Pengumuman CPNS Kemenkumham

Cara Mudah Melihat Pengumuman SBMPTN 2020

Posted in: Pendidikan SBMPTN

Pengumuman SBMPTN 2020 – Kini, salah satu informasi yang paling ditunggu-tunggu oleh para calon mahasiswa baru adalah pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. SBMPTN ini merupakan salah satu jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui tes berupa ujian tertulis. Saat ini, ujian tertulis untuk bisa mengikuti SBMPTN disebut dengan UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer. Nah, kira-kira gimana nih? Sudah siapkah kamu untuk melihat hasil SBMPTN 2020? Jika sudah, di bawah ini Mamikos akan berikan info seputar cara mudah untuk melihat pengumuman SBMPTN 2020.

Cek Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2020 Berikut Ini

Pengumuman SBMPTN 2020

mamikos.com

Sembari menunggu pengumuman SBMPTN 2020 dalam kurun waktu 1 bulan, maka kamu juga perlu memahami bagaimana cara melihat pengumuman SBMPTN. Seperti melihat dan mencatat situs resmi PTN yang ada di Indonesia. Hal ini dianggap penting karena dengan memahami cara melihat pengumuman SBMPTN, maka nantinya kamu juga diharapkan tidak akan mengalami kebingungan bahkan tidak tahu kala mengecek hasil dari tes kelulusan SBMPTN. Untuk mengetahui cara mudah melihat pengumuman SBMPTN 2020 ini, kamu bisa cek infonya di akhir artikel.

Apa Itu SBMPTN 2020?

Sejak tahun 2019 lalu, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK ditambah dengan kriteria lain ditetapkan bersama PTN. Dengan kata lain, siswa yang akan mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) melalui SBMPTN harus mengikuti UTBK terlebih dahulu. UTBK sendiri merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Sehingga agar bisa mengikuti proses UTBK hingga SMBPTN, siswa perlu membuat akun LTMPT sebagai langkah awal.

Persyaratan SBMPTN 2020

Sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi seputar SBMPTN dan UTBK yang menjadi syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. Namun, untuk mengikuti UTBK, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, diantaranya akan dipaparkan sebagai berikut.

  1. Siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020
  2. Siswa-siswi lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2018 dan 2019 atau siswa-siswi lulusan paket C tahun 2018 dan 2019
  3. Peserta UTBK hanya bisa mengikuti satu kali tes dengan beberapa ketentuan, di antaranya yaitu:
    1. UTBK kelompok Saintek mengikuti tes Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek, yang terdiri dari Matematika Saintek, Kimia, Fisika dan Biologi.
    2. UTBK kelompok Soshum mengikuti tes Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum, yang terdiri dari Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi.
    3. UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum dan Saintek.
  4. Hanya saja, karena mewabahnya pandemi virus Covid-19, maka materi tes yang diujikan hanya TPS
  5. Peserta wajib membayar biaya UTBK sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih. Untuk informasi lengkap seputar biaya UTBK, kamu bisa mengetahuinya pada pembahasan di bawah ini.

Sedangkan, untuk bisa mengikuti SBMPTN maka kamu juga harus memenui beberapa ketentuan berikut:

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Memiliki Nilai UTBK.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Memiliki NISN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2020.

Biaya Pendaftaran SBMPTN 2020

Adapun biaya SBMPTN 2020 yang perlu kamu penuhi di antaranya, yaitu:

  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000

Biaya-biaya tersebut bisa kamu bayarkan melalui Bank BNI, Mandiri atau pun BTN. Perlu diingat, bahwa biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Selain itu, untuk calon peserta KIP Kuliah atau KIP-K yang sudah dinyatakan lolos persyaratan nantinya tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun.

Tahapan Mengikuti SBMPTN 2020

Apabila semua persyaratan serta biaya untuk mengikuti SBMPTN sudah kamu penuhi, selanjutnya kamu perlu mengetahui dan memahami apa saja tahapan yang perlu dilakukan untuk SBMPTN tahun 2020. Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa tahapan dalam mengikuti SBMPTN seperti yang dilansir pada ltmpt.ac.id, di antaranya yaitu:

  1. Melakukan pendaftaran atau registrasi akun siswa LTMPT pada laman https://prtal/ltmpt.ac.id menggunakan NISN, NPSN serta tanggal lahir peserta yang sudah bisa dilakukan sejak 17 Februari – 05 April 2020.
  2. Login akun LTMPT dengan memasukkan username/e-mail dan password ke laman ltmpt.
  3. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa. Pada menu tersebut kamu perlu mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru serta melakukan verifikasi biodata.
  4. Setelah itu, pilih menu Pendaftaran UTBK. Pada menu ini, kamu bisa memilih jenis ujian, sesi ujian serta lokasi Pusat UTBK PTN yang kamu inginkan untuk selanjutnya mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. Setelah semua dokumen dan beberapa hal lainnya sudah terisi lengkap, selanjutnya kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan slip pembayaran, melalui Bank BNI, BTN atau Mandiri hingga paling lambat 1 x 24 jam. Namun, proses pembayaran tersebut tidak berlaku untuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).
  6. Setelah proses pembayaran berhasil dilakukan, kamu bisa login kembali ke laman untuk memilih menu Pendaftaran UTBK agar bisa mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Tahap terakhir, kamu tinggal menunggu waktu UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi serta lokasi Pusat UTBK PTN yang kamu pilih. Namun perlu diingat, bahwa kini tes UTBK dilakukan dalam empat sesi setiap harinya selama pandemi virus Covid-19.

Materi Tes SBMPTN 2020

Kini, materi yang diujikan di SBMPTN hanya meliputi 1 jenis tes, yakni TPS (Tes Potensi Skolastik). Di mana TPS ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif, meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan soal yang akan muncul pada tes potensi skolastik pada SBMPTN 2020 mencakup empat jenis, yakni:

  1. Penalaran umum
    • Penalaran bacaan: membaca teks tabel/grafik, paragraph argumentative, memahami informasi dalam bacaan, analisis dari tabel/grafik/kurva yang disertakan dalam teks bacaan.
    • Penalaran kuantitatif: operasi bilangan bulat, pecahan, perbandingan, aritmatika, persamaan linear, pola bilangan, dll.
  2. Pemahaman bacaan dan menulis
    • Memahami inti paragraph, kesimpulan, pesan tersirat, dll
    • Penggunaan EYD yang tepat
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
    • Soal Bahasa Indonesia dan sebagian Bahasa Inggris
    • Pengetahuan tentang idiom, anonym, sinonim, identifikasi wacana, mencari informasi dari bacaan
  4. Pengetahuan Kuantitatif
    • Aljabar, aritmatika, geometri, peluang, kecukupan data ya/tidak, fungsi, statistika, dll.

Pengumuman SBMPTN 2020

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa hal seputar SBMPTN, mulai dari persyaratan, biaya hingga tahapan-tahapan apa saja yang perlu kamu lakukan selama UTBK agar bisa lolos SBMPTN. Setelah mengetahui dan memahami beberapa hal tersebut, kini saatnya mengetahui jadwal dan pengumuman SBMPTN 2020. Untuk itu, berikut adalah jadwal terbaru pengumuman SBMPTN 2020 yang tertunda karena pandemi Covid-19 seperti yang dilansir pada ltmpt.ac.id. Adapun jadwal dan pengumuman SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilaksanakan pada 2 – 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK akan dilangsungkan pada 5 – 29 Juli 2020
  • Pengumuman SBMPTN akan dilangsungkan pada 14 Agustus 2020

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2020

Hasil SBMPTN 2020 dapat kamu lihat sesuai dengan jadwal yang sudah dikeluarkan oleh LTMPT, yakni pada tanggal 14 Agustus 2020. Pengumuman SBMPTN ini nantinya bisa kamu cek di link resmi di pengumuman.sbmptn.ac.id/ dan 12 link mirror yang disediakan oleh LTMPT. Adapun cara mengecek kelulusan SBMPTN 2020 di link pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan nomor peserta SBMPTN
  2. Masukkan tanggal lahir
  3. Setelah itu, kamu pun akan mendapatkan hasil dari SBMPTN 2020

Sebagai informasi tambahan, pengumuman SBMPTN 2020 ini juga bisa kamu cek di 12 link mirror yang disediakan oleh LTMPT di bawah ini.

Video Cara Melihat Pengumuman UTBK-SBMPTN

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan seputar cara melihat penguman SBMPTN 2020. Buat kamu yang dinyatakan lolos SBMPTN, silahkan langsung memproses registrasi ulang di masing-masing kampus tujuan dengan jadwal yang sudah ditentukan PTN tujuan ya. Bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos SBMPTN 2020 jangan kecewa, kamu pun masih memiliki kesempatan masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi mandiri. Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: