11 Contoh Jurnal Ilmiah Umum, Skripsi, Pendidikan [Lengkap]

Posted in: Edukasi

11 Contoh Jurnal Ilmiah Umum, Skripsi, Pendidikan [Lengkap] – Tugas untuk membuat jurnal kerap menjadi tugas bagi mahasiswa ataupun akademisi. Ada pula jurnal yang menjadi prasyarat sebelum kenaikan pangkat, sebagai bentuk penilaian kinerja, dan keperluan lainnya.

Contoh-Contoh Jurnal Berbagai Keperluan

unsplash.com

Setiap jurnal pada bidang tertentu memiliki sistematika penulisan dan konten isi yang berbeda-beda. Adanya kaidah penulisan serta aturan pada jurnal tersebut menjadi pembeda antara satu jurnal dengan jurnal lainnya. Misalnya saja jurnal skripsi yang berisi ringkasan skripsi dari pendahuluan hingga hasil, serta jurnal penjualan yang berisi data-data tentang penjualan. Sebagai informasi, berikut ini berbagai macam contoh jurnal, mulai dari jurnal umum hingga jurnal keuangan yang bisa kamu jadikan acuan ketika membuatnya.

1. Contoh Jurnal Umum

Istilah jurnal umum sangat erat kaitannya dengan profesi seorang akuntan serta menjadi bagian akuntansi. Definisi jurnal umum adalah jurnal digunakan sebagai tempat mencatat berbagai jenis bukti transaksi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu.

Pada umumnya, jurnal umum digunakan dalam akuntansi perusahaan jasa. Prinsipnya, semua transaksi dalam perusahaan jasa dapat dicatat secara kronologis, sedangkan akuntansi perusahaan dagang lebih efektif apabila menggunakan jurnal khusus. Tujuan jurnal umum (penjurnalan) adalah melakukan identifikasi, penilaian, serta pencatatan dampak ekonomi satu atau beberapa transaksi dalam perusahaan.

Pada jurnal umum, tercatat berbagai macam jenis transaksi secara rinci, mulai dari tanggal transaksi, jenis transaksi, jumlah transaksi, serta keterangan tambahan lainnya. Ketentuan dalam persamaan dasar serta siklus akuntansi harus diperhatikan dengan baik saat membuat jurnal umum karena perbedaan data akan akan sangat berpengaruh pada data yang lainnya. Pencatatan juga penting agar proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi pada akun sesuai transaksi bisa lebih mudah.

Contoh Pembuatan Jurnal Umum
• Tanggal 1 Februari 2021, Syahmi berinvestasi sebesar Rp500.000.000 pada perusahaannya PT Maju Bersama.
• Tanggal 11 Februari 2021, dibayar uang sejumlah Rp30.000.000 untuk sewa kantor selama dua tahun.
• Tanggal 15 Februari 2021 membeli peralatan dan perlangkapan kantor masing-masing sebesar Rp20.000.000 dan Rp 6.000.000.
• Tanggal 20 Februari 2021 menerima pendapatan dari penjualan tunai sebesar Rp20.000.000.
• Tanggal 25 Februari 2021 membayar gaji pegawai bulan Februari sebesar Rp30.000.000.

Analisis atau identifikasi transaksi

• Setoran modal membuat harta perusahaan bertambah dalam bentuk kas Rp500.000.000 (debit). Modal Syahmi pada sisi kredit bertambah menjadi Rp500.000.000.
• Harta perusahaan berupa kas berkurang Rp30.000.000 (kredit) untuk membayar sewa. Tetapi perusahaan juga mempunyai aset berupa sewa dibayar di muka sebesar Rp30.000.000 (debit).
• Aset perusahaan berupa peralatan bertambah Rp20.000.000 dan berupa perlengkapan sebesar Rp6.000.000. Tetapi aset berupa kas perusahaan berkurang sebesar Rp26.000.000.
• Pendapatan yang diperoleh dari penjualan membuat bertambah pada sisi kredit sebesar Rp20.000.000. Aset perusahaan berupa kas bertambah Rp20.000.000 (debit).
• Beban gaji bertambah Rp30.000.000 (debit). Aset perusahaan berupa kas berkurang sebesar Rp30.000.000 (kredit).

2. Contoh Jurnal Skripsi

https://fe.unars.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/CONTOH-JURNAL-SKRIPSI-HARIS.pdf

Jurnal skripsi adalah jurnal yang dibuat setelah akademisi di jenjang strata satu (S1) menyelesaikan pembuatan tugas akhir berupa skripsi. Konten isi pada jurnal tersebut adalah ringkasan dari isi skripsi mulai dari pendahuluan hingga kesimpulan. Struktur penulisan jurnal skripsi adalah:

  1. Judul: menggambarkan isi skripsi, biasanya judul jurnal skripsi sama seperti judul skripsi
  2. Abstrak: ikhtisar singkat skripsi yang lengkap, memuat latar belakang, metode, tujuan, hasil, serta kesimpulan. Abstrak terdiri dari 300 kata (tidak lebih dari 3 paragraf) dan dilengkapi kata kunci utama.
  3. Pendahuluan: pengantar sebelum mengulas isi. Memuat latar belakang, ruang lingkup, tujuan, uraian ringkas skripsi, waktu pelaksanaan
  4. Alat/Bahan dan Metode: penjelasan desain penelitian, metode pengumpulan data, alat dan perlakuan yang diberikan
  5. Hasil: paparan data ringkas dan jelas menggunakan tabel, teks narasi, dan atau gambar.
  6. Pembahasan
  7. Kesimpulan
  8. Daftar pustaka

Contoh: Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Kartu Telkomsel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Sumber: https://fe.unars.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/CONTOH-JURNAL-SKRIPSI-HARIS.pdf

3. Contoh Jurnal Penyesuaian

akuntansilengkap.com

Jurnal penyesuaian adalah proses penyesuaian catatan atau fakta sebenarnya yang dilakukan pada akhir periode akuntansi. Penyusunan jurnal dilakukan berdasarkan data neraca saldo serta data penyesuaian akhir periode. Jurnal penyesuaian berfungsi untuk menghitung perkiraan nominal uang sebenarnya selama periode tertentu serta menetapkan saldo catatan akun buku besar di akhir periode. Terdapat beberapa jenis transaksi pada jurnal penyesuaian:

  1. Akrual
    • Biaya yang harus dibayar: beban/biaya yang sudah digunakan tetapi belum dicatat di dalam catatan keuangan
    • Pendapatan yang masih harus diterima: pendapatan yang sudah dicatat tetapi uangnya belum diterima.
  2. Pembayaran di muka
    • Beban dibayar di muka: pembayaran untuk aset yang belum digunakan, contoh: perlengkapan kantor, sewa bangunan untuk beberapa bulan bayar di awal.
    • Pendapatan diterima di muka: penerimaan uang di awal untuk jasa yang belum dilakukan dan dicatat sebagai kewajiban. Contoh: pembayaran uang muka proyek
  3. Non tunai

4. Contoh Jurnal Akuntansi

https://www.paper.id/

Jurnal akuntansi keuangan adalah catatan tentang data transaksi yang berkaitan erat dengan keuangan, seperti pemasukan atau pengeluaran pada sebuah perusahaan. Pembuat jurnal terlebih dahulu perlu memahami dasar-dasar akuntansi serta siklus akuntansi. Sebab, siklus akuntansi berkaitan dengan laporan keuangan dan sangat penting untuk mengolah data yang nantinya diperlukan.

Proses pembuatan jurnal akuntansi dimulai dari pengolahan data transaksi (disesuaikan bukti transaksi). Transaksi keuangan yang sudah dilakukan pada perusahaan dapat terlihat melalui jurnal akuntansi. Pembuatan jurnal akuntansi keuangan dibuat dengan 2 kolom, yaitu debit dan kredit. Selain itu, terdapat bagian keterangan yang berisi informasi tambahan.

5. Contoh Jurnal Khusus

Jurnal khusus adalah jurnal yang disusun secara khusus untuk mencatat transaksi yang sifatnya sama dan terjadi berulang-ulang di perusahaan. Saat memindahkan pencatatan transaksi dari jurnal umum, jurnal penyesuaian, sampai buku besar, adanya jurnal khusus bisa meringankan beban karena pemindahannya dapat dilakukan sekaligus.

Fungsi jurnal khusus diantaranya mempermudah pencatatan transaksi sejenis pada perusahaan serta mencari data transaksi yang sesuai apabila diperlukan. Dengan demikian, tidak ada kesalahan pada penyajian jurnal laporan keuangan. Terdapat beberapa macam jurnal khusus dalam akuntansi yang dipakai perusahaan, yaitu:

1.Jurnal Pembelian

harmony.co.id

Untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian barang dagangan serta barang lainnya yang dilakukan secara kredit.

2.Jurnal Penjualan

harmony.co.id

Untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan barang dagang atau jasa yang biasanya dilakukan dengan pembayaran secara kredit.

3.Jurnal Penerimaan Kas

harmony.co.id

Disebut juga buku kas masuk. Berisi pencatatan transaksi berupa tunai, baik dengan kas maupun cek.

4.Jurnal Pengeluaran Kas

harmony.co.id

Disebut juga buku kas keluar. Berisi pencatatan transaksi pembayaran tunai.

6. Contoh Jurnal Penelitian

https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/8108/pdf

Jurnal penelitian adalah laporan peneliti terkait hasil penelitian yang sudah dilakukan melalui proses ilmiah. Jurnal penelitian dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya dilihat dari metode yang digunakan. Biasanya hasil jurnal-jurnal penelitian dikumpulkan dan dipublikasikan bersama dengan jurnal peneliti lainnya.

Jurnal penelitian memiliki fungsi penting, seperti sebagai sumber tepercaya ketika mengambil referensi yang sudah diyakini kebenarannya. Selain itu, jurnal penelitian juga bisa menjadi media pertukaran informasi. Namun, tidak semua jurnal penelitian dapat diambil sebagai referensi karena ada kriteria khusus terkait kualitas jurnal tersebut.

Contoh: Representasi Masyarakat Aktif Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Ekonomi dan Sosial Keberagamaan di Bausasran Danurejan Yogyakarta)
Sumber: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/8108/pdf

7. Contoh Jurnal Pendidikan

https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/604/520

Pada jurnal pendidikan, dibahas berbagai macam tema-tema pendidikan, baik inovasi dalam dunia pendidikan, metode pengajaran, masalah dalam dunia pendidikan, dan dan sebagainya.

Contoh: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja GuruSMP Se-Kecamatan Sako Palembang
Sumber: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/604/520

8. Contoh Jurnal Pembelian

akuntansilengkap.com

Jurnal pembelian adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua transaksi pembelian barang dagang atau barang lainnya secara kredit. Apabila pembelian barang dilakukan secara tunai, maka pembelian tersebut dicatat dalam jurnal khusus pengeluaran kas.

Ketika ada aktivitas pembelian kredit barang dagang, transaksi tersebut akan dicatat pada debet akun Pembelian serta kredit akun Utang Dagang. Jika transaksi terjadi berkali-kali, akan lebih mudah apabila terdapat kolom khusus Pembelian dan Utang Dagang. Aktivitas pembelian perlengkapan dan peralatan dicatat pada kolom debet akun perlengkapan serta kredit akun Utang Dagang. Transaksi yang berulang-ulang juga bisa diatasi dengan pembuatan kolom untuk perlengkapan, sedangkan untuk barang yang tidak berulang-ulang bisa dimasukkan pada kolom serba-serbi.

9. Contoh Jurnal Penjualan

akuntansilengkap.com

Jurnal penjualan adalah jurnal khusus untuk mencatat semua transaksi penjualan barang secara kredit. Pada transaksi penjualan barang secara kredit, akan terjadi penambahan piutang dagang serta penambahan penjualan. Ketika penambahan piutang dagang terjadi, penambahan tersebut dicatat pada posisi debet. Alasannya karena piutang merupakan salah satu jenis harta. Sebaliknya, ketika terjadi penambahan pendapatan dari hasil penjualan, transaksi akan dicatat pada posisi kredit.

10. Contoh Jurnal Kesehatan

http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/169/95

Jurnal kesehatan memuat tema-tema bidang kesehatan, baik dunia kedokteran, inovasi di bidang tersebut, penyakit dan pengobatannya, serta manajemen di dunia kesehatan. Pembuatan jurnal kesehatan didasarkan metode ilmiah, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Contoh: Studi Ekologi Kabut Asap dan Kejadian ISPA di Kabupaten Muaro Jambi

Sumber: http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/169/95

11. Contoh Jurnal Keuangan

Jurnal keuangan adalah tahap pencatatan penting yang terdapat pada siklus akuntansi. Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan memiliki siklus akuntansi berbeda. Adanya jurnal keuangan menjadi bagian penting dokumen perusahaan. Fungsinya adalah membantu melihat performa perusahaan selama satu siklus periode akuntansi. Fungsi jurnal keuangan lainnya adalah:

  1. Fungsi pencatatan: transaksi didasarkan bukti dokumen yang akurat.
  2. Fungsi historis: transaksi dicatat sesuai urutan waktu (kronologis) agar tidak tertukar dengan transaksi lainnya
  3. Fungsi analisis: transaksi merupakan hasil analisis bukti-bukti transaksi serta jelas debit atau kredit dan jumlahnya.
  4. Fungsi instruktif: instruksi atau perintah posting atau memindahkan debit/kredit ke dalam buku besar.
  5. Fungsi informatif: memberikan informasi transaksi yang terjadi.

Jurnal keuangan dibagi menjadi jurnal umum dan jurnal khusus. Jurnal umum biasanya digunakan di bidang akuntansi perusahaan jasa, sedangkan jurnal khusus digunakan pada akuntansi perusahaan dagang.

Demikian informasi 11 contoh jurnal ilmiah umum, skripsi, pendidikan [lengkap] yang dapat kamu sesuaikan kebutuhan. Contoh di atas masih bisa kamu ubah sesuai keperluan, baik dengan mengganti redaksi kalimatnya maupun strukturnya mengikuti kaidah yang berlaku di masing-masing instansi. Setelah membuat jurnal-jurnal tersebut, mintalah pihak lain untuk membantu mengoreksi kalimat, tata bahasa, dan huruf yang digunakan. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta