Cek Nama Peserta Lulus SNBP 2023, Ada Namamu di Sini?

Cek Nama Peserta Lulus SNBP 2023, Ada Namamu di Sini? — Apabila kamu adalah peserta yang mengikuti dan mendaftarkan diri pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, kamu pasti sedang merasa gugup sekaligus tak sabar.



Kamu pasti ingin segera tahu seperti apa pengumuman SNBP yang akan dirilis pada 28 Maret 2023 mendatang.

Tak salah jika kamu mencari info cara cek nama peserta lulus SNBP 2023 sebagai bahan persiapan sedari dini.

Begini Langkah Mengecek Nama Peserta Lulus SNBP 2023

freepik.com/Racool_studio

Pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang semula bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah selesai dilaksanakan pada 28 Februari 2023 kemarin.

Setelah itu, para peserta yang mengikuti gelaran SNBP 2023 hanya tinggal menunggu hasil akhir alias pengumuman peserta lulus SNBP tersebut.


Apakah namamu tercantum di daftar peserta lulus SNBP? Mari berdoa yang terbaik bersama-sama mulai sekarang.


Meskipun masih tersisa beberapa hari lagi sebelum pengumuman peserta lulus SNBP 2023 dirilis, namun saat ini mulai banyak para peserta yang mencari tahu cara cek nama peserta lulus SNBP nya.

Sebagai langkah dari persiapan dasar, Mamikos akan menginfokan cara cek nama peserta lulus SNBP 2023 tersebut untuk kamu di artikel kali ini dengan saksama.


SNBP Sebagai Pengganti SNMPTN

Sebelum masuk pada bahasan cek nama peserta lulus SNBP 2023 yang akan Mamikos infokan di bawah, mari simak dulu penjelasan SNBP sebagai pengganti SNMPTN sebagai berikut.


Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan sebuah sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (maba) yang dikelola secara resmi oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) yang menjalin kerja sama dengan PTN di seluruh Indonesia.


Tujuan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) menjadi pengganti dari SNMPTN tak lain adalah untuk jadi penyambung transformasi, berbagai perubahan, dinamika-dinamika yang telah dikembangkan melalui kebijakan Merdeka Belajar yang dimulai dari pendidikan dasar hingga menengah.

Sebagaimana info yang Mamikos kutip via situs web Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), rangkaian proses seleksi atau pendaftaran SNBP resmi ditutup pada 28 Februari 2023 lalu.

Berdasarkan statistik akhir pendaftaran SNBP mendapatkan data sebanyak 663.181 siswa di seluruh Indonesia telah selesai melakukan pendaftaran SNBP hingga tahap finalisasi data serta mencetak kartu peserta mereka masin-masing.


Usai proses finalisasi data, maka seluruh siswa yang mendaftarkan diri pada SNBP tidak lagi dapat mengubah data apa pun jika ada kesalahan data yang tanpa sengaja dilakukannya alias data sudah terkunci secara otomatis.


Cara Perhitungan Seleksi Masuk Jalur SNBP 2023

Sekadar pengingat mengenai cara perhitungan seleksi masuk jalur SNBP 2023, berikut ini Mamikos lampirkan lagi informasinya untuk dapat kamu baca dan pahami dengan saksama.

  1. Memiliki minimal 50 persen rata-rata nilai rapor semua mata pelajaran.
  2. Maksimal 50 persen nilai maksimal 2 mata pelajaran pendukung pada rapor, prestasi dan/atau portofolio untuk pemilihan jurusan/program studi seni dan olahraga.

Pengumuman hasil akhir peserta lulus jalur SNBP dapat dicek langsung via laman SNPMB pada 28 Maret 2023 mendatang.

Seluruh peserta yang dinyatakan lolos pada jalur SNBP 2023 maka wajib untuk melakukan daftar ulang. Peserta bersangkutan yang dinyatakan lolos juga tidak dapat mengikuti SNPMB lainnya di tahun-tahun selanjutnya.


Seluruh peserta yang telah dinyatakan diterima PTN atau lulus pada jalur SNBP 2023 juga tidak diperbolehkan untuk mengikuti jalur SNBT.

Seluruh proses daftar ulang dapat dilakukan di PTN tujuan (yang menerima siswa) sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh PTN masing-masing.

Untuk info lengkap terkait jadwal daftar ulang, seluruh peserta lolos dapat memantau langsung informasinya pada laman atau media sosial PTN yang menerimanya masing-masing.


Begitu pula dengan para peserta yang telah dinyatakan lolos SNMPTN tahun 2021 dan 2022, maka tidak diperkenankan untuk mendaftar SNBT tahun 2023.


Seluruh informasi lanjutan mengenai SNPMB, dapat memantau laman resmi SNBP di alamat snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Nama Peserta Lulus SNBP 2023 Dapat Dicek di Situs SNPMB

Rangkaian proses pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 telah ditutup pada hari Selasa, 28 Februari 2023, tepat pukul 15.00 WIB.

Para peserta yang mendaftar tentu mulai bertanya-tanya kemudian, kapankah pengumuman SNBP 2023 akan dirilis oleh pihak SNPMB?


Berdasarkan situs resmi SNPMB, pengumuman peserta lulus jalur SNBP 2023 akan dirilis secara resmi dan dapat langsung dicek pada 28 Maret 2023 mendatang.


Hasil jalur SNBP 2023 akan diumumkan pada portal resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di alamat snpmb.bppp.kemdikbud.go.id ini.

Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan salah satu jalur seleksi yang dibuka pada SNPMB 2023. Seleksi satu ini akan menilai prestasi para peserta berdasarkan nilai rapor mulai semester 1 hingga 5 serta prestasi akademik maupun non akademik yang ia capai.

Peserta SNBP merupakan para siswa kelas terakhir atau kelas 12 SMA/sederajat yang memenuhi kuota sekolah. Peserta yang mengikuti SNBP dapat disebut juga sebagai siswa Eligible.

Cek Nama Peserta Lulus SNBP 2023 di Link Berikut

Berikut ini sudah Mamikos lampirkan tata cara cek nama peserta lulus SNBP 2023 yang nantinya dapat kamu lakukan saat pengumuman lolosnya resmi dirilis oleh pihak SNPMB di situs webnya.


  • Buka atau kunjungi portal SNPMB resmi di alamat snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id ini.
  • Log in ke akun SNPMB kamu dengan menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya, lalu klik Sign In.
  • Pilih hasil seleksi SNBP yang tertera di layar.
  • Tunggu sampai hasil dimunculkan di layar. Jika sudah ada pengumuman, semoga namamu tercantum di deretan peserta lulus SNBP 2023.

Catatan tambahan:

Untuk seluruh peserta yang dinyatakan lulus pada jalur SNBP 2023 nanti jangan lupa untuk melakukan daftar ulang di PTN yang menerimanya.

Daftar ulang ini bersifat wajib untuk dilakukan, sebab jika tidak melakukannya nama peserta akan gugur dari deretan calon mahasiswa yang diterima di PTN tersebut.

Tentu kamu tidak ingin usaha dan kerja keras kamu sia-sia begitu saja. Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik informasi daftar ulang di situs resmi PTN yang telah menerima kamu.

Pesan Untuk Peserta yang Belum Berhasil Lulus SNBP

Untuk kamu yang telah dinyatakan lulus pada jalur SNBP 2023 Mamikos ucapkan selamat menempuh kehidupan baru sebagai mahasiswa di PTN idaman tak lama lagi.

Namun jika namamu belum tercantum sebagai salah satu peserta lulus SNBP 2023, jangan berkecil hati dulu. Sebab masih ada jalur lain yang disediakan oleh SNPMB untuk kamu coba yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Rangkaian pendaftaran SNBT pun masih terbuka saat pengumuman peserta lulus SNBP dirilis. Sebab pendaftaran UTBK SNBT dimulai sejak 23 Maret dan ditutup pada 14 April 2023 nanti.


Pelaksanaan UTBK SNBT gelombang pertama akan dilakukan pada tanggal 8 hingga 14 Mei 2023. Lalu untuk pelaksanaan gelombang kedua UTBK SNBT nya akan dilangsungkan pada 22 hingga 28 Mei 2023.

Sementara pengumuman SNBT 2023 dirilis secara resmi pada 20 Juni 2023. Karena waktu pendaftarannya masih terbuka saat ini, maka tak ada salahnya untuk mencoba mendaftarkan diri untuk menuju PTN dan jurusan impian kamu.

Ulasan cara cek nama peserta lulus SNBP 2023 di atas harus Mamikos sudahi sampai di sini. Mamikos harapkan apa yang sudah kamu baca di atas dapat menambah persiapan kamu dalam menjelang pengumuman SNBP 2023 nanti.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta