi penentu nilai akhirmu nanti. Tanpa latihan berulang-ulang dan pemahaman yang cukup pada teori materi, waktu yang diperlukan untuk mengerjakan satu soal bisa sangat lama. Oleh karena itu, kuasai teori-teori materi UTBK yang kamu pilih dan latih kecepatan pengerjaan setiap soalnya.

6. Melihat Passing Grade Program Studi Kampus Tujuan

Pastikan kamu mengetahui kemampuanmu sebelum memilih program studi yang diinginkan di kampus tujuanmu nanti. Misalnya saja jika di kampus X Program Studi Pendidikan Dokter menjadi prodi paling diminati dengan passing grade tinggi, artinya kamu harus belajar lebih giat lagi.

7. Berpikir Positif

Pahami bahwa belajar keras dan tubuh yang sehat saja tidak cukup sebagai bekal mengikuti UTBK SBMPTN 2022. Tanpa adanya pikiran positif, usaha yang kamu lakukan bisa menjadi sia-sia. Bayangkan jika ketika berada di ruangan kamu melihat peserta lainnya terlihat lebih siap, sehingga kamu minder dan kehilangan kepercayaan diri. Hal tersebut akan memengaruhi kecepatan dan ketepatanmu mengerjakan soal. Tetaplah tenang sekalipun kamu melihat peserta UTBK lain lebih siap karena kamu tidak tahu bagaimana proses belajar yang mereka tempuh dan kemampuannya.

Setelah membaca informasi kapan pendaftaran UTBK SBMPTN 2022/2023 dilaksanakan, semoga kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum awal tahun nanti. Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 mungkin saja sama seperti tahun 2021, yaitu bulan Februari sampai Maret, tetapi bisa saja berubah. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk belajar materi yang diujikan pada UTBK. Ada baiknya jika kamu juga melatih kecepatan pengerjaan soal serta membentuk kelompok belajar yang kompetitif agar senantiasa termotivasi. Ingatlah bahwa perjuangan untuk bisa diterima di kampus impian tidaklah mudah. Semangat belajar dan semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta