7 Macam Jenis Paragraf dan Penjelasannya Lengkap

Posted in: Pelajar
Tagged: contoh paragraf

Macam Jenis Paragraf – Anda mungkin sering mendengar kata paragraf. Namun, sudahkah Anda mengetahui apa itu paragraf dalam bahasa Indonesia? Tidak hanya definisi umum ternyata paragraf memiliki pembagian jenis lagi di dalamnya. Sedikitnya terdapat 7 macam jenis paragraf yang bisa dipahami.

Jenis paragraf nantinya bisa disesuaikan dengan maksud pembuatan teks. Perlu diketahui juga paragraf merupakan bagian dari sebuah teks wacana. Dalam satu teks tersebut Anda bisa memadukan 2 jenis paragraf bahkan lebih.

Definisi Paragraf dan Unsur Pembentuknya 

unsplash.com

Paragraf adalah kumpulan kalimat yang dibuat mencakup satu tema yang sama. Artinya kalimat yang terdapat di dalamnya haruslah memiliki satu kesatuan. Sederhananya tiap kalimat harus padu dengan tulisan yang runtut.

Satu paragraf umumnya ditulis dalam 4 hingga 10 kalimat yang padu. Banyaknya kalimat yang ditulis bergantung pada ide yang ingin dikembangkan. Sebagai penulis, Anda bebas mengembangkan ide pada karya sendiri.

Dalam suatu paragraf terdapat beberapa unsur pendukung yang berfungsi membuat paragraf lebih baik. Bagi orang awam mungkin kehadirannya tidak terlalu terlihat. Tapi bagi para penulis unsur ini akan membuat perbedaan yang signifikan pada hasil karyanya. Unsur tersebut meliputi:

  1. Ide pokok paragraf
  2. Ibu kalimat atau kalimat utama
  3. Anak kalimat atau kalimat pelengkap (sering juga disebut kalimat penjelas)
  4. Konjungsi antar kalimat

Ide pokok paragraf biasanya tidak hanya jadi konsep awal tapi juga disematkan di awal maupun akhir paragraf. Bergantung dengan jenis paragraf yang digunakan, ibu kalimat juga bisa dituliskan di awal maupun akhir.

Sementara kalimat penjelas digunakan untuk menjelaskan lebih detail tentang apa yang sedang dibahas di paragraf tersebut. Konjungsi yang beragam digunakan untuk meningkatkan nilai padu pada suatu kalimat.

Macam Jenis Paragraf

Paragraf ternyata memiliki banyak jenis di dalamnya. Sedikitnya terdapat 7 macam jenis paragraf yang terdiri dari 4 jenis paragraf berdasarkan tujuan dan 3 jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya. Paragraf bisa disesuaikan dengan jenis tugas atau jenis ide yang ingin dikembangkan.

1. Paragraf Argumentasi

Jenis pertama adalah paragraf argumentasi. Sesuai namanya paragraf argumentasi berisikan beragam jenis argumentasi dari pemikiran si penulis paragrafnya. Lebih dominan berisi gagasan, ide hingga pendapat yang didasarkan atas pembuktian.

Paragraf jenis ini banyak ditulis dalam bentuk karya ilmiah seperti tesis atau jurnal. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menuliskan paragraf ini pada teks biasa. Intinya paragraf ini disertakan untuk memaparkan argumentasi atau pandangan pribadi. 

2. Paragraf Eksposisi

Hampir sama seperti cara orang memberikan penjelasan secara rinci lewat omongan, paragraf eksposisi ini juga bekerja demikian. Namun, sistem penulisan yang kini digunakan untuk memberikan informasi sedetail mungkin.

Paragraf ini hampir ada di segala macam jenis teks. Bahkan penulisnya bisa jadi tidak sadar tengah menuliskan paragraf ini. Dalam paragraf ini Anda akan memaparkan hingga merinci informasi terkait suatu topik kepada pihak pembaca.

3. Paragraf Narasi

Jenis paragraf selanjutnya adalah paragraf narasi. Paragraf ini terbentuk berdasarkan runtutan kejadian yang cukup detail. Tidak harus satu paragraf, Anda bisa menggunakan beberapa paragraf sekaligus untuk merampungkannya.

Contoh, Anda telah menyelesaikan perjalanan bisnis dan menjadi delegasi utama untuk pergi ke luar negeri. Dalam paragrafnya Anda bisa menyebutkan perjalanan dari awal seperti proses seleksi delegasi hingga kembali ke tanah air.

4. Paragraf Persuasi

Selanjutnya paragraf persuasi yang namanya diserap dari kata berbahasa inggris persuasion. Jenis paragraf ini lebih menjurus pada pengaruh hasil akhir bacaan. Jadi, pembaca akan tergerak untuk melakukan sesuatu berdasar instruksi yang terdapat pada paragraf.

Namun, nyatanya instruksi sering kali tidak dituliskan secara tersirat. Biasanya bidang promosi hingga pencari amal menggunakan paragraf jenis ini. Hal yang terpenting dalam penulisan paragraf ini adalah sebisa mungkin membuat pembaca merasa yakin dan akhirnya tergerak.

5. Paragraf Induktif

Pembagian paragraf selanjutnya berdasarkan letak ibu kalimat atau kalimat utama. Pada dasarnya, penempatan kalimat utama tidak terlalu dipermasalahkan. Namun, sedikit berbeda pada karya tulis ilmiah yang memiliki aturan baku tertentu.

Bisa jadi lembaga akademik tersebut mematok penggunaan paragraf induktif pada setiap karya yang ditulis oleh akademisi. Artinya paragraf yang dibuat harus menempatkan ibu kalimat pada bagian akhir paragraf.

6. Paragraf Deduktif

Jenis selanjutnya adalah paragraf deduktif. Paragraf jenis ini sedikit berbeda dengan jenis paragraf induktif. Karenanya tidak sedikit pihak yang kebingungan bahkan salah membedakan kedua jenis paragraf ini. 

Padahal, perbedaannya cukup signifikan yakni penempatan ibu kalimat yang berada di awal paragraf. Intinya penempatan ibu kalimat di awal paragraf ini untuk memperjelas topik apa yang sedang dibahas dari bagian awal.

7. Paragraf Campuran

Jenis terakhir adalah paragraf campuran. Paragraf ini menggabungkan jenis paragraf induktif dan paragraf deduktif secara berbarengan. Kalimat induk bisa dihadirkan di awal sekaligus di akhir paragraf.

Ini dilakukan untuk menegaskan apa yang tengah dibahas secara berulang. Jenis paragraf ini biasanya digunakan saat Anda membuat jenis teks eksplanasi. Tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda untuk menggunakan jenis paragraf ini pada teks lain. 

Contoh Masing-Masing Jenis Paragraf

Sudah mengenal beragam jenis paragraf maka tidak lengkap bila tidak melihat contoh paragrafnya. Paragraf yang tidak terlalu panjang nantinya bisa dikembangkan kembali sesuai dengan jenis paragraf dibutuhkan. Berikut contoh paragraf berdasarkan macam jenis paragraf:

1. Paragraf Argumentasi

Pada dasarnya, garam merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan sehari hari. Garam dapur jadi salah satu jenis olahan garam laut yang paling banyak digunakan. Namun, nyatanya konsumsi garam terlalu banyak tidak baik bagi kondisi tubuh.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu dampak dari konsumsi garam yang berlebih. Tekanan darah tinggi tentunya bisa menyebabkan tidak sumbangannya kondisi tubuh. Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi sekitar 1 sendok per hari.

Minimnya pemusatan informasi langsung ke masyarakat luas ternyata jadi faktor pendorong penderita darah tinggi terus meningkat setiap waktunya. Karenanya jaga kondisi tubuh Anda dan keluarga salah satunya dengan mencukupi asupan garam setiap harinya. 

2. Paragraf Eksposisi

Buah mangga memiliki varietas yang cukup banyak. Pada umumnya, banyak kalangan yang menyimpulkan jenis mangga dari warna kulitnya. Tentu saja hal ini tidak jadi masalah yang berarti selama banyak dimengerti. 

Buah dengan bentuk bulat tidak sempurna hingga lonjong bersudut tumpul ini banyak digemari oleh masyarakat. Rasanya yang legit ternyata banyak diminati oleh banyak kalangan umur  mulai dari bayi hingga orang tua.

Rasa masam segar dan manis tidak jarang bersatu dalam daging buahnya. Warna kulit dan bentuk bijinya yang beragam bisa jadi pembeda varietasnya. Begitu pula dengan bentuk daun dari pohonnya yang juga cukup beragam dan bisa jadi indikasi pembeda varietasnya. 

3. Paragraf Narasi

Perjalanan kami dimulai bahkan sejak awal mempersiapkan diri sebagai kandidat delegasi. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa pemilihan delegasi tidak bisa sembarangan dengan proses seleksi yang ketat.

Namun, semua tes kami lewati hingga akhirnya kami bertiga terpilih untuk mewakili perusahaan tercinta ke dunia internasional. Selang dua hari dari fiksasi kandidat delegasi kami langsung diterbangkan ke Copenhagen di Denmark.

Di sana kami menjadi delegasi dalam proyek pengembangan kultur pertanian yang terintegrasi dengan teknologi buatan Indonesia. Kami diberikan waktu 3 hari untuk bekerja dan 4 hari untuk menjelajahi Denmark.

Setelah seminggu waktu kunjungan habis kami diiringi pulang dengan fasilitas nomor satu ala Copenhagen. Sampai di Jakarta kami masih harus bekerja menyusun laporan sedetail mungkin. Tentu saja pengalaman dari awal hingga akhir ini menjadi pengalaman yang berharga.

4. Paragraf Persuasi

Hutan tidak hanya jadi sumber oksigen bagi manusia di dunia tapi juga jadi rumah bagi ekologi hewan dan tumbuhan di dalamnya. Indonesia sendiri masih memiliki suku pedalaman yang hidup di dalam hutan yang rimbun.

Namun sayangnya, ekologi serta sumber cadangan oksigen ini terancam proyek penggusuran lahan oleh pihak besar. Kita bisa berupaya untuk menyelamatkan hutan yang notabenenya bekerja sebagai asupan oksigen global. 

Tanda tangani petisi dan gaungkan penolakan akan penggusuran lahan hijau secara besar besaran. Anda bisa memulainya dengan menandatangani petisi online berikut ini yang langsung terhubung dengan pusat ekologi dunia.

5. Paragraf Induktif

Jenis karya sastra di dunia meliputi karya tulis yang akhirnya dimainkan dalam bentuk audio visual. Hal tersebut menyebabkan riuhnya apresiasi dari berbagai kalangan dan praktisi di bidang karya sastra. 

Namun masalahnya karya sastra jenis asli tulisan mulai ditinggalkan. Terlebih pada negara yang minat bacanya masih minim. Karya tulis yang dituangkan dalam bentuk audio visual atau film akan lebih banyak diminati.

Namun, sejatinya karya sastra merupakan karya tulis, yang karena inilah beberapa praktisi membicarakan pemisahan bentuk karya untuk melindungi bentuk asli si karya sastra itu sendiri. Inilah yang kini jadi polemik besar di dunia sastra.

6. Paragraf Deduktif

Wakatobi adalah gugusan kepulauan di Indonesia dengan kekayaan laut yang begitu mempesona. Berbagai jenis terumbu karang hingga ikan laut langka bisa ditemui hanya dengan menyelam beberapa meter saja.

Tidak menutup kemungkinan bagi para pengunjung untuk menuntaskan perjalanan bawah laut dalam durasi berbulan bulan. Pasalnya, laut Wakatobi begitu luas dengan berbagai spot beragam di dalamnya. 

Berbagai terumbu berwarna cantik begitu pula dengan ikan hias yang tak kalah menawan menghiasi setiap spotnya. Kelengkapan penyelaman juga bisa disewa dengan harga yang cukup murah tanpa perlu jaminan.

Akses yang bisa digunakan juga sudah baik dan memungkinkan untuk berbagai jenis transportasi untuk menuju titik penyelaman. Lain di laut lepas, pengunjung juga bisa menikmati deburan ombak kecil di pinggir pantai yang damai.

7. Paragraf Campuran

Ikan cupang merupakan ikan hias kecil yang banyak diminati saat ini. Bentuknya yang mini dengan beragam warnanya yang cantik membuat banyak orang memutuskan untuk memelihara ikan jenis liar ini.

Ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Terlebih ikan cupang juga mudah dibudidayakan dan dijual dengan harga tinggi. Pakan yang diberikan pun tidak terlalu mahal dengan jenis yang beragam.

Tidak memerlukan akuarium yang besar ikan cupang bahkan bisa dikembangkan di wadah sederhana. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah kebersihan wadah, temperatur dan jenis makanannya.

Itulah kenapa ikan cupang kini jadi ikan kecil yang banyak diminati Gunakan contoh di atas untuk membuat jenis paragraf yang sesuai macam jenis paragraf yang ditugaskan. Jangan lupa untuk menghadirkan unsur paragraf agar hasilnya lebih baik.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah