10 Contoh Paragraf Deskripsi Pendek Singkat Berbagai Topik

10 Contoh Paragraf Deskripsi Pendek Singkat Berbagai Topik – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, ada berbagai materi yang bisa dipelajari. Beberapa di antaranya adalah tanda baca, jenis bacaan, hingga seputar jenis-jenis paragraf. Nah, informasi yang kali ini akan Mamikos sampaikan adalah seputar salah satu jenis paragraf yaitu paragraf deskripsi. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Informasi Terbaru Contoh Paragraf Deskripsi Berbagai Topik

unsplash.com

Jika kamu sedang dalam proses belajar Bahasa Indonesia, kamu akan menemukan beragam jenis paragraf seperti paragraf narasi, eksposisi, persuasi, argumentasi, hingga paragraf deskripsi. Informasi yang akan Mamikos bagikan melalui tulisan ini adalah seputar penjelasan serta beberapa contoh paragraf deskripsi untuk berbagai topik pembahasan. Lalu, apa itu paragraf deskripsi dan bagaimana bentuk tulisannya? Untuk mengetahuinya, kamu bisa lihat penjelasan dari Mamikos berikut ini.

Apa Itu Paragraf Deskripsi?

Paragraf deskripsi umumnya digunakan untuk menjelaskan, menggambarkan, atau melukiskan suatu hal tertentu. Tujuan utama dari pembuatan paragraf tersebut adalah agar para pembaca seolah bisa mengamati dengan menggunakan seluruh panca indera yang dimiliki melalui penjelasan yang diberikan. Ada berbagai hal yang bisa dijelaskan melalui jenis paragraf deskripsi seperti suasana, sifat, rasa, bentuk, dan yang lainnya. Paragraf deskripsi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

Paragraf Deskripsi Spasial

Jenis paragraf ini dibuat atas dasar ruang dan waktu di mana penulis bisa menjelaskan suatu ruangan dari berbagai penjuru. Penulis juga bisa memberi penjelasan seputar keadaan ruangan baik itu gelap, terang, kotor, bersih, rapi, berantakan, dan semacamnya.

Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf deskripsi objektif biasanya berisi gambaran suatu hal yang dijelaskan secara objektif alias apa adanya. Penulis tidak menambahkan opini pribadi di dalam paragraf yang dibuat.

Paragraf Deskripsi Subjektif

Kebalikan dari paragraf deskripsi objektif, jenis paragraf yang satu ini mengharuskan penulis menulis sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan. Penulis sangat diperbolehkan untuk menambahkan pendapat pribadi dalam penjelasannya.

Daftar Lengkap Contoh Paragraf Deskripsi Berbagai Topik

Nah, sudah tahu apa saja jenis-jenis paragraf deskripsi? Kamu mungkin merasa kurang bisa membayangkan seperti apa bentuk paragraf deskripsi itu sendiri hanya melalui penjelasan di atas. Untuk lebih memudahkan kamu dalam membuatnya, kamu bisa melihat beberapa contoh paragraf deskripsi dalam berbagai topik yang telah Mamikos himpun berikut ini.

1. Contoh Paragraf Deskripsi Gunung

unsplash.com

Gunung adalah salah satu kenampakan alam yang indah yang bisa juga dikatakan sebagai dataran yang menonjol dan lebih tinggi dari dataran di sekitarnya. Pada umumnya gunung dapat mencapai tinggi hingga ratusan meter di atas permukaan laut.

Ketinggian ini yang menyebabkan gunung tampak indah jika dipandang dari bawah maupun dari puncaknya. Dari atas puncak gunung kita bisa menikmati kesegaran air terjun yang turun dari tebing yang tinggi, sungai dengan aliran air yang jernih, bukit, bebatuan dan tebing yang kokoh, serta birunya langit di siang hari.

Keindahan alam ini sangat menyejukkan dan membuat diri menjadi tenteram. Suasana alamnya juga sangat menentramkan. Kicauan burung di hutan, hembusan angina yang sejuk, dan gemercik air sungai disela bebatuan membuat kita betah jika berlama-lama mendaki gunung.

Gunung juga memiliki berbagai jenis dan ciri-ciri masing-masing. Indonesia adalah negara yang memiliki gunung paling banyak. Di Indonesia, ada gunung api aktif dan tidak aktif. Gunung berapi yang aktif memiliki lava yang dapat menyembur ketika meletus.

Lava tersebut berasal dari perut bumi yang keluar melalui puncak gunung. Lava tersebut berwarna merah menyala dan panas seperti api. Sedangkan gunung yang tidak aktif, tidak mengeluarkan lava dan tidak bisa meletus.

2. Contoh Paragraf Deskripsi Pantai

unsplash.com

Salah satu tempat yang sangat saya sukai ketika berlibur adalah pantai. Hal yang membuat saya menyukai pantai karena suasana di sana, apalagi ketika sore hari. Pemandangan sore di pantai sangat indah.

Ombaknya yang menabrak dipadukan dengan matahari yang sedang terbenam. Orang-orang tertawa dan bermain di bawah matahari terbenam. Butiran pasir menyentuh kaki perlahan melalui jari-jari ketika berjalan di sepanjang garis pantai.

Tak hanya itu, awan putih di langit juga turut menambah suasana di pantai semakin menentramkan. Kicauan burung seperti sedang mendendangkan lagu. Semilir anginnya yang berhembus membelai rambut menambah kesejukan di pantai.

Belum lagi air laut yang biru jernih terombang ambing dibawa ombak. Sesekali ikan-ikan tampak berenang ketika dilihat dari atas tebing di pinggir pantai. Suasana ini menjadi momen terindah bagi semua orang karena hamparan pasir, gemercik air, kicauan burung, serta terjangan ombak yang kian waktu kian mengagumkan.

3. Contoh Paragraf Deskripsi Rumah

unsplash.com

Aku memiliki rumah yang terletak di lereng gunung dan dekat dengan sawah. Rumahku tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung. di sebelah kiri rumahku terdapat masjid yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk shalat Idul Adha. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.

Cat rumahku berwarna hijau muda dan kusennya berwarna hijau tua. Pintu rumahku juga berwarna hijau tua. Rumahku tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 10 orang, karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

Di lantai 2 cat dinding bagian depan berwarna oranye. Sementara pada jendela, kusen, dan pintunya berwarna merah. Dari jauh rumahku sangat mencolok karena perpaduan dua warna tersebut.

Di bagian depan terdapat teras yang biasa untuk duduk santai dengan keluarga. Jika masuk pintu depan akan langsung menuju ruang tamu, dan di sebelah kiri tersedia ruang lesehan dan disediakan televisi. Biasanya di sini pusat keluarga kami berkumpul.

Di ruang lesehan itu terdapat pintu untuk masuk ke ruang tengah. Di ruang tengah ini cukup luas dan terdapat satu set meja dan kursi makan yang biasanya kami gunakan untuk makan bersama, di ruangan ini juga ada akuarium ikan.

4. Contoh Paragraf Deskripsi Sayur-Sayuran

unsplash.com

Kentang termasuk ke dalam sayur-sayuran meskipun kentang tidak memiliki warna hijau seperti sayuran pada umumnya. Meskipun kentang merupakan jenis sayuran yang tidak berwarna hijau, namun kandungan nutrisi pada kentang juga penting bagi tubuh. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh selain nasi.

Kulit kentang berwarna kecokelatan. Biasanya pada permukaan kulit kentang terdapat bintik-bintik kecil. Sementara kentang itu sendiri berwarna kuning kecokelatan. Jika diiris atau dipotong, permukaan kentang keras tapi lembut atau masir.

Banyak makanan yang terbuat dari kentang. Kentang yang diolah dengan telur lalu digoreng disebut perkedel kentang, kentang yang diiris kemudian digoreng disebut kentang goreng, kentang yang di iris lembut kemudian dimasak dengan cabai merah dan gula disebut balado kentang.

Kentang juga digunakan sebagai sayuran di sop. Ada banyak makanan yang diolah dari kentang. Jika memakannya, selain kenyang juga memberikan rasa yang lezat di lidah.

5. Contoh Paragraf Deskripsi Buah-Buahan

unsplash.com

Semangka adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak air. Buah semangka memiliki biji di dalamnya. Biasanya ada semangka yang memiliki biji warna putih atau hitam kecokelatan. Buah semangka sendiri berwarna merah merona.

Buah ini sangat cocok dinikmati ketika musim panas. Kesegaran buah ini sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus. Sensasi buah semangka ketika dimakan pada saat digigit akan terasa renyah dan menumpahkan air dari dagingnya ke dalam mulut. Sensasi ini yang menjadi favorit banyak orang.

Kulit buah semangka berwarna hijau belang-belang putih, hijau tua dan kuning keputihan. Meskipun kulitnya hijau tapi buah semangka tetap berwarna merah dan rasanya manis. Buah semangka memiliki berbagai ukuran sesuai beratnya. Semakin besar buah semangka maka semakin besar pula ukurannya.

Bobot buah semangka bervariasi, mulai dari 4 kg sampai 20 kg. Semangka yang berukuran kecil pada umumnya mencapai 4 sampai 5 kg. Sementara buah semangka yang berukuran sedang beratnya mencapai 6 sampai 10 kg. Jika beratnya sudah lebih dari itu, berarti sudah termasuk buah semangka berukuran besar.

6. Contoh Paragraf Deskripsi Perjalanan

unsplash.com

Saat itu di pertengahan bulan oktober. Aku melakukan perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Malang. Aku pergi bersama dengan seorang teman. Kami memulai perjalanan menggunakan kereta dari Jakarta. Perjalanan yang kami tempuh memakan waktu sekitar 17 jam.

Di dalam kereta suasana sangat ramai namun tetap tertib. Bangku yang kami pilih dapat memuat 6 orang yang saling berhadapan. Bangku ini terbuat dari besi yang dilapisi sedikit busa. Kami duduk saling berhadapan dengan penumpang lain. Meskipun tidak saling mengenal namun seiring berjalannya waktu kami saling sapa dan mengobrol selama perjalanan.

Suasana di kereta sangat tenang. Apalagi saat hujan di luar turun dan membekaskan embun pada kaca, ditambah lantunan lagu Jawa yang sendu dan merayu mata seakan memanjakan untuk tidur. Ketika waktu beranjak gelap, suasana kereta tampak hening karena penumpang mulai terlelap. Pengalaman dalam perjalanan di kereta sangat menyenangkan dan ingin mengulanginya kembali.

7. Contoh Paragraf Deskripsi Tempat Umum

unsplash.com

Semua orang pasti tahu pasar. Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli dan mereka saling bertransaksi. Pasar tradisional memang salah satu tempat umum dan dikunjungi banyak orang.

Penjual dapat menjual dagangannya di toko, di los bahkan lesehan. Di sini interaksi positif terjadi antara penjual dan pembeli, dimana penjual menawarkan dagangannya secara langsung dan pembeli bisa menawarnya.

Pasar biasanya memiliki lahan yang cukup luas, dikerumuni banyak orang, dan menjadi pusat keramaian. Pada umumnya pasar memang dibangun di tengah-tengah atau di pusat wilayah yang ramai. Di depan pasar juga tersedia pangkalan ojek, angkutan umum, becak, bentor, serta berbagai alat transportasi lainnya.

Pasar tradisional biasanya memiliki bangunan yang lawas. Bangunan pasar juga bertingkat dan luas. Bangunan yang berada di atas digunakan untuk toko-toko pakaian, peralatan sekolah, makanan, alat musik, dan peralatan olahraga. Sedangkan bangunan di bawah digunakan untuk menjual sayuran, ikan, dan buah-buahan.

8. Contoh Paragraf Deskripsi Kendaraan Umum

unsplash.com

Bus merupakan kendaraan besar dan memiliki roda yang biasanya digunakan untuk mengangkut orang atau penumpang. Untuk Bus ini memiliki roda empat, body yang panjang dan besar, serta dapat memuat banyak orang.

Terdapat berbagai macam jenis bus yang ada di Indonesia, seperti bus abodemen untuk antar jemput siswa, bus pariwisata, dan bus angkutan sehari-hari.

Selain itu, bus juga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Bus besar yang biasanya digunakan untuk pariwisata dilengkapi dengan AC, selimut, bantal, toilet, tempat untuk mengisi daya ponsel, dan televisi. Jenis bus ini merupakan memiliki fasilitas yang lengkap.

Melakukan perjalanan menggunakan bus sangat menyenangkan. Biasanya Bus akan berjalan pada jalan raya beraspal dengan cepat sehingga tanaman dan daun-daun pohon berterbangan terhempas oleh angin dari bus. Jendela-jendela berjajar, sangat cocok untuk sesekali merenung menatap jalanan di luar.

9. Contoh Paragraf Deskripsi Tempat Wisata

unsplash.com

Salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur terletak di Jawa Tengah, tepatnya di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi peninggalan Umat Hindu yang dibangun sejak 780-840 Masehi, dengan ketinggian sekitar 400 meter. Suasana indah terpancar ketika berada di atas candi. Kita bisa melihat area sekitar candi yang sejuk dikelilingi pohon.

Banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengunjungi candi ini. Terdapat 504 buah arca yang ada dalam bangunan candi. Untuk bisa mencapai Candi Borobudur, harus menaiki banyak anak tangga. Beberapa anak tangga ada yang curam sehingga harus berhati-hati ketika berwisata ke sana. Candi Borobudur sangat megah karena memiliki wilayah yang sangat luas yaitu sekitar 2.500 m2.

Untuk mencapai ke pusat Candi, pengunjung harus berjalan ratusan meter dari pintu masuk. Selama menuju candi, pengunjung akan disuguhkan berbagai dagangan khas orang Jawa mulai dari kaos, gelang, gantungan kunci dan berbagai aksesoris lainnya. Jalan menuju candi ini dari pintu masuk terbentang luas dan dikelilingi pohon-pohon yang rindang.

10. Contoh Paragraf Deskripsi Tanaman

unsplash.com

Hampir semua orang mengenal bunga ini. Bunga melati merupakan jenis tanaman bunga yang banyak orang kenal karena harumnya. Bunga melati juga sering dijadikan aksesoris pengantin wanita pada adat orang Jawa.

Bahkan karena harumnya yang sangat khas, ada minuman teh yang memiliki aroma melati. Bunga melati juga sering digunakan sebagai bahan dan aroma saat melakukan terapi kecantikan.

Bunga melati berwarna putih, bentuk mahkotanya sedikit lonjong dan kecil mungil. Mahkota bunga melati sangat lembut dan halus serta wangi. Bagi seseorang yang menciumnya maka timbul perasaan ingin menciumnya lagi. Mahkota bunga melati ada tujuh dan berlapis, susunannya datar dan menyirip saling berhadapan menjadikan bunga ini sangat indah.

Daun bunga melati berbentuk oval atau bundar telur, pangkal daunnya berbentuk lingkaran yang indah dan semakin ke ujung bentuknya semakin runcing. Pada bagian pinggir daun melati sedikit bergelombang dan permukaannya sedikit berkerut semakin indah ketika tertiup angin. Tak hanya bunganya, daun bunga melati juga sering dijadikan sebagai terapi kesehatan.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar contoh paragraf deskripsi beserta dengan sedikit penjelasannya. Kalau sudah jelas, kini saatnya kamu mencoba untuk membuat paragrafmu sendiri. Pastikan kamu bisa membuatnya dengan jelas dan rinci agar para pembaca bisa mengetahui dengan pasti apa yang sedang kamu jelaskan. Semoga penjelasan di atas bisa membantu! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: