Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2019/2020

 Mamikos | Sel, 24 Apr 2018

Cara melihat pengumuman SBMPTN – Salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi ini memang memiliki banyak peminat, tidak terkecuali dari lulusan tahun 2017 dan 2018. Persayaratan SBMPTN memang mengharuskan pesertanya lulus maksimal 2 tahun terakhir, sehingga Anda yang lulus tahun 2017 bisa ikut mencoba peruntungan dan mendaftar SBMPTN tahun 2019. Tentunya cara melihat pengumuman SBMPTN perlu Anda ketahui agar tidak bingung ketika hasil sudah bisa diakses.

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2019/2020

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya tentang cara login SBMPTN dan tata cara pendaftarannya, cukup buka website resmi yang sudah tersedia. Alamat website sbmptn.ac.id adalah alamat resmi yang bisa dipercaya. Setelah melakukan pendaftaran SBMPTN 2019 dan membayar biaya sebesar Rp 200.000 rupiah, Anda sudah bisa mengakses profil untuk mengisi kelengkapan data.

Test masuk SBMPTN 2019

Pendaftaran SBMPTN tahun 2019 diadakan pada 10 – 24 Juni 2019. Secara umum, Anda harus melalui tahapan ujian masuk sesuai jurusan, seperti test bidang studi IPS, test bidang studi IPA, serta Tes Potensi Akademik. Sebaiknya Anda membaca ketentuan seleksi SBMPTN yang terbaru agar tidak salah ketika mengerjakan ujian. Setelah melalui berbagai macam tahapan test sesuai jurusan, Anda tinggal menunggu pengumuman hasil kelulusan SBMPTN yang akan diberitahukan tepat pada 9 Juli 2019 (pukul 15.00 WIB). Tidak sabar menunggu? Mamikos akan menjelaskan cara melihat pengumuman SBMPTN yang sesuai.

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN di Mamikos

Melihat pengumuman SBMPTN tidak perlu bingung, kamu sekarang bisa cek hasil SBMPTN di mamikos, nah caranya, klik pada gambar dibawah ini :

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN dari Rumah

Jika Anda masih beranggapan bahwa melihat pengumuman SBMPTN harus datang langsung ke kampus tujuan, sebenarnya hal tersebut kurang tepat. Saat ini perkembangan teknologi sudah memungkinkan Anda untuk melihat pengumuman SBMPTN dari rumah dan melalui ponsel saja. Bagaimana caranya?

  • Gunakan perangkat yang paling nyaman, seperti laptop, komputer, atau handphone.
  • Pilih browser yang stabil dan jarang mengalami kendala ketika dioperasikan.
  • Jika Anda tidak memiliki paket internet, gunakan modem atau fasilitas internet wifi.
  • Segera buka alamat pengumuman.sbmptn.ac.id dengan mengetikkannya pada browser.
  • Tampilan website SBMPTN akan berubah dan meminta Anda untuk segera melengkapi data yang diperlukan, seperti nomor pendaftaran peserta dan tanggal lahir.
  • Jika Anda dinyatakan lulus SBMPTN dan diterima di PTN, maka Anda akan mendapatkan ucapan selamat. Namun, jika Anda belum lulus SBMPTN dan tidak diterima, maka tampilan website akan berubah menjadi ucapan permintaan maaf bahwa Anda tidak berhasil.

Koneksi internet yang stabil di rumah akan menjadi penentu lancarnya proses melihat pengumuman SBMPTN. Jika tidak memiliki fasilitas wifi dari penyedia layanan khusus, Anda bisa menggunakan fasilitas tethering dari ponsel. Gunakan jaringan internet terbaik yang Anda miliki.

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN dari Warnet

Melihat pengumuman SBMPTN dari warnet atau warung internet menjadi salah satu cara melihat nilai SBMPTN yang masih diminati. Biasanya, koneksi internet di rumah yang tidak stabil membuat Anda harus keluar rumah dibandingkan membeli paket internet yang lebih mahal. Saat ini, biaya browsing di warnet sudah tidak terlalu mahal, sekitar 3.000 – 5..000 rupiah per jamnya, serta di atas 5.000 rupiah untuk koneksi super cepat. Warnet yang nyaman dan menyediakan makanan pun bisa menjadi nilai lebih karena Anda akan dibuat nyaman.

Cara cek kelulusan SBMPTN yang dilakukan dari warnet juga sama seperti mengecek pengumuman melalui ponsel. Asalkan Anda sudah berhasil mengakses laman pengumuman.sbmptn.ac.id, Anda akan diminta mengisi kelengkapan data dan nomor peserta. Masalah yang biasanya dihadapi ketika sudah sampai warnet dan ingin melihat pengumuman adalah lupa pada nomor peserta. Tentu akan sangat merepotkan jika Anda harus pulang-pergi dari rumah ke warnet hanya untuk melihat nomor peserta. Oleh karena itu, siapkanlah semua perlengkapan sebelum berangkat ke warnet, apalagi jika jarak antara rumah dan warnet cukup jauh.

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN dari Media

Jika sampai saat ini internet di daerah tempat tinggal Anda masih kurang stabil, Anda tidak perlu risau dengan hasil pengumuman SBMPTN. Media-media lokal, baik media cetak berupa koran maupun media elektronik akan berlomba-lomba mengumumkan hasil kelulusan SBMPTN. Carilah koran yang paling bagus di daerah Anda untuk melihat daftar nama peserta yang lulus SBMPTN beserta program studi tujuannya.

Keuntungan melihat pengumuman SBMPTN dari koran adalah Anda bisa melihat nama teman-teman Anda. Jika Anda hanya mengakses melalui laman resmi SBMPTN, tentu hasil ujian yang dilihat hanya milik Anda sendiri. Lain halnya jika Anda melihat pengumuman melalui media cetak, Anda bahkan bisa mengetahui di jurusan dan kampus mana teman-teman Anda diterima. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli koran juga tidak terlalu mahal serta bisa lebih murah dibandingkan membeli paket internet atau ke warnet. Namun, Anda perlu sabar untuk bisa mendapatkan hasil lengkap pengumuman SBMPTN 2019 dari media cetak.

Kendala Melihat Pengumuman Hasil SBMPTN

Mamikos akan memberitahukan beberapa kendala yang biasa dihadapi ketika akan melihat pengumuman SBMPTN 2019.

  • Website yang error dan server yang down karena pengakses website SBMPTN yang membludak. Jika Anda belum berhasil masuk ke laman resmi pengumuman SBMPTN 2019, cobalah untuk tenang dan merefresh halaman berulang kali karena website tersebut akan segera normal dalam beberapa waktu. Cara ampuh untuk menghindari peluang website error adalah dengan mengakses pengumuman beberapa jam setelah waktu pengumuman SBMPTN yang pada 9 Juli 2019 (pukul 15.00 WIB).
  • Sinyal internet yang jelek. Turunnya kualitas sinyal internet bisa dipengaruhi beberapa hal, seperti perbaikan sistem di operator seluler maupun lokasi Anda tempat mengakses pengumuman SBMPTN. Jika Anda menyadari sinyal yang naik-turun ketika akan mengakses internet, sebaiknya Anda segera berpindah tempat agar bisa lancar dalam membuka website pengumuman SBMPTN.
  •  Lupa nomor pendaftaran dan data-data lainnya. Sekilas nomor pendaftaran memang menjadi hal yang sepele, namun Anda akan sangat direpotkan jika lupa nomor pendaftaran. Tanpa data tersebut, mustahil Anda bisa melihat pengumuman kelulusan.

Setelah membaca artikel cara melihat pengumuman SBMPTN di atas, apakah Anda sudah menyiapkan berbagai hal yang diperlukan? Jangan lupa untuk menentukan hunian nyaman terutama jika Anda akan merantau dan jauh dari orang tua. Gunakan aplikasi pencari kost mamikos agar Anda bisa menghemat waktu survey. Tidak ada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mengakses aplikasi mamikos di ponsel android. Justru Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi lengkap, seperti data lokasi kost Jogja murah untuk Anda yang tertarik kuliah di kota pelajar. Kost Bandung murah juga tersedia jika Anda tertarik kuliah di Bandung, seperti di ITB, Universitas Padjadjaran, maupun kampus lainnya. Kost lainnya di kota-kota besar pun tersedia selagi Anda cukup cermat dalam mencari.

Ingin menghemat biaya kost selama tinggal di perantauan? Cobalah mencari kamar kost yang bisa disewa beberapa orang dalam satu kamar. Pastikan untuk memilih kamar berukuran luas serta sudah dilengkapi perabot agar Anda tidak kesulitan sewaktu proses pindahan. Lokasi kost strategis dan dekat kampus pun bisa Anda dapatkan hanya dengan biaya sewa mulai dari 200 ribuan per bulan. Sangat terjangkau, bukan? Segera booking kamar kost dekat kampus yang Anda inginkan melalui aplikasi kost mamikos. Kini, Anda tidak perlu bingung mengenai masalah hunian setelah lulus SBMPTN 2019. Selamat mencari!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2019/2020

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2019/2020