Rumus Cara Menghitung Luas Tanah Berbagai Bentuk + Rekomendasi Aplikasinya

Posted in: Edukasi
Tagged: rumus

Rumus cara menghitung luas tanah berbagai bentuk + rekomendasi aplikasinya – Perhitungan luas tanah untuk keperluan bisnis atau studi biasanya membuat bingung. Selain karena adanya variasi bentuk tanah, rumus yang dipakai untuk menghitung luas tanah pun tidak sama.

Rumus untuk Menghitung Luas Tanah dan Aplikasinya

unsplash.com

Pekerjaan yang berkaitan erat dengan proses menghitung luas tanah membutuhkan kecepatan dan akurasi tinggi. Misalnya saja jika kamu berprofesi sebagai penjual tanah atau makelar tanah, penghitungan luas tanah secara tepat akan menentukan harga jual sekaligus perkiraan keuntungan dari hasil menjual tanah. Selain itu, tugas untuk menghitung luas tanah juga seringkali dihadapi mahasiswa di jurusan tertentu. Mahasiswa diminta mencari tahu luas tanah yang bentuknya bukan hanya persegi atau persegi panjang saja.

Jika menghitung luas tanah di atas kertas, kamu bisa langsung memasukkan rumus pasti dan angka-angkanya. Namun, proses menghitung luas tanah di lapangan tentu dihadapkan banyak tantangan. Kamu harus melakukan pengukuran setiap sisi tanah sekaligus mencari tahu bentuk bangun tanah. Hal ini diperlukan agar proses selanjutnya, seperti menentukan harga yang akurat ketika akan menjual properti, memperlancar transaksi properti, meminimalisir kesalahan penghitungan, hingga mengantisipasi kerugian materi.

Cara Menghitung Luas Tanah

unsplash.com

Apakah proses penghitungan luas tanah harus dilakukan ahli? Ternyata tidak. Meskipun ada jawa ahli topografi untuk menghitung tanah secara akurat, tetapi biayanya mahal. Ahli topografi dibayar ketika menghitung tanah per 1 meter persegi. Bisa dibayangkan jika kamu memiliki tanah sangat luas, budget yang dikeluarkan pun akan semakin membengkak.

Lain halnya jika kamu bisa menghitung sendiri, biaya akan menjadi lebih murah. Tetapi kamu perlu menghitung secara cermat dan tepat. Sebab, kesalahan penghitungan bisa mengakibatkan bangunan yang akan dibangun di atas tanah tersebut tidak rata dan berakibat fatal, hingga mengakibatkan kerugian materi.

Cara termudah untuk menghitung luas tanah adalah dengan menggunakan rumus matematika. Namun, masih ada cara lain yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui luas tanah. Apabila kamu khawatir lupa dengan rumus-rumus tersebut, pada artikel ini Mamikos juga akan merekomendasikan beberapa aplikasi untuk membantu proses penghitungan luas tanah.

Cara Menghitung Luas Tanah Menggunakan Rumus

unsplash.com

Cara termudah yang bisa kamu lakukan sendiri untuk menghitung luas tanah adalah dengan memasukkannya ke dalam rumus. Adapun langkah-langkah yang perlu ditempuh adalah dengan mencari tahu bentuk tanah yang dimiliki, seperti persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga, dan tidak beraturan. Contoh kasus sebagai ilustrasi:

1.Luas tanah berbentuk persegi panjang

Rumus = Panjang x Lebar
Contoh: Petani memiliki sebidang tanah seluas 5 x 10 meter, maka perhitungannya adalah:
Panjang = 5 meter
Lebar = 10 meter
Luas tanah = 5meter x 10 meter = 50 m²

2.Luas tanah berbentuk segitiga

Rumus S = (A+B+C) : 2 dan L = ✓[S x (S-A) x (S-B) x (S-C)]
Keterangan:
S: keliling segitiga.
ABC: panjang setiap sisi segitiga.
L: luas segitiga.
Contoh: Seseorang memiliki tanah berukuran 5 meter x 7 meter x 10 meter, maka cara menghitungnya adalah:
A = 5 meter
B = 7 meter
C = 10 meter
S = (5 meter + 7 meter + 10 meter) : 2 = 11 meter
Luas Tanah = ✓[11 x (11-5) x (11-7) x (11-10)] = 16,25 m²

3.Luas tanah berbentuk trapesium

Luas = 1/2 x (Jumlah rusuk sejajar) x Tinggi

Cara Menghitung Luas Tanah Menggunakan Excel

https://cdn.britannica.com/

Menghitung tanah yang bentuknya tidak teratur akan lebih mudah jika dilakukan dengan bantuan excel. Caranya adalah dengan membagi setiap sudut menjadi beberapa bagian segitiga. Ketahui luas seluruh tanah dari masing-masing segitiga. Gunakan rumus menghitung luas segitiga dan jumlahkan seluruh segitiga-segitiga tersebut.

Adapun cara yang lebih mudah adalah dengan menggunakan Microsoft Excel.

Untuk mencari rumus setengah keliling segitiga (S), gunakan rumus S = (A+B+C) : 2. Apabila yang akan dicari adalah luas, gunakan rumus SQRT (angka). Jika data seluruh sudut sudah didapatkanlakukan penjumlahan menggunakan rumus =SUM(rentang data).

Cara Menghitung Luas Tanah Pada Sertifikat Tanah

https://www.tribunpos.com/

Ingin menghitung tanah berdasarkan data yang tercantum pada sertifikat saja? Kamu bisa menggunakan data berupa gambar tanah yang terdapat di serfikat tanah. Untuk meningkatkan akurasi, perhatikan angka pada sertifikat dan ukur menggunakan penggaris. Kamu akan mendapati perbedaan skala pada setiap sertifikat, tetapi tidak perlu khawatir karena ada cara untuk menghitung luas tanah sekalipun skalanya berbeda-beda.

• Panjang tanah sebenarnya = Jarak panjang pada sertifikat : skala
• Lebar tanah sebenarnya = Jarak lebar pada peta (denah) : skala
• Luas tanah = Panjang tanah sebenarnya x lebar tanah sebenarnya

Contoh: Petani memiliki tanah berbentuk persegi panjang dengan panjang 4 cm dan lebar 2 cm, skala 1:500. Maka, cara menghitungnya:

• Panjang tanah sebenarnya = 4 cm x 1/500 = 2000 cm = 20 meter
• Lebar tanah sebenarnya = 2 cm x 1/500 = 1000 cm = 10 meter
• Luas tanah = 20 meter x 10 meter = 200 m²

Berdasarkan penghitungan rumus tersebut, dapat diketahui bahwa luas tanah adalah 200 m².

Cara Menghitung Luas Tanah Menggunakan Software Autocad

https://damassets.autodesk.net/

Aplikasi autocad bisa digunakan untuk membantu mengetahui luas tanah. Terdapat banyak jenis aplikasi autocad, seperti DraftSight yang paling populer dan gratis. Aplilkasi ini dapat didownload melalui ponsel ataupun PC. Jika aplikasi sudah terinstall, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat gambar denah dengan garis polyline
  2. Satukan garis-garis pada denah dan sebisa mungkin buatlah secara rapi agar semakin akurat
  3. Klik garis yang telah digambar agar semua garis ter-block
  4. Ketik ‘li’ pada command section
  5. Klik enter
  6. Tunggu informasi luas area tanah yang sudah kamu buat dari halaman baru yang akan muncul secara otomatis

Cara Menghitung Luas Tanah Menggunakan Aplikasi GPS Fields Area Measure

appsonwindows.com

Aplikasi GPS Fields Area Measure dapat digunakan untuk mengelola area, mengukur luas, hingga mengetahui jarak dan perimeter. Kamu hanya perlu mencari tahu luas area yang akan dihitung, kemudian memasukkan datanya pada aplikasi. Secara otomatis aplikasi akan membantu menghitung luas tanah yang kamu cari. GPS Fields Area Measure dapat didownload di ponsel Android dan iOS.

Cara Menghitung Luas Tanah Menggunakan Area Calculator

play.google.com

Area calculator adalah aplikasi yang canggih untuk menghitung luas tanah. Meskipun demikian, tampilannya sederhana dan tidak membingungkan, sehingga mudah dioperasikan. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menandai area-area yang akan dihitung luasnya sekaligus menyimpan data luas area tersebut. Jika kamu membutuhkan data luas yang pernah dihitung, kamu tidak akan kesulitan.

Cara Menghitung Luas Tanah Menggunakan GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement

https://www.designnominees.com/

Aplikasi GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement juga tidak kalah populer dengan aplikasi penghitung luas tanah lainnya. Pengguna dapat langsung memetakan area dan menghitungnya secara akurat. Penerapannya adalah dengan memilih dua titik pada peta, kemudian jarak dapat dihitung.

Cara Menghitung Luas Tanah Menggunakan Google Maps

google.com

Tidak punya waktu untuk terjun ke lapangan dan menghitung tanah secara langsung? Manfaatkan Google Maps untuk memudahkan proses pengecekan. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Buka Google Maps melalui browser website
  2. Masukkan alamat lokasi tanah yang akan diukur pada kolom kotak pencarian.
  3. Pilih pilihan ‘Satellite’ agar tampilan menjadi satellite view untuk memudahkan dalam melihat kondisi nyata tanah yang akan diukur
  4. Atur perbesaran maksimal pada tanah yang akan diukur, contohnya 1: 2.000 atau sesuai kebutuhan
  5. Pilih “Measure distance” atau “Ukur jarak”
  6. Klik bagian tepi-tepi lahan atau batas terluar tanah yang ingin diukur
  7. Akan muncul informasi total area yang menunjukkan luas lahan. Ada pula informasi keliling lahan dan total distance dalam satuan miles (mi) dan kilometer (km).

Demikian informasi rumus cara menghitung luas tanah berbagai bentuk + rekomendasi aplikasinya yang dapat kamu gunakan. Ternyata tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa menghitung luas tanah. Agar hasil semakin akurat, kamu bisa meminta bantuan rekan kerja agar meninjau ulang luas lokasi. Alternatif bagi kamu yang kurang yakin dengan hasil perhitungan adalah dengan meminta bantuan jasa pengukuran lahan dengan menyiapkan budget khusus. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah