Contoh CV Mahasiswa Beserta Tips Cara Membuatnya

Posted in: Tips Loker

Contoh CV Mahasiswa Beserta Tips Cara Membuatnya – Siapa bilang kalau yang boleh membuat CV hanya para pencari kerja saja? Kamu yang masih kuliah dan belum lulus pun juga sangat diperbolehkan untuk membuat CV untuk keperluanmu sendiri, baik itu untuk keperluan kampus maupun untuk mendaftar magang. Lalu, seperti apa saja contoh CV mahasiswa yang baik dan benar serta tips dalam membuatnya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Informasi Terbaru Contoh CV Mahasiswa Beserta Tips Cara Membuatnya

unsplash.com

Sebagai seorang mahasiswa, kamu mungkin belum terlalu tahu cara membuat CV yang baik dan benar serta menarik bagi pembaca yang kamu tuju. Padahal, membuat CV yang baik dan benar sangat diperlukan dalam dunia profesional setelah kamu lulus dan mencari kerja nantinya. Nah, Mamikos sudah mengumpulkan beberapa contoh CV mahasiswa yang bisa kamu lihat sebagai inspirasi membuat CV kamu sendiri nantinya. Selain itu, Mamikos juga akan menyampaikan beberapa tips terbaik yang bisa kamu terapkan untuk membuat CV mahasiswa milikmu sendiri.

Daftar Lengkap Contoh CV Mahasiswa

Kamu mungkin memang belum lulus, tapi bukan berarti kamu bisa berdiam diri dan tidak mempersiapkan apapun untuk menghadapi dunia kerja. Sebagai salah satu persiapan, kamu bisa memulainya dengan membuat CV berdasarkan pengalaman yang kamu miliki saat ini. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa memperbarui CV tersebut dengan menambahkan pengalaman-pengalaman lain yang kamu dapatkan. Sebagai referensi bagi kamu, berikut adalah enam contoh CV mahasiswa yang telah Mamikos himpun.

1. Contoh CV Mahasiswa Sederhana

thebalancecareer.com

Contoh CV mahasiswa yang pertama adalah yang sederhana tanpa desain. Kalau memang tidak diperlukan, kamu tidak harus mendesain CV kamu dan membuatnya seperti contoh CV mahasiswa di atas. Hal yang paling utama dan paling penting untuk kamu perhatikan adalah tetap gunakan bahasa formal, tidak bertele-tele, serta menuliskan informasi dengan jelas. Meskipun tanpa desain, kamu tetap bisa membuat CV dengan rapi dan terlihat profesional, kok!

2. Contoh CV Mahasiswa Keperawatan

template.net

Nah, kalau contoh CV mahasiswa yang berikutnya adalah untuk mahasiswa keperawatan. Dari contoh di atas, kamu mungkin bisa melihat bahwa ada foto, informasi kontak dan alamat, profil diri, bagian pendidikan, keahlian, dan pengalaman. Semua disusun sedemikian rupa dengan rapi agar memudahkan perekrut untuk memahami setiap informasi diri kamu. Jangan lupa juga untuk memberi kalimat atau deskripsi penjelas untuk pendidikan dan pengalaman kamu, ya!

3. Contoh CV Mahasiswa Marketing

unjkita.com

Selanjutnya adalah contoh CV mahasiswa marketing yang juga bisa kamu gunakan sebagai referensi. Sebenarnya tidak ada desain berlebihan dalam CV tersebut, hanya permainan font dan padu-padan warna sehingga CV tersebut terlihat sangat menarik. Penataan setiap bagian informasi juga sangat rapi dan cukup mudah untuk dibaca oleh perkerut. Selain itu, informasi yang diberikan juga cukup jelas sehingga perekrut akan lebih mudah mengetahui informasi tentang pelamar tersebut.

4. Contoh CV Mahasiswa Tanpa Pengalaman

studentjob.co,uk

Contoh CV mahasiswa berikutnya juga tidak memiliki desain yang terlalu rumit. Hal yang berusaha ditonjolkan dalam CV tersebut adalah pengalaman, pendidikan, keahlian, serta hobi dan minat yang relevan dengan posisi yang dilamar. Pada bagian pendidikan, kamu bisa melihat nilai untuk beberapa mata kuliah seperti Matematika, Bahasa Inggris, serta Ilmu Pengetahuan Alam. Jika kamu merasa bahwa posisi yang kamu lamar cukup relevan dengan mata kuliah tersebut, maka kamu juga bisa menuliskan serta nilainya.

5. Contoh CV Mahasiswa Untuk Keperluan Magang

studentjob.co,uk

Salah satu hal yang mungkin akan kamu hadapi sebagai mahasiswa adalah magang di semester akhir sebelum skripsi. Nah, contoh CV mahasiswa di atas bisa kamu cermati jika kamu akan melamar magang di suatu perusahaan tertentu. Berikan informasi yang lengkap dan jelas untuk mempermudah perekrut memahami tentang diri kamu. Tuliskan informasi seperti keahlian, kemampuan bahasa asing, hobi, serta minat yang kamu rasa relevan dengan posisi atau perusahaan yang kamu tuju.

6. Contoh CV Mahasiswa yang Baru Lulus

studentjob.co,uk

Kalau kamu baru saja lulus dari perkuliahan, kamu juga perlu membuat CV untuk mencari kerja. Contoh CV mahasiswa di atas bisa kamu gunakan untuk menyusun informasi terbaik yang mendukung lamaran kerja kamu di suatu perusahaan. Kalau kamu memang memiliki pengalaman kerja selama masih kuliah, jangan takut untuk menuliskannya selama itu masih relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu tuju.

Tips Cara Membuat CV Mahasiswa

Sudah jelas dengan contoh CV mahasiswa di atas? Sebelum kamu memulai untuk membuat CV kamu sendiri, ada beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan. Mamikos telah menghimpun beberapa tips cara membuat CV mahasiswa yang baik dan benar serta menarik. Simak info selengkapnya di bawah ini.

1. Tekankan Pada Pendidikanmu

unsplash.com

Seperti beberapa contoh CV mahasiswa yang sudah Mamikos berikan di atas, kamu pasti bisa melihat bahwa terdapat bagian pendidikan dari masing-masing CV. Pada dasarnya, mendapatkan sebuah gelar selama kuliah merupakan proses yang sangat panjang serta membutuhkan usaha yang sangat keras, dan para perekrut sangat memahami hal tersebut. Terserah kepadamu soal penekanan bagaimana kesesuaian pengalaman belajar sebagai mahasiswa selama ini dengan posisi yang kamu targetkan. Membangun sebuah bagian pendidikan yang sempurna merupakan kunci bagi kamu untuk membuat CV mahasiswa yang baik.

Kalau kamu melihat secara lebih detail, ada bagian-bagian yang harus dituliskan dalam setiap contoh CV mahasiswa di atas. Beberapa bagian tersebut di antaranya adalah institusi pendidikan, bidang pendidikan atau jurusan, serta IPK kamu. Agar lebih jelas, simak informasinya di bawah ini.

Institusi Pendidikan

Di manapun kamu sekolah dan kuliah, institusi tersebut adalah bagian dari perjuangan kamu. Jangan pernah merasa tidak percaya diri dengan nama sekolah maupun perguruan tinggi kamu. Tetap tuliskan informasi serinci mungkin seputar nama institusi, bidang pembelajaran atau jurusan, dan tahun kamu menjalankan pendidikan tersebut di dalam CV.

Jurusan

Seorang mahasiswa dari jurusan Teater mungkin akan memiliki pengalaman yang sangat berbeda dibanding dengan mereka yang kuliah di jurusan Teknik. Nah, untuk memberi penjelasan yang lebih baik kepada perekrut seputar pengalaman kamu, jangan lupa untuk menuliskan potongan informasi tersebut.

Nilai Akhir atau IPK

Selain kualitas, terkadang perekrut juga mempertimbangkan kuantitas dari pelamar. Perekrut biasanya lebih menyukai angka karena akan mempermudah mereka untuk menilai pencapaian kamu. Kuantitas yang dimaksud terkadang bisa kamu tunjukkan melalui nilai akhir atau IPK dari masing-masing institusi pendidikan tempatmu bersekolah dan kuliah. Jika kamu belum lulus, maka kamu bisa menyertakan IPK kamu saat ini.

2. Ganti Pengalaman Kerja Dengan Pengalaman yang Relevan

unsplash.com

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja yang bisa kamu tuliskan di CV, bukan berarti kamu tidak memiliki pengalaman relevan dalam konteks non profesional. Baik itu melalui aktivitas volunteer, kegiatan mahasiswa, atau pertukaran pelajar, kamu mungkin memiliki beberapa pengalaman yang bisa digali dan dituliskan di CV kamu. Untuk itu, kamu bisa mengganti bagian “Pengalaman Profesional” dengan “Pengalaman yang Relevan” pada CV. Bagian tersebut akan mengisi CV kamu dengan baik, jadi pastikan bahwa kamu mengisinya dengan poin-poin untuk mengilustrasikan bagaimana pengalaman-pengalaman tersebut telah mempersiapkan kamu untuk posisi yang kamu lamar.

3. Tunjukkan Keahlianmu

unsplash.com

Dari contoh CV mahasiswa di atas, kamu mungkin melihat sebuah bagian yang dikhususkan untuk keahlian yang dimiliki. Di dalam CV, kamu memang dituntut untuk bisa menjabarkan keahlian kamu sebaik mungkin demi menarik minat perekrut. Untuk bisa memiliki sebuah keahlian, kamu tidak perlu memiliki pengalaman kerja. Melalui pendidikan yang telah atau sedang kamu jalani saat ini, kamu mungkin telah mengumpulkan beragam keahlian yang relevan seperti berikut ini.

  1. Microsoft Office (Word atau PowerPoint)
  2. Manajemen waktu
  3. Riset
  4. Kerjasama dan kolaborasi
  5. Etika bekerja
  6. Flesibilitas dan adaptabilitas

Beberapa keahlian di atas hanya segelintir keahlian yang biasanya didapatkan oleh mahasiswa melalui kuliah mereka. Kamu bisa mendalaminya lebih jauh dengan membuat daftar keahlian lain yang lebih spesifik lagi yang kamu dapatkan di kelas seperti PhotoShop dalam mata kuliah desain atau Excel dalam mata kuliah statistik. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan keahlian yang kamu pelajari secara independen seperti pelatihan online atau keahlian yang kamu asah melalui kegiatan mahasiswa di luar kelas.

4. Gunakan Format dan Struktur yang Tepat

unsplash.com

Tips yang tak kalah penting dalam membuat CV untuk mahasiswa adalah dengan menggunakan format serta struktur yang tepat. Kalau kamu tidak tahu seperti apa format dan struktur tersebut, kamu bisa melihatnya pada contoh CV mahasiswa di atas. Dengan menerapkan tips yang satu ini, CV kamu akan terlihat lebih profesional dna meningkatkan keterbacaan. Kamu mungkin juga perlu menggunakan font yang sederhana dan jelas yang bisa membuat CV kamu lebih mudah dibaca.

5. Pelajari Jabatan dan Perekrut

unsplash.com

Sebelum kamu mulai menulis CV mahasiswa ala kamu sendiri, sangat penting bagi kamu untuk melakukan riset terkait perekrut dan posisi yang kamu lamar. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk menentukan kualifikasi pendidikan dan keahlian yang akan kamu sertakan di dalam CV. Jika kamu melamar untuk kualifikasi pascasarjana, lihat persyaratan dari program dan pelajari CV dari kandidat lain. Kamu juga bisa memeriksa deskripsi pekerjaan pada industri bersangkutan untuk mengidentifikasi keahlian yang umumnya ingin dilihat oleh perekrut dalam CV kamu.

6. Mulai Dengan Personal Statement dan Objective yang Menarik

unsplash.com

Mulailah dengan menulis personal statement yang menarik yang mampu menonjolkan keahlian, pencapaian, serta kualifikasi pendidikan kamu. Personal statement di dalam CV kamu bisa meliputi dua atau tiga kalimat tentang diri kamu, kualifikasi pendidikan dan pengalaman kamu, ambisi kamu, dan apa yang bisa kamu berikan untuk posisi atau perekrut. Meskipun kamu tidak memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa menggunakan bagian ini untuk menonjolkan keahlian yang relevan, pengalaman volunteer, dan pelatihan yang membuat kamu menjadi kandidat yang ideal.

7. Tambahkan Bagian yang Lain

unsplash.com

Di dalam beberapa contoh CV mahasiswa di atas, kamu mungkin melihat ada bagian tambahan yang menunjukkan keahlian seperti kemampuan bahasa asing. Jika memang kamu perlu menonjolkan kemampuan kamu, sebuah bagian tambahan memungkinkan kamu untuk menjelaskan kompetensi yang kamu miliki serta tingkatannya. Kamu juga boleh menambahkan pencapaian seperti penghargaan atau jabatan yang pernah kamu dapatkan selama kuliah. Pastikan bahwa kamu hanya menuliskan keahlian dan pencapaian yang benar-benar kamu miliki karena perekrut mungkin bisa meminta kamu untuk membuktikannya saat wawancara.

Kamu juga sangat diperbolehkan untuk menuliskan bagian hobi dan minat dalam CV mahasiswa buatan kamu yang terdiri atas pengalaman dan keahlian yang sekiranya relevan. Hobi dan minat yang menunjukkan kecintaan kamu untuk belajar atau tekad yang kuat juga sekiranya akan sangat dipertimbangkan oleh perekrut. Bagian opsional lain yang bisa kamu tambahkan ke dalam CV mahasiswa adalah termasuk sertifikat, penghargaan, kemampuan bahasa asing, dan proyek pribadi yang pernah kamu kerjakan.

8. Teliti Ulang

unsplash.com

Setelah kamu melihat contoh CV mahasiswa di atas dan membuat CV kamu sendiri, jangan lupa untuk meneliti serta mengeditnya berulang kali sebelum mengirimkannya kepada perekrut. Kamu mungkin memiliki kualifikasi yang luar biasa, tetapi kesalahan penulisan dan tata bahasa akan memberikan kesan yang buruk kepada perekrut. Kamu mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk meminta orang lain memeriksa CV kamu dan meminta feedback soal bagaimana memperbaiki konten serta kualitasnya.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa contoh CV mahasiswa dan tips cara membuatnya. Apapun posisi yang kamu lamar, kamu harus bisa membuat CV yang baik dan benar meskipun kamu adalah seorang mahasiswa. Manfaatkan kemampuan dan teknologi yang kamu miliki untuk membuat CV terbaik agar perekrut tertarik untuk merekrut kamu. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.