Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word, Cepat dan Mudah

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word, Cepat dan Mudah – Tanda tangan merupakan salah satu bagian penting dari dokumen yang sifatnya resmi untuk mengesahkan isi yang ada di dalam dokumen tersebut. Berkat adanya kemajuan teknologi yang semakin memudahkan berbagai urusan yang ada, saat ini tanda tangan dapat dilakukan dengan cara digital. Banyak manfaat yang didapatkan seperti lebih menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya yang perlu untuk dikeluarkan. Bagi yang masih cukup awam dengan tanda tangan digital ini, kali ini Mamikos akan memberikan tips tentang bagaimana cara membuat tanda tangan di Word digital dengan lebih cepat dan mudah.





Mengenal Kemudahan dalam Penggunaan Tanda Tangan Digital

unsplash.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa di tengah era yang sudah modern dan digital seperti sekarang ini, kemudahan dan juga menghemat waktu menjadi hal penting untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Hal ini juga didukung dengan adanya teknologi yang membantu untuk dapat mencapai berbagai tujuan yang diinginkan. Tentu hal ini akan lebih menguntungkan dari sisi tenaga, waktu, dan juga uang dibandingkan dengan cara yang konvensional. Termasuk juga untuk membubuhkan tanda tangan pada dokumen Word yang saat ini sudah dapat dilakukan dengan cara digital.



Tanda tangan memegang peranan yang cukup penting dalam hal administrasi dan juga keperluan untuk surat-menyurat. Tanda tangan ini sendiri menjadi sebuah bukti persetujuan secara resmi terkait dengan isi yang ada di dalam surat itu sendiri. Namun, terkadang adanya jarak dan waktu membuat penyelesaian urusan administrasi ini menjadi sulit jika harus diselesaikan secara konvensional. Oleh karena itu, kemudahan yang ditawarkan oleh cara membuat tanda tangan di word digital ini menjadi alternatif terbaik.

Tanda tangan sendiri sifatnya unik dan juga personal karena setiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing dan tidak dapat ditiru oleh orang lain. Maka dari itu, penting untuk dapat membubuhkan tanda tangan sendiri pada dokumen tertentu yang sifatnya resmi. Adanya tanda tangan digital ini akan semakin mempermudah proses ini hanya dengan menggunakan Microsoft Word saja. Dokumen Word mampu untuk mempermudah proses karena banyak orang yang juga menggunakan software yang sama.

Langkah Mudah untuk Membuat Tanda Tangan Digital

Tidak hanya menggunakan Microsoft Word saja, ada cara lain juga yang dapat dilakukan untuk membuat tanda tangan digital. Salah satunya yaitu dengan menggunakan berbagai situs online yang menyediakan fasilitas ini. Cara ini lebih mudah dan cepat untuk digunakan bagi kamu yang tidak ingin kerepotan untuk membuka file dokumen terlebih dahulu. Simak caranya berikut ini:

1. Buka Situs Online Signature Penyedia Tanda Tangan Digital

Buka situs online untuk tanda tangan digital seperti Online Signature yang mudah dan hasilnya bagus. Situs ini dapat dibuka melalui perangkat PC seperti laptop.

2. Klik Pada Pilihan Menu Draw Signature

Pada bagian pojok kanan atas, terdapat menu Draw Signature yang dapat dipilih. Menu ini nantinya akan membawa ke laman agar dapat menggambar tanda tangan.

3. Gambar Tanda Tangan Pada Kotak yang Tersedia

Gambar tanda tangan pada kotak yang telah tersedia. Tanda tangan ini dapat dibuat dengan menggerakkan kursor menggunakan touchpad atau juga dengan bantuan mouse.

4. Unduh Tanda Tangan

Jika sudah puas dengan hasil tanda tangan yang digambar, klik pada tombol Save. Unduh tanda tangan dengan klik pada bagian Download Signature.

5. Tanda Tangan Bisa Digunakan

Setelah diunduh, kamu dapat mengecek hasil tanda tangan dan file gambar siap untuk digunakan.

Cara Mudah untuk Membubuhkan Tanda Tangan Digital Pada Microsoft Word

Menambahkan tanda tangan digital sendiri sebenarnya cukup mudah dan cepat untuk dilakukan. Apalagi jika sudah memiliki Microsoft Word pada perangkat yang digunakan untuk membuat dokumen itu sendiri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tanda tangan ini, termasuk juga dari pihak lain karena mengingat tanda tangan tidak dapat ditiru. Simak penjelasan yang ada di bawah ini mengenai langkah yang digunakan untuk dapat menambahkan tanda tangan pada dokumen Word.

A. Langkah untuk Menambahkan Signature Line Pada Word

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tanda tangan sifatnya lebih personal dan unik sehingga setiap orang pasti memiliki versi yang berbeda. Maka dari itu, tanda tangan ini tidak dapat ditiru atau diduplikasikan tanpa sepengetahuan dari pemiliknya sendiri. Terkadang perlu untuk meminta tanda tangan dari pihak lain yang dibutuhkan untuk administrasi tertentu. Jika hal ini terjadi, langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan menyediakan tempat untuk pihak ketiga membubuhkan tanda tangan atau juga disebut dengan Signature Line.

Berikut ini merupakan langkah untuk dapat menambahkan Signature Line pada Microsoft Word, diantaranya:

  1. Membuka file dokumen yang ingin untuk dibubuhkan tanda tangan dari orang lain.
  2. Tentukan tempat dalam dokumen tersebut yang ingin untuk diberikan tanda tangan. Arahkan kursor tepat pada tempat yang sudah ditentukan tersebut.
  3. Cari menu Insert pada bagian atas layar dan klik pada menu tersebut.
  4. Cari pada bagian Text dan pilih Signature Line.
  5. Klik pada bagian Microsoft Office Signature Line agar dapat membuka bagian Setup.
  6. Pilih kotak dialog yang bertuliskan tentang signature service yang berasal dari pihak ketiga dan klik Ok.
  7. Tuliskan data dari penandatangan secara lengkap, seperti nama, jabatan, dan juga alamat surel pada kotak dialog Signature Setup.
  8. Klik pada beberapa opsi seperti tampilan tanggal tanda tangan atau penambahan komentar dari penandatangan jika dibutuhkan.
  9. Jika dirasa sudah selesai dan benar, maka klik Ok.
  10. Jangan lupa untuk menyimpan file agar setting yang sudah dibuat tidak hilang.

B. Langkah dalam Menambahkan Tanda Tangan Pada Word Digital

Jika sudah diberi ruang untuk penambahan tanda tangan, maka hal selanjutnya yang perlu untuk dilakukan yaitu menandatangani dokumen tersebut. Penambahan tanda tangan secara digital ini cukup mudah untuk dilakukan sesuai dengan langkah yang akan dijelaskan di bawah ini. Pada setiap dokumen yang perlu untuk ditandatangani, biasanya akan ada penjelasan mengenai tempat untuk tanda tangan tersebut. Hal ini akan semakin memudahkan untuk menambahkan tanda tangan pada dokumen yang ada.

Berikut ini merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk dapat menambahkan tanda tangan digital di Word, diantaranya:

  1. Buka dokumen Word yang perlu untuk ditandatangani.
  2. Setiap dokumen ini biasanya akan tersedia Signature Line yang menjadi tempat untuk tanda tangan. Jika belum ada, maka perlu untuk menambahkan Signature Line pada dokumen tersebut.
  3. Jika dokumen sudah tersedia Signature Line, maka pada bagian bawah Toolbar akan muncul pesan untuk tanda tangan yang dibutuhkan.
  4. Klik pada menu View Signatures dan ketahui siapa saja yang perlu untuk menambahkan tanda tangan pada dokumen tersebut.
  5. Cari Signature Line yang menjadi tempat untuk tanda tangan. 
  6. Klik sebanyak dua kali pada tempat Signature Line yang telah tersedia.
  7. Kotak dialog akan muncul mengenai signature service yang berasal dari pihak ketiga, kemudian klik Ok.
  8. Jika menggunakan layanan dari pihak ketiga untuk menambahkan tanda tangan digital, maka pilih menu Signature Service from the Office Marketplace.
  9. Unggah tanda tangan digital melalui Select Image.
  10. Klik pada bagian Sign.
  11. Cek tanda tangan sudah ditambahkan pada dokumen tersebut.

C. Langkah Jika Ingin Menggunakan Tanda Tangan Elektronik Pada Word

Tidak hanya tersedia tanda tangan digital saja, tetapi bagi beberapa orang menggunakan tanda tangan elektronik lebih mudah untuk digunakan. Tanda tangan jenis satu ini juga dapat dengan mudah untuk ditambahkan pada dokumen yang ada. Pada dasarnya, cara yang dilakukan kurang lebih sama dengan menambahkan tanda tangan digital. Kamu dapat memilih mana cara yang dirasa lebih mudah untuk dilakukan.

Berikut ini merupakan langkah untuk menambahkan tanda tangan elektronik pada dokumen Word, diantaranya:

  1. Pada selembar kertas putih, bubuhkan tanda tangan di atasnya.
  2. Tanda tangan tersebut dapat discan atau foto dan pastikan disimpan dengan menggunakan format .jpg atau .png.
  3. Buka dokumen yang perlu untuk diberikan tanda tangan.
  4. Arahkan kursor tepat ke bagian yang perlu untuk diberikan tanda tangan.
  5. Cari menu Insert dan pilih Pictures.
  6. Pilih foto tanda tangan yang sudah disimpan tadi.
  7. Cek apakah tanda tangan sudah sesuai pada tempat yang disediakan.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti bagaimana cara menambahkan tanda tangan di Word digital dengan lebih cepat dan mudah. Dalam dunia yang serba digital seperti saat ini, banyak pekerjaan dapat menjadi lebih cepat untuk diselesaikan. Sekarang jika membutuhkan tanda tangan, kamu tinggal mengikuti sesuai dengan langkah seperti di atas. Kamu juga dapat dengan mudah untuk mengetahui tips bermanfaat lainnya hanya di Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah